Skip to main content

Kandungan, Manfaat Dan Cara Mengkomsumsi Bawang Dayak Lengkap


Cara Mengkomsumsi Bawang Dayak



Bawang Dayak atau Eleutherina palmifolia dikenal pula dengan nama Bawang Sabrang, Bawang Berlian, Bawang Hantu, Bawang Arab, Bawang Kambe atau Bawang Hutan. Bawang Dayak adalah tanaman herbal khas Kalimantan. Tanaman ini sudah secara turun temurun digunakan masyarakat Dayak sebagai tanaman obat.


Tanaman ini mempunyai warna umbi merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya berwarna putih. Dalam umbi bawang dayak terdapat berbagai macam senyawa yang diketahui bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bawang dayak sudah dipergunakan masyarakat lokal sebagai obat berbagai jenis penyakit ringan maupun berat.


Kandungan Bawang Dayak


Tanaman bawang dayak khususnya pada bagian umbinya mempunyai kandungan fitokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang dimana merupakan sumber biofarmaka potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia. 

Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Bahkan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin mempunyai aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat berkhasiat untuk pengobatan diabetes melitus, bahkan alkaloid yang ada dapat digunakan sebagai anti mikroba dan juga kandungan tanin yang ada dapat digunakan sebagai obat sakit perut.

Antioksidan alami yang ada pada tanaman bawang dayak antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol. Para ahli berpendapat bahwa antioksidan dapat mereduksi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. 

Flavonoid berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan juga penangkap radikal bebas. Bawang dayak juga mengandung alisin. Senyawa ini bermanfaat dan berperan dalam menurunkan tekanan darah. 

Kandungan naphtoquinones dalam bawang dayak dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antivirial, serta antiparasitik. Selain itu, naphtoquinones mempunyai bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya bawang dayak diperoleh saat pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu saat baru muncul kuncup bunga.


Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh


1. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan senyawa karbohidrat yang mengandung glikosida, jangan heran apabila manfaat bawang dayak yang pertama ialah untuk memperlancar peredaran darah dan sudah terbukti ampuh. Selain itu, untuk para penderita diabetes bawang dayak juga bisa menetralkan kadar gula darah.


2. Melancarkan Metabolisme


Kandungan alkaloid dalam bawang dayak bisa membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh seperti radang usus, sembelit, dan juga penyakit ginjal. Selain itu, tanaman ini juga membantu menjaga stamina tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Memperbaiki Sistem Pernapasan


Mengonsumsi bawang dayak akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga bisa mencegah timbulnya lendir dan plak paru-paru yang mengganggu sistem pernafasan. Tanaman ini pun dapat membuang kotoran yang disebabkan oleh udara kotor. Saat batuk, bawang dayak juga bisa mengeluarkan lendirnya serta mencegah radang paru-paru.


4. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita


Tanaman khas Kalimantan Tengah yang mengandung flavonoid dan saponin ini sangat membantu serta memiliki peranan penting bagi kaum hawa dalam menjaga organ reproduksi. 

Alasannya karena khasiat bawang dayak yang selanjutnya ialah bisa mencegah keputihan, memperlancar datang bulan, mengatasi rasa sakit saat datang bulan serta dapat membersihkan area organ intim.


5. Melancarkan ASI


Asupan terbaik untuk bayi adalah ASI. Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui bisa memberikan ASI yang optimal bagi buah hatinya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan bawang dayak yang bisa membantu memperlancar air susu, serta mengatasi mual, demam dan kaki bengkak.


6. Menguatkan Tulang


Tulang sebagai penyangga tubuh manusia akan bermasalah apabila tubuh kekurangan kalsium. Salah satu masalahnya adalah pengapuran tulang atau osteoporosis.

Bagi yang telah lanjut usia, osteoporisis dapat mudah menyerang. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, komsumsilah bawang dayak karena tanaman ini mengandung banyak kalsium dan mineral.


7. Mengobati Penyakit Amandel


Penyakit amandel atau radang amandel bisa menyerang orang dewasa hingga anak-anak. Seandainya dibiarkan amandel bisa makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Bawang dayak dapat bermanfaat mengobati amandel.


8. Menyembuhkan Sakit Perut


Bawang dayak berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut seperti meredakan rasa nyeri, serta mual di bagian perut.


9. Menyembuhkan Flu


Suku dayak sering memakai bawang ini untuk menyembuhkan flu atau obat herbal. Kandungan anti bakteri yang tinggi begitu efisien untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu flu.


10. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis


Bawang dayak bukan sekedar bisa menyembuhkan penyakit yang ringan saja, tetapi juga dapat menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.


11. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh


Kandungan vitamin C dan anti-oksidan pada bawang dayak ini begitu tinggi. Oleh karena itu, manfaat bawang dayak sangat banyak. Apabila teratur dikonsumsi dapat menaikkan ketahanan tubuh Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa menambahkannya pada masakan Anda.


12. Menghindarkan dari Kanker dan Tumor


Tumor serta kanker termasuk pada penyakit yang begitu mengganggu dan juga mengkhawatirkan. Karena banyak masalah yang berakibat pada kematian. Walau demikian, untuk menghambat timbulnya tumor serta kanker, Anda bisa menggunakan bawang dayak.

Selain memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi bawang dayak ini juga mempunyai kandungan naphtoquinones yang disebut satu diantara senyawa alami untuk mencegah timbulnya sel tumor serta kanker pada tubuh.


13. Mematikan Bakteri


Bawang dayak memilki kandungan anti bakteri yang begitu baik untuk membantu tubuh anda melawan bakteri pemicu penyakit. Selain itu, kandungan anti bakteri aktif dapat juga membersihkan tubuh anda dari bakteri. Hingga tubuh anda semakin lebih sehat sebab terhindar dari penyakit.


14. Menghindari Kemungkinan Infeksi


Bawang dayak bermanfaat juga untuk menghindari infeksi. Infeksi dapat berlangsung di dalam ataupun di luar tubuh. Oleh karena itu, jika Anda khawatir dengan infeksi yang dikarenakan oleh luka, Anda bisa memanfaatkan bawang dayak untuk meminimalisasi resiko terjadinya infeksi.





15. Mencegah Perkembangan Bakteri, Virus, dan Mikroba


Bakteri, virus, dan mikroba adalah penyumbang penyakit paling besar didalam tubuh. Apabila sampai berkembang maka bisa mengakibatkan tubuh diserang beragam jenis penyakit serta dapat membahayakan.


16. Mencegah Inflamasi


Bawang dayak dapat menolong mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh. Yang biasanya menyerang badan pada bagian tenggorokan, lambung, serta usus.


17. Mengobati Asam Urat


Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan asam urat, bawang dayak juga merupakan bahan alami yang dapat mengatasi asam urat.

Banyak masalah kesehatan, banyak juga solusi untuk kesehatan. Salah satunya menggunakan bawang dayak untuk obat tradisional yang aman. Manfaat bawang dayak ini bisa dinikmati dengan berbagai cara untuk mengonsumsinya, seperi minuman, manisan, keripik dan lain-lain. Pilihlah cara mengonsumsi dengan cara pengolahan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.


Cara Mengolah Bawang Dayak Secara Alami



1. Seduh dengan Menggunakan Air


Cara pengolahan yang pertama yaitu dengan menyeduhnya di dalam air. Pertama-tama, irislah satu siung bawang dayak atau kira-kira 30 gram. Setelah itu masukan ke dalam segelas air panas, aduk sampai merata, lalu minum.

Anda juga dapat merebus irisan bawang tersebut menggunakan air satu gelas. Tetapi pastikan Anda merebusnya dengan api yang kecil dan tidak boleh sampai mendidih. Pasalnya, berbagai senyawa aktif akan rusak apabila dipanaskan hingga mendidih.


2. Menjadikan Serbuk


Cara lainnya yaitu dengan menjadikannya serbuk agar lebih awet dan kandungan nutrisinya tidak berkurang. Caranya, cuci bersih beberapa siung bawang dayak kemudian iris tipis sekitar 3mm. Setelah itu keringkan di dalam oven atau cukup angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Jika dianginkan, maka irisan tersebut biasanya akan kering dalam waktu 2 sampai 3 hari. 

Setelah kering, gilinglah irisan tersebut sampai menjadi serbuk. Serbuk ini kemudian bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau diseduh dengan air panas. Namun ingat, jangan menyeduhnya dengan air panas yang mendidih supaya khasiatnya tidak hilang.


3. Menjadikan Sebagai Lalapan


Jika Anda suka dengan sayuran mentah dan segar, maka bawang dayak ini juga dapat dijadikan lalapan untuk menemani makan Anda. Mengkonsumsi bawang segar juga lebih baik dibandingkan yang sudah dimasak sebab nutrisinya masih utuh serta belum berkurang.


4. Dijadikan Manisan


Manisan juga menjadi cara lain yang apat Anda coba untuk mengolah bawang dayak. Caranya cukup mudah, pertama-tama iris cuci bawang dayak sampai bersih lalu potong dengan ketebalan 1-2 mm. Setelah itu kukus irisan tersebut dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Selanjutnya buatlah larutan gula dengan air dalam perbandingan 1:1. Masukan irisan yang sudah dikukus ke dalam larutan gula itu lalu masak hingga kental dan terbentuk kristal gula. Jika sudah jadi, manisan tersebut bisa Anda konsumsi sebagai cemilan di waktu santai. 

Nah, itulah berbagai macam cara pengolahan serta khasiat bawang dayak alias bawang sabrang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, maka disarankan untuk memakan bawang dayak satu jam sebelum makan. Karena dengan keadaan lambung yang kosong, maka proses penyerapan nutrisi di dalamnya akan menjadi lebih cepat.


Tips Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Sesuai Kebutuhan


Bagian tanaman bawang dayak yang dikonsumsi dan bermanfaat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman yaitu umbi, akar dan daunnya. Bawang dayak bisa dikonsumsi segar, diseduh seperti teh, atau diolah terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul serta dibuat manisan. Hasil pengolahan tanaman obat herbal khas Kalimantan ini antara lain yaitu; simplisia, bubuk, instan serta manisan.


1. Untuk Pengobatan


Bawang dayak bisa dikonsumsi dalam keadaan segar (tanpa pengolahan) untuk pengobatan. Caranya ; 3-4 buah bawang dayak dicuci hingga bersih, kemudian di iris tipis dan diseduh menggunakan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum ketika hangat 2 – 3 kali sehari.


2. Simplisia Bawang Dayak


Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi serta daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong/ diiris tipis lalu dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. Setelah kering simplisia bawang dayak dikemas rapi lalu disimpan. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.


3. Bubuk Bawang Dayak


Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi serta daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong/ diiris tipis lalu dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur dibawah terik matahari sampai benar-benar kering. Kemudian didinginkan lalu dihaluskan (ditumbuk) atau diblender. Sebelum dikemas bubuk bawang dayak harus diayak terlebih dahulu. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.


4. Kapsul Bawang Dayak


Sebenarnya ini merupakan cara untuk mengawetkan bubuk bawang dayak dan supaya lebih praktis. Langkah awal membuat kapsul bawang dayak kurang lebih sama dengan cara membuat bubuk bawang dayak. Kemudian bubuk bawang dayak disimpan atau diletakkan di dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis untuk mengkonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, yaitu seperti mengkonsumsi obat pada umumnya.


5. Bawang Dayak Instan


Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi serta daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong/ diiris secara tipis. Kemudian tambahkan air bersih dalam perbandingan 1 : 2 (1 kilogram bawang dayak dicampur dengan 2 liter air). Bawang dayak lalu diblender dan disaring. Selanjutnya direbus sampai mendidih sambil diaduk-aduk lalu tambahkan 1 kg gula pasir (1 kg gula pasir untuk 1 kg bawang dayak). Selama proses perebusan diaduk terus sampai membentuk kristal. Setelah dingin kristal bawang dayak dikemas lalu disimpan atau langsung dikonsumsi (diseduh menggunakan air mendidih).


6. Manisan


Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi serta daunnya dicuci hingga bersih. Lalu dipotong/ diiris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm. Siapkan 1 kg gula kemudian dilarutkan dengan 1 liter air. Kemudian dikukus selama kurang lebih sekitar 5 menit, masukkan larutan gula tersebut sambil diaduk, masak sampai kental sampai kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak telah siap untuk dikonsumsi.


Cara Mengurangi Asam Urat dengan Produk Bawang Dayak


Asam urat adalah jenis penyakit yang menyerang pada bagian persendian atau sistem persendian. Gejala penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri yang sangat amat serta sensasi rasa panas yang menyengat pada persendian. Penyerangan asam urat umumnya terjadi pada bagian seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan yang paling sering ialah pada bagian lutut.

Biasanya para penderita akan memakan obat guna menghilangkan rasa nyeri tersebut. Namun, di balik hilangnya rasa nyeri tersebut maka tidak lama kemudian akan terasa kembali. Harus Anda ketahui juga, bahwasanya asam urat ini adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan zat asam yang membusuk dan meradang dalam sistem persendian. Akibatnya, sendi sering kali merasakan sakit jika terkena tekanan sedikit saja.

Banyak sekali jenis obat-obatan yang mengklaim dirinya dapat menghilangkan penyakit asam urat. Betul memang, namun kebanyakannya mempunyai efek samping pula sehingga bisa menyerang organ lainnya. Diantara banyaknya jenis tanaman yang dapat mengatasi penyakit asam urat tersebut. Salah satu diantaranya adalah tanaman Bawang Dayak. Tanaman ini sudah dikategorikan ke dalam obat herbal alami guna mengatasi penyakit Asam urat.

Caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan bawang dayak sekitar 5 siung saja.

Kemudian cuci bersih bawang dayak.

Setelah itu, potong-potong bawang dayak sampai berukuran kecil.

Masukan potongan tersebut ke dalam panci yang terdapat air mendidih.

Rebuslah hingga airnya sedikit berkurang dari asalnya.

Minum ramuan air tersebut dalam 2 kali sehari untuk mendapatakan hasil yang memuaskan.

Bawang dayak sangat direkomendasikan untuk dijadikan ramuan dalam mengobati penyakit asam urat. Karena kandungan yang ada dalam bawang dayak sangat baik bagi penderita asam urat. Dari sekian banyak tanaman herbal yang bisa mengobati penyakit asam urat secara efektif salah satunya adalah bawang dayak ini. Karena mempunyai kandungan seperti glikosida, steroid, tani, alkanoid, dan zat alami lainnya. Dan juga dapat mengencerkan penumpukkan zat asam dalam tubuh serta melancarkan peredaran darah.