Skip to main content

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat


Bau mulut menjadi permasalahan yang kerap kali menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Menimbulkan kekhawatiran membuat orang lain tidak nyaman saat melakukan percakapan dengan dirinya. Oleh sebab itu banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Namun sebelum mengetahui cara menghilangkannya, ketahui terlebih dahulu penyebab dari bau mulut itu sendiri.




Penyebab Bau Mulut


Bau mulut dapat disebabkan karena faktor internal maupun eksternal. Contoh faktor internal antara lain karena penyakit tertentu yang menjangkit tubuh seseorang. Sedangkan faktor eksternal misalnya kurang menjaga kebersihan gigi, lidah, maupun mulut. Faktor eksternal juga bisa diakibatkan karena merokok maupun mengkonsumsi makanan berbau tajam. Berikut adalah beberapa penyebab bau pada mulut.


1. Gigi dan Lidah yang Kurang Bersih


Bau mulut yang diakibatkan karena gigi dan lidah yang kurang bersih paling umum terjadi pada seseorang. Sisa-sisa makanan dapat menempel pada gigi, lidah, maupun gusi. Bakteri yang cenderung menyukai tempat lembab dengan banyak nutrisi tentu menjadikan bagian dalam mulut ini sebagai tempat hidup dan berkembang biak. Bakteri tersebutlah yang menjadikan bau pada mulut.
Menjaga kebersihan gigi, lidah, maupun bagian dalam mulut yang lain adalah dengan rajin menggosok gigi. Misal setelah makan dan sebelum tidur. Menggosok gigi ini berfungsi untuk membersihkan bagian sela gigi. Lalu bagaimana dengan bagian lain seperti lidah? Cara menghilangkan bau mulut karena kurangnya kebersihan mulut, adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang sesuai setelah menggosok gigi.


2. Mengkonsumsi Makanan Berbau Menyengat


Banyak makanan yang memiliki bau menyengat sehingga berpengaruh pada bau mulut seseorang. Contohnya adalah bawang, petai, maupun jengkol. Bukan berarti tidak diperbolehkan untuk memakan makanan tersebut, namun ada baiknya jangna mengkonsumsi berlebihan. Atau setelah mengkonsumsinya lebih baik menggosok gigi serta berkumur dengan obat kumur. Mengkonsumsi dalam jumlah banyak bisa dilakukan saat terdapat niatan untuk sendiri.


3. Kekurangan Minum


Kekurangan minum dapat menyebabkan berkurangnya produksi saliva atau air liur. Saliva sendiri yang berfungsi sebagai pembersih mulut dari bakteri. Saat mulut kekurangan saliva otomatis bakteri dapat berkembang lebih mudah dan menimbulkan bau pada mulut. Oleh sebab itu jangan abaikan meminum air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi, juga mampu mencegah bau pada mulut.
Minumlah air putih kurang lebih 1,8 hingga 2 liter setiap harinya sesuai anjuran para ahli. Karena air mampu menjaga produksi saliva. Sehingga saliva mampu membantu sel-sel yang ada di dalam mulut, dan juga membersihkan bakteri. Pilih juga jenis minuman yang tepat, karena beberapa minuman seperti kopi justru bisa menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.


4. Mulut yang Kering


Mulut kering bisa diakibatkan kurangnya air minum atau tubuh sedang dehidrasi. Namun bisa juga disebabkan seringnya bernapas melewati mulut. Hal tersebut bisa terjadi saat hidung seseorang tengah tersumbat sehingga mengharuskannya bernapas melalui mulut. Mulut yang kering biasanya menyebabkan bau yang tidak enak. Oleh sebab itu apabila tengah mengalami hidung tersumbat rajin-rajinlah minum air putih untuk membasahi mulut. Akan lebih baik apabila air putih hangat untuk mengurangi penyumbatan pada hidung pula.


5. Rokok


Kebiasaan merokok mampu menimbulkan bau mulut. Lebih lanjut lagi bisa pula merusak gigi dan gusi, serta penyebab gigi yang berubah warna. Seperti yang sudah diketahui, rokok juga menyebabkan gangguan pernapasan dan paling buruk menyebabkan kanker. Mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk merokok dapat menghindarkan anda dari bau mulut, serta dampak yang lebih buruk lainnya.


6. Kadar Asam Lambung Tinggi


Sering bersendawa merupakan salah satu ciri-ciri saat kadar asam lambung seseorang sedang tinggi. Saat bersendawa ini aromanya mirip dengan asam cuka. Oleh sebab itu waspadai apabila anda sering bersendawa dan mengeluarkan bau yang kurang sedap ini. Bisa jadi kadar asam lambung tengah tinggi dan bisa berakibat lebih lanjut seperti penyakit maag. Cara menghilangkan bau mulut akibat asam lambung ini adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan kenaikan kadar asam lambung.


7. Sakit Radang Tenggorokan


Radang pada tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada amandel. Infeksi tersebut menyebabkan diprodksinya butiran-butiran kalsium di belakang tenggorokan. Butiran inilah penyebab bau tidak enak pada mulut. Cara menghilangkan bau mulut akibat sakit radang tenggorokan ini salah satunya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Fungsinya untuk membunuh bakteri yang berada di mulut dan tenggorokan.


8. Sinusitis


Penyakit ini menghasilkan aliran cairan kental yang mengalir dari rongga sinus hingga ke tenggorokan. Sinusitis ini memicu munculnya bau yang tidak enak dari mulut. Apabila penyebab bau mulut anda adalah permasalahan ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menghilangkannya. Kemungkinan pemberian antibiotik akan diberikan sesuai saran dari dokter.


9. Infeksi Periodontal


Infeksi ini menyerang bagian gusi, sehingga umum disebut dengan infeksi gusi. Gusi sebagai jaringan penyokong gigi mengalami infeksi, sehingga akan terasa sakit hingga mengalami pembengkakan. Infeksi ini tentu tidak nyaman, bahkan merupakan salah satu penyebab bau pada mulut. Apabila sudah mengalami infeksi pada gusi anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk penyembuhannya.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Dan Mata Panda Secara Alami


Mencegah infeksi gusi sebaiknya dengan selalu menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi. Sikatlah gigi sehari dua kali, serta sikat gigi setelah menyantap makanan. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut, sehingga tidak melukai gusi dan menyebabkannya infeksi. Hati-hati saat memakan makanan yang kemungkinan dapat membuat infeksi pada gusi, contohnya duri pada ikan.


10. Penyakit Bronkitis


Bronkitis merupakan salah satu penyakit saluran pernapasan. Penyebabnya adalah infeksi yang terjadi di bagian bronkus. Sehingga akan terjadi inflamasi di saluran pernapasan. Penyakit ini menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut. Seseorang yang terserang bronkitis memiliki gejala anta lain batuk dengan lendir berwarna, tenggorokan sakit, sesak napas disertai dada yang sakit, hidung tersumbat serta mengeluarkan ingus, dan badan cepat mengalami kelelahan.


Cara Mencegah Bau Mulut


Agar kepercayaan diri meningkat saat melakukan percakapan dengan orang lain, akan lebih baik apabila kita memiliki napas yang tidak berbau kurang sedap. Oleh sebab itu jagalah kesehatan serta kebersihan diri untuk menghindari bau mulut. Beberapa langkah sederhana bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bau mulut, seperti rajin sikat gigi, kurangi makanan berbau menyengat, rajin kunjungi dokter gigi dan mulut, maupun kurangi kebiasaan buruk misalnya merokok.


1. Jaga Kesehatan serta Kebersihan Oral


Meskipun mudah dilakukan, namun banyak orang yang malas untuk menjaga kesehatan serta kebersihan oral mereka. Hanya dengan melakukan 2 kali sikat gigi dalam sehari, serta melakukan flossing selesai makan, meningkatkan kemungkinan anda terserang bau mulut. Berkumur menggunakan obat kumur juga perlu dilakukan. Hal tersebut tentu dilakukan untuk mencegah bakteri penyebab bau mulut maupun masalah oral yang lain.


2. Pilih Jenis Makanan


Banyak makanan dengan aroma menyengat dapat menimbulkan bau pada mulut. Makanan tersebut akan terserap aliran darah, kemudian muncul dalam bentuk bau pada mulut. Contohnya adalah bawang, petai, kopi, dan jengkol. Cara menghilangkan bau mulut akibat makanan menyengat ini adalah dengan menggosok gigi dan menggunakan obat kumur. Namun untuk mencegahnya sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut dan perbanyak sayur serta daun herbal.


3. Rajin Minum Air Putih


Apabila setelah makan biasanya seseorang tidak memiliki waktu untuk sikat gigi. Oleh sebab itu rajinlah minum air putih setelah makan. Kenapa air putih? Karena minuman yang banyak mengandung gula, justru semakin membuat sisa gula menempel pada gigi dan gusi. Apalagi dengan minum teh atau kopi, justru menambah bau mulut yang kurang sedap. Oleh sebab itu minumlah air putih untuk membantu membersihkan bakteri yang ada di mulut.


Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat


Cara menghilangkan bau mulut paling sederhana adalah dengan rajin menggosok gigi, melakukan flossing, serta berumur menggunakan obat kumur. Namun terdapat beberapa cara maupun bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Misalnya saja adalah bahan-bahan herbal. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut.


1. Perasan Jahe


Perasan jahe berkhasiat untuk mengobati tenggorokan sakit. Selain itu juga bisa mengobati infeksi serta menghilangkan bau tidak enak dari mulut. Cara memanfaatkannya adalah dengan memarut jahe terlebih dahulu. Setelah itu masukkan air ke dalam parutan jahe, kemudian peras. Perasan jahe tersebut tambahkan dengan air hangat. Berkumurlah dengan perasan jahe tersebut setelah makan. Lakukan secara rutin untuk mengatasi bau pada mulut.


2. Garam Epsom


Garam epsom mengandung magnesium dan sulfur yang kerap digunakan dalam ritual mandi garam. Garam ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan mulut. Garam ini bisa menghilangkan aroma tidak enak dari mulut, serta berguna untuk antibakteri dan menghilangkan racun. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Awalnya aplikasikan setiap hari, selanjutnya gunakan saat dibutuhkan saja.


3. Minyak Kelapa


Minyak kelapa mampu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan dan kebersihan mulut. Mampu membantu bakteri jahat pada mulut, sehingga mampu mengatasi bau tidak sedap yang timbul. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan minyak kelapa. Gunakan sedikit saja, kurang lebih satu sendok makan sudah cukup. Berkumurlah kurang lebih selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Apabila ingin menghilangkan bekas minyak, juga bisa sikat gigi setelah berkumur dengan minyak kelapa.


4. Biji Adas


Biji adas lebih dikenal sebagai bumbu berbagai masakan. Namun anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi bau mulut. Memanfaatkan biji adas sebagai cara menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah satu sendok teh biji adas. Kunyah selama beberapa menit, lalu jangan dibuang, namun telan. Tidak perlu melakukannya setiap hari, biji adas dapat dimanfaatkan ketika anda butuh saja.


5. Activated Charcoal


Bubuk arang aktif atau activated charcoal dipercaya mampu membuat gigi lebih putih. Namun activated charcoal ini juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Caranya adalah dengan memanfaatkannya sebagai pengganti pasta gigi. Gunakan setengah sendok teh activated charcoal saat menyikat gigi. Lalu berkumurlah untuk menghilangkan sisa bubuk activated charcoal. Penggunaan dalam rentan tiga kali seminggu dapat mengatasi bau mulut mengganggu.


6. Cuka Apel


Cuka apel kerap digunakan sebagai skincare. Namun apabila anda mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan air, kemudian digunakan untuk berkumur, maka bisa membantu menghilangkan bau mulut. Berkumurlah dengan cuka apel kurang lebih selama 5 menit. Menghilangkan rasa maupun aroma dari cuka apel dapat dengan sikat gigi setelahnya. Lakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan malam hari saat hendak tidur.


7. Baking Soda


Sodium bikarbonat atau baking soda mampu menciptakan kondisi alkali dalam mulut. Sehingga pH mulut yang asam bisa dinetralkan. Bakteri jahat yang tidak bisa bertahan di kondisi pH netral pun akan mati, sehingga mulut terbebas dari bakteri penyebab bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda adalah dengan menjadikannya obat kumur. Campurkan terlebih dahulu setengah sendok teh baking soda dengan air hangat. Lalu berkumurlah dalam waktu sehari sekali.


8. Buah Apel


Buah apel kerap kali dijadikan sebagai pencuci mulut setelah melakukan hidangan utama. Serat dalam buah apel membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan. Selain itu juga membantu produksi air liur, yang bertugas membunuh bakteri serta membuat mulut tetap lembab. Manfaatkan apel sebagai pencuci mulut untuk menghilangkan bau tidak sedap yang timbul setelah makan


9. Kayu Manis


Kayu manis dengan kandungan cinnamic aldehyde atau sejenis zat aktif, mampu mengatasi bau tidak sedap pada mulut. Kandungan ini membantu mmbunuh bakteri dalam mulut, sehingga napas tetap berbau segar. Caranya adalah dengan merebus bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh makan dengan setengah liter air. Tunggu hingga mendidih, kemudian saring. Hasil saringan digunakan sebagai obat kumur. Gunakan satu atau dua kali sehari, untuk hasil memuaskan.


10. Parsley


Parsley merupakan tanaman yang satu family dengan seledri. Kandungan senyawa aktif dalam parsley bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengunyah daun parsley saja. Namun untuk mempermudah, daun parsley bisa dicampurkan dengan salad atau dibuat jus yang ditambahkan dengan perasan lemon.


11. Lemon


Kandungan vitamin C dalam buah lemon sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan asamnya mampu membunuh banteri serta menambah produksi saliva di mulut. Permasalahan bau mulut akibat bakteri jadi bisa diatasi. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan satu gelas air hangat dengan perasan buah lemon. Gunakan untuk berkumur. Lakukan maksimal tiga kali dalam seminggu saja. Campurkan dengan garam untuk hasil yang lebih maksimal.


12. Cengkeh


Cara menghilangkan bau mulut dengan cengkeh cukup sederhana. Hanya dengan mengunyah butiran cengkeh untuk menghilangkan bau tidak sedap dari mulut. Namun juga bisa dengan membuatnya menjadi teh cengkeh. Hanya dengan merebus teh bubuk cengkeh dengan air, lalu jadikan hasil rebusan sebagai obat kumur. Cengkeh bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut karena senyawa minyak atsiri didalamnya mampu membunuh bakteri.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai penghilang bau mulut. Banyak yang dalam memanfaatkan membutuhkan beberapa kali pemakaian agar hasilnya terasa. Namun apabila dalam kondisi mendesak, cara menghilangkan bau mulut dapat dengan mengunyah permen karet mint. Selain karena baunya segar, konsumsi permen karet juga mampu membantu produksi air liur, sehingga mulut tetap terjaga kelembapannya.

Namun apabila penyebab bau mulut berasal dari penyakit tertentu, seperti radang pada gusi atau pun lubang pada gigi, maka datangilah dokter. Kemudian lakukan perawatan seperti yang disarankan dokter. Apakah harus menjalani operasi bedah tertentu, atau dilakukan penambalan pada gigi. Agar tidak mengalami hal tersebut, rajinlah menjaga kebersihan oral, baik gigi, gusi, maupun lidah. Sehingga masalah bau mulut pun tidak akan terjadi pada diri kita.