6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Menjaga kesehatan wajib hukum bagi setiap manusia yang hidup di dunia ini. Sebab, kesehatan merupakan satu aspek yang paling diutamkan dalam hidup. Oleh karenanya, menjaga kesehatan merupakan satu hal yang wajib untuk dijalankan.



Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentu kita akan dengan sangat mudah untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari tanpa ada satu hambatan apapun. Di luaran sana ada banyak sekali yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan cara berolahraga, menjaga pola makan, menjaga pola tidur, dan menambah asupan gizi bagi tubuh.

Namun tak jarang di luaran sana juga banyak sekali orang-orang yang sangat mudah sekali terserang penyakit akibat lalainya dalam menjaga kesehatan. Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan juga menjadi faktor utama orang-orang mudah terserang penyakit.


6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda


Bagi anda yang sering terserang penyakit, tidak ada salahnya untuk membaca tulisan ini sampai selesai. Mungkin saja anda terserang penyakit akibat melakukan beberapa kebiasaan buruk di bawah ini.


1. Telat Makan


Kebiasaan buruk pertama yang dapat merusak kesehatan adalah telat makan. Kebiasaan ini memang terlihat spele dan tidak memberikan dampak buruk yang sangat berarti. Namun jika terus menerus dilakukan, kebiasaan buruk ini dapat merusak kesehatan anda, terutama organ tubuh bagian lambung akan terganggu. Kebiasaan buruk yang satu ini sering sekali diabaikan dan dilakukan oleh anak-anak sekolah.

Bahkan, tak jarang orang dewasa juga sering melakukan kebiasaan buruk yang satu ini. Dalam jangka dekat memang tidak memberikan dampak buruk yang sangat berarti bagi kesehatan. Namun jika terus menerus dilakukan dan dalam jangka waktu yang sangat lama, tentu akan sangat membahayakan kesehatan anda. Maka dari itu, biasakanlah untuk makan lebih awal dan juga makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Hal tersebut jauh lebih baik ketimbang anda telat makan.


2. Bermain Handphone Terlalu Lama

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Kebiasaan buruk selanjutnya yang dapat merusak kesehatan yaitu bermain handphone terlalu lama. Menghabiskan waktu terlalu lama dengan bermain handphone tentunya dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan mata. Mata merupakan organ penting yang sangat dibutuhkan dalam hidup. Karena tanpa mata, anda tidak akan pernah bisa melihat.

Radiasi cahaya yang ada pada handphone tentunya dapat merusak mata jika kebiasaan buruk ini terus menerus dilakukan. Ada baiknya untuk mengatur waktu bermain handphone. Jangan terus-terusan menghabiskan waktu untuk bermain handphone hingga seharian penuh. Ingatlah, radiasi yang ada pada handphone sangat berbahaya dan sangat mematikan.

Jika anda terus menerus melakukan kebiasaan buruk yang satu ini tentunya akan membuat mata anda mengalami gangguan. Baik gangguan dalam sekala kecil maupun gangguan dalam sekala besar. Intinya anda harus dapat mengatur waktu saat bermain handphone agar kesehatan mata anda dapat tetap terjaga.


3. Begadang

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Selain telat makan dan bermain handphone terlalu lama, begadang juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Banyak orang di luaran sana yang sering kali menghabiskan waktu mereka hingga larut malam bahkan hingga pagi hari hanya untuk sekedar nongkrong dan melakukan aktifitas yang sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali. Padahal jika diteliti lebih dalam, ada banyak sekali penyakit yang ditimbulkan akibat begadang.


Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat


Begadang sih boleh-boleh saja asal ada perlunya. Namun ingat, jangan terlalu sering karena dapat merusak kesehatan anda. Angin malam sangat tidak baik bagi tubuh anda. Sebaiknya anda menghabiskan waktu malam hari untuk istirahat agar keesokan harinya tubuh anda menjadi bugar dan fit untuk melakukan aktifitas apapun. Sangat berbeda jika anda begadang yang akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan loyo, sehingga untuk melakukan aktifitas apapun akan terasa sangat malas.

Bagi anda yang masih suka begadang, tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Hal ini dilakukan agar kesehatan anda tetap terjaga. Karena sejatinya begadang sangatlah tidak baik bagi kesehatan.


4. Jarang Minum Air Putih

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Jarang minum air putih ternyata juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Normalnya, manusia diharuskan untuk minum 6-8 gelas dalam sehari. Hal ini dilakukan agar manusia tersebut terhindar dari gangguan pada ginjal dan juga dehidrasi. Kekurangan cairan tentunya dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dan juga dehidrasi jika terus menerus dilakukan.

Bahkan dehidrasi yang cukup parah dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih. Jangan sampai dehidrasi menyerang diri anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tidak ada salahnya untuk minum air putih 6-8 gelas dalam sehari. Toh itu juga untuk kesehatan anda.


5. Merokok

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Jika berbicara tentang rokok memang tidak ada habis-habisnya. Di samping manfaatnya yang sangat luar biasa, ternyata rokok juga menyimpan banyak sekali dampak buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika anda sudah kecanduan merokok, bukan tidak mungkin segala jenis penyakit akan berdatangan pada diri anda.

Tak hanya itu saja, uang anda juga akan habis untuk membeli rokok saja. Pada setiap bungkus rokok juga sudah ditulis tentang bahaya yang akan didapatkan jika merokok. Namun tetap saja banyak orang yang tidak peduli dan sering mengabaikan bahaya tersebut.

Merokok sesekali boleh, asalkan tidak dijadikan kebiasaan dan jangan sampai kecanduan. Karena merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan anda sendiri. Namun saya tidak bisa menyuruh anda untuk berhenti merokok. Saya hanya dapat memberitahu bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Terserah anda mau percaya atau tidak. Itu semua terserah pada diri anda masing-masing.


6. Tidur Sambil Menggunakan Headset

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Anda

Kebiasaan buruk terakhir yang dapat merusak kesehatan adalah tidur sambil menggunakan headset. Kebiasaan tersebut sangat sering sekali dilakukan oleh anak-anak remaja yang pada saat tidur selalu menggunakan headset untuk mendengarkan lagu kesukaan mereka. Mereka beranggapan bahwa dengan mendengarkan lagu kesukaan mereka dengan menggunakan headset pada saat tidur akan membuat mereka merasa nyaman pada saat tidur.

Padahal nyatanya tidak. Justru kebiasaan sering menggunakan headset pada saat tidur akan merusak pendengaran. Di luaran sana ada banyak sekali kasus kematian yang terjadi akibat menggunakan headset pada saat tidur. Hal ini disebabkan karena radiasi dan juga tegangan yang ada pada headset begitu tinggi yang dapat membuat gendang teliga pecah.

Maka dari itu, usahakanlah untuk tidak menggunakan headset pada saat tidur karena dapat merusak pendengaran anda. Bahkan, dalam konteks yang sangat besar dapat menyebabkan kematian. Itulah 6 kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya.