Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan Secara Permanen

Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan Secara Permanen

Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan Secara Permanen


Jam tangan memang telah menjadi aksesoris yang sangat penting dan mutlak baik bagi kaum pria maupun kaum wanita. Bagaimana tidak, tanpa memakai jam tangan rasanya tidaklah lengkap penampilan kita di hadapan orang banyak. Selain sebagai fashion, aksesoris ini memudahkan banyak orang untuk lebih mudah mengatur waktu dalam beraktivitas keseharian mereka masing-masing. Sehingga, benda ini menjadi hal wajib bagi sebagian orang untuk dapat menggunakannya.



Akan tetapi, banyak jam tangan yang memiliki tingkat kualitas yang berbeda satu sama lain. Jam tangan yang memang memiliki kualitas yang baik akan lebih dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus pula, sedangkan bagi jam tangan yang berkualitas kurang baik akan lebih memiliki kekurangan dari berbagai sisi.

Perbedaan yang paling umum dari jam tangan berkualitas baik dan kurang baik biasanya terletak pada fitur water resist nya yang berbeda. Jam tangan dengan harga standar biasanya belum dilengkapi fitur tersebut dan menjadikan jam tangan ini memiliki kelemahan terutama ketika jam tangan ini terkena atau terendam air.

Akibat yang biasa yang terjadi adalah munculnya embun pada kaca jam tangan kita. Selain itu terlalu panas juga menjadi salah satu penyebab embun pada kaca jam tangan dengan gejala adanya uap air yang masuk dan terperangkap. Kalau hal demikian sudah terjadi , mungkin banyak orang yang khawatir dan gelisah dengan jam kesayangannya, hal ini sungguh merepotkan si pemakai.


Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan Secara Permanen


Berikut akan saya paparkan beberapa tips untuk menghilangkan embun di jam tangan.


1. Menjemur 


Cara pertama yang patut Anda coba ketika jam tangan terdapat embun yang mengganggu adalah dengan menjemurnya. Hal ini akan menjadi pertolongan pertama untuk menyelamatkan jam Anda. Memang yang dimaksudkan disini bukanlah menjemur pakaian, tetapi Anda harus mencoba untuk menyimpan jam tangan Anda yang berembun pada area terbuka. Hal ini dikarenakan agar sirkulasi udara bagus dan juga akan mendapapatkan sinar matahari.

Selain melalui cara dengan menjemurnya di bawah sinar matahari, Anda juga dapat mencoba mengeringkannya di dekat televisi, kulkas, ataupun mesin cuci, yang terpenting jam Anda bisa mendapatkan hangat udara yang mengalir sehingga akan menguapkan embun yang terperangkap di dalamnya.


2. Membuka kaca


Yang biasa terjadi ketika jam tangan Anda terkena embun yaitu kaca jam tangan anda akan berwarna pucat dan tidak terlihat, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan cara membuka kaca jam. Anda dapat melukakan cara demikian dengan menggunakan pinset atau sejenisnya untuk mencongkel bagian kaca. Selanjutnya lakukanlah dengan mengelap kaca bagian dalam menggunakan kain agar embun benar-benar hilang.


3. Membongkar


Ketika Anda telah menjemur dan menghangatkan suhu pada jam tangan Anda tetapi hal tersebut tidak berhasil, maka yang perlu Anda coba selanjutnya adalah dengan membongkar jam Anda. Ini mungkin lebih berbahaya, tetapi kalau berhasil akan sangat membantu untuk menyelesaikan embun di dalamnya.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Alergi Dingin Secara Alami


Cara ini bisa dilakukan dengan membuka setiap sekrup yang ada menggunakan obeng, biasanya di bagian bawah atau belakang jam. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak merusak jam kesayangan anda.


4. Hair dryer


Memang untuk dapat mengeringkan atau menghilangkan embun pada jam tangan terasa sulit dan banyak cara yang tidak behasil. Perlu kesabaran untuk dapat menyelesaikannya. Anda mungkin memiliki pengering rambut (hair dryer) di rumah anda. Alat ini mungkin akan membantu Anda dalam menghilangkan embun di jam tangan.

Cara ini dapat dilakukan dengan menghidupkan hair dryer dalam tingkat panas yang paling rendah. Kemudian keringkan jam tangan Anda. Hindarilah penggunaan hair dryer terlalu dekat dengan jam, berilah jarak sekitar 15 cm dari jam tangan Anda. Ketika dirasa cukup dan embun sudah mulai menghilang, hentikanlah penggunaannya agar suhunya tidak terlalu panas.


5. Membungkus dengan handuk


Banyak cara yang dilakukan untuk dapat menghilangkan embun yang terjebak dalam jam tangan Anda. Namun, ketika hari sedang hujan terus menerus pasti Anda tidak akan dapat menjemurnya. Hal ini sungguh merepotkan pastinya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka Anda dapat menyelesaikannya dengan cara membungkus jam tangan menggunakan handuk.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan bagian belakang jam tangan menghadap ke bawah dan bungkuslah dengan handuk. Lalu simpanlah bungkusan handuk tersebut di udara yang terbuka atau pada tempat yang terkena sinar matahari. Cara yang demikian akan membantu Anda untuk menghangatkan jam tangan yang terkena embun.


6. Beras


Cara berikutnya ini mungkin akan sedikit kuno. Namun, ketika handphone atau ponsel Anda terkena atau tercelup ke air, maka simpan saja di tempat beras. Memang hal itu agak kurang cocok digunakan, tetapi ternyata hal itu sangat berguna.

Cara ini juga dapat Anda terapkan untuk mengatasi embun pada jam tangan Anda. Lakukan dengan cara memasukkannya pada bongkahan beras yang berada di rumah. Hal ini akan bermanfaat karena beras akan menyerap air yang ada di jam tangan. Sehingga uap yang terjebak pun akan hilang bahkan tanpa membuka casing nya terlebih dahulu.


7. Menyinari dengan lampu


Ketika matahari tidak bersinar, memang akan merepotkan bagi setiap orang. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah pada jam tangan Anda yang terkena embun, maka hal ini juga menyusahkan karena tidak ada sinar panas untuk dapat menjemurnya. Sehingga lampu cocok digunakan menggantikan matahari untuk menghangatkan suhu pada jam

Anda. Memang lampu tidak memiliki panas yang besar layaknya matahari, tetapi hal ini dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan embun yang terjebak sedikit demi sedikit. Lakukanlah dengan menghangatkan jam di bawah lampu. Sinari dan hangatkan jam Anda sampai embun benar-benar menghilang.


8. Menggunakan lilin


Selanjutnya, adalah dengan menggunakan lilin. Anda dapat memanfaatkan lilin di rumah. Dalam menggunakan cara ini, alangkah lebih baik menggunakan lilin yang memang sudah pendek ukurannya. Caranya dapat Anda lakukan dengan menyalakan terlebih dahulu lilinnya lalu silahkan taruh jam tangan di dekat lilin itu.

Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar dapat menghilangkan embun, tetapi sedikit demi sedikit akan membantu. Hal yang perlu diingat adalah hindarilah penggunaan terlalu dekat karena hal itu dapat merusak jam tangan Anda.


9. Silica Gel


Silica gel memang terasa masih asing di telinga kita. Namun, benda ini adalah cara terakhir yang akan sangat membantu untuk menghilangkan embun di jam tangan. Cara kerjanya, silica gel dapat menyerap lembap pada jam tangan agar kondisi dapat terjaga. Anda dapat menggunakannya dengan silica gel bekas barang atau produk bekas dirumah, seperti makanan, sepatu, tas, atau barang bekas lainnya.

Cara menggunakannya mudah, pertama siapkan dahulu 1-2 kemasan silica gel dan sebuah toples dengan tutup. Selanjutnya masukkan jam tangan bersama silica gel ke dalam toples. Kemudian lihat hasilnya satu hari berikutnya.