Skip to main content

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dan Mata Panda Secara Alami


Cara Menghilangkan Kantung Mata Dan Mata Panda Secara Alami Dan Cepat


Mata panda menjadi salah satu permasalahan yang sering mengganggu penampilan. Apalagi ditambah dengan kantung mata yang biasanya muncul bersama mata panda, maka raut muka akan tampak lelah dan tidak segar. Mata panda sendiri umumnya diakibatkan kurang tidur atau kelelahan. Cara menghilangkan mata panda sendiri bisa menggunakan bahan-bahan alami atau lebih cepat dengan perawatan.




Penyebab Munculnya Mata Panda


Mata panda dan kantung mata membuat penampilan seseorang tampak lelah dan tidak segar. Mata panda sendiri bisa disamarkan dengan makeup seperti concealer. Namun sifatnya yang hanya sementara tentu membuat seseorang kerepotan untuk selalu meyamarkannya. Sebelum memikirkan cara menghilangkan mata panda, anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat memunculkan lingkar hitam di bawah mata, atau mata panda.


1. Jam Tidur Tidak Teratur


Tidak hanya kekurangan tidur, tidur yang berlebihan juga bisa memunculkan lingkar hitam di bawah mata. Tidurlah kurang lebih tujuh hingga delapan jam setiap harinya. Jaga pula pola tidur, jangan terlalu sering begadang. Posisi tidur yang tidak baik juga bisa memunculkan mata panda. Misalnya saja tidur telentang yang membuat perut dan wajah tertekan. Jagalah pola tidur serta posisi tidur yang baik agar tidak memunculkan lingkar hitam maupun kantung di bawah mata.


2. Faktor Genetik


Faktor keturunan atau genetik juga bisa memunculkan mata panda. Misalnya keluarga anda banyak banyak memiliki lingkar hitam bawah mata, maka tidak heran jika anda juga memilikinya. Dr. Sonia Batra, seorang dermatologist mengatakan bahwa kulit berwarna gelap, atau kulit yang menyerupai warna zaitun, contohnya orang timur tengah, kemungkinan memiliki tingkat pigmen lebih tinggi di bawah matanya, hal tersebut menjadikan warna di bawah mata menjadi lebih gelap.


3. Alergi


Beberapa alergen seperti rumput dan serbuk sari dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sekitar mata. Peyumbatan tersebut berakibat bagian sekitar mata berwarna kebiruan dan juga bengkak. Oleh sebab itu terlihat seperti mata panda, yaitu warna kulit di sekitar mata lebih gelap. Apabila kasus tersebut yang terjadi, maka cara menghilangkan mata panda akibat alergi dapat dilakukan dengan meminum obat alergi sesuai saran dokter. Setelah itu bisa ditambahkan dengan pelembab untuk mengatasi pembuluh darah yang mengalami pembengkakan.


4. Gaya Hidup Tidak Sehat


Gaya hidup yang tidak sehat tentunya berdampak buruk untuk penampilan, salah satunya mata panda. Kurang minum air putih, kekurangan nutrisi, jarang olahraga, terlalu lelah, dapat memunculkan lingkar hitam pada bawah mata. Cara mengatasinya tentu dengan menerapkan hidup sehat. Hindari pula konsumsi alkohol serta rokok, apabila ingin terbebas dari mata panda.


5. Perawatan Wajah yang Salah


Melakukan perawatan wajah juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Misalnya saja dalam hal membersihkan wajah. Sebaiknya lakukan dengan pembersih dan lakukan secara perlahan saja. Dikhawatirkan membersihkan wajah terlalu keras dapat merusak pembuluh darah yang berada di sekitar mata, sehingga menyebabkan pembengkakan.

Disarankan pula membersihkan wajah dengan pembersih dan tidak hanya sabun muka. Karena make up seperti maskara justru akan meluber bila tidak dibersihkan secara benar. Sehingga penggunaan sabun muka saja malah membuat mata tampak memiliki kulit yang lebih gelap. Hal tersebut menunjukkan bahwa mata panda juga bisa diakibatkan oleh pembersihan wajah dari make up yang kurang tepat.


6. Hormon


Mata panda lebih mudah muncul pada wanita yang tengah hamil. Hal tersebut karena saat kehamilan, perubahan hormon yang ekstrim menyebabkan pembuluh darah sekitar mata melebar. Hal tersebut menjadikan cincin mata lebih menonjol, dan kulit sekitar mata menjadi gelap. Merokok serta pola makan yang tidak sehat juga menyebabkan perbuahan hormonal, sehinga mata panda akan muncul.


7. Faktor Usia


Faktor usia menjadi salah satu hal yang menyebabkan lingkar hitam dan kantung di bawah mata. Semakin bertambah usia seseorang, maka kulit di bawah mata akan menipis. Sehingga pembuluh darah yang berada di area tersebut akan semakin terlihat. Pertambahan usia juga menyebabkan kulit di sekitar mata menumpuk, menyebabkan daerah sekitar mata tampak hitam. 


Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami


Mata panda yang mengganggu penampilan dapat disamarkan bahkan dihilangkan bila melakukan perawatan secara rutin. Perawatan tersebut bisa menggunakan bahan-bahan alami yang harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan perawatan pada dokter dan klinik kecantikan. Barikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda.


1. Minyak Zaitun


Minyak zaitun memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun mampu mengencangkan kulit kendur. Vitamin E tersebutlah yang mengencangkan kulit di bawah mata yang kendur dan tampak lebih hitam, menjadi lebih kencang dan warnanya tampak lebih cerah. Selain itu juga bisa mencegah penuaan dini pada seseorang.

Memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan lingkar di bawah mata adalah dengan mengoleskannya langsung. Namun sebelum itu lakukan perawatan kulit terlebih dahulu sebelum tidur, misal dengan mencucinya dengan sabun. Setelah itu oleskan minyak pada bagian mata pandanya. Biarkan minyak semalaman, lalu tidurlah. Lakukan perawatan secara rutin dan tidurlah dengan pola teratur untuk hasil yang maksimal.


2. Madu dan Mentimun


Mentimun memang kerap di aplikasikan langsung pada mata untuk mengurangi sembab. Namun ditambahkan dengan madu membuatnya dapat menghilangkan mata panda. Caranya adalah dengan menghaluskan mentimun dahulu dengan blender. Tambahkan madu dengan perbandingan 1:2. Jus mentimun hanya setengah dari jumlah madunya. Oleskan langsung pada area bawah mata. Diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas.Lakukan secara rutin hingga mata panda menghilang.


Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Okra Untuk Kesehatan


3. Madu dan Lemon


Madu mampu melembabkan kulit. Sedangkan buah lemon sendiri bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sehingga penggunaan madu dan lemon dapat melembabkan kulit sekaligus mencerahkannya, sehingga lingkar hitam atau mata panda dapat di atasi. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan buah lemon dan madu, dengan perbandingan sama. Olesan pada lingkar hitam pada mata, dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan sabun muka dan air bersih.


4. Kentang


Cara menghilangkan mata panda menggunakan bahan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kentang. Kandungan vitamin B dan C pada kentang mampu meremajakan kulit. Sehingga mengkonsumsi kentang mampu membuat kulit lebih segar. Selain itu juga bisa dengan menghaluskan kentang dan memanfaatkannya sebagai masker. Oleskan pada bagian bawah mata yang menghitam dengan masker kentang untuk menghilangkan mata panda.


5. Air Dingin


Air dingin mampu mengurangi pembengkakan pada mata, sehingga mengurangi pula lingkar hitam di bawah mata. Caranya adalah dengan membilas wajah menggunakan air dingin beberapa hari sekali. Bisa juga dengan membungkus air dingin dengan plastik dan tempelkan pada bagian mata. Menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain lap, lalu ditempelkan pada bagian bawah mata juga bisa membantu mengurangi mata panda.


6. Teh Hijau Celup


Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan mampu meremajakan kulit, begitupun dengan kulit di sekitar mata. Pembengkakan sekitar mata mampu dihilangkan pula dengan teh hijau. Kandungan tanin dalam teh hijau juga mengurangi peradangan pada mata. Memanfaatkan teh hijau celup untuk mata panda adalah dengan mencelupkan teh pada air dingin. Setelah itu letakkan pada kelopak mata. Tunggu kurang lebih selama 15 menit. Bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk hasil maksimal.


7. Bubuk Kopi, Lada Hitam, dan Minyak Kelapa


Kafein yang terkandung pada kopi mengandung zat anti inflamasi, sehingga mampu mengurangi bengkak pada mata. Lada hitam mampu memperlancar sirkulasi darah, begitupun yang berada di bawah mata. Sedangkan kulit kelapa mampu melembabkan kulit. Menghilangkan mata panda dapat dengan mencampurkan bubuk kopi, lada hitam, serta minyak kelapa.

Cara menghilangkan mata panda dengan ketiga bahan di atas cukup mudah. Yaitu dengan mencampurkan setengah sendok makan bubuk kopi, satu sendok teh minyak kelapa, lalu sedikit lada hitam bubuk. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Oleskan campuran de bagian bawah mata yang menghitam. Tunggu kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan kapas atau kain halus yang sudah dibasahi.


8. Lidah Buaya


Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut. Kandungan berbagai vitamin dan juga oksidan mampu mengurangi mata panda dan juga merupakan bahan alami yang baik sebagai anti aging. Cara penggunaan lidah buaya untuk mata panda adalah dengan mengoleskan gelnya pada bawah mata. Tunggu kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Namun jangan sampai gel lidah buaya mengenai mata karena bisa memunculkan iritasi.


9. Putih Telur


Putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sehingga baik digunakan untuk menghilangkan mata panda. Cara menggunakannya adalah dengan memisahkan putih dan kuning telur terlebih dahulu. Lalu kocok putih telur hingga cukup encer. Setelah itu oleskan putih telur pada bagian bawah mata, tunggu hingga mengering. Lalu bilas dan bersihkan putih telur, menggunakan sabun muka.


10. Air Garam


Peradangan pada bagian bawah mata bisa dikurangi dengan air garam. Namun cara penggunaannya bukanlah dengan dikonsumsi. Karena mengkonsumsi makanan atau minuman dengan garam tinggi justru menyebabkan pembengkakan pada mata. oleh sebab itu untuk memanfaatkan air garam adalah dengan mengaplikasikkannya langsung ke mata yang mengalami pembengkakan dan perubahan warna.

Caranya adalah dengan menyiapkan air hangat terlebih dahulu, kurang lebih sebanyak satu liter. Setelah itu siapkan setengah sendok makan garam dan juga kapas. Campurkan air hangat dan garam, lalu aduk hingga seluruh garam terlarut. Celupkan kapas ke dalam air garam, peras namun tetap menyisakan air garam dalam kapas. Tempelkan di kelopak mata kurang lebih 10 menit. Lakukan secara rutin, untuk menghilangkan mata panda.


Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Produk Kecantikan


Selain berbagai tanaman maupun minyak yang berfungsi sebagai bahan alami untuk menghilangkan mata panda, ternyata beberapa produk kecantikan juga bisa digunakan untuk mengatasi mata panda. Produk kecantikan tersebut bisa dalam bentuk masker, krim, maupun gel. Berikut adalah beberapa produk kecantikan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda.


1. Masker Mata


Masker mata dinilai mampu mempercepat proses hidrasi pada kulit. Mampu mendinginkan kulit, dan memunculkan efek anti inflamasi. Masker mata sendiri umumnya sekali pakai, dan memiliki harga yang berbeda untuk setiap mereknya. Mulai dari beberapa puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. Cara penggunaannya pun sederhana, hanya perlu menempelkannya di bagian bawah mata, lalu diamkan beberapa menit. Umumnya digunakan pada malam hari sebelum tidur.


2. Eye Cream


Eye cream atau krim mata mampu merawat kulit yang berada di sekitar mata, yaitu kulit yang lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain. Krim mata sebagai salah satu jenis skin care ini mampu menghilangkan mata panda yang mengganggu. Namun memilih eye cream ini terdapat beberapa tipsnya. Berikut adalah beberapa cara memilih eye cream yang sesuai untuk anda.

- Pilihlah eye cream yang bisa menyamarkan kerutan halus. Apabila kulit dalam kondisi kering, maka daerah sekitar mata dan bibir mudah mengerut. Apabila sekitar mata anda tampak kerut-kerut halus, maka gunakanlah eye cream. Pilih eye cream yang mengandung kolagen, asam amino, ceramider, hyaluronic acid, dan bahan-bahan lain yang mampu melembabkan kulit.

- Kedua adalah pilih eye cream yang bisa membantu mengecilkan kantung mata. Pilih eye cream yang mengandung kolagen, retinol, derivat vitamin C, isoflavone, maupun kandungan lain yang mampu mengurangi kulit kendur. Karena kulit yang kendur kemudiannya bisa memunculkan mata panda. Penyebab kulit kendur sendiri adalah kekurangan kolagen dan hyaluronic di kulit sekitar mata.

- Terakhir tentunya pilihlah eye cream yang bisa menghilangkan lingkaran gelap atau mata panda. Lingkaran gelap sendiri memiliki jenis yang berbeda, sehingga membutuhkan eye cream yang berbeda pula. Pada lingkaran yang berwarna kebiruan, bisa menggunakan eye cream yang mengandung vitamin K, P, dan E untuk mengatasinya. Pada lingkaran yang berwarna gelap bisa menggunakan eye cream dengan kandungan kolagen, vitamin C, retinol, dan isoflavone. Terakhir pada lignakran berwarna coklat, pilih eye cream yang mengandung derivat vitamin C dan plasenta.


Cara Mencegah Munculnya Mata Panda


Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah mata panda muncul. Hal tersebut tentunya melibatkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Karena mencegah lebih baik dibandingkan anda sudah mendapatkan mata panda yang dapat mengganggu penampilan. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata panda.


1. Jaga Kualitas Tidur


Kualitas tidur yang baik dan mencukupi akan mencegah anda mendapatkan lingkar hitam di bawah mata. kualitas tidur yang baik dapat diperoleh dengan tidur yang cukup kira-kira selama tujuh jam sehari. Lalu jangan membiasakan begadang dan tidur pagi. Gunakan posisi tidur yang benar. caranya adalah dengan memposisikan kepala lebih tinggi saat tidur. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar peredaran darah.


2. Jaga Kualitas Makan


Hindari terlalu sering mengonkonsumsi junkfood. Perbanyak konsumsi buah serta sayuran karena kandungan vitamin dan serat yang banyak dikandungnya. Sayur dan buah akan membantu anda menjaga kesehatan serta kecantikan pada kulit. Hindari pula terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Karena garam mampu menghambat peredaran darah.


3. Gunakan Tabir Surya


Tabir surya memang penting di aplikasikan pada kulit. Karena tabir surya mampu mengurangi efek yang ditimbulkan akibat paparan sinar ultraviolet. Dimana sinar tersebut mampu menyebabkan produksi melanin lebih cepat. Sehingga warna di sekitar kulit akan lebih gelap dibandingkan bagian lain. Oleh sebab itu gunakan tabir surya saat beraktifitas di luar rumah dan terkena paparan sinar matahari langsung.

Demikian itulah berbagai penyebab, cara mencegah, hingga cara menghilangkan mata panda yang mengganggu penampilan anda. Meskipun terdapat berbagai cara untuk menghilangkan mata panda, baik itu secara alami maupun dengan produk kecantikan, tentu mencegahnya akan lebih baik. Oleh sebab itu jagalah pola dan kualitas tidur, asupan gizi, rajin berolahraga, cukupi kebutuhan akan air putih, serta mengurangi kafein dan alkohol. Hal tersebut dapat membantu anda untuk mencegah munculnya mata panda yang tidak diinginkan.