Skip to main content

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Cara Menghilangkan Virus Di Android


Pernahkan ketika Anda sedang menggunakan smartphone Android dan mengalami sebuah ke erroran pada sistem yang dimiliki oleh smartphone Android Anda tersebut? Taukah Anda jika penyebab dari errornya smartphone Android Anda berasal dari berbagai macam gangguan.

Saat Anda sedang terhubung dengan internet, kemudian Anda mendownload sebuah aplikasi maupun file. Dalam aplikasi atau file yang anda download tersebut bsa juga mengandung sebuah virus yang nantinya akan membuat smartphone Android Anda menjadi rusak. Kerusakan yang ditimbulkan dari virus ini mula-mulanya tidak begitu terlihat, namun lama-kelamaan virus akan semakin menyebar luas dan membuat smartphone Android Anda tidak bisa untuk digunakan kembali.

Untuk bisa mengunakan dan mengatasi adanya virus di smartphone Android Anda. Maka Anda perlu merawat dan menghilangkan virus tersebut. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan virus yang ada pada smartphone Android Anda tadi. Berikut ini penjelasan secara rinci untuk menghilangkan virus di smartphone Android.


Penggunakan Aplikasi Antivirus


Sekarang aplikasi untuk antivirus sudah merambah di bidang Android. Tidak hanya digunakan dalam sebuah laptop maupun notebook. Antivirus bisa juga Anda gunakan di smartphone Android yang Anda miliki. Contoh aplikasi antivirus tersebut adalah aplikasi antivirus avast. Cara penggunaan avast sendiri, bisa Anda pahami dengan memahami beberapa langkah berikut ini.

1. Unduh aplikasi antivirus avast di Google Play Store dan selanjutnya install aplikasi tersebut di smartphone Android Anda.

2. Setelah terinstall, jalankan aplikasi dan sentuh di bagian Get Started.

3. Kemudian, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih menggunakan aplikasi antivirus avast secara berbayar ataupun gratis. Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda pada bagian ini.

4. Jika sudah, Anda hanya harus menekan tombol scan untuk melihat apakah ada virus atau tidak di dalam smartphone Android Anda.

5. Jika proses pemindaian sudah selesai dilakukan maka akan muncul hasil dari scan. Di situ akan ditampilkan virus dan ancaman apa saja yang sudah menyerang smartphone Android Anda. Anda bisa menekan tombol Resolve untuk mengatasi segala virus dan ancaman tersebut. Namun jika Anda ingin mengabaikan beberapa virus yang Anda kira tidak berbahaya maka Anda hanya perlu menekan tombol Ignore.

6. Itulah tadi cara membersihkan virus yang ada di smartphone Android, jika Anda ingin menghilangkannya menggunakan sebuah aplikasi. Cara ini cukup mudah dan efektif untuk Anda gunakan. Cobalah untuk menerapkan cara pembersihan virus dengan menggunakan aplikasi avast ini. Setelah itu, maka smartphone Android yang Anda miliki akan terbebas dari berbagai virus jahat dan ancaman yang bisa merusak berbagai file maupun smartphone Anda tersebut.


Menghilangkan Virus Dengan Factory Reset 


Selain menggunakan sebuah aplikasi antivirus untuk menghilangkan virus yang ada di smartphone Android Anda tersebut. Ada juga pilihan untuk menghilangkan virus maupun ancaman yang bisa membahayakan smartphone Android Anda. Factory Reset atau mengatur ulang data yang Anda miliki pada smartphone Android Anda tersebut.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Warna Hitam Di Bibir


Cara ini dianggap paling ampuh dan sangat bermanfaat untuk mengembalikan seperti semula smartphone Android yang Anda miliki. Dengan melakukan Factory Reset maka Anda akan menghapus semua data yang ada pada smartphone Android yang anda miliki. Maka dari itu, sebelum Anda melakukan Factory Reset ada baiknya Anda membackup terlebih dahulu data yang Anda miliki. Untuk langkah-langkah dalam melakukan Factory Reset, berikut ini penjelasan secara lengkapnya.


1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membackup terlebih dahulu semua data dan aplikasi yang Anda miliki di smartphone Android Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengembalikan semua data yang ada pada smartphone Android Anda seperti semula.

2. Selanjutnya, setting smartphone Android Anda ke dalam save mode. Hal ini dilakukan agar smartphone Android Anda masuk ke dalam mode pengoperasian yang ringan. Dengan menggunakan save mode Anda bisa menjalankan aplikasi yang ringan, sedangkan untuk aplikasi yang berat seperti virus dan berbagai ancaman yang bisa merusak smartphone Android Anda tidak akan bisa berjalan dalam save mode ini.

Setelah masuk ke dalam save mode, Anda bisa leluasa dalam berpindah aplikasi. Berbagai virus dan file-file tidak penting dan tak terpakai akan terlihat dan bisa Anda hapus untukwmbersihkan smartphone Android Anda dari berbagai sampah yang ada di dalamnya. File seperti cache juga perlu Anda hapus karena file ini tidaklah penting dan hanya membuat smartphone Anda menjadi penuh.

Untuk bisa masuk ke dalam save mode, setiap smartphone memiliki cara yang berbeda. Ada yang menggunakan kombinasi penekanan tombol power dan volume. Ada juga yang dengan menekan tombol save mode dengan ikon pesawat. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencari di internet seperti apa cara melakukan save mode di smartphone Android yang Anda miliki tersebut.

3. Setelah masuk ke dalam save mode. Anda kemudian harus masuk ke dalam setting lagi kemudian masuk ke bagian pengaturan aplikasi. Di situ akan tampil berbagai aplikasi yang sudah terinstall ke dalam smartphone Anda.

Jika Anda menemukan sebuah aplikasi yang sekiranya tidak Anda ketahui manfaatnya dan Anda merasa tidak pernah menginsatall aplikasi tersebut. Maka, aplikasi tersebut termasuk  ke dalam aplikasi yang berbahaya untuk smartphone Android tersebut.

4. Setelah Anda menemukan berbagai aplikasi mencurigakan yang ada di smartphone Android Anda tersebut. Kemudian hapus semua aplikasi tersebut untuk menghilangkan virus dan ancaman yang menyerang smartphone Android Anda.

Kemungkinan aplikasi mencurigakan yang ada pada smartphone Android itu, masuk melalui aplikasi yang ada install. Karena jika Anda mendownload sebuah aplikasi dari internet, besar kemungkinan saat Anda sedang terhubung dengan internet itu, banyak virus dan aplikasi berbahaya yang ikut masuk dan terinstall di dalam smartphone Android Anda.

5. Setelah semua aplikasi mencurigakan dan file-file yang sekiranya tidak penting juga file cache sudah Anda hapus dan bersihkan semua. Anda bisa keluar dari save mode. Setelah Anda keluar dari save mode, Anda bisa mengembalikan berbagai data dan aplikasi yang ada di smartphone Android Anda seperti semula. Dalam smartphone Android tersebut, sudah tidak ada lagi virus maupun ancaman yang berkemungkinan untuk menganggu kenyamanan Anda saat mengoperasikan smartphone Android yang Anda miliki.

Itulah tadi cara menghilangkan virus yang ada di smartphone Android. Anda bisa menggunakan cara dengan meng-install aplikasi antivirus di smartphone Android tersebut, amatu Anda juga bisa melakukan Factory Reset di smartphone yang Anda miliki.

Dengan melakukan perawatan penghilangan virus di smartphone Android yang Anda miliki, maka Anda juga sudah ikut dalam merawat dan memperlama umur dari smartphone Android yang Anda miliki. Jika Anda melakukan perawatan dengan tepat dan dilakukan dalam tempo yang baik dan benar. Maka Anda juga bisa menjaga agar file maupun aplikasi yang Anda miliki terjaga dengan baik.