Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun seledri perlu diketahui oleh kita semua.Daun seledri  merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk sayur. Tanaman satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Belanda.

Daun seledri merupakan jenis tanaman kecil yang memiliki tinggi kurang dari 1 meter. Selain itu daun seledri juga memiliki batang yang cukup pendek. Buah yang kecil dengan warna coklat gelap.

Sedangkan untuk tangkainya berbentuk pendek serta tersusun gemuk. Akan tetapi, ternyata daun seledri tidak hanya bisa digunakan untuk bahan sayuran saja. Dibalik baunya yang khas, daun seledri menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Terkait dengan manfaat daun seledri ini secara lengkap akan kami ulas pada artikel berikut ini.


Kandungan gizi pada daun seledri



Daun seledri memiliki berapa kandungan nutrisi diantaranya

1. Asam amino esensial

2. Vitamin. Makanan vitamin D sendiri daun seledri kaya akan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3,  B5, B6 dan juga asam folat dan vitamin C vitamin E serta vitamin K

3. Mineral. Selain kaya akan vitamin, translate juga kaya akan mineral seperti potasium kalsium magnesium natrium fosfor serta zat besi.


Bagaimana cara kerja daun seledri?


Tidak ada satu penelitian khusus yang berkaitan dengan cara kerja suplemen herbal satu ini. Akan tetapi, terdapat penelitian yang memberikan hasil, jika senyawa kimia yang ada dalam daun seledri memiliki fungsi sebagai antihipertensi serta anti kolesterol. Tidak hanya itu saja, beberapa komponen kimia seledri terbukti yang menjadi anti kejang yang cukup baik.


Dosis yang harus kita gunakan untuk mengkonsumsi daun seledri


Informasi yang kami berikan ini bukanlah pengganti dari nasihat medis. Memang belum ada bukti klinis terbaru yang berbicara mengenai petunjuk dosis daun seledri. Akan tetapi jika digunakan untuk mencegah atau mengurangi perut kembung, maka bisa dengan menggunakan dosis kurang lebih 1 hingga 4 gram.

Meskipun demikian, ternyata setiap orang memiliki dosis yang berbeda-beda. Tentu dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, data serta beberapa kondisi lain dalam tubuh Anda. Ingat tanaman herbal tidak selalu aman dikonsumsi. Untuk itu maka jangan lupa untuk selalu berkonsultasi atau berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter yang cocok untuk Anda.

Penyajian daun seledri sebagai obat

Tablet
Biji
Larutan
Minyak
Kapsul



Cara mengkonsumsi daun seledri


Sebelum berbicara mengenai manfaat daun seledri, langkah pertama yang harus kita ketahui yaitu mengetahui cara mengkonsumsi daun seledri itu sendiri. Pertama kali, daun seledri bisa diolah dengan cara direbus yaitu dengan ditambahkan air jeruk nipis atau air lemon kemudian diminum setiap hari.

Jika rutin melakukan aktivitas ini, maka bisa menjadi antioksidan yang aktif karena ada dalam seledri terkandung beberapa senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Senyawa tersebut akan bekerja sebagai antibiotik alami sehingga mampu meningkatkan imunitas tubuh dengan cepat serta membuat penyembuhan luka demam seseorang menjadi lebih cepat.

Selain itu untuk mencukupi asupan vitamin A, vitamin b kompleks, vitamin C vitamin E serta vitamin K sekaligus dalam sehari-hari maka bisa Anda gunakan daun seledri di menu masakan dalam jumlah yang cukup banyak. Misalnya ketika di dalam sayur sop. Sedangkan untuk anak-anak juga bisa ditambahkan atau dicampur kan untuk membuat jus buah seperti jus mangga jus biji merah,, jus strawberry dan bus lainnya.

Sebaiknya, daun seledri dicuci terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari apalagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.



Manfaat daun seledri untuk kesehatan



1. Mampu menyembuhkan rematik


Manfaat pertama daun seledri untuk kesehatan yaitu untuk menyembuhkan rematik. Daun seledri kaya akan antiradang serta antibakteri bahkan mineral dan vitamin lengkap sehingga mampu meredakan rasa nyeri yang diderita oleh orang rematik. Selain itu juga mampu mengurangi zat purin yang ada di dalam persendian yang menjadi penyebab meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh.


2. Mampu menurunkan darah tinggi


Manfaat yang kedua yaitu seledri bisa menurunkan darah tinggi. Hal ini berkat zat flavonoid serta nutrisi lain yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang ketika sedang meningkat. Terlebih jika dikonsumsi secara rutin dan teratur maka bisa menstabilkan tekanan darah supaya tidak meningkat kembali.


3. Mampu menurunkan kadar kolesterol


Zat yang terkandung dalam daun seledri ternyata mampu memecah kolesterol sehingga tidak menyumbat peredaran darah. Selain itu ternyata juga mampu untuk mencegah penumpukan kolesterol berlebih yang ada di dalam tubuh.


4. Mampu mencegah serta menyembuhkan anemia


Daun seledri memiliki nutrisi utama yaitu zat besi yang tinggi sehingga bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia. Terlebih bagi wanita hamil serta yang sedang mengalami menstruasi.


5. Mengatasi mata kering


Mata kering tentu tidak nyaman. Jika Anda merupakan orang yang tinggi aktivitasnya di depan komputer maka mengkonsumsi daun seledri bisa menjadi alternatif untuk mengatasi mata kering. Nutrisi utama berupa vitamin A bisa menyehatkan jaringan retina serta kornea mata, sehingga hal tersebut bisa mempertahankan ketajaman penglihatan serta mencegah mata kering karena serangan radikal bebas.


6. Mampu mengobati sembelit


Sembelit yang Anda derita bisa diobati dengan mengkonsumsi daun seledri. Seledri kaya akan kandungan asam amino esensial serta vitamin lainnya bisa membuat buang air besar menjadi lancar. Ketika buang air besar lancar maka Anda akan terhindar dari sembelit yang membuat tubuh tidak terasa nyaman perut terasa penuh nyeri serta kembung.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami


7. Mampu mengendurkan syaraf yang tegang


Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri ternyata bisa mengendurkan syaraf di sekitar kepala karena tegang oleh aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, maka dengan mengkonsumsi daun seledri setiap hari bisa memberikan manfaat yang cukup baik Anda.


8. Mampu mencegah serta menyembuhkan asma


Selain itu nutrisi yang terkandung dalam daun seledri mampu mencegah serta menyembuhkan penyakit asma yang Anda derita. Selain itu membuat penyakit asma tidak mudah kambuh.


9. Mampu menyuburkan rambut


Vitamin yang cukup tinggi serta lengkap juga bisa membuat rambut yang rusak akibat pemakaian shampo dan paparan matahari menjadi subur kembali. Ketika menggunakan daun seledri maka akar serta kutikula rambut akan kembali sehat. Ketika akar rambut kuat maka rambut tidak akan mudah patah ataupun rontok.


10. Mencegah serta mengatasi obesitas


Nutrisi dalam daun seledri ternyata mampu sebagai pencegah serta menyembuhkan penyakit obesitas. Seluruh kandungan nutrisi yang ada dalam seledri mampu menekan rasa lapar sehingga menjadikan kita bisa mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Bukan hanya itu saja, kandungan lainnya juga bisa mengontrol kadar lemak, sehingga  tubuh seseorang tidak mudah gemuk.


11. Mampu memperbaiki fungsi ginjal


Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun seledri ternyata bisa membuat  ginjal semakin baik. Mampu menyaring mengendalikan bahkan mengeluarkan data di dalam tubuh yang disebabkan oleh makanan serta radikal bebas.


12. Mampu menormalkan suhu tubuh


Suhu tubuh yang tidak stabil tentu bisa membuat hormon tidak seimbang yang nantinya akan mengganggu metabolisme tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin maka kondisi suhu tubuh bisa normal serta tapi bisa berjalan dengan kondisi yang optimal.


13. Mampu mencegah pertumbuhan sel kanker


Kandungan asam fenolat serta senyawa kumarin fitokimia yang terkandung dalam seledri mampu mencegah memblokir serta menghancurkan aktivitas sel abnormal yang dapat menimbulkan kanker terutama di bagian usus serta jaringan perut.


14. Mampu menyehatkan jaringan empedu


Seledri juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang kuat tetap bersifat diuretik sehingga membantu membersihkan empedu dari beragam serangan bakteri atau racun yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi sehari-hari.


15. Mampu mengontrol tah mengatur volume darah dalam tubuh


Selanjutnya manfaat daun seledri ternyata bisa sebagai pengatur dan pengontrol jumlah darah yang mengalir dalam setiap pembuluh darah serta saraf yang berada di dalam jaringan tubuh. Dengan adanya hal ini tentu tubuh agar selalu sehat serta terhindar dari beragam gangguan kesehatan yang ada kaitanya dengan darah. Seperti penyumbatan aliran darah.


16. Mampu mencegah dehidrasi


Selanjutnya, nutrisi dalam daun seledri  yang sudah bergabung menjadi cairan elektrolit itu sangat dibutuhkan tubuh ketika terserang kelelahan atau cara buang air besar karena diare. Bukan hanya itu saja, nutrisi dalam daun seledri ternyata mampu menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang serta tubuh akan terhindar dari dehidrasi yang berat.


17. Mampu menstabilkan gula darah


Manfaat selenjutnya,  yaitu seledri dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta mengobati diabetes. Nutrisi  yang lengkap pada daun seledri ternyata mampu menghancurkan adanya penggumpalan gula yang ada di dalam darah supaya tubuh bisa melakukan pembakaran kalori dengan cepat.

Sehingga kalori yang berlebihan akan dikeluarkan melalui pembuangan urine serta melalui keringat.


18. Mengurangi  kelebihan minyak yang ada dalam wajah


Minyak berlebih pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Seledri yang sudah dihaluskan serta ditambahkan dengan air jeruk nipis ternyata bisa digunakan sebagai masker wajah harian yang sama serta ampuh untuk menghilangkan adanya kelebihan minyak pada kulit wajah.
Tidak hanya itu saja, ternyata mengecilkan pori sehingga kulit wajah bisa terhindar dari serangan bakteri yang bisa membuat bisul komedo hingga jerawat.


19. Daun seledri mampu menyehatkan Dinding lambung anda


Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting. Kandungan anti peradangan yang terkandung dalam daun seledri bisa membersihkan dinding lambung dari sisa limbah makanan yang tidak berguna bagi tubuh. Sehingga lambung akan selalu bersih dan terhindar dari bakteri atau peradangan.


20. Mampu memperkuat tulang


Nutrisi yang terkandung dalam seledri bisa memperkuat massa tulang serta menjadikan tidak mudah terserang pengapuran. Tidak hanya itu saja, tulang yang kuat serta terhindar dari segala macam hal yang berhubungan dengan Osteoporosis bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi daun seledri.


21. Mampu melindungi jaringan otak


Selanjutnya, kandungan nutrisi yang ada dalam daun seledri ternyata bisa melindungi jaringan otak dari penyumbatan atau serangan bakteri. Bukan hanya itu saja, ternyata daun seledri juga ampuh menghindarkan tubuh dari penimbunan lemak jahat yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


22. Mampu melindungi kesehatan pada otot tubuh


Kandungan nutrisi yang terkandung dalam seledri ternyata juga bisa menghindarkan otot tubuh dari beragam gangguan seperti cidera keseleo atau kejang otot. Otot yang sehat tentu akan membuat seorang bebas dalam bergerak sedang melakukan beragam aktivitas tanpa perlu merasa adanya nyeri dan pembengkakan.


23. Menyehatkan  saluran usus


Nutrisi selanjutnya yang terkandung dalam daun seledri ternyata bisa membersihkan usus dari beragam endapan bakteri kolesterol garam berlebihan. Mengingat  kinerja usus sebagai salah satu organ pencernaan yang cukup penting. Untuk itu mengonsumsi daun seledri,  juga akan bisa membuat usus lebih sehat.


24. Sebagai anti radang


Vitamin lengkap serta potasium yang sangat banyak dalam daun seledri ternyata bisa digunakan sebagai anti radang. Tidak hanya itu saja, seledri yang sudah dilapisi dengan beragam saat antri inflamasi yang kuat juga mampu membuat proses pengeringan luka menjadi lebih cepat. Mampu meredakan pembengkakan dan mempercepat pemblokiran racun yang ada di dalam tubuh sehingga lebih cepat dikeluarkan oleh tubuh.


25. Mempercepat penyerapan kalsium


Seledri ternyata mampu mengikat hasil peserta membuat jaringan tubuh di bagian dalam menjadi lebih cepat.


Berapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi daun seledri

Berhentilah mengkonsumsi daun seledri setidaknya 2 minggu sebelum anda melakukan operasi

Periksalah reaksi hipersensitifitas, termasuk sindrom peutz seledri dan anafilaksis

Daun seledri bisa menurunkan tingkat kesadaran Anda dikarenakan adanya depresi sistem saraf pusat yang tiba-tiba terjadi

Jangan pernah mencampur antara biji seledri dengan jusnya, komposisi tersebut hanya digunakan untuk mengobati kondisi yang berbeda

Hindarkan diri dari paparan matahari yang atau setidaknya gunakan ketika menggunakan produk seledri


Seberapa Amankah daun seledri dikonsumsi?

Daun seledri ini memang aman digunakan, akan tetapi,Anda harus memperhatikan aturan penggunaan seledri sebagai berikut ini.

Jangan menggunakan produk seledri untuk anak-anak, kecuali jika sudah diolah sebagai makanan

Menggunakan daun seledri dalam jumlah yang berlebih bisa menjadikan rahim berkontraksi bahkan menyebabkan keguguran. Untuk itu, jika Anda merupakan  wanita yang hamil dan menyusui sebaiknya jangan menggunakan suplemen dari daun seledri ini.
Efek samping mengkonsumsi daun seledri

Mengonsumsi daun seledri  ternyata bisa menyebabkan beberapa efek samping di antaranya

Depresi sistem saraf pusat

Stimulasi uterus

Dermatitis Kontak

Reaksi hipersentuvitas

Akan tetapi ternyata tidak semua orang mengalami efek samping yang seperti disebutkan di atas. Bisa saja Anda memiliki efek samping lainnya. Namun jika Anda memiliki khawatir dengan efek samping tertentu sebaiknya melakukan konsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.
Variasi penyajian daun seledri

Melihat manfaat daun seledri dalam masakan, ternyata batang seledri bisa dimanfaatkan untuk beragam variasi penyajian. Banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diperoleh sekaligus rasa yang lezat.

Jika Anda membuat jus seledri sebaiknya Anda lengkapi dengan beragam bahan lain seperti bayam, buah pir, perasan air lemon serta beberapa bahan lainnya. Silakan Anda potong kecil-kecil seledri serta bayam setelah itu masukkan ke dalam blender. Selain digunakan  campuran jus, ternyata seledri juga dapat disajikan sebagai minuman segar.

Anda bisa memasukkan daun seledri serta beberapa daun ketumbar dan gula cair ke dalam gelas. Perasan lemon atau sudah sesuai dengan selera Anda kemudian baru ada Tambahkan es batu. Bukan hanya sebagai pelengkap makanan atau campuran minuman saja, ternyata seledri juga bisa dikonsumsi sebagai cemilan sehat,

Anda bisa menyiapkan batang sudah di segar kemudian dipotong dengan ukuran sedang setelah itu belahlah menjadi dua. Tambahkan dua sendok selai kacang di batang seledri tersebut dan camilan dari daun seledri pun siap untuk Anda nikmati.