Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Indonesia sangat di kenal dengan keanekaragaman budaya dan budaya itu di mulai dari sabang sampai merauke, yang dimana setiap daerahnya memliki budaya yang berbeda beda dan tentunya setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaannya masing masing.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan budaya ? bila anda belum mengetahui apa artinya, maka kali ini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai pegertian budaya serta ciri - ciri nya dan juga unsur budayanya, silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Arti Budaya Secara Umum


Secara luas ataupun umum budaya ini berasal dari bahasa sansekerta yaitu budhayah, yang berakar dari kata budhi yang dimana memiliki arti akal dan juga budi, jadi budaya adalah cara atapun pola hidup yang menyeluruh dan memliki sifat berkembang.

Budaya ini dimiliki oleh sekelompok orang yang hidup di suatu daerah tertentu yang merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang, yang dimana nantinya akan di wariskan dari generasi ke generasi selanjutnya dan adapun budaya ini mempunyai sifat yang sangat kompleks, selain itu juga budaya ini bersifat abstrak ataupun luas.


Baca Juga : Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Budaya ini mempunyai banyak unsur pembentuknya yang dimana merupakan kegiatan sosial yang di kerjakan oleh manusia dan unsur unsur kebidayaan diantaranya yaitu adat istiadat, bahasa dan karya seni dll.

Salah satu yang dapat kita jadikan contoh yaitu bahasa, bahasa merupakan budaya yang dimana di wariskan dari generasi sebelumnya, contoh bahasa bugis, orang yang mengerti bahasa bugis hanya orang orang yang berasal dari bugis.


Pengertian Budaya Menurut Para Ahli


Di dalam kamus besar bahasa indonesia, budaya adalah suatu pemikiran ataupun adat istiadat dan juga akal, budi dan para ahli mengemukakan pendapatnya tentang pengertian budaya dan adapaun pengertiannya itu dikemukakan di bawah ini.

- Menurut Selo Soemardjan, budaya merupakan suatu hasil karya, suatu rasa serta cipta masyarakat

- Sedangkan Koentjaraningrat mengemukakan pendapatnya mengenai budaya ini, menurutnya budaya merupakan suatu tindakan, gagasan ataupun rasa dan juga karya yang dimana merupakan suatu hasil yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan masyarakat yang dimana nantinya dijadikan sebagai kepunyaan

- Sedangkan menurut E.B. Taylor,  budaya adalah suatu keseluruhan yang bersifat kompleks dan keseluruhan tersebut meliputi  kesusilaan, kepercayaan, adat istiadat, hukum, kesanggupan, seni  dan juga semua kebiasaan yang telah dipelajari oleh setiap manusia.

- Sedangkan menurut linton, budaya adalah sikap ataupun pola serta pengetahuan yang merupakan kebiasaan yang dilakukan dan didapatkan melaui warisan oleh suatu anggota masyarakat tersebut secara keseluruhan.

-Pendapat ahli arkeolog R.Soekmono, budaya merupakan suatu usaha ataupun hasil kerja manusia berupa benda ataupun hasil sebuah pemikiran manusia dimasa hidupnya

-Sedangkan pendapat Ki Hajar Dewantara,  beliau mengemukakan pendapat bahwa budaya merupakan hasil dari perjuangan masyarakat baik itu terhadap alam maupun terhadap zaman yang telah membuktikan suatu kemakmuran serta kejayaan kehidupan masyarakat ketika menghadapi suatu keadaan sulit dan rintangan dalam mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, serta kebahagiaan pada kehidupan.

-Pendapat Parsudi Suparian, beliau mengemukakan bahwa budaya merupakan semua perilaku manusia karena suatu budaya merupakan pengetahuan manusia yang digunakan dalam memahami lingkungan serta pengalaman yang terjadi padanya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan jika masih ada yang kurang dari artikel ini mohon dimaafkan karena manusia tak pernah lupuk dari yang namanya kesalahkan