Cara Menghilangkan Uban dengan Teh Basi

Cara Menghilangkan Uban dengan Teh Basi

Cara Menghilangkan Uban dengan Teh Basi


Rambut adalah salah satu organ tubuh manusia yang harus dijaga keindahan dan kesehatannya. Sejatinya, rambut adalah  salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, terutama bagi kepala. Diantaranya adalah dapat melindungi kepala dari lingkungan sekitar, benturan benda-benda keras, cuaca, kotoran, dll.  Dimana dalam otak kita terdapat organ organ tubuh penting seperti otak, dll.

Selain itu, secara tidak langsung rambut juga memiliki fungsi estetik, yaitu keindahan. Hal ini dibuktikan bahwa rambut itu merupakan mahkota keindahan di kepala kita. Oleh sebab itu kesehatan dan keindahan rambut harus tetap terjaga, terutama bagi anda yang mengutamakan penampilan agar tetap indah untuk dipandang. Karena pada dasarnya rambut ideal merupakan hal yang menjadi idaman terutama bagi kaum wanita.

Banyak dijumpai orang-orang yang bermasalah dengan rambutnya mulai diantaranya, ketombe, rambut rontok, rambut rusak, rambut bercabang, dll. Hal ini yang membuat orang tidak nyaman dan tentunya juga akan menggangu penampilan dan aktivitas mereka. Selain itu, seiring berjalannya waktu, semakin kita menua, semakin usia kita bertambah, akan tumbuh uban di rambut.

Tetapi tidak menutup kemungkinan jika anak muda punya rambut beruban, karena sekarang banyak dijumpai banyak anak-anak muda yang beruban. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor tertentu seperti diantaranya stress, pola makan dan pola hidup yang tidak teratur, hormon, kekurangan asupan nutrisi bagi rambut, kebiasaan bahkan keturunan, hehe.

So pasti hal ini akan membuat kita tampil kurang percaya diri di depan umum, benar bukan? Oke, saya akan memberikan sedikit solusi tentang masalah ini.

Saat ini banyak dijumpai obat-obat penghilang uban yang beredar di pasaran. Namun, kini  anda tidak perlu untuk merogoh saku lebih banyak, karena kini ada cara lain yang tentunya lebih murah, mudah dan lebih efisien. Bagaimana dengan khasiatnya? Murah bukan berarti murahan ya, hehe.


Cara Menghilangkan Uban dengan Teh Basi


Baiklah dalam artikel kali ini saya akan mengulas dan sedikit memberikan tips yang bermanfaat bagi anda yang bermasalah dengan uban. Tentunya tips yang akan saya berikan ini adalah cara menghilangkan uban dengan bahan alami, ramah lingkungan, murah dan yang pasti tidak berbahaya bagi kesehatan, hehe. Hal itu dapat anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini :


1. Siapkan air teh yang telah diseduh


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan utama, yaitu seduhan air teh. Sebaiknya gunakan teh murni bukan teh seduh instant, karena hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia yang nantinya akan menimbulkan efek tidak baik bagi tubuh anda, apalagi jika digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang.


Baca Juga : Cara Alami Untuk Menghilangkan Mata Panda


Oke kembali lagi, siapkan teh hijau/hitam secukupnya sesuai dengan rambut anda. Rebuslah teh dengan air sampai mendidih dan biarkan air seduhan teh sampai hitam pekat, lalu diamkan beberapa saat tunggu sampai dingin. Setelah seduhan teh dingin, tutup seduhan teh dan tempatkan di tempat yang aman biarkan selama 1 malam.


2. Bersihkan rambut


Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah membersihkan rambut anda sampai bersih dan pastikan terbebas dari segala macam kotoran.


3. Keringkan rambut


Baik, langkah ketiga setelah anda membersihkan rambut anda adalah mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk. Hindari pengeringan menggunakan hair dryer karena akan mengubah tekstur rambut menjadi kering yang kasar, beda halnya dengan dikeringkan menggunakan handuk yang akan terasa lembut. Tunggu beberapa saat sampai rambut anda benar-benar kering.


4. Aplikasikan seduhan teh basi ke rambut


Langkah selanjutnya yaitu langkah utama yang anda lakukan untuk menghilangkan uban di rambut yaitu tuangkan seduhan teh basi ke seluruh rambut. Tuangkan secara perlahan, pijat secara perlahan dengan tangan, pastikan cairan sampai ke sela-sela rambut anda. Pijatan secara ringan ini berfungsi untuk membuka sel-sel kulit, sehingga nutrisi dari teh bisa masuk sampai akar-akar rambut.

Tuanglah seduhan teh basi ini beserta ampasnya. Tuang dan ratakan dengan tangan secara merata dan berulang. Terutama di daerah rambut anda yang penuh dengan uban. Setelah cairan tertuang secara merata, tutup rambut anda dengan plastik atau sejenisnya agar tidak terkena kotoran. Lalu, diamkan beberapa saat.

Selain itu, agar anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa merendam rambut anda dalam cairan/seduhan teh basi tersebut. Pastikan semua bagian rambut tercelup kedalam cairan. Akan tetapi hal ini membutuhkan lebih banyak teh bukan? Dibandingkan dengan cara sebelumnya, hehe. Biarkan beberapa saat, semakin lama anda merendam semakin besar kandungan teh dapat bekerja menghilangkan uban di rambut anda.


5. Bilas dan keringkan


Setelah diamkan beberapa saat, pasti rambut anda kotor dengan ampas teh bukan? Oke, langkah terakhir yang dapat anda lakukan dalam upaya menghilangkan uban adalah membilasnya menggunakan air bersih, jangan lupa gunakan shampoo yang biasa anda gunakan atau cocok dengan karakteristik rambut anda. Kemudian, keringkan rambut anda menggunakan handuk, hindari penggunaan hair dryer.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas secara teratur dan berulang anda akan mendapatkan rambut hitam, terbebas dari uban. Anda tidak perlu lagi pusing dengan masalah uban di rambut. Tidak perlu menyemir/mengecat rambut anda dengan cat rambut atau bahan kimia lainnya, karena hal ini tentunya juga tidak baik bagi kesehatan jika anda lakukan secara berulang-ulang. Oleh karena itu, pemakaian bahan alami jauh lebih baik  dan sangat dianjurkan dibandingkan pemakaian bahan kimia, selain hemat, mudah juga lebih aman.


Mungkin anda bertanya-tanya mengapa teh basi yang digunakan?

Hal ini terbukti dengan kandungan dalam teh baik teh hijau atau teh hitam yang mengandung antioksidan, polifenol, dan beberapa zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan rambut. Selain itu, seduhan teh basi adalah seduhan teh yang telah berfementasi secara alami tanpa bantuan bahan kimia lainnya.

Sehingga kandungan-kandungan dalam teh sudah tercampur dengan air. Maka, air ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghitamkan rambut beruban agar tampak lebih hitam dan berkilau menawan. Tidak hanya masalah rambut beruban, seduhan teh basi juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan masalah rambut rusak.

Langkah ini mudah dilakukan bagi siapa pun, baik perempuan atau pun laki-laki. Hal ini mudah dilakukan karena dapat dilakukan kapanpun atau untuk mengisi waktu-waktu luang anda saat berada di rumah. Selain mudah, teh basi juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Seduhan teh basi memang sudah tidak bisa dikonsumsi tetapi masih berkhasiat untuk rambut anda.

Hal ini dipercaya ampuh bisa menghilangkan uban di rambut jika dilakukamn rutin minimal 2 minggu. Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi, pola makan, kegiatan yang memicu timbulnya uban secara cepat.

Baiklah, setelah anda membaca tips diatas. janganlah anda melewatkan langkah-langkah diatas untuk mengatasi permasalahan rambut beruban anda, karena pada dasarnya rambut beruban datang tudak hanya karena faktor usia. Oke, cukup sekian tips yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda. Selamat mencoba, semoga berhasil!:)