Kandungan Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan


Kebiasaan minum teh sangatlah terkenal di Jepang, namun tidak hanya di jepang, beberapa masyarakat Indonesia juga mempunyai kebiasaan meminum teh pada pagi hari maupun ketika berkumpul bersama sanak keluarga. Jenis teh yang banyak untuk dikonsumsi secara umum biasanya teh hitam. Dan banyak manfaat teh hijau yang akan diperoleh apabila melakukan kebiasaan minum teh.



Padahal, jenis teh tidak hanya teh hitam saja, tetapi juga ada teh hijau, teh putih, teh melati dan berbagai jenis teh lainnya. Dari berbagai jenis teh tersebut, setiap jenisnya tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Manfaat dari setiap jenis juga berbeda, karena sedikit banyak kandungan di dalamnya juga ada yang berbeda. Contohnya adalah manfaat teh hijau.

Kandungan Manfaat Teh Hijau


Teh hijau sama seperti dengan jenis teh lainnya, berasal dari tanaman Camellia sinensis yang lalu diproses khusus agar daun teh tidak teroksidadi. Teh yang di Jepang diketahui dengan sebutan ryokucha dihasilkan dari proses pemanasan agar kandungan di dalam teh hijau tetap terjaga.
Teh hijau mempunyai berbagai kandungan di dalamnya, yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam teh hijau adalah polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, L-teanin, katekin, kafein, serta memiliki kandungan zat antioksidan di dalamnya. Teh hijau juga mempunyai kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, flour, seng dan juga mangan.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam teh hijau tersebut, tentunya mempunyai manfaatnya masing-masing untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta juga untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh beberapa orang.


Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh


Mempunyai berbagai kandungan alami di dalamnya, teh hijau banyak dikonsumsi untuk berbagai tujuan untuk kesehatan. Memang teh hijau sangat dikenal sebagai teh untuk pelangsing, akan tetapi, teh hijau mempunyai manfaat lain yang tidak hanya digunakan untuk melangsingkan tubuh, tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Selain dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh, teh hijau juga mempunyai beberapa manfaat teh hijau lain, diantaranya:


1. Melawan Radikal Bebas


Tidak hanya teh hijau, semua jenis teh mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin dan kandungan utama teh hijau katekin yang terkandung di dalamnya. Antioksidan sangat baik untuk tubuh, karena bisa membantu menangkal radikal bebas. Begitu pula kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau, yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan, kesehatan tubuh akan terjaga.


2. Mencegah Penuaan Dini


Adanya antioksidan memang sangat penting bagi tubuh. Mengkonsumsi manfaat teh hijau bagi kesehatan yang memiiki kandungan antioksidan tinggi juga penting. Antioksidan mampu melawan radikal bebas, yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi, dengan adanya antioksidan juga bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini.


3. Memperbaiki Sistem Pencernaan


Sama halnya dengan kopi, teh hijau juga mempunyai kandungan kafein di dalamnya. Namun berbeda dengan kafein yang ada di dalam kopi, kafein yang terdapat di dalam teh hijau mempunyai banyak manfaat yang berbeda dengan kafein yang ada di dalam kopi. Jika kafein di dalam kopi terkadang bisa membuat sakit lambung, kafein di dalm teh hijau ini justru akan membantu memperbaiki sistem pencernaan.


4. Membantu Pembakaran Lemak


Meminum teh hijau saat keadaan perut kosong juga tidak perlu dikhawatirkan. Kafein pada teh hijau akan bekerja pada waktu perut kosong. Kandungan kafein pada teh hijau ini bisa membantu proses pembakaran lemak yang ada pada tubuh.


5. Menurunkan Berat Badan


Pembakaran lemak yang terjadi karena konsumsi teh hijau pada perut kosong terasa sangat efesien. Hal ini dapat menyebabkan lemak dalam tubuh luruh secara sempurna. Dengan berkurangnya lemak akibat pembakaran lemak yang cepat ditimbulkan oleh kafein pada teh hijau, maka berat badan pun dapat diturunkan dengan lebih cepat pula.


6. Menjadikan Tubuh Lebih Segar


Dari kedua manfaat kafein dalam teh hijau yang sudah diuraikan, teh hijau juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat membantu agar tubuh menjadi lebih segar. Mengkonsumsi teh hijau ketika tubuh sedang lelah  bisa mengembalikan kesegaran tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih vit serta menjadi lebih fresh.


7. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker


Kandungan utama yang ada di dalam teh hijau adalah katekin dan juga polifenol. Kedua kandungan ini mempunyai peran yang beragam dalam kesehatan, selain dapat bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, lebih utamanya polifenol dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Tidak hanya mencegah, akan tetapi juga bisa menghentikan perkembangan sel kanker.


8. Menurunkan Kadar Kolesterol


Tidak hanya dapat membantu menurunkan lemak dan berat badan. Teh hijau juga mempunyai banyak kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan meminum teh hijau secara rutin, kadar kolesterol tubuh kan berkurang, sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan kelebihan kolesterol dalam tubuh.


9. Mencegah Kerusakan DNA


Polifenol dalam teh hijau mempunyai manfaat yang besar untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Hal ini pula berkaitan dengan kemampuan polifenol dalam menangkap radikal bebas hidroksil atau OH.


10. Mencegah Karies Gigi


Karies pada gigi dapat berkembang dan semakin merusak gigi jika tidak dicegah atau tidak diatasi. Salah satu cara mengatasi karies gigi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau mempunyai kandungan fluoride di dalamnya.

Dimana fluoride sendiri terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Baik karies gigi maupun dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Dengan menjaga gigi yang sehat, selera makan juga bisa terjaga.


11. Mencegah Radang Gusi


Fluoride memang sangat dikenal sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan gigi. Itulah mengapa, pada setiap pasta gigi ada kandungan fluoride di dalamnya. Akan tetapi, kandungan fluoride tidak hanya untuk kesehatan gigi. Fluoride juga membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Fluoride yang juga terdapat dalam teh hijau mampu menjaga supaya kesehatan gusi terjamin. Dengan mengkonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya, gusi akan lebih sehat dan terhindar dari adanya radang gusi.


12. Menstabilkan Kadar Gula Darah


Kelebihan gula dalam darah akan menyebabkan terjadinya penyakit diabetes mellitus. Sedangkan kekurangan gula dalam darah bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Kadar gula darah harus seimbang supaya kesehatan terjaga.


Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Menyeimbangkan gula darah bisa dilakukan dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung mangan, seperti teh hijau. Kandungan mangan seperti dalam manfaat teh hijau bagi kesehatan, bisa membantu menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.


13. Menambah Energi


Mangan dalam teh hijau akan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Dengan menguraikan gula berlebih dalam darah menjadi energi, kelebihan kadar gula dalam darah bisa diturunkan.

Gula dalam darah tidak akan terbuang sia-sia, karena gula ini akan diubah oleh mangan dan diurai menjadi energi. Dengan kadar gula dalam darah yang seimbang, tubuh akan lebih berenergi dan aktivitas yang sedang dijalani tidak terganggu.


14. Mempertajam Daya Ingat


Semakin bertambahnya usia, bisa mempengaruhi sistem kerja ingat dan menyebabkan alzheimer atau kepikunan. Akan tetapi, berbeda dengan beberapa orang yang memiliki kebiasaan minum teh, terlebih teh hijau ingatannya akan dapat menjadi lebih tajam.

Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan l teanin pada teh hijau. L teanin inilah yang akan meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.


Tips Cara Minum Teh Hijau yang Benar



1. Maksimal Tiga Cangkir Per Hari


Teh hijau memang mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi, bukan berarti konsumsi teh hijau dalam jumlah yang berlebihan akan membuat badan semakin bugar. Faktanya, asupan teh hijau yang terlalu berlebihan malah akan berdampak kurang baik bagi kesehatan, lho.

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti tanin dan flavonoid saat terlalu banyak masuk ke tubuh akan berakibat pada gangguan fungsi hati. Sebaiknya cukup konsumsi maksimal dua sampai tiga cangkir setiap harinya, supaya manfaat teh hijau tetap dapat terserap dengan baik oleh tubuh.


2. Jangan Minum Teh Hijau Saat Perut Kosong


Banyak orang sering mengkonsumsi teh hijau pada pagi hari, sebab dianggap dapat meluruhkan lemak secara lebih maksimal. Padahal bukannya manfaat yang didapatkan, minum teh hijau sebelum makan di pagi hari justru membawa masalah serius, terutama pada lambung.

Minum teh hijau saat perut kosong bisa menyebabkan asam lambung meningkat, sehingga membuat perut tidak nyaman. Jika tidak segera dihentikan, kebiasaan minum teh sebelum makan bahkan dapat menyebabkan inflamasi pada lambung atau sering disebut dengan maag.


3. Jangan Seduh Kantong Teh Dua Kali


Untuk menghemat persediaan teh hijau, terkadang kita sering menyeduh kembali kantong teh hijau yang sudah dipakai. Sebaiknya, mulai sekarang kurangi kebiasaan ini supaya manfaat teh hijau tidak terbuang sia-sia.

Kandungan kafein pada kantong bekas yang sudah didiamkan dalam waktu lama lebih tinggi daripada kantong teh baru. Selain itu, kantong teh yang basah juga rentan terkena bakteri mematikan seperti e.coli. Hal ini dapat berujung pada terganggunya proses pencernaan dan pengenceran feses yang berakibat pada diare.


4. Hindari Minum Teh Hijau Setelah Makan


Orang-orang khususnya yang tengah menjalani program penurunan berat badan seringkali mengkonsumsi teh hijau sesaat sesudah makan, karena dianggap dapat meluruhkan lemak secara cepat. Sebaiknya beri jeda waktu sekitar 30 sampai 45 menit setelah makan.

Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu mengikat zat besi dan protein dari makanan, sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh. Akibatnya, kita akan kekurangan zat besi serta protein yang berguna untuk membantu proses pembentukan sel-sel, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan energi, dan juga menghasilkan sel darah merah.


5. Perbanyak Asupan Air Putih Setelah Minum Teh Hijau


Minuman yang mengandung kafein seperti teh mempunyai sifat diuretik yang dapat menyebabkan buang air kecil berkali-kali dalam jumlah banyak. Hal ini karena kafein pada teh hijau mengakibatkan kandung kemih menjadi lebih sensitif, sehingga produksi urin tidak terkontrol.

Untuk menyiasatinya, perbanyak minum air putih sesudah konsumsi teh hijau untuk mengurangi efek diuretik. Selain itu air putih juga bisa membantu tubuh lebih terhidrasi, sehingga risiko kekurangan cairan dapat dihindari.


Cara Melakukan Diet Teh Hijau Secara Alami



1. Teh Hijau + Jeruk Nipis


Mengkonsumi teh hijau yang paling direkomendasikan dalam program diet alami yaitu tidak mencampurkan apapun ke dalamnya alias tawar. Tetapi terdapat beberapa campuran yang diperkenankan dan justru membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih efektif. Bahan pertama adalah jenuk nipis. Seduh teh hijau menggunakan air bersuhu sekitar 80 derajat celcius kemudian campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Tunggu beberapa saat lalu minumlah teh tersebut selagi hangat.


2. Teh Hijau + Madu dan Susu


Madu dan susu juga diperbolehkan untuk dicampurkan dengan teh hijau bagi yang tidak tahan dengan rasa pahit yang dihasilkan. Yang terpenting yaitu mencampurkan susu segar tanpa tambahan gula. Caranya, tinggal seduh saja teh hijau menggunakan air bersuhu 80-90 derajat celcius kemudian campurkan susu murni dan madu secukupnya. Aduk hingga rata dan minumlah selagi masih hangat. Cara diet alami dapat membuat perut semakin rata.


3. Teh Hijau + Lemon


Selain jeruk nipis, lemon juga merupakan campuran teh hijau yang sangat baik guna meluruhkan lemak serta kalori di dalam tubuh. Kedua bahan ini sangat efektif dikonsumsi untuk mengatasi perut buncit serta kegemukan layaknya diet teh hijau dan jeruk nipis.

Cara membuat kombinasi ini sangat mudah yaitu tinggal seduh saja teh hijau berkualitas lalu tambahkan satu sendok perasan air lemon dan aduk rata. Minumlah kombinasi teh hijau ini setidaknya dua kali dalam sehari saat pagi dan malam hari.


4. Konsumsi Teh Hijau Rutin Selama 1 Minggu


Teh hijau adalah pelangsing alami yang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk melihat hasilnya yang signifikan, lakukan diet teh hijau dalam waktu 1 minggu berturut-turut dan rutin. Konsumsilah teh hijau berkualitas tinggi serta konsumsilah setidaknya dua kali dalam sehari yaitu saat pagi hari 1 jam sebelum makan dan pada malam hari sebelum tidur. Teh hijau bisa mengontrol rasa lapar secara signifikan.


Cara Merawat Wajah Dengan Menggunakan Produk Teh Hijau



1. Menggunakan Teh Hijau


Jika Anda sudah biasa minum teh, beralihlah ke teh hijau. Hasilnya akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Sesudah menghabiskan secangkir teh hijau, ambil kantong teh bekasnya dan bukalah. Tuangkan isi dalam kantong teh ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan madu sehingga akan menjadi pasta. Pastikan untuk membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan pasta. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas.


2. Menggunakan Air Teh Hijau Murni


Percikkan teh hijau ke muka. Siapkan teh hijau panas lalu biarkan hingga dingin. Sesudah dingin, tuangkan sebagian teh hijau ke telapak tangan Anda di atas bak cuci piring. Percikkan ke seluruh bagian wajah berulang-ulang sampai teh hijau habis. Lalu bilas wajah dengan air dingin.


3. Memanfaatkan Ampas Teh Hijau


Cobalah cara ini, bila Anda akan menghadiri suatu acara dan harus tampak segar dan cantik tapi tidak punya banyak waktu untuk merawat wajah. Ambil kantong teh hijau kemudian aliri dengan air panas hingga mengeluarkan uap. Peras sebagian air dari kantong (tapi jangan semuanya), kemudian usapkan kantong teh ke wajah Anda setelah 1 atau 2 menit, atau setelah dingin dan tidak mengeluarkan uap lagi.


4. Perawatan Uap Teh Hijau


Buatlah perawatan dengan uap teh hijau. Didihkan sedikit air lalu tuangkan ke dalam mangkuk besar. Ambil kantong teh hijau, buka, kemudian tuangkan isinya ke dalam air panas. Ambil handuk lalu pasangkan di atas kepala. Kemudian, bungkukkan tubuh di atas mangkuk, mendekatlah ke arah uap air, tapi jangan sampai terlalu dekat. Uapi wajah dalam waktu 5 menit saja.