Skip to main content

Asam Mefanamat - Efek Samping Dosis dan Cara Mengomsumsi

Asam Mefanamat - Efek Samping Dosis dan Cara Mengomsumsi


Pengertian Asam Mefanamat


Asam mefanamat merupakan salah satu jenis obat-obatan yang sering digunakan oleh banyak orang untuk meredakan rasa sakit dan juga nyeri, baik nyeri berskala ringan maupun berskala berat sekalipun. 

Para wanita juga sering menggunakan asam mefanamat untuk meredakan nyeri haid. Sebenarnya sudah banyak sekali situs-situs di internet yang membahas tentang asam mefanamat. 

Namun pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskannya kembali secara rinci agar anda semua paham tentang asam mefanamat. Berdasarkan penjelasan yang telah saya jelaskan di atas, anda semuanya tentunya sudah mengerti tentang manfaat dan juga kegunaan asam mefanamat. 

Pada intinya asam mefanamat berfungsi sebagai obat pereda rasa nyeri yang sering digunakan oleh orang-orang. Seperti: sakit gigi, sakit kepala, serangan asam urat, dan yang lain sebagainya. Intinya banyak sekalilah kegunaan asam mefanamat, terutama untuk meredakan rasa nyeri.


Efek Samping Asam Mefanamat


Meskipun bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri, asam mefanamat juga memiliki efek samping yang harus anda ketahui. 

Terutama bagi anda yang belum pernah menggunakan asam mefanamat. Jadi, setelah anda membaca tulisan ini sampai selesai anda tidak kaget dengan efek samping yang terkandung di dalamnya. 

Jika diamati secara dalam, efek sampaing asam mefanamat memang tidak terlalu serius sekali, namun terkadang memang sering terjadi setelah kita mengonsumsinya. Efek samping asam mefanamat antara lain yaitu:

Mual
Sakit Perut
Sakit Kepala
Gugup
Kulit Terasa Gatal
Mulut Kering
Tubuh Berkeringat
Pandagan Kabur
Dan Sering Terjadi Dengungan Pada Telinga

Memang tidak semua orang yang mengonsumsi asam mefanamat mengalami efek samping seperti yang telah saya jelaskan di atas setelah mereka mengonsumsinya. 

Namun bila anda mengalami efek samping yang sangat berlebihan setelah mengonsumsi asam mefanamat, segera hentikan penggunaan asam mefanamat dan hubungi dokter terdekat apabila anda mengalami efek samping yang sangat serius. 

Efek samping yang sangat serius tersebut meliputi:

Nyeri pada dada, lelah, napas pendek, kurang jelas dalam berbicara, penglihatan menjadi sangat kabur dan turunnya keseimbangan tubuh.

Tinja berubah menjadi warna hitam, berdarah, batuk berdarah dan muntah seperti bubuk kopi.

Jarang buang air kecil atau tidak sama sekali dalam beberapa hari.

Nyeri, panas, atau alat kelamin mengeluarkan darah saat buang air kecil.

Mual, sakit perut, demam, kehilangan nafsu makan, warna urine menjadi gelap, warna feses berwarna seperti tanah liat, dan sakit kuning.

Sakit tenggorokan disertai dengan sakit kepala, kulit melepuh dan mengelupas serta terdapat ruam merah pada kulit.

Memar, kesemutan parah, mati rasa, dan otot terasa sangat lemah.


Jika anda merasakan efek samping yang sangat serius setelah mengonsumsi asam mefanamat, segara hentikan penggunaan dan hubungi doker terdekat untuk mendapakan penanganan lebih lanjut. Bisa saja dosis asam mefanamat yang anda gunakan berlebihan atau tubuh anda tidak sanggup menyerap zat-zat yang terdapat pada asam mefanamat.


Dosis Asam Mefanamat


Sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsi asam mefanamat, biasakanlah terlebih dahulu untuk membaca petunjuk penggunaan yang terdapat dalam kemasan atau konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar dosis yang anda gunakan tepat dan tidak berlebihan. 

Karena jika sampai dosis yang anda gunakan berlebihan tentunya akan menimbukan dampak buruk setelah anda mengonsumsinya. Maka dari itu biasakanlah untuk membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu atau mengkonsultasikannya kepada dokter.

Dosis Asam Mefanamat untuk Mengatasi Rasa Sakit


Bagi anda yang menderita rasa sakit dan juga nyeri seperti: sakit kepala, sakit gigi, serangan asam urat, dan yang lain sebagainya, gunakanlah asam mefanamat sesuai aturan yang telah ditetapkan, yaitu 500 mg asam mefanamat untuk konsumsi pertama, kemudian dilanjutkan dengan 250 mg asam mefanamat setiap 6 jam sekali sesuai dengan kebutuhan dan tidak lebih dari 7 hari. Jika penggunaan asam mefanamat sudah lebih dari 7 hari dan rasa nyeri yang anda derita tidak juga hilang, segera hentikan penggunaan asam mefanamat terlebih dahulu dan hubungi dokter. Karena dikhawatirkkan akan menimbulkan dampak buruk setelahnya.


Asam Mefanamat untuk Mengatasi Nyeri Haid


Sama seperti dosis untuk mengatasi rasa sakit, penggunaan asam mefanamat untuk mengatasi nyeri haid yaitu 500 mg asam mefanamat untuk konsumsi pertama, kemudian dilanjutkan dengan 250 mg asam mefanamat setiap 6 jam sekali sejak dimulainya haid. Jadi, anda bisa mengonsumsi asam mefanamat saat anda merasakan nyeri hadi sampai rasa nyeri yang anda derita hilang. Intinya gunakanlah asam mefanamat sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan dan tidak berlebihan.


Cara Mengonsumsi Asam Mefanamat


Asam mefanamat tersedia dalam berbagai bentuk dan juga merek, seperti: tablet, kapsul, maupun obat cair yang dapat diminum secara langusng. 

Namun dalam mengonsumsi asam mefanamat, anda juga memerlukan resep yang diberikan oleh dokter. Pada umumnya, dokter memberikan dosis 500 mg sebanyak 3 kali sehari setelah makan untuk mencegah timbulnya efek samping. 

Dokter juga sering memberikan takaran dosis yang berbeda-beda bagi para pengguna asam mefanamat sesuai dengan keparahan rasa sakit dan juga reaksi tubuh terhadap obat.

Cara mengonsumsi asam mefanamat juga sangat mudah. Untuk menghindari timbulnya efek samping, anda diwajibkan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi asam mefanamat. 

Setelah makan, ambillah asam mefanamat yang telah anda beli baik dalam kemasan tablet, kapsul, dan juga obat cair untuk kemudian langsung dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah diberikan, yaitu 500 mg. 

Setelah mengonsumsinya, usahakanlah untuk tidak melakukan akifitas apapun, lebih baiknya anda tidur mengistirahatkan tubuh agar asam mefanamat yang anda konsumsi tadi dapat bekerja dengan sangat baik di dalam tubuh. 

Jika rasa sakit yang anda derita tidak terlalu parah, maka setelah anda bangun dari tidur biasanya rasa sakit yang anda derita akan langsung hilang dan anda tidak perlu lagi untuk mengonsumsi asam mefanamat. 

Namun jika setelah anda bangun rasa sakit yang anda derita belum juga hilang, tetaplah mengonsumsi asam mefanamat sesuai dengan takaran dosis yang telah diberikan sampai rasa sakit yang anda derita hilang. Mudah bukan?

Intinya sampai saat ini asam mefanamat sangat berkhasiat untuk meredakan rasa sakit dan juga nyeri. Meskipun memiliki efek samping, anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi asam mefanamat. Karena tidak semua orang terkena efek samping setelah mengonsumsi asam mefanamat. 

Maka dari itu, untuk menghindari efek samping tersebut, biasakanlah untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi asam mefanamat dan jangan melakukan aktiftas apapun setelah mengonsumsinya. 

Cukup tidur saja untuk mengoptimalkan kinerja asam mefanamat di dalam tubuh. Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda semua dan bagi anda yang saat ini sedang mengalami rasa sakit dan juga nyeri yang cukup parah semoga cepat sembuh setelah mengonsumsi asam mefanamat. Amin!