Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami


Jika anda mendapati kutu dalam rambut anda tentu anda akan merasa panik dan bingung karena rasa gatal dan panas yang anda rasakan pada kepala anda. Apalagi keberadaan kutu rambut di zaman yang sudah serba modern ini memang dianggap sebagai suatu hal yang memalukan bagi seseorang. Untuk itu kami akan memberikan tips cara menghilangkan kutu rambut yang dapat anda coba di rumah.


Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami


Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang membandel. Lalu apa saja bahan-baham tersebut? Berikut akan kami jelaskan satu per satu.


1. Air Beras

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan air beras

Siapa yang menyangka bahwa air beras memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah untuk membasmi kutu rambut? Jika biasanya anda membuang air cucian beras anda, kali ini mungkin anda akan berpikir untuk menggunakannya jika anda memiliki kutu yang bersarang di rambut anda.

Cara ini sangat mudah, pertama anda hanya perlu merendam beras dalam air selama kurang lebih 1 malam. Jika sudah mendapatkan air rendamannya, bersihkan area kepala anda dengan air bersih (bisa menggunakan shampoo) lalu keringkan tetapi tidak perlu benar-benar kering. Setelah rambut anda bersih, keramaslah kembali dengan menggunakan air rendaman beras tadi.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam anda boleh menutupnya dengan kain atau handuk. Kemudian anda dapat membilasnya kembali menggunakan air bersih (boleh anda tambahkan shampoo dan kondisioner). Anda dapat melakukannya secara rutin setiap 2 hari sekali sampai kutu di rambut anda benar-benar hilang.


2. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan jeruk nipis

Manfaat jeruk nipis tidak hanya untuk dikonsumsi saja. Buah yang mudah ditemui ini juga dapat anda gunakan untuk membasmi kutu rambut. Kandungan alami dari jeruk nipis yaitu asam yang tinggi sangat baik untuk membasmi kutu rambut beserta telurnya secara tuntas. Berikut cara yang dapat anda lakukan:

Pertama, ambil 3 buah jeruk nipis dan belah menjadi 2 bagian. Kemudia peras jeruk nipis dan tambahkan minyak zaitun, minyak kelapa atau lidah buaya dalam perasannya. Sebelum diaplikasikan dalam rambut, anda perlu membersihkan rambut anda terlebih dahulu agar terbebas dari debu dan kotoran.

Setelah itu, oleskan perasan jeruk nipis dan campurannya tersebut secara rata pada tiap helaian rambut hingga kulit kepala anda. Diamkan beberapa saat sambil lakukan pijatan pada kepala anda. Setelah didiamkan, bilas kepala anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Cara ini dapat anda lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.


3. Bawang Merah

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan bawang merah

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan menjadi solusi untuk membasmi kutu rambut. Jika anda berniat untuk menggunakan bawang merah, pastikan terlebih dahulu kulit kepala anda tidak ada luka. Hal ini dikarenakan bawang merah dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan rasa perih pada luka tersebut.

Cara membasmi kutu dengan bawang merah cukup mudah, yaitu:

a. Ambil 3 atau 4 siung bawang merah (sesuai kebutuhan) lalu cuci hingga bersih.
b. Haluskan bawang merah.
c. Oleskan pada kulit kepala secara merata.
d. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sambil lakukan pijatan kepala anda.
e. Setelah didiamkan, bilas kepala anda dan keramaslah dengan menggunakan shampoo.

Cara ini dapat anda lakukan beberapa hari sekali hingga kutu rambut anda menghilang.


4. Daun Sirih

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan daun sirih

Daun sirih memang merupakan daun yang dikenal memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat dari daun sirih adalah untuk membasmi kutu rambut. Terdapat dua cara untuk menggunakan daun sirih sebagai pembasmi kutu rambut.

Cara yang pertama adalah dengan direbus. Untuk menggunakan cara ini yang perlu dilakukan adalah: Ambil beberapa helai daun sirih sesuai kebutuhan, bersihkan dan kemudian rebuslah di atas kompor hingga air mendidih. Setelah itu, dinginkan air rebusan hingga benar-benar dingin. Jika sudah dingin, aplikasikan pada kulit kepala dan rambut anda. Diamkan selama beberapa menit dan tutup kepala dengan kain. Setelah itu, bilas rambut anda dengan air bersih.


Baca Juga : Cara Diet Ocd Yg Benar Dan Berhasil


Cara yang kedua adalah dengan dihaluskan. Untuk menggunakan cara ini hal yang perlu dilakukan adalah: Ambil beberapa helai daun sirih sesuai kebutuhan, bersihkan dan kemudian haluskan hingga halus. Anda dapat menambahkan beberapa bahan lain seperti minyak kelapa dan minyak zaitun sebagai bahan campuran. Setelah itu, aplikasikan dalan kulit kepala dan tiap helaian rambut anda.
Diamkan beberapa menit sambil lakukan pijatan pada kepala anda. Jika sudah, bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

Sebelum diaplikan pada kepala, bersihkan terlebih dahulu kulit kepala dan rambut anda dengan menggunakan air bersih agar terhindar dari debu dan kotoran. Cara ini dapat anda lakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasill yang optimal.


5. Garam

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan garam

Kulit kepala yang berminyak merupakan tempat tinggal yang sangat menyenangkan bagi kutu rambut. Kutu rambut akan sangat betah tinggal di kepala anda dan memudahkannya untuk berkembang biak dan menjadikan kepala anda sebagai sarang. Anda tidak perlu khawatir, anda dapat menggunakan garam sebagai solusinya.

Bahan penyedap rasa pada masakan anda ini dapat anda gunakan untuk membasmi kutu rambut karena garam memiliki sifat menyerap minyak yang ada pada kepala anda. Dengan menggunakan garam anda dapat melakukannya dalam 2 cara yaitu:


a. Meenggunakan Garam dan Air


Cara ini terbilang sangat mudah. Langkah-langkahnya yaitu: Pertama siapkan garam kurang lebih 2 sendok teh (secukupnya) dan air bersih. Campurkan garam dan air bersih dan aduk hingga rata. Basahi rambut anda dengan campuran air garam ini dan berikan pijatan.

Diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bersihman kulit kepala dan rambut anda dengan menggunakan air bersih. Keringkan rambut anda. Cara ini dapat anda lakukan minil 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.


b. Menggunakan Garam dan Campuran Bawang Merah


Bawang merah dan garam dapat menjadi campuran yang efektif untuk mengatasi kutu rambut anda. Bawang merah dan garam dapat mengurangi minyak dan ketombe yang dapat membuat kutu betah tinggal di kepala anda.

Cara yang dapat dilakukan dengan campuran ini adalah: Ambil beberapa siung bawang merah sesuai kebutuhan dan cuci hingga bersih. Haluskan bawang merah dengan cara diparut. Campurkan bawang merah tersebut dengan garam dan sedikit air. Aduk hingga tercampur rata.

Kemudian segera aplikasikan campuran bawang merah dan garam tersebut pada kepala dan rambut anda. Diamkan beberapa menit sambil lakukan pijatan. Jika sudah bilas kepala anda dan keramaslah menggunakan shampoo. Cara ini dapat dilakukan secara rutin untuk hasil yang lebih baik.


Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Menggunakan Produk


Beberapa produk juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut secara tuntas. Apa saja produk-produk tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:


1. Obat


Obat-obatan memang terbukti ampuh dapat menghilangkan kutu rambut secara tepat. Di sini kami akan merekomendasikan obat-obatan yang aman digunakan bagi anda yang ingin membasmi kutu rambut. Obat-obatan tersebut yaitu:


a. Peditox


Peditox adalah obat dari PT. Combiphar yang memiliki kandungan bahan aktif berupa Hexachlorocyclohexane 0,5%. Peditox sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara mendapatkannya pun sangat mudah. Anda bisa membelinya secara bebas di apotek. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Pertama, gunakanlah sarung tangan. Kedua, tuangkan obat peditox sesuai kebutuhan pada tangan anda. Ketiga, usapkanlah obat peditox pada helaian rambut anda hingga ke kulit kepala secara merata.

Keempat, pijat kepala anda dan tutuplah dengan menggunakan kain atau shower cap. Kelima, diamkan selama kurang lebih semalam. Jika sudah, bilaslah dengan air bersih dan keramaslah dengan menggunakan shampoo. Anda dapat mengulanginya beberapa kali sebelum anda keramas hingga kutu rambut anda benar-benar hilang.

Namun, peditox dapat memberikan berbagai efek samping. Efek samping obat ini adalah dapat memberikan sensasi panas dan kulit seperti terbakar jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Selain itu, peditox juga memiliki bau yang menyengat jadi anda mungkin bisa merasa terganggu jika tidak suka dengan bau-bau yang menyengat.


b. Tumoklin


Obat tumoklin merupakan obat yang menggunakan bahan herbal sehingga lebih aman digunakan. Kemasannya sangat praktis dan ekonomis. Tetapi, anda belum bisa mendapatkan secara bebas di toko ataupun apotek. Anda dapat mendapatkannya melalui toko online yang menjual obat kutu herbal.

Harga obat ini juga terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih 25 ribu saja untuk satu botolnya. Lalu bagaimana penggunaannya? Berbeda dengan obat peditox, kemasan obat tumoklin dirancang dalam botol spray sehingga akan lebih mudah digunakan.

Anda dapat menyemprotkan obat tumoklin pada area kepala anda. Usahakan penyemprotan dilakukan secara merata pada helaian rambut dan kulit kepala anda. Lalu diamkan beberapa saat agar obat bekerja. Setelah itu, bilas rambut dan keramaslah dengan menggunakan shampoo. Gunakan secara rutin beberapa kali dalam satu minggu hingga kutu rambut anda benar-benar hilang.


c. Obat Anti Kutu Mutiara


Obat anti kutu mutiara merupakan salah satu produk herbal asli Indonesia. Seperti obat tumoklin, anda dapat mendapatkan obat anti kutu mutiara ini di toko online. Harganya tidak jauh berbeda dengan obat tumoklin. Anda dapat mendapatkannya dengan harga kurang lebih 27 ribu rupiah saja.

Penggunaan obat anti kutu mutiara cukup mudah, yaitu: campurkanlah 1 kaplet obat anti kutu mutiara dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil hingga merata. Usapkanlah pada area kepala hingga helaian rambut secara keseluruhan sambil lakukan pijatan.

Tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Diamkan obat anti kutu mutiara di kepala anda selama kurang lebih semalaman. Lalu keramaslah dengan menggunakan shampoo. Anda dapat menggunakannya secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.


d. Tumbonan


Tumbonan juga merupakan salah satu bentuk produk herbal untuk membasmi kutu rambut. Obat ini
terbuat dari kandungan bahan aktif daun dan kulit batang tumbuhan Pipturus incanus. Tumbuhan ini mengandung senyawa sapinin, tanin, dan flavonoid yang dapat membunuh kutu rambut. Kemasan obat ini adalah botol spray dengan isi 25 cc.

Anda dapat mendapatkannya dalam toko online dengan harga cukup terjangkau yaitu kurang lebih 26 ribu. Obat tumbonan ini aman digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Efek sampingnya juga sangat minimal, obat ini tidak menyebabkan ketombe dan iritasi bagi banyak orang.

Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu: Semprotkanlah obat tumbonan secara merata pada tiap helaian rambut. Diamkan selama beberapa menit dan biarkan obat ini bekerja. Anda dapat menggunakan kain atau shower cap untuk menutup kepala anda. Lalu segera keramaslah dengan shampoo agar rambut anda tidak kaku.


e. Ketomed


Ketomed juga merupakan obat pembasmi kutu. Obat ini dapat dengan mudah didapatkan di apotek. Obat ini berbentuk gel yang mengandung ketoconazole 2 %. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu: Oleskan ketomed gel setelah keramas pada area kepala dan helaian rambut anda secara merata.
 Anda juga dapat mengoleskan ketomed gel sebelum tidur. Penggunaan maksimal ketomed gel adalah 2 kali sehari. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.


2. Shampoo


Shampoo juga dapat digunakan untuk membasmi kutu. Beberapa jenis shampoo tersebut adalah:


a. Shampoo Kutu Anti Lice


Shanpoo ini mengandung bahan yang tidak berbahaya sehingga aman digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Anda dapat mendapatkannya dengan harga kurang lebih 50 ribu rupiah di toko online. Penggunaannya juga sangat mudah yaitu: Basahi rambut seperti biasa saat keramas, gunakan shampoo kutu anti lice kemudia diamkan beberapa menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.


b. Ketomed


Selain bentuk gel, produk ketomed juga tersedia dalam bentuk shampoo. Kandungannya sama dengan ketomed gel yaitu ketoconazole 2 %. Anda dapat menggunakan produk ini sebelum menggunakan produk ketomed gel agar hasilnya lebih maksimal.


c. Nizoral


Nizoral shampoo memiliki 2 varian yaitu Nizoral 1 % yang mengandung ketoconazole 1 % dan Nizoral 2 % yang mengandung ketoconazole 2 %. Cara menggunakannya sama seperti shampoo kutu anti lice. Shampoo ini disarankan digunakan 2 sampai 3 kali seminggu tetapi tidak boleh digunakan selama 4 minggu berturut-turut karena dapat memberikan efek samping iritasi ringan pada kulit.


Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Alat


Cara menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan menggunakan sisir kutu nitwits 3 in 1. Sisir ini sangat kami rekomendasikan karena sangat aman digunakan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sisir nitwits 3 in 1 memiliki kerapatan gigi yang tepat. Selain itu, sisir nitwits juga mengandung mangdit untuk membasmi kutu rambut. Caranya sangat mudah, yaitu: Sampirkan handuk kecil di bahu anda.

Gunakanlah penerangan yang terang. Mulailah menyisir dengan sedikit menundukkan kepala anda ke dasar tempat area kutu akan dikumpulkan. Sisir secara merata di kepala anda terutama di area kutu biasa bersarang yaitu di belakang telinga dan tengkuk. Ketika menyisir dengan tangan kanan, tangan kiri anda tetap mengikuti arah sisir agar kutu tidak terbang ke tempat lain.


Tips Cara Menghilangkan Kutu Rambut


Berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai cara menghilangkan kutu rambut, yaitu:

1. Jaga kebersihan rambut dan kepala anda.

2. Jangan biarkan rambut dan kepala anda berminyak karena kutu akan betah pada area yang lembab.

3. Keramaslah secara teratur.

4. Gunakan produk-produk yang aman digunakan. Jangan menggunakan produk yang mengandung
bahan pestisida karena dapat merusak rambut dan kulit kepala anda.

5. Gunakan produk pembasmi kutu secara teratur sampai kutu benar-benar habis.

6. Usahakan gunakan barang-barang seperti handuk, sisir, atau jilbab secara pribadi. Hal ini dikarenakan penularan kutu rambut sangat cepat pada orang lain.