Kandungan Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Kandungan Manfaat Jahe Merah


Jahe merah juga mengandung beragam jenis nutrisi. Pada umumnya semua nutrisi akan memberikan manfaat yang sangat besar dan semua daftar nutrisi yang ditemukan pada jahe merah dapat dijadikan acuan bahwa manfaat jahe merah yang sangat besar sebagai obat maupun memberikan manfaat lain dalam bidang kesehatan. Berikut ini daftar nutrisi yang terdapat pada setiap 100 gram jahe merah.

Karbohidrat

Gula

Serat

Lemak

Protein

Tiamin

Riboflavin

Niasin

Mangan

Magnesium

Kalium

Sodium

Zat Besi

Kalsium

Vitamin E

Vitamin C

Asam folat

Vitamin B6


Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh


Jahe merah dipercaya mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jahe lain. Jahe merah memiliki zat yang rasanya lebih pedas serta pahit. Rimpang jahe merah memiliki cadangan minyak atsiri berupa lemonin, kamfena, zingeberin, gingerol, shogool, gingeral.


1. Meningkatkan Nafsu Makan


Jahe merah mampu mengatasi masalah pencernaan yang membuat nafsu makan menurun. Anda dapat merebus jahe merah dengan air putih. Masukkan beberapa potongan jahe merah dan rendam dalam air hangat hingga beberapa saat. Minum ketika masih hangat. Efek jahe merah akan menghilangkan gangguan pada lambung sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.


2. Menghangatkan Badan


Jika Anda merasa kedinginan karena cuaca yang dingin atau karena sakit maka gunakan ramuan jahe merah untuk menghangatkan badan. Campur jahe merah dengan minuman susu maupun air hangat biasa. Anda dapat menambahkan campuran gula untuk memberikan rasa manis. Jahe merah akan membuat badan menjadi lebih hangat dan juga nyaman.


3. Mengatasi Gangguan Seksual


Salah satu manfaat jahe merah lain yaitu mengatasi gangguan disfungsi seksual. Minum air jahe merah secara teratur ternyata dapat meningkatkan aliran darah yang bekerja pada saluran penis. Jahe merah dapat meningkatkan gairah seksual sehingga masalah seksual bisa diatasi. Disarankan untuk minum air jahe merah satu gelas per hari untuk mengatasi masalah ini.


4. Mengobati Penyakit Maag


Efek jahe merah bagi lambung ternyata memang sangat tinggi. Manfaat jahe merah dapat menjaga kestabilan asam lambung sehingga mampu mengurangi rasa mual serta muntah pada penderita maag. Jahe merah juga membuat kesehatan lambung menjadi lebih baik seperti mengurangi infeksi maupun kemungkinan luka pada lambung.

Memasak jahe merah yang sudah dibersihkan dan merendamnya dalam air hangat dapat Anda coba. Disarankan untuk minum air jahe merah ketika sudah dingin.


5. Mengobati Asma dan Gangguan Pernapasan


Jahe merah mengandung beragam jenis kandungan minyak atsiri yang sangat tinggi. Kandungan minyak atsiri ternyata sangat berkhasiat untuk melegakan pernafasan sehingga membantu penderita asma. Apabila penderita mengalami beberapa gejala yang meningkatkan kambuhnya asma maka dapat minum air jahe. Usahakan untuk minum air jahe ketika masih segar dan hangat.


6. Mengobati Batuk untuk Anak dan Dewasa


Kandungan minyak atsiri pada jahe merah juga dapat berkhasiat untuk mengatasi sakit batuk bagi anak-anak dan dewasa. Pengobatan ini bahkan telah dilakukan di China dan India. Cara untuk membuat obat batuk dari jahe merah yakni sebagai berikut. Ambil 3 cm jahe merah yang masih segar dan cuci sampai bersih. Rebus jahe merah dengan menggunakan dua gelas air putih sampai tersisa sekitar setengah gelas. Minum air jahe ini ketika pagi dan sore.


7. Mengobati Sakit Kepala


Jahe merah apat membantu meringankan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan karena gejala flu, kelelahan, nafsu makan yang buruk serta gangguan tekanan darah ternyata juga dapat diobati dengan jahe merah. Anda dapat merebus jahe merah dalam dua gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa satu gelas saja. Campur menggunakan madu dan minum airnya selagi masih hangat.


8. Mengatasi Sakit Sendi


Apakah Anda pernah mengalami gangguan sendi karena kelelahan atau masalah tulang. Pada umumnya penyakit ini sering ditemukan pada orang tua dan juga perempuan yang sudah melalui masa menopause. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda dapat mengambil beberapa ruas jahe merah kemudian hancurkan dengan benda keras.

Tempelkan beberapa ruas jahe merah kepada sendi yang sakit. Tambahkan garam guna mengurangi rasa sakit dengan efektif.


9. Mengobati Peradangan


Peradangan dapat menyebabkan tubuh menjadi demam dan tidak semangat untuk bekerja. Beberapa jenis peradangan yang paling sering terjadi yaitu pada bagian tenggorokan, sendi serta saluran pencernaan.

Jahe merah mengandung senyawa gingerol yang dapat menjadi zat antiinflamasi yang sangat baik untuk tubuh. Anda dapat mengobati beberapa jenis peradangan dengan minum air jahe merah yang sudah didihkan.


10. Menstabilkan Tekanan Darah


Masalah tekanan darah dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman dan juga potensi beberapa jenis penyakit. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke serta beberapa jenis penyakit lain. Sementara tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lemah, lesu serta tidak produktif.

Untuk mengatasi gangguan ini maka Anda dapat mengkonsumsi rebusan air jahe merah. Jahe merah sangat baik untuk menjaga kestabilan darah. Cara untuk mendapatkan air jahe merah yaitu dengan merebus beberapa ruas jahe merah. Kemudian ambil sisa air setelah mendidih lalu campur dengan madu atau gula sesuai selera.


Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami dengan Manfaat Jahe Merah


Alat dan Bahan yang Diperlukan:

1 sdm gula pasir atau bisa juga dengan menggunakan gula jawa

1 sdt madu, atau bisa diganti dengan 1sdt vanili atau 1sdt coklat bubuk jika anda tidak menyukai manisnya madu

Sepotong jahe segar

Tempat untuk menyimpan

Pisau


Langkah Pembuatan:


1. Langkah Pertama

Ambil 1 sdm gula putih atau bisa juga gula jawa ke dalam mangkuk bersih. Bahan diatas bisa digunakan 3-4 kali pemakaian, anda bisa meningkatkan jumlah bahan-bahan sesuai keinginan anda. Pakailah wadah penyimpanan yang bersih, agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.


2. Langkah Kedua

Ambil potongan jahe lalu, potong jahe menjadi potongan-potongan kecil dengan pisau yang bersih. Jahe adalah pengelupas alami kulit yang menakjubkan. Jahe bisa meningkatkan suplai darah ke bibir, sehingga bibir terlihat penuh dan merekah.


Baca Juga : Kandungan, Manfaat Dan Cara Mengkomsumsi Bawang Dayak Lengkap


3. Langkah Ketiga

Tambahkan potongan jahe ke dalam mangkuk kemudian tambahkan sekitar 1 sdt madu ke dalam campuran. Lalu campur semua, aduk-aduk hingga bahan menyatu. Gosokkan scrub jahe yang sudah jadi pada bibir, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas, tongkat mascara ataupun dengan jari-jari anda.

Untuk menggosok bibir anda madu bisa mengurangi aroma jahe yang pekat serta dapat melembabkan bibir. Gosok lembut, gerakan melingkar untuk mengelupaskan kulit kulit bibir. Jangan menaruh terlalu banyak tekanan sebab bisa menyakiti bibir anda dan juga dapat menyebabkan perdarahan.
Lakukan scrubbing selama 25 sampai 30 detik untuk menghilangkan kekeringan serta lapisan kulit mati, kulit pecah-pecah dari bibir anda. Kemudian, gunakan handuk hangat atau kertas tisu untuk menyeka scrub bibir tersebut.


Tips Cara Sukses Menanam Jahe Merah



1. Memilih Media Tanam


Media tanam adalah salah satu faktor terpenting dalam membudidayakan jahe merah. Anda dapat menggunakan polybag. Sebenarnya dalam budidaya jahe merah dapat anda lakukan diselah-selah tanaman utama lainnya. Namun untuk hasilnya akan tidak bertumbuh secara maksimal karena terpengaruhi oleh tumbuhan lain.

Seandainya anda memilih menggunakan karung, sebaiknya gunakan karung yang berukuran besar. Semakin besar karung digunakan maka semakin banyak produksi jahe merah. Seandainya menggunakan polybag, pakailah yang berukuran 40×50 cm.

Dalam pengisian polybag anda dapat mencampurkan tanah, pasir dan juga pupuk organik dengan komposisi 1:1. Supaya lebih bagus dalam pertumbuhan anda dapat menggunakan pupuk kandang fermentasi. Sehingga akan mudah diserap oleh media tanam dalam karung.


2. Proses Pembibitan Jahe Merah


Agar mendapatkan jahe merah yang bagus, maka pilihlah bibit unggulan. Anda dapat memilih bibit yang sudah berumur tua dan berwarna segar. Sebelum jahe merah ditanam, rendam terlebih dahulu menggunakan larutan fungisida. Hal ini dimaksudkan agar jahe merah bebas dari penyakit jamur maupun gangguan bakteri.


3. Proses Penyemaian Jahe Merah


Proses yang paling penting dalam pembibitan yaitu pada saat penyemaian. Dalam proses penyemaian, bibit harus dalam kondisi lembab dan tunggu hingga berkecambah. Benih jahe merah akan mulai berkecambah setelah dua minggu. Pastikan bibit jahe merah jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung.


4. Proses Penanaman Jahe Merah


Dalam proses penanaman jahe merah pastikan bibit sudah mengeluarkan tunasnya. Setelah bibit jahe merah tumbuh tunas yang sempurna, anda dapat memindahkan kedalam media tanam. Dalam pemindahan ke dalam polybag lakukan dengan berhati-hati.

Perhatikan posisi tunas saat penanaman jahe merah. Dalam proses menanam jahe merah letakkan dalam posisi berdiri dengan mata tunas di bagian atas. Masukkan campuran tanah dan bokhasi ke dalam polybag dengan ketinggian 15 cm.

Bila anda menggunakan karung maka sesuaikan dengan cara melipat pada bagian atas karung. Dalam pengisian bibit jahe merah kedalam polybag atau karung maka cukup diisi hanya 2-3 bibit jahe. Hal itu bertujuan agar jahe merah dapat tumbuh dengan maksimal.


5. Pemeliharaan Jahe Merah


Setelah anda menanam bibit jahe merah, bukan berarti langsung selesai begitu saja. Jahe merah juga butuh pemiliharaan khusus untuk hasil yang maksimal. Anda dapat menyiram jahe merah secara rutin setiap hari untuk menjaga kelembaban tanah.

Dalam budidaya jahe merah, penyiangan sangatlah penting sebelum menginjak umur 4 bulan. Penyiangan bertujuan untuk menghilangkan gulma pengganggu yang dapat menyedot kansungan unsur hara tanah.


6. Pemupukan Jahe Merah


Agar dalam pertumbuhan jahe merah dapat bagus, maka lakukan pemupukan. Biasanya pemupukan dilakukan setiap beberapa bulan sekali sebelum masa panen. Dengan menambahkan pupuk organik pada setiap karungnya.

Takaran dalam pemupukan, anda dapat menambahkan pupuk 15/5 dari media tanam. Agar lebih hemat anda dapat menggunakan pupuk kandang. Namun anda bisa menambahkan dengan pupuk lain agar cepat masa pertumbuhannya.


7. Proses Pemanenan Jahe Merah


Hal yang ditunggu dalam budidaya yakni masa panen. Setelah proses penanaman kurang lebih 10 bulan, jahe merah siap dipanen.  Bahkan dalam masa panen kadang lebih lama dari biasanya. Hal itu dipengaruhi saat masa pembibitan dan pemeliharaannya.

Memanen jahe merah dalam karung dan  polybag sangatlah mudah. Anda bisa menyobek di bagian pinggir. Dan jahe merah dapat diambil kemudian dibilas dengan air bersih.


Cara Merawat Wajah Dengan Menggunakan Produk Jahe Merah



1. Jahe dan Air Mawar


Air mawar sering digunakan untuk campuran pada berbagai ramuan masker wajah contohnya cara menghilangkan belang di wajah, cara menghilangkan komedo dengan garam  serta cara membuat masker kunyit untuk wajah. Supaya mendapatkan kulit wajah yang putih, jahe bisa dicampur dengan air mawar untuk dibuat menjadi masker wajah:

Ambil sepotong jahe sebesar ruas jari dan parut.

Peras parutan jahe dan saring untuk mendapatkan airnya.

Campur satu sendok teh air jahe dengan dua sendok makan air mawar dan setengah sendok makan madu.

Gunakan kapas untuk mengaplikasikan pada wajah

Biarkan selama dua puluh menit dan bilas menggunakan air hangat.


2. Jahe dan Air Lemon


Siapkan setengah cup gula, setengah cup minyak zaitun, dua sendok makan air perasan jahe dan dua sendok makan air perasan lemon.

Campur semua bahan sampai merata dan gunakan jari untuk mengoleskan scrub ini ke wajah Anda.

Gunakan scrub ini dua kali seminggu untuk menghilangkan kulit yang terbakar matahari.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai scrub pada tangan dan kaki.


3. Jahe dan Madu


Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu sebagai salah satu cara perawatan kulit alami adalah satu dari banyak manfaat madu untuk masker wajah.  Jika digabungkan dengan jahe, manfaatnya akan semakin maksimal untuk memutihkan kulit wajah secara alami.

Parut jahe sebesar ruas jari lalu saring dan ambil airnya.

Campur air jahe dengan madu secukupnya

Oleskan ke kulit wajah secara menyeluruh

Gosok perlahan dan jangan terlalu keras

Biarkan selama yang Anda mau atau sekitar 30-45 menit lalu bilas.


4. Jahe dan Es Batu


Es batu bukan hanya menjadi bahan untuk membuat minuman dingin yang menyegarkan, tetapi juga mempunyai khasiat seperti cara menghilangkan kantung mata dengan es batu, manfaat es batu untuk alis, bahkan cara mengecilkan bibir. Cara membuat campuran jahe dan es batu untuk memutihkan kulit adalah:

Siapkan jahe sepotong kecil, kupas dan iris tipis.

Campur potongan kecil jahe dan satu atau dua es batu menggunakan blender.

Oleskan pada wajah dengan merata.

Simpan sisa masker di kulkas untuk jangka waktu satu minggu.


5. Jahe dan Delima


Kandungan vitamin C dalam buah delima akan membuat kulit menjadi cerah dan halus, selain itu manfaat jahe merah juga bisa digunakan sebagai bahan scrub wajah untuk mengelupas sel kulit mati. Delima juga digunakan dalam beberapa produk pemutih badan sebagai salah satu bahan alami yang dicampurkan ke dalam produk tersebut. Delima juga bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir dan cara menghilangkan bibir hitam. Cara membuat jahe dan delima untuk memutihkan wajah adalah:

Siapkan jahe beberapa ruas kecil dan parut, ambil airnya.

Peras buah delima secukupnya dan juga ambil airnya

Campur dua sendok air jahe dan air perasan delima

Aduk sampai merata dan gunakan pada kulit wajah.

Tunggu sampai dua puluh menit agar menyerap

Bilas dengan air sampai bersih, lakukan secara rutin dan hindari kontak dengan mata.