Obat Asam Lambung Alami Paling Ampuh

Obat Asam Lambung Alami Paling Ampuh

Obat Asam Lambung Alami Paling Ampuh

Obat asam lambung perlu diketahui. Penyakit asam lambung atau yang kerap dikenal sebagai gastroesophagael refluk disease, penyakit ini sebuah keadaan dimana asam lambung naik ke esofagus serta ditandai dengan nyeri pada bagian ulu hati bahkan sampai rasa terbakar di bagian dada.

Penyakit ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari ditambah ketika kamu merupakan orang yang sedang sibuk-sibuknya. Sebelum beralih mengenai obat-obatan dokter, baiknya Anda juga bisa menggunakan beberapa obat asam lambung alami. Obat alami ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari penyakit yang satu ini.


Pengertian penyakit asam lambung secara keseluruhan


Penyakit asam lambung atau mag atau yang kerap dikenal dengan gastritis adalah salah satu penyakit lambung yang saat ini banyak sekali diderita oleh masyarakat. Penyakit ini banyak menyerang beberapa orang yang belum memiliki riwayat atau bahkan memiliki riwayat menderita asam lambung.

Penyakit mag bisa terjadi karena banyaknya asam lambung sehingga lama-kelamaan Dinding lambung tak kuat menahan asam lambung itu sendiri. Dinding lambung yang tidak kuat menahan asam maka lama-kelamaan akan menimbulkan rasa sakit sehingga bisa anggur dan menimbulkan gejala-gejala penyakit asam lambung.

Adapun gejala penyakit asam lambung tersebut diantaranya panas pada bagian dada, timbul rasa tidak nyaman ketika menelan makanan. Selain itu juga terdapat beberapa gejala tambahan pada penyakit asam lambung ini diantaranya serangan asma yang frekuen, suara yang menjadi serak serta mual bahkan batuk dalam jangka waktu yang lama.

Biasanya  penyakit asam lambung ini terjadi atau menyerang pada orang yang memiliki golongan darah O. Peradangan yang terjadi pada bagian selaput lendir atau mukosa lambung atau luka mukosa lambung yang dalam istilah ini dikenal dengan nama tukak lambung. Lambung yang tidak sehat maka akan tampak borok di bagian mukosa lambung nya.

Hal tersebut bisa timbul dikarenakan kurangnya keseimbangan antara kreasi asam lambung dengan pepsin serta mukus. Yaitu sebuah produk kelenjar di mukosa lambung yang memiliki peran sebagai benteng pada lapisan mukosa lambung hal itu dikarenakan lambung berada di rongga perut pada bagian atas agak ke kiri atau ulu hati.


Penyebab asam lambung


Berbicara mengenai penyebab dari asam lambung atau mag ini ternyata terjadi dikarenakan adanya zat eksternal dan internal. Zat eksternal yaitu zat yang berada diluar tubuh yang bisa menimbulkan korosif atau iritasi pada lambung. Sebaliknya saat internal merupakan berlebihan serta tidak teratur.

Adapun penyebab dari asam lambung diantaranya sebagai berikut.


Zat eksternal

Alkohol
Obat-obatan
Terdapat infeksi bakteri atau virus
Keracunan
Bahan korosif


Zat internal

Sering makan makanan pedas asam salah satunya lada
Kebiasaan makan yang kurang teratur
Kondisi psikologi stres mental serta frustrasi


Tanda dan gejala asam lambung kehilangan nafsu makan mual serta muntah

Berat badan turun secara drastis
Sering merasa perih atau kembung di bagian ulu hati
Rasa perih kadang lebih baik bahkan bisa lebih buruk saat makan
Perut akan terasa penuh di bagian atas setelah makan



Obat Asam Lambung Tradisional



1. Obat tradisional tumbuhan andong


andong memiliki rasa manis, gambar serta memiliki sifat menyejukkan. Tumbuhan andong ini bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan asam lambung dikarenakan memiliki kandungan yang banyak digunakan untuk menyejukkan darah. Selain itu banyak juga mampu menghentikan pendarahan serta menghilangkan bengkak dikarenakan memar atau antiswelling.

Menggunakan daun andong sebagai obat asam lambung yaitu dengan mencucinya bersih sebanyak 15 hingga 30 gram daun Andong. Jika sudah maka keringkan daun andong ini bus menggunakan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas jika sudah dinginkan kemudian minum ramuan tersebut kurang lebih 1 gelas tiap hari.


2. Obat tradisional asam lambung anting-anting


Tanaman  satu ini memiliki rasa yang baik serta sejuk sehingga bisa menyembuhkan dan meredakan asam lambung.  Selain itu, tanaman satu ini juga sudah digunakan secara turun-temurun karena memiliki efek antibiotik, anti radang serta mampu menghentikan pendarahan.


Selain itu tumbuhan ini juga dapat bermanfaat sebagai pengobatan asam lambung. Cara menggunakannya yaitu cukup melumatkan tumbuhan herbal anting-anting segar secukupnya dan kemudian campurlah dengan gula pasir. Jika sudah maka Anda tempelkan ramuannya pada tempat luka.


3. Obat tradisional asam lambung anggrung


Tumbuhan ini bisa menyembuhkan asam lambung atau mag dikarenakan memiliki kandungan kimia saponin, flavonoid serta polifenol cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu silakan Anda cuci kurang lebih 5 kg akar.

Jika a sudah silakan dicampur dengan dua gelas air kemudian rebuslah. Setidaknya  20 menit Dan dinginkan air rebusan kemudian saring serta buatlah menjadi 2 gelas minuman. Jadikan hal ini sebagau aktivitas rutin  untuk minum sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi serta sore hari.


4. Obat tradisional asam lambung Jombang


Tanaman satu ini memiliki rasa yang manis pahit serta memiliki sifat dingin. Tanaman satu ini diyakini bisa mengobati asam lambung. Sudah  ada beberapa penelitian yang membuktikan terkait dengan manfaat Jombang  dalam pengobatan serta penyembuhan penyakit asam lambung.
Jombang kaya akan glukosa serta beberapa zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Silakan Anda cuci setidaknya 20 gram tuas ke Jombang dan rebus dengan 3 gelas air. Jika sudah tersisa 1 gelas maka  lanjutkan dengan minum sebanyak 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.


5. Obat tradisional penyembuh asam lambung temulawak


Temulawak memiliki sifat aromatik tajam serta agak pedas. Kandungan kurkumin zat tepung, glikosida, carbinol serta beberapa zat lain dipercaya mampu mengobati asam lambung. Tumbuhn  temulawak sangat bagus digunakan sebagai obat tradisional. Cara membuatnya yaitu dengan merebus sebanyak 30 gram rimpang temulawak kemudian minum airnya.


6. Obat tradisional nanas


Buah satu ini ternyata kaya akan kandungan vitamin A,C serta beberapa kandungan lain yang diperlukan oleh tubuh. Dari beragam kandungan terdapat dalam buah nanas tersebut salah satunya bisa digunakan sebagai obat asam lambung atau maag. Hal itu dikarenakan zat anti radang yang mampu meredakan gejala asam lambung.


7.   Obat tradisional kunyit


Kunyit memiliki rasa pahit serta sedikit pedas. Selain itu  juga memiliki bau yang khas serta sifat yang sejuk dan tidak beracun sehingga menjadi salah satu obat asam lambung tradisional. Sudah banyak orang yang menggunakan kunyit sebagai zat atau obat penyembuh asam lambung.



Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan



Hal itu dikarenakan kunyit memiliki kandungan batang serta anti bakteri. Untuk membuat kunyit sebagai obat asam lambung yaitu cukup dengan merebus setidaknya 10 hingga 20 gram rimpang kunyit kemudian Silakan anda minum airnya.


8. Obat tradisional sambiloto


Sambiloto merupakan salah satu obat tradisional asam lambung karena memiliki kandungan beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya garam kalium. Cara membuat sambiloto sebagai obat tradisional asam lambung yaitu dengan merebus 9 hingga 15 gram daun sambiloto kering dan minumlah airnya secara rutin.


9. Obat tradisional asam lambung asam Jawa


Asam Jawa dipercaya bisa mengobati asam lambung karena batang asam Jawa yang sudah direbus dengan 3 gelas air. Kemudian Sisakan sampai 1 gelas dan saring kemudian minum lah.


10. Obat tradisional asam lambung ceguk


Memiliki rasa manis hangat serta astrigen memiliki kandungan toksik manakala masuk pada bagian  Meridian limpa serta lambung. Jika sudah masak buah satu ini kaya akan beragam kandungan yang bisa menurunkan masalah asam lambung. Selain itu kandungan 25% minyak lemak seperti
oleic,palmitic dan beberapa kandungan lainnya bisa membuat racun di asam lambung diturunkan.

Cara membuatnya cukup mudah, silakan Anda rebus ceplukan kering ini dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa satu gelas saja. Jika sudah dingin, silakan diminum setidaknya dua kali setiap hari setiap pagi dan sore hari.


11. Obat asam lambung adas


Manfaat serta khasiat dari tanaman satu ini tidak perlu diragukan lagi. Tanaman adas kaya akan zat yang bisa menurunkan asam lambung. Cara mengolahnya cukup mudah. Silakan Anda konsumsi sebanyak 1-5 gram Adas yang kering, kemudian minumlah air rebusannya tersebut.


Cara mengobati asam lambung kronis tanpa obat


Atasi penyakit asam lambung kronis yaitu bisa diatasi secara alami tanpa menimbulkan efek samping manakala dikonsumsi. Asam lambung kronis adalah sebuah penyakit lambung yang terbilang kronis serta bisa menimbulkan gejala yang kurang baik. Hal ini tentu sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Hal itu dikarenakan penyakit asam lambung yang sudah kronis merupakan dari asam lambung yang sudah parah. Sehingga hal tersebut perlu untuk segera diatasi.

Cara mengatasi penyakit asam lambung yang sudah kronis ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Satunya dengan menggunakan pengobatan alami. Ketika menggunakan pengobatan alami maka Masalah dapat teratasi dengan baik. Hal ini tentu merupakan salah satu langkah yang perlu dicoba serta dilakukan supaya tidak ada efek samping ketika digunakan dalam waktu yang panjang.


1. Jauhilah penyebab asam lambung


Dengan  Anda mencegah penyakit asam lambung, sama halnya Anda sudah menjauhi penyakit asam lambung tersebut kambuh lagi. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit asam lambung yaitu sangat mudah dan murah.

Dengan mencegah maka proses penyembuhan asam lambung juga lebih cepat. Kemudian apa saja penyebab dari penyakit asam lambung yang perlu untuk dihindari?

Obesitas
Makanan pedas
Makanan asam
Komsumsi Cokl
Minuman bersoda
Junk Food


2. Mengatasi menggunakan pengobatan tradisional


Obat tradisional asam lambung akhir-akhir ini merupakan salah satu jenis pengobatan yang populer serta dipercaya ampuh dalam mengatasi penyebab masalah asam lambung. Dengan menggunakan pengobatan tradisional maka penyakit akan mudah diatasi zat apa yang dikeluarkan juga lebih murah.

Obat  yang bisa digunakan untuk menyembuhkan asam lambung juga harus dipilih dari keamanannya. Akan tetapi Tenang saja beberapa obat tradisional ini relatif aman serta dapat dikonsumsi dalam jangka yang panjang. Adapun jenis-jenis obat tradisional tersebut diantaranya:

Kunyit
Mentimun
Kencur
Jahe
Cincau


3. Selalu menjaga pola makan serta pola hidup sehat


Penyakit asam lambung juga bisa dicegah dengan selalu menerapkan pola makan yang baik makanan yang dikonsumsinya harus baik pula. Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah asam lambung yang sudah kronis.

Perlu diketahui bersama karena makanan yang dikonsumsi secara sembarangan bisa membuat gejala asam lambung mudah kambuh. Untuk itu, maka mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara yang penting untuk mengatasi asam lambung secara alami.


Mencegah penyakit asam lambung


Kenaikan asam lambung yang terjadi di buru tentu akan menghambat aktivitas sehari-hari. Faktor yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung seperti obesitas merokok serta konsumsi kafein yang berlebihan.


1. Hindari jenis makanan berlemak


Makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan yang cukup sulit untuk dicerna tubuh. Hal itu berarti makanan berlemak lebih lama tinggal di dalam perut. Makanan berlemak bisa memperlambat sistem pencernaan yang kemungkinan membuat makanan tersebut akan kembali ke esofagus.

 Hal inilah yang nantinya menimbulkan asam lambung menjadi naik. Makanan berlemak yang perlu dihindari antara lain produk susu penuh seperti keju biasa, mentega, krim asam dan susu murni. Selain itu juga perlu dihindari lemak binatang seperti minyak atau lemak babi.

Konsumsi makanan digoreng seperti kentang bawang serta ayam yang digoreng juga perlu dihindari Selain itu konsumsi camilan tinggi yang kaya akan gizi seperti keripik kentang permen atau es krim juga sebaiknya dihindari.


2. Hindari mengonsumsi makanan asam


Asam lambung juga bisa disebabkan oleh makanan asam. Makanan dari jeruk atau keluarga jeruk merupakan jenis makanan yang paling asam. Dengan ini berarti sebaiknya ada menghilangkan makanan ini sepenuhnya dari diet yang Anda konsumsi. Akan tetapi sebaiknya mengkonsumsi beberapa makanan seperti tomat, salsa dan beberapa jenis makanan lainnya.


3. Kurangi asupan cokelat


Jika  Anda khawatir dengan asam lambung yang  semakin naik maka mengurangi konsumsi coklat merupakan salah satu jawaban terbaiknya. Coklat merupakan makanan yang kaya akan kandungan bahan ya bisa mengendurkan otot pada bagian esofagus. Esofagus ini terbuka maka bisa membuat makanan dari perut akan naik kembali.


4. Hindari makanan pedas


Banyak peneliti yang memperdebatkan mengenai Apakah makanan pedas tersebut benar-benar membuat asam lambung naik. Akan tetapi bagaimanapun kondisinya banyak orang yang mengonsumsi makanan pedas membuat mereka sakit perut. Beberapa contoh makanan pedas di antaranya paprika, cabai serta saus pedas.

Manakala rentan mengalami kenaikan asam lambung sebaiknya Anda juga perlu menjaga supaya perut selalu dalam keadaan yang stabil. Artinya Anda harus menghindari makanan apa pun termasuk makanan pedas yang bisa menyebabkan sakit perut.


5. Hindari minuman berkarbonasi


Minuman berkarbonasi merupakan jenis minuman yang penuh dengan gelembung. Jenis minuman satu ini mungkin terlihat menarik karena ditempatkan di kaleng atau botol. Akan tetapi sangat penting diingat jika gelombang tersebut akan mendidih di dalam perut.

Minuman dengan karbonasi bisa membuat terbentuknya makanan pada bagian dalam perut. Kondisi seperti ini bisa membuat isi perut kembali naik sehingga membuat asam lambung naik.


6. Sebaiknya makan dengan porsi yang lebih kecil


Sebaiknya Anda membatasi diri untuk makan porsi yang lebih kecil perut juga akan mudah mencerna makanannya masuk. Perut yang memiliki sedikit tekanan kemungkinan Anda untuk tidak mendorong makanan kembali ke esofagus.

Manakala masih lapar maka bisa dengan cara  makan menjadi lebih kecil seperti menyantap 6 porsi makanan dalam kecil dibandingkan ada mengkonsumsi 3 makanan dalam porsi yang besar. Selain itu pastikan juga jika setiap porsi yang anda makan memiliki kandungan kurang lebih 300 hingga 400 kalori.


7. Pilihlah  makanan yang rendah asam


Langkah yang baik untuk bisa mengurangi naiknya asam lambung yaitu dengan menyantap makanan kecil yang rendah asam. Makanan tersebut diantaranya sayuran berdaun hijau, pisang dan beras.