Skip to main content

Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami

Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami


Perut buncit dan terlihat berlemak menjadi salah satu momok penampilan yang cukup mengerikan dan membuat diri terasa gerah. Memakai baju dan setelan harus lebih pilih-pilih karena tidak percaya diri dan takut menjadi pusat perhatian karena perut buncit yang mencolok. Oleh karena itu, perlu beberapa cara menghilangkan lemak di perut agar tubuh terlihat sempurna.

Bukan hanya soal penampilan, lemak yang tertimbun di perut juga tidak baik untuk kesehatan karena banyaknya organ penting dalam perut. Penimbunan lemak di perut dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan perut buncit lagi, karena berikut akan dibahas beberapa cara menghilangkan lemak di perut.


Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami



1. Perhatikan Menu Makanan Setiap Hari


Makanan merupakan salah satu hal substansial yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi apa jadinya jika jenis dan porsi makanan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita? Berbagai macam penyakit dapat dengan mudah menyerah tubuh. Oleh karena itu, menjaga pola makan harus selalu dilakukan dan menjadi kebiasaan untuk mencapai tubuh yang sehat dan ideal.

a. Mengatur Jumlah Kalori

Pengaturan jumlah kalori penting untuk mengurangi lemak dalam perut. Lemak memiliki kalori yang paling tinggi yaitu 9 kalori, daripada karbohidrat dan potein yang masing-masing 5 dan 4 kalori.


b. Perbanyak Asupan Protein

Protein merupakan salah satu substansi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme tubuh dansumber energi. Protein dapat berasal dari hewan seperti telur, ikan yang disebut sebagai protein hewani. Atau bisa diperoleh dari tumbuhan seperti kacang-kacangan, kedelai yang disebut sebagai protein nabati

Jenis makanan yang mudah ditemukan dan mengandung protein ialah ikan tuna, ikan salmon, susu, telur, tempe, tahu, kedelai, daging ayam, daging sapi, dan turunan susu seperti yogurt dan keju.


c. Tingkatkan Konsumsi Serat

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak mudah dicerna dan dipecah dalam tubuh. Dengan demikian, maka tubuh akan terasa kenyang lebih lama dan melancarkan susrem pencernaan. Perempuan membutuhkan 25 gram serat per hari. Sedangkan laki-laki lebih banyak yaitu 38 gram per hari

Serat banyak terdapat pada sayuran seperti wortel, kacang panjang, dab brokoli. Buah-buahan tinggi serat diantaranya pir, pisang, dan jenis buah berry


d. Konsumsi Makanan dengan Lemak Baik

Berniat mengurangi lemak di perut bukan berarti kita tidak boleh makan makanan berlemak dong. Ada beberapa jenis lemak yang patut dihindari seperti pada makanan... karena mangandung lemak jenuh. Lemak tersebut bisa digantikan dengan lemak tak jenuh atau lemak baik, contohnya yang terdapat pada buah avokad.


e. Makan dengan Porsi Kecil

Makan dengan porsi kecil dengan intensitas yang lebih tinggi akan membuat anda tersa kenyang lebih sering. Dengan demikian, pola makan Anda akan lebih terkontrol. Kebiasaan menggunakan piring besar dapat diganti dengan piring kecil untuk memudahkan dalam proses adaptasi dan usaha yang sedang dilakukan.


f. Tanamkan Pola Pikir Bahwa Sarapan itu Penting

Penanaman pola pikir sarapan itu penting perlu dilakukan. Dengan rutin sarapan, maka prosi makan siang dan makan malam akan lebih terkontrol. Sarapan baik dilakukan dengan menu protein tinggi seperti asupan susu, buah atau telur.


g. Makanlah dengan Lebih Pelan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan dengan pelan akan mendorong pelepasan hormon yang memberikan efek rasa kenyang pada otak. Ketika makan dengan cepat, Anda dapat mengunyah makanan lebih banyak dan berpikir belum kenyang, berbalik dengan makan pelan.



Baca Juga : Ciri Ciri Hamil Muda Yang Perlu Anda Ketahui



Berkonsentrasi dan jangan terburu-buru saat menyuap makanan. Setelah selesai makan, beri waktu tubuh Anda untuk merasakan kenyang karena kadang otak merasa kenyang lebih lama setelah makan.


2. Minuman Berkhasiat


Terdapat berbagai jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisonal untuk kesehatan


a. Teh Hijau

Teh hijau sudah tidak asing lagi di telinga para penggiat kesehatan karena manfaatnya yang luar biasa. Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat digunakan sebagai diet untuk mengurangi lemak tubuh.

Kandungannya yang kaya antioksidan juga dapat mencegah adanya penyakit kanker dengan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi teh hijau sebelum makan, akan meminimalisir porsi makan Anda karena membuat perut terasa lebih kenyang. Meminumnya tanpa gula, akan membuat Anda mendapatkan hasil yang maksimal.


b. Jahe dan Madu

Jahe memiliki kandungan yang dapat menekan nafsu makan sehingga secara alami asupan makan akan berkurang. Sedangkan madu memiliki kandungan yang secara tak langsung dapat membakar lemak.

Cara mengkonsumsi herbal ini ialah dengan mencampurkan 2sdm perasan jahe dan 3 sdm madu dalam segelas ari mendidih. Minum secara rutin setiap hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, minum dua kali dalam sehari.


c. Teh Hitam dan Jeruk Nipis

Campuran teh hitam atau teh yang sering ditemukan pada umumnya dengan jeruk nipis akan membantu memerangi lemak dalam perut. Seduh tiga sendok teh atau sekantong teh dengan perasan jeruk nipis dan segelas air mendidih. Tak lupa pula untuk mengkonsumsi secara rutin.


d. Minuman Berkabonasi

Eits, untuk minuman yang satu ini bukan rekomendasi untuk diminum ya, tetapi untuk dihindari. Minuman jenis ini hanya akan mengakibatkan perut menjadi lebih buncit karena diisi dengan udara atau kandungan CO2 dalam minuman berkarbonasi


3. Olahraga dengan Rutin


Sudah memperhatikan pola makan setiap hari tapi tidak berolahraga, kecil harapan untuk membuat perut terlihat kencang dan langsing. Terlebih setelah makan lanjut tidur. Kebiasaan mengatur pola makan harus diimbangi dengan rutinitas olahraga.

Olahraga bukan hanya bertujuan untuk membuat tubuh Anda berkeringat. Namun, olahraga juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, juga dapat membantu menyingkirkan lemak visceral dalam perut

a. Sit Up

Sit up merupakan jenis olahraga ringan yang banyak diminati karena dinilai cukup untuk mengencangkan perut, menstabilkan berat badan dan mengurangi lemak di perut. Sit up dilakukan secara rutin, minimal 10 x (naikkan setiap harinya) dengan intensitas 5x dalam seminggu

b. Push Up

Seperti halnya sit up. Push up dapat dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Minimal 10x setiap hari dan lakukan kenaikan jumlah setiap harinya.

c. Cardio

Cardio merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir semua otot untuk bekerja mulai dari pundak, lengan, otot paha, otot punggung, otot betis, dan otot perut. Jenis olahraga cardio yang dapat dilakukan antara lain bersepeda, berenang, berlari, senam cardio, dan lain sebagainya.

d. Yoga

Yoga adalah salah satu latihan yang berguna untuk melancarkan pencernaan dengan mengurangi gas berlebih dalam perut dan turut untuk membentuk menghilangkan lemak di dalamnya. Latihan yoga dilakukan dengan memusatkan pada tiga kombinasi sekaligus yaitu pernapasan, kelenturan, dan kekuatan.

Gerakan yoga dapat dimulai dari gerakan untuk pemula hingga berbagai macam gerakan yang efektif untuk mengecilkan perut seperti gerakan bhujang asana, dhanurasana maupun kumbhakasana. Berlatih yoga dapat dilakukan selama 10-20 menit perhari untuk memacu tubuh mengeluarkan hormon untuk proses pembakaran lemak. Selain itu, yoga dapat membantu pikiran agar lebih rileks.


4. Melatih Postur Tubuh dengan Baik


Melatih postur tubuh dengan cara duduk atau cara pembawaan diri akan membuat lemak lebih terdistribusi dengan baik tanpa menumpuk pada bagian perut saja.

a. Pembawaan diri dapat dilakukan dengan menegakkan tubuh dan kepala serta menarik bahu ke belakang sejajar dengan posisi tubuh (tanpa membungkuk)

b. Posisi duduk, pantat menyentuh bagian belakang kursi, dan punggung diusahakan tegak tanpa terlalu membungkuk atau sebaliknya.


5. Hindari Stres


Kondisi psikologi dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi fisik agar tetap sehat, kondisi psikis perlu diperhatikan. Lakukan hal-hal yang membuat mental anda tetap baik seperti me time, quality time bersama orang terdekat, atau melakukan hobi yang Anda senangi. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan stres dalam diri Anda.


6. Istirahat yang Cukup


Terlalu bersemangat membuat perut menjadi langsing bukan berarti Anda dapat mengurangi waktu istirahat. Istirahat perlu guna untuk mengendurkan otot yang sempat meregang setelah Anda berolahraga. Istirahat atau break setelah berolahraga perlu dilakukan.

Tidur yang cukup juga perlu diperhatikan. Orang dewasa kurang lebih membutuhkan waktu tidur 6-8 jam setiap hari. Sedangkan anak-anak dan lansia akan membutuhkan waktu tidur lebih dari itu. Tidur yang cukup selain berfungsi untuk kesehatan fisik, juga berguna untuk menjaga kesehatan psikis.


Cara Menghilangkan Lemak di Perut Menggunakan Produk



1. Body Wrap


Body wrap merupakan salah satu jenis perawatan spa yang dinilai dapat merampingkan perut. Selain itu,  body wrap diklaim sebagai treatmen relaksasi tubuh. Perawatan ini tidak hanya dilakukan di salon kecantikan, tetapi juga dapat dilakukan di rumah.

Beberapa ingredients produk yang umum dilakuan dalam body wrap ialah madu, rosemary, cokelat, dan eukaliptus.

Berikut langkah yang dapat dilakukan dalam proses body wrap

a. Langkah awal yang perlu dilakukan ialah memberikan scrub dan meijat pada bagian perut sebelum mandi. Scrub ini mengandung beberapa kandungan yang akan mengurangi lemak dalam perut serta membersihkan tubuh.

b. Gosok tubuh dengan minyak zaitun atau lotion

c. Balut perut dengan kain hangat atau pembungkus dengan suhu hangat serta selimut elektrik selama 30 menit. Proses ini akan menimbulkan keringat sehinga dinilai dapat mengurangi lemak serta mengeluarkan kotoran

d. Lepas pembungkus hangat dan selimut elektrik serta lakukan pemijatan kembali guna melancarkan peredaran darah pada bagian perut

e. Lakukan secara rutin untuk mencapai hasil yang maksimal


2. MORESKIN Stomach Cream


Moreskin stomach cream merupakan salah satu produk susut perut dari NASA dengan berat 200 gram yang dinilai dapat memberikan efek perut kencang.


3. Slimming Capsule


Slimming capsule merupakan produk yang dikeluarkan oleh Green World yang di formulasikan khusus untuk mengurangi lemak dalam tubuh, termasuk bagian perut. Produk ini memiliki komposisi cassia seed, daun teratai, murbei, hawtorn, neroli, jasmine, rose, dan green tea extract serta diperkaya dengan vitamin E yang dinilai tidak membuat tubuh terlihat mengendor.

Penggunaan bahan alami dengan teknologi modern di aplikasikan pada slimming capsule. Produk ini juga sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk berbentuk kapsul ini diminum sekali sehari dengan maksimal dua kapsul.


4. Fiforflif


Fiforflif merupakan salah satu jenis suplemen untuk menghilangkan lemak di bagian perut dan direkomendasikan oleh beberapa dokter. Komposisi dari produk ini antara lain sari goji bery, vitamin A, B1, B2, B6, vitamin E, protein dan asam amino, enzim amilasi, protease, lipase, laktase, selulase, probiotik, fruktosa serta 21 macam mineral.

Selain untuk mengencangkan perut, fiforflif juga dapat menjaga kesehatan mata, melancarkan peredaran darah, mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah, memperlambat penuaan dini, serta mengandung antioksidan yang bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah adanya penyakit kanker.



Cara Menghilangkan Lemak di Perut Menggunakan Alat



1. Pakaian Pengontrol Perut


Industri pakai merupakan salah satu alat untuk mengencangkan, membentuk dan mengecilkan perut. Pakaian pengontrol perut tersebut tersedia bagi wanita dan laki-laki dalam berbagai ukuran

a. Bagi wanita tersedia celana pendek berpinggang tinggi, kamisol, celana dalam, tank top, dan stoking panjang pengontrol perut yang terbuat dari karet, lycra, atau kombinasi keduanya. Pakaian tersebut sebagian besar bermerk Soma, TC Shaping, dan Spanx.

b. Teruntuk pria tersedia berbagai opsi mulai dari kaus kompresi yang dapat mengurangi perut buncit hingga tank top yang menargetkan bagian perut agar lebih kencang. Perusahaan penghasil pakaian tersebut mengklaim bahwa pakaiannya dapat mengurangi bagian perut buncit hingga 7-13 cm.


2. Pemakaian Korset


Korset merupakan salah satu jenis pakaian yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan sebagai alat untuk mengurangi perut buncit. Korset tidak secara langsung dapat membakar lemak dalam perut. Tetapi, karena korset dapat mengencangkan perut maka ruang untuk makan berlebihan akan semakin berkurang.

Tetapi yang perlu diperhatikan, tidak diperkenankan memakai korset terlalu sering dan terlalu ketat yang akan berakibat pada penekanan organ dan memberikan efek ngilu hati.


Tips Cara Menghilangkan Lemak di Perut



1. Berolahraga di Pagi Hari


Melakukan olahraga di pagi hari dapat memberikan manfaat untuk mengontrol nafsu makan dan membantu mengurangi lemak di perut dengan baik.


2. Belilah Pakaian Normal Size


Untuk pakaian pengontrol perut sebaiknya memlei ukuran normal size karena beberapa waktu setelah dipakai akan terasa lebih kecil.


3. Membeli Produk atau Alat di Tempat Terpercaya


Untuk kesehatan tubuh yang mahal harganya perlu berhati-hati dalam setiap langkah yang diambil. Termasuk pembelian produk atau alat. Perlu survei ke beberapa tempat demi sebuah keamanan dan kenyamanan alat atau produk yang dikenakan.

Survei dapat dilakukan di beberapa media dengan kecanggihan teknologi, atau bertanya ke beberapa kolega yang sudah berpengalaman. Tempat atau toko yang dipilih pun harus dengan staf yangmnegetahui dengan  baik jenis dan seluk-beluk alat atau produk tersebut. Dengan demikian, alat atau produk yang Anda kenakan benar-benar berasal dari sumber dan tempat terpercaya.


4. Konsultasi dengan Dokter


Konsultasi dengan dokter ahli sebelum melakukan perawatan dan usaha untuk mengencangkan dan menghilangkan lemak dalam perut juga bisa dilakukan untuk mencapai hasil yang aman dan  maksimal. Atau jika sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengurangi lemak di perut namun tak kunjung memberikan hasil. Sebaiknya, konsultasi dengan dokter menjadi solusi terbaik.