Skip to main content

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Buah naga merupakan salah satu buah eksotis yang semakin hari semakin terkenal. Buah naga tidak hanya memiliki cita rasa yang unik akan tetapi manfaat buah naga ini juga cukup banyak sekali. Buah naga kaya akan beragam khasiat. Sehingga tidak heran jika memiliki manfaat yang cukup banyak.

Buah  ini dikenal sebagai buah naga karena jika dilihat dari tampilan kulit luarnya memang memiliki bentuk seperti sisik. Bentuk ini sangat mirip dengan penggambaran sosok naga yang kerap kita lihat. Sekarang terdapat dua jenis buah naga yang banyak dikembangkan, diantaranya buah Naga berwarna merah serta berwarna putih. Kedua buah tersebut ternyata memiliki biji kecil yang bisa dimakan.
Kandungan gizi pada buah naga

Buah naga ini memiliki beberapa jumlah fitonutrien, mineral serta vitamin dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, buah naga juga kaya akan vitamin C, karoten, antioksidan serta asam lemak tak jenuh dan protein. Buah naga ini merupakan buah dengan kandungan karbohidrat 0%.

Selain itu, juga memiliki kandungan thiamin yang mampu membantu proses pemecahan makanan didalam sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, serta buah naga juga kaya akan kandungan captin fitokimia. Caption fitokimia ini merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk kesehatan jantung.


Apa saja manfaat buah naga?



1. Mencegah penuaan dini


Adanya garis halus, kulit yang kendur, siput serta kusam merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan pada kulit. Penuaan pada kulit ini terjadi karena adanya sel rusak karena paparan radikal bebas. Dengan demikian, meskipun akhirnya kita semua nantinya juga akan tua, akan tetapi tentu kita semua tidak ingin terlihat tua meskipun masih berusia muda.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, maka Anda bisa mengkonsumsi buah naga. Buah naga ini merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan tersebut bisa dimanfaatkan untuk melawan serangan radikal bebas. Kulit Anda akan lebih muda, halus serta sehat.

Bahan dan cara membuatnya

Siapkan setengah buah naga segar

Satu sendok makan yoghurt

Setelah itu hancurkan buah naga hingga berbentuk pasta halus lanjutkan dengan menambahkan yoghurt ke dalamnya

Kalau kedua bahan tersebut sudah tercampur, raja oleskan ke bagian wajah serta leher Anda sampai merata. Kemudian diamkan kurang lebih 20 menit.

Jika sudah, langsung saja anda bilas menggunakan air hangat setelah itu keringkan dengan handuk. Cara mengeringkannya dengan menepuk-nepuk secara perlahan.

Proses ini kurang lebih seminggu sekali dalam jangka waktu 2 bulan untuk menghilangkan beberapa tanda-tanda penuaan
Lakukan perawatan ini rutin setidaknya setiap minggu sekali demi mendapatkan kulit yang lebih sehat.


2. Mampu mengobati jerawat


Manfaat kedua dari buah naga ini yaitu untuk mengobati jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap sekali muncul ketika Anda memasuki usia pubertas. Kadangkala jerawat juga akan meninggalkan bekas yang tentu akan menjadikan Anda terganggu penampilannya.

Langkah alami yang dapat Anda terapkan untuk meminimalisir munculnya jerawat yaitu dengan menggunakan buah naga. Buah naga ini merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C sehingga cukup untuk mengatasi beragam masalah jerawat.

Adapun cara menghilangkan jerawat menggunakan buah naga adalah sebagai berikut:

Siapkan buah naga segar sebanyak seperempat daging

Siapkan 3-4 bola kapas

Langkah selanjutnya silahkan anda Ambil daging buah naga, lanjutkan dengan mengaduk menggunakan garpu sampai berubah menjadi pasta halus

Dengan memanfaatkan bola kapas yang sudah disediakan langsung saja oleskan di bagian yang terdapat jerawat. Alasan menggunakan kapas yaitu agar tidak ada bakteri serta kuman yang akan memperparah kondisi jerawat

Setelah itu diamkan kurang lebih 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Manakala sudah benar-benar bersih silakan Anda biarkan sampai kering dengan sendirinya.

Ulangilah proses perawatan ini setidaknya dua kali seminggu demi mendapatkan hasil maksimal pada jerawat Anda


3. Melembabkan kulit


Manfaat buah naga yang ketiga yaitu mampu membuat kulit menjadi lembab. Tahukah Anda jika buah naga ternyata kaya akan kandungan air yang sangat tinggi. Keberadaan kandungan air yang sangat tinggi ini ternyata di dehidrasi pada kulit Anda. Terutama jika Anda memiliki kulit yang kering. Dengan selalu melembabkan buah naga ke dalam makanan maka bisa menjadikan kulit Anda tetap lembab.


4. Mampu menyehatkan kulit


Manfaat buah naga berikutnya ternyata bisa membuat kulit menjadi sehat. Dan kulit yang sehat serta bercahaya merupakan salah satu impian setiap kaum wanita. Tenang saja, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah hanya dengan memperhatikan pola makan Anda serta melakukan olahraga secara rutin.

Anda bisa memulai hari dengan mengkonsumsi setidaknya segelas jus buah naga. Khasiat yang terkandung di dalam buah naga mampu mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh Anda serta bisa membuat kulit Anda semakin cerah.

Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah naga. Kandungan antioksidan tersebut mampu menangkal serta menghilangkan radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit kendur serta kusam. Tidak hanya kaya antioksidan saja, melainkan buah naga juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu membuat kulit semakin cerah.


5. Mampu menurunkan kolesterol


Perlu Anda ketahui buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan lemak tak jenuh. Kandungan omega 3 serta asam lemak dan omega 6 dipercaya mampu membuat kadar kolesterol dalam darah menurun. Selain itu kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuat buah naga ini kaya akan berbadan sempurna yang dapat melawan kolesterol tinggi.

Silakan Anda konsumsi buah naga secara rutin serta hindarilah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kolesterol. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa terhindar dari kolesterol tinggi.


6. Membuat rambut sehat


Buah naga, adalah buah yang memiliki warna merah. Buah naga ini kaya akan antioksidan serta enzim yang bisa menjadikan rambut menjadi halus serta sehat. Manakala Anda, memiliki rambut yang kurang sehat maka bisa memperbaiki dengan mengkonsumsi buah naga.

Anda bisa mengonsumsi atau membuat buah naga ini menjadi minuman jus buah. Silakan Anda konsumsi secara rutin dan kemudian Lihatlah perubahan di rambut Anda. Namun Anda tidak suka dengan rasanya, tenang saja Anda juga masih bisa mendapatkan khasiat buah naga untuk kesehatan rambut Anda.


Baca Juga : Pengertian Hak Dan Kewajiban


Caranya hanya dengan mengoleskan ampas buah naga seperti ketika Anda membuat masker rambut pada umumnya.Jika sudah silakan diamkan kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

Lanjutkan langkah dengan mencuci rambut menggunakan sampo berformulasi ringan. Anda tidak perlu melakukan perawatan ini ketika keramas. Setidaknya silakan lakukan kurang lebih seminggu sekali untuk merawat serta membuat kesehatan rambut Anda tetap terjaga.


7. Mampu mengobati sembelit


Manfaat berikutnya dari buah naga ini ternyata mampu mengobati sembelit. Apakah Anda merupakan orang yang pernah mengalami sembelit? Tentu hal ini sangat mengganggu. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pencernaan menjadi sehat.

Anda bisa mencoba obat herbal dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga merupakan buah yang kaya akan serat dan memiliki kadar air yang cukup tinggi. Hal ini tentu sangat bagus ketika dimakan oleh orang yang mengalami sembelit.


8. Meningkatkan kesehatan jantung


Perlu Anda ketahui juga, buah naga ternyata bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Buah naga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada di dalam pembuluh darah, yang akhirnya bisa membuat serangan jantung. Bukan hanya itu saja, buah naga juga kaya akan kandungan lemak monounsaturated yang mana sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.


9. Mampu menurunkan gula darah


Ternyata buah naga bukan hanya bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi. Penderita diabetes juga sangat bagus manakala mengonsumsi buah naga. Buah naga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi karena kaya akan kandungan polifenol, tiol, serta beberapa kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Tidak hanya itu saja, kandungan serat yang ada di dalam buah naga juga bisa menghambat naiknya gula darah. Hal ini tentu sangat bermanfaat oleh para penderita diabetes.


10. Mencegah anemia


Anemia merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi ketika kekurangan asupan zat besi. Beberapa gejala yang nampak manakala Anda terkena anemia yaitu insomnia, nyeri dada, sulit untuk berkonsentrasi, jantung menjadi berdebar serta detak jantung tidak beraturan.

Manakala Anda mengalami beberapa masalah di atas, Anda bisa mengobati dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga kaya akan kandungan zat besi desa memenuhi kurang lebih 8% kebutuhan zat besi dari tubuh Anda. Bukan hanya itu saja, ternyata buah naga juga kaya akan vitamin C yang bisa membuat kemampuan tubuh menyerap zat besi semakin baik.


11. Membuat berat badan tetap ideal


Manfaat buah naga berikutnya yaitu sangat pas untuk Anda yang sedang diet. Jika Anda mulai mengalami kenaikan berat badan karena pola makan yang Sembarangan maka silakan Anda konsumsi buah naga.

Bukan hanya rasanya saja yang nikmat, ternyata buah satu ini juga rendah kalori. Bukan hanya itu saja. Kandungan air sebanyak 90% ini juga kaya akan serat sehingga bisa membuat tubuh Anda kenyang lebih lama. Tubuh kenyang lebih lama tentu cara menghambat makan dalam porsi yang besar.


12. Mampu mencegah glaukoma kongenital


Glukoma kongenital merupakan sebuah kondisi ketika terdapat tekanan di bagian bola mata yang naik. Tentu akan membuat mata Anda rusak. Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan jika buah naga mampu cara mengobati glaukoma kongenital.


13. Mampu mencegah kanker


Mungkin hal ini masih terdengar tidak mungkin. Akan tetapi beberapa bukti penelitian menunjukkan jika buah naga mampu mencegah sel kanker yang sedang berkembang. Buah naga kaya akan enzim yang bernama likopen. Selain itu kandungan vitamin C dan karoten yang bersifat antikarsinogenik sangat berfungsi untuk menyerang sel kanker. Tidak berhenti sampai di situ saja, buah naga juga kaya akan kandungan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.


14. Meningkatkan sistem imun dan kekebalan


Buah naga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun serta kekebalan dalam tubuh. Berkat kandungan vitamin c-nya yang cukup tinggi buah naga juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dari dalam tubuh.

Bukan hanya itu saja anda juga kaya akan sejumlah vitamin penting serta beberapa nutrisi, kalsium serta beberapa nutrisi lain yang diperlukan untuk tubuh.


15. Menguatkan tulang dan gigi


Kandungan kalsium serta fosfor yang tinggi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan Gigi menjadi kuat. Kedua nutrisi tersebut saling bergantung satu sama lain.

Berarti dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki salah satu kandungan nutrisi saja ternyata tidaklah cukup untuk melawan beragam masalah pada tulang serta gigi. Dengan demikian maka mengonsumsi buah naga merupakan salah satu jawaban yang baik demi menjaga kekuatan serta kesehatan tulang gigi Anda.


16. Sangat baik untuk ibu hamil


Ibu hamil Kkerap sekali terkena anemia manakala kurang kandungan suplemen penambah zat gizi. Untuk itu khasiat dari buah naga ini sangat pas untuk ibu hamil karena mampu menaikkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah.

Tidak hanya baik untuk ibunya saja, melainkan kadar hemoglobin ini juga baik untuk janin. Hal itu dikarenakan janin akan mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi yang pas.


17. Membantu memperbaiki sistem pencernaan 


Seperti yang kita ketahui bersama jika serat yang baik untuk sistem pencernaan dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah naga ini kaya akan kandungan serat sehingga bisa membuat proses buang air besar Anda semakin lancar. Sehingga hal ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi beragam masalah pencernaan seperti sembelit misalnya.

Selain itu buah naga memiliki banyak khasiat yaitu karena kandungan oligosakaridanya. Kandungan ini bisa bekerja sebagai probiotik sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan usus serta pencernaan.


18. Memiliki sifat antibakteri


Manfaat buah naga lainnya yaitu karena kandungan sifat antibakteri serta antijamur. Kedua kandungan tersebut mampu membuat jumlah sel darah putih yang ada di dalam tubuh kita mampu melawan serta menghambat pertumbuhan atau masuknya bakteri ke dalam beragam sistem organ tubuh.

Kedua sifat tersebut yaitu anti bakteri dan anti jamur yang ada di dalam buah naga bisa mempercepat penyembuhan luka serta memar tubuh.


19. Mampu mengurangi nyeri arthritis


Masalah satu ini adalah salah satu penyakit yang bersifat kronis akan terjadi seumur hidup. Penyakit satu ini kerap menyerang pria serta wanita yang memiliki usia diatas 55 tahun. Penyakit ini bisa menimbulkan sakit yang serius, iritasi serta imobilitas dikarenakan efek langsung yang menyerang pada persendian.

Terdapat beberapa jenis buah serta sayur yang bisa membuat ini menurun serta melawan penyakit ini. Salah satunya yaitu buah naga. Buah satu ini ternyata mampu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan karena Arthritis. Dengan demikian maka dengan menambahkan buah naga ke dalam menu makanan harian bisa mengurangi gejala arthritis.


20. Sangat baik dikonsumsi pasien demam berdarah


Para penderita demam berdarah tentu dapat mengalami kadar trombosit yang sangat besar. Penurunan kadar trombosit ini jika tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan kematian. Perlu Anda ketahui kadar normal trombosit yang harus diperlukan tubuh setiap orang setidaknya 150.000 hingga 450.000 setiap mikroliter darah.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, Anda bisa meningkatkan kembali kandungan trombosit dengan cara menambah beberapa jenis buah serta sayuran ke dalam konsumsi harian Anda.4

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang bisa membantu meningkatkan kandungan trombosit pasien demam berdarah. Kandungan anti oksidan yang sangat banyak dalam buah naga bisa membantu meningkatkan kadar trombosit.