8 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

8 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
 

Tomat juga dikenal secara ilmiah sebagai Solanum lycopersicum, dan secara teknis buah, tomat umumnya dikategorikan sebagai sayuran.



Tomat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker dan juga tomat memiliki sumber vitamin C, kalium, folat dan vitamin K.



Mereka biasanya berwarna merah ketika sudah masak, tetapi dapat datang dalam berbagai warna, termasuk kuning, oranye, hijau dan ungu dan kadar air pada tomat adalah sekitar 95%. 5% dan yang lainnya terdiri dari karbohidrat dan serat dan juga sekumpulan tomat berukuran 123 gram mengandung 22 kalori saja.



Manfaat Tomat Untuk Kesehatan



Manfaat tomat untuk kesehatan telah diketahui manusia sejak zaman kuno dan juga tomat merupakan sumber yang kaya antioksidan yang telah terbukti efektif mengatasi berbagai bentuk kanker. Mari kita membahas manfaatnya secara rinci dan lebih mendalam.





Antioksidan


Tomat berisi sejumlah kandungan lycopene dan ini antioksidan yang sangat efektif dalam penangkal radikal bebas penyebab kanker dan Manfaat ini bahkan dapat diperoleh dari tomat yang telah diproses seperti seperti saus tomat. Likopen dalam tomat dapat membantu melawan kanker dan telah terbukti efektif dalam memerangi kanker prostat, menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Edward Giovannucci dari Harvard School of Public Health dan juga melindungi tubuh dari kanker serviks, kanker perut rektum serta faring, esofagus, dan kanker mulut.



Kaya akan sumber vitamin dan mineral


Tomat dapat menyediakan sekitar 40% dari kebutuhan vitamin C harian anda dan juga vitamin C merupakan antioksidan alami yang mencegah radikal bebas penyebab kanker dari merusak sistem di dalam tubuh. Tomat juga berisi banyak vitamin A dan kalium, serta zat besi. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan zat besi penting untuk menjaga sirkulasi darah normal. Vitamin K, yang terkandung dalam tomat juga penting untuk pembekuan darah dan mengendalikan perdarahan.



Melindungi jantung


Likopen dalam tomat juga dapat mencegah oksidasi lipid serum, dengan demikian mengerahkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular dan dengan mengkonsumsi rutin tomat atau jus tomat menurunkan kadar LDL kolesterol dan trigliserida dalam darah dan lipid ini adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular dan menyebabkan timbunan lemak di dalam pembuluh darah.



Baca Juga : Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan



Melawan efek yang ditimbulkan Rokok


Tomat juga mengandung Asam coumaric dan asam klorogenat, dan ini sangat baik melawan karsinogen yang ditemukan terdapat dalam Rokok. Kehadiran vitamin a dalam jumlah tinggi telah terbukti mengurangi efek karsinogen dan juga dapat melindungi Anda dari kanker paru-paru. Jadi jika anda seorang perokok berat maka sebaiknya anda mengkomsumsi tomat setiap hari.



Memperbaiki penglihatan


Vitamin A, yang terdapat dalam tomat ini, mampu membantu meningkatkan ataupun memperbaiki penglihatan. Vitamin A merupakan antioksidan kuat yang dapat dibentuk dari kelebihan beta-karoten dalam tubuh dan banyak sekali masalah penglihatan yang terjadi karena dampak negatif dari radikal bebas dan vitamin A yang terdapat dalam tomat ini bisa menjadi antioksidan kuat, dapat membantu mencegah mereka.



Masalah pencernaan


Tomat juga menjaga sistem pencernaan dengan mencegah sembelit dan juga diare. Mereka juga mencegah penyakit kuning dan sangat efektif mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, tomat juga memiliki serat, yang dimana dapat mengurangi gejala sembelit. Jumlah serat yang terdapat pada tomat dapat membantu merangsang gerak peristaltik dalam pencernaan otot halus dan juga Ini dapat mengatur gerakan usus Anda, dengan demikian meningkatkan kesehatan secara keseluruhan pencernaan Anda dan membantu Anda menghindari kondisi seperti kanker kolorektal.



Menurunkan hipertensi


Mengkonsumsi tomat setiap hari mengurangi risiko  hipertensi, yang biasa dikenal sebagai tekanan darah tinggi.  ini terjadi karena kalium yang ditemukan dalam tomat. Kalium  suatu merupakan vasodilator, yang dimana dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, dengan demikian meningkatkan sirkulasi dan mengurangi stres pada jantung dengan menghilangkan hipertensi.



Mencegah infeksi saluran kemih


Tomat juga dapat mengurangi insiden infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Hal ini terjadi karena tomat memiliki banyak kandungan air, yang dapat merangsang buang air kecil; oleh karena itu, mereka adalah diuretik. Hal ini meningkatkan penghapusan racun dari tubuh, serta kelebihan air, garam, asam urat, dan beberapa lemak juga!



Itulah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, semoga informasi yang terdapat dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih sehat lagi dengan mengkomsumsi tomat.