Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang


Kebiasaan begadang merupakan kebiasaan buruk yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus menerus dilakukan. Boleh sekali-sekali begadang asal ada perlunya saja. Jika tidak ada perlunya, ya usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk tidak begadang karena akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

Perilaku begadang sering sekali dilakukan oleh anak-anak remaja, apabila bagi mereka yang sudah tamat sekolah. Begadang merupakan hal yang sangat biasa dilakukan. Tanpa tujuan dan alasan yang jelas, mereka sering sekali menghabiskan waktu mereka hingga larut malam, bahkan hingga pagi hari hanya untuk sekedar nongkrong dan mengerjakan aktifitas yang sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali.

Bagi anda yang sudah sering melakukan kebiasaan begadang, dan ingin segera mengakhirinya namun tidak bisa-bisa, tenang saja karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 6 cara menghilangkan kebiasaan begadang.

Semoga setelah membaca artikel ini anda semua yang memiliki niatan untuk berhenti begadang dapat terpenuhi niatnya. Meskipun begitu, anda juga harus bersungguh-sungguh untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Karena jika tidak anda sendiri yang menghilangkan kebiasaan tersebut mau siapa lagi dan andalah yang menentukan hidup Anda atau diri Anda. Maka dari itu mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan begadang dengan 6 cara berikut ini.

6 Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang



1. Niatkan Terlebih Dahulu


Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan begadang adalah dengan meniatkannya terlebih dahulu di dalam hati. Segala sesuatu itu datangnya dari niat dan bila niat anda baik maka hasilnya juga akan sangat baik. Namun sebaliknya jika niat anda buruk maka hasil yang akan anda dapat juga akan buruk pula. Niatkanlah dalam hati dengan bersungguh-sungguh untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Jika anda masih belum paham cara melakukannya, silahkan ikuti cara berikut ini. Pertama-tama, tariklah nafas anda dan keluarkan lewat mulut.

Lakukan hingga 3X sampai tubuh anda terasa sangat relax dan santai. Setelah itu minumlah segelas air putih. Hal ini dilakukan untuk memfokuskan pikiran anda. Setelah anda meminum segelas air putih, pejamkan mata anda seraya berkata “Saya Cinta Diri Saya, Saya Ingin Tubuh Saya Sehat. Maka dari Itu, Mulai Hari Ini Saya Berniat untuk Tidak Begadang Lagi Karena Saya Cinta Diri Saya, Karena Saya Ingin Hidup Sehat.” Ucapkanlah hingga beberapa kali. Usahakan juga lakukan cara ini ketika anda mau tidur. Jadi, setelah anda berniat, anda bisa langsung tidur.


2. Batasi Pertemanan dengan Orang-orang yang Suka Begadang


Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan begadang adalah dengan membatasi pertemanan dengan orang-orang yang suka begadang. Bisa teman anda, sahabat anda, saudara anda, intinya orang-orang yang suka begadanglah. Hal ini dilakukan agar anda bisa komitmen dengan niat yang telah anda ucapkan sebelumnya. Agar anda tidak terpengaruh dan tidak memiliki keinginan untuk begadang lagi usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk membatasi pertemanan dengan orang-orang yang suka begadang. Berteman sih boleh saja, tetapi jangan terlalu diikuti kali. Kalau hanya sebatas berteman boleh saja. Namun anda juga harus mengatur waktu. Jika sudah waktunya tidur ya anda harus pulang untuk beristirahat. Jangan berlarut-larut dalam pergaulan yang salah. Apalagi sampai menghabiskan waktu setiap malam untuk begadang yang dapat merusak kesehatan anda.


3. Biasakan untuk Tidur Lebih Awal dari Biasanya


Jika biasanya anda tidur di atas jam 12 malam, mulai dari sekarang mulailah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Intinya jangan sampai anda tidur melebihi jam 12 malam. Dalam konteks ini saya sangat menyarankan anda untuk tidur antara jam 9 hingga jam 10 malam. Atau anda juga bisa mengatur ritme jam tidur anda. Misal hari ini anda tidur jam 12 malam, besoknya anda tidur jam setengah 12 malam, dan besoknya lagi anda tidur jam 11 malam, begitu seterusnya. Hal ini dilakukan agar anda anda dapat menghilangkan kebiasaan begadang secara perlahan dengan mengatur ritme waktu tidur. Mudah-mudahan dengan cara ini kebiasaan begadang anda dapat hilang secara perlahan.


4. Jauhi Rokok & Kopi


Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menjauhi rokok dan juga kopi. Mengapa saya anjurkan untuk menjauhi rokok dan juga kopi? Karena rokok dan kopilah yang membuat seseorang tahan tidak tidur sampai larut malam bahkan hingga pagi hari. Kandungan nikotin yang ada pada rokok dan kafein yang ada pada kopi tentunya dapat membuat tubuh anda kuat untuk tidak tidur hingga larut malam bahkan hingga pagi hari.


Baca Juga : Macam Macam Penyakit Kulit Akibat Virus


Maka dari itu jika anda benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan begadang anda harus dapat semaksimal mungkin untuk menjauhi rokok dan juga kopi. Merokok dan minum kopi boleh-boleh saja, namun usahakan aktifitas merokok dan minum kopi tidak lakukan ketika malam hari karena dapat menumbukan niat dalam hati untuk begadang. Buang jauh-jauh keinginan untuk merokok dan minum kopi ketika malam hari karena dapat memancing keinginan untuk begadang.


5. Perbanyak Minum Air Putih


Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangakn kebiasaan begadang adalah dengan memperbanyak minum air putih. Jika anda merupakan sosok pribadi yang malas untuk minum air putih, maka mulai dari sekarang perbanyaklah minum air putih. Hal ini dilakukan untuk melancarkan kinerja kerja otak anda menjadi optimal dan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Minumlah air putih ketika bangun tidur, setelah makan, saat haus, dan sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar pikiran anda menjadi relax dan memudahkan anda untuk tidur. Karena sejatinya orang-orang yang begadang merupakan orang-orang yang memiliki banyak sekali masalah dan problema kehidupan. Insyaallah dengan meminum air putih secara rutin pikiran anda dapat menjadi relax dan anda sangat mudah untuk tidur cepat di malam hari.


6. Jangan Tahan Keinginan untuk Tidur Ketika Sudah Mulai Terasa Ngantuk


Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan begadang adalah dengan tidak menahan keinginan tidur ketika sudah mulai terasa ngantuk. Ketika anda sudah mulai ngantuk, jangan tahan keinginan untuk tidur. Begitu anda sudah mulai ngantuk, langsung tidurkanlah dan jangan menunggu lagi. Karena jika anda menahan keinginan untuk tidur, rasa ngantuk anda akan hilang dengan sendirinya. Hal inilah yang menyebabkan anda memiliki keinginan untuk begadang kembali. Maka dari itu ketika anda sudah mulai ngantuk, jangan menahan keinginan untuk tidur.

Ketika anda sudah mulai ngantuk, berhentikan seluruh aktifitas dan pergilah ke kamar tidur dengan segera agar rasa ngantuk anda tidak hilang dan anda dapat tidur dengan pulas. Itulah 6 cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Semoga dengan membaca artikel ini anda semua yang memiliki niat untuk menghilangkan kebiasaan begadang dapat terpenuhi nitanya.