Cara Menghilangkan Alergi Dingin Secara Alami

Cara Menghilangkan Alergi Dingin Secara Alami

Cara Menghilangkan Alergi Dingin Secara Alami


Bagi Anda maupun kerabat dekat yang menderita alergi dingin, informasi seputar alergi dingin mulai dari penyebab hingga cara pengobatan berikut mungkin akan banyak membantu dalam mencegah dan mengatasi alergi dingin yang dialami. Setiap manusia yang hidup di bumi ini pasti memiliki ketidak-mampuan untuk menghadapi sesuatu baik secara mental maupun fisik.



Salah satu contoh paling awam yaitu ketidak-mampuan manusia dalam menghadapi lingkungan sekitar. Banyak individu yang mengeluh akan sulitnya menghadapi lingkungan sekitar yang tidak menentu, salah satu contoh dari lingkungan sekitar manusia yang tidak menentu yaitu suhu lingkungan. Suhu disekitar manusia yang berubah-ubah terkadang membuat seorang manusia dengan daya tahan tubuh rendah mengalami suatu penyakit. Beberapa penyakit yang sering terjadi karena suhu yang berubah-ubah adalah, flu, batuk, demam, gatal, hingga alergi dingin.

Berbicara mengenai salah satu penyakit yang disebabkan oleh suhu lingkungan yaitu alergi dingin, penyakit ini sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang mudah diatasi dengan cara alami.
Lalu apakah itu alergi dingin ? Ya, alergi dingin atau dalam dunia medis dikenal juga dengan sebutan Urtikaria dingin merupakan salah satu jenis alergi yang dapat dialami oleh tubuh manusia.

Alergi dingin dapat timbul pada kondisi dimana kulit bereaksi terhadap kondisi dingin pada lingkungan sekitar. Biasanya, alergi dingin akan memberikan efek seperti gatal serta kemerahan pada kulit. Namun, tidak tanggung-tanggung apabila alergi yang dialami telah berada pada tingkat yang parah, maka akan menimbulkan bilur-bilur pada kulit si penderita.

Alergi dingin sendiri dapat terjadi lantaran tubuh seorang manusia mengalami pelepasan zat histamin. Pelepasan zat inilah yang kemudian menyebabkan tubuh bereaksi dengan munculnya bintik merah yang apabila semakin digaruk maka akan menyebabkan bintik-bintik tersebut semakin lama semakin menyebar.

Mengenai penyebab timbulnya Urtikaria dingin, biasanya alergi seperti ini akan menyerang individu yang memiliki kulit sensitive terutama pada perubahan suhu di sekitarnya. Selain karena fisik dari masing-masing individu, alergi dingin juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :


a. Daya tahan tubuh. 


Kembali lagi pada daya tahan tubuh masing-masing individu yang berbeda, daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang menjadi salah satu faktor terbesar penyebab dari munculnya alergi dingin. Apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh rendah, maka kemungkinan besar Ia akan menderita alergi dingin lebih besar daripada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat.

Hal tersebut dikarenakan daya tahan tubuh yang kuat akan membantu seseorang menahan rasa dingin yang menyerang kulit, oleh sebab itu, orang-orang dengan daya tahan semacam ini tidak akan mudah terserang alergi dingin.


b. Musim Penghujan. 


Musim penghujan yang identik dengan suhu dingin dan udara lembab merupakan faktor kedua penyebab dari timbulnya alergi dingin. Keadaan semacam ini dapat membuat orang dengan kulit sensitive dan menderita alergi dingin mengalami kambuh pada penyakit yang dideritanya. Bakteri seperti tungau, jamur serta debu yang meningkat dan menyerang kulitlah yang membuat alergi dapat kambuh dengan cepat.


c. Konsumsi makanan dan minuman.


Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga dapat menimbulkan alergi dingin pada tubuh seseorang. Hal teresebut bahkan lebih berbahaya bagi penderita, sebab pada saat tubuh mengalami produksi histamin yang berlebihan, tenggorokan dan lidah akan mengalami pembengkakan. Maka dari itu makanan dan minuman yang masuk pada tubuh haruslah dipilih secara selektif, karena pembengkakan yang terjadi juga dapat menyebabkan penderita sulit bernafas dan membahayakan kehidupan.


Cara Menghilangkan Alergi Dingin Secara Alami



Akan tetapi, bagi Anda yang mengalami alergi dingin Anda tidak perlu lagi merasa khawatir, sebab setiap penyakit pasti memiliki obat untuk menyembuhkannya. Baik secara medis maupun cara alami, semua alternatif dapat Anda coba untuk membantu mengurangi alergi dingin yang dialami. Lalu apa saja pengobatan alami atau alternatif lain untuk mengobati alergi dingin ? Ini dia jawabnnya.



1. Menghindari diri untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dingin.



Telah diterangkan sebelumnya bahwa makanan dan minuman menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya alergi dingin. Maka dari itu, cara paling efektif untuk menghindari alergi dingin yang bisa saja muncul atau kambuh adalah dengan menghindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dingin yang akan merangsang pelepasan zat penyebab alergi pada tubuh.


2. Melindungi kulit dari suhu drastis yang seringkali berubah-ubah.


Umumnya, tubuh seorang manusia secara otomatis akan merespon keadaan suhu pada lingkungan sekitar. Apabila suhu yang tiba-tiba berubah menjadi dingin, maka tubuh perlu melakukan persiapan diri dengan cara menjaga agar suhu tubuh tetap hangat. Salah satu caranya yaitu mengenakan pakaian tebal dengan bahan yang mampu menghangatkan tubuh, sebab hal tersebut akan menghindarkan penderita dari kambuhnya alergi dingin yang dimiliki.


3. Menggunakan lotion atau bedak.


Mungkin sebagian orang mengalami kesulitan pada saat mengkonsumsi obat yang ditelan, namun untuk mengatasinya, kini terdapat alternatif lain yaitu obat luar semacam bedak atau lotion. Bedak tabur atau lotion ini dapat mengurangi gejala gatal yang timbul pada kulit penderita alergi dingin. Bedak atau lotion yang biasa digunakan untuk mengobati alergi dingin adalah bedak atau lotion yang mengandung salicy atau antihistamin didalamnya.


Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah


Penggunaan bedak atau lotion tersebut pun sama dengan penggunaan obat luar pada umumnya. Pada saat gatal mulai terasa, maka Anda bisa segera mengoleskankannya pada bagian kulit yang terasa gatal. Dalam kurun waktu beberapa menit, biasanya bedak atau lotion tersebut akan memberikan efek meredakan pada gatal yang timbul karena alergi dingin yang diderita.


4. Merendam kaki dengan air hangat.


Cara alami untuk mengatasi alergi dingin berikutnya yaitu dengan memanfaatkan air hangat. Apabila seorang penderita merasakan tubuhnya akan terserang alergi dingin, maka untuk mencegah alergi menjadi lebih parah Anda bisa mencoba untuk merendam kaki dengan air hangat.

Air hangat sangat berguna untuk mengontrol dan menstabilkan suhu tubuh. Dengan merendam kaki pada air hangat inilah maka suhu tubuh Anda akan berangsur-angsur kembali normal. Selain itu rendaman air hangat tersebut juga dapat membuat tubuh Anda lebih rileks dan lebih hangat.


5. Berjemur.


Berjemur merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh anak-anak hingga orang tua. Pada pagi hari, berjemur menjadi salah satu kegiatan wajib yang banyak dilakukan oleh sebagian orang. Berjemur menjadi salah satu cara agar manusia memdapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Untuk penderita alergi dingin sendiri, berjemur dapat menjadi salah satu solusi jitu untuk meredakan alergi dingin yang dialami.

Dengan berjemur, maka suhu tubuh penderita alergi dingin akan terjaga dengan baik. Efek dari sinar matahari ini juga dapat membuat proses dalam tubuh berjalan dengan normal. Benefit dari berjemur pun sangat banyak, selain memberikan banyak vitamin pada tubuh, berjemur secara berkala juga dapat membuat tubuh lebih kuat dan hangat.