Skip to main content

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami


Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Jerawat adalah masalah kulit yang sering muncul apalagi bagi remaja yang memasuki masa pubertas. Jerawat dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon reproduksi dalam tubuh. Remaja sering kali mengalami masalah munculnya jerawat batu yang sulit hilang.

Bahkan ketika sudah hilang, bekas jerawat tersebut masih tetap tertinggal di wajah. Artikel ini akan membantu anda yang kesulitan mencari cara menghilangkan jerawat batu.


Cara menghilangkan jerawat batu secara alami


Penggunaan bahan-bahan alami di sekitar kita terkadang memang memiliki beragam manfaat yang tidak kita sadari sebelumnya. Bahan-bahan alami tersebut sudah dipastikan aman digunakan. Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu:


1. Jeruk nipis

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dengan jeruk nipis

Jeruk nipis dapat membantu anda untuk menghilangkan jerawat batu. Cara penggunaan jeruk nipis sebagai obat jerawat batu sangat mudah yaitu:

Siapkan 1 buah jeruk nipis dan potong menjadi 2 bagian.

Silahkan anda peras jeruk nipis tersebut kemudian ambil airnya dan silahkan anda bersihkan area wajah anda dengan menggunakan sabun cuci muka atau facial foam untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah.

Jika sudah dipastikan bersih, oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah anda yang berjerawat dan kemudian silahkan anda diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk.

Untuk menggunakan jeruk nipis, anda harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi kulit anda, jika anda memiliki luka di wajah sebaiknya hindari penggunaan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis yang tinggi dapat memberikan sensasi perih dan panas di kulit anda. Sehingga jika anda tetap menggunakannya ketika kulit anda terluka maka kulit anda justru akan meradang.


2. Lidah buaya

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dengan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh dan mudah anda dapatkan di lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Anda bahkan dapat menanamnys sendiri dengan mudah.

Tahukah anda bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat yang membandel? Ya, lidah buaya mengandung suatu hormon pada tumbuhan yaitu hormon giberalin dan polisakarida yang dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat batu.

Penggunaan lidah buaya dipastikan aman bahkan biasanya lidah buaya ini cocok bagi semua jenis kulit. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu:

Ambil 1 atau 2 tangkai daun lidah buaya dan cuci sampai bersih.

Potong bagian samping lidah buaya yang memiliki duri.

Potong juga daun menjadi 2 bagian agar dengan mudah diambil gelnya.

Bagian atas dari tanaman ini juga dapat dipotong untuk menambah kemudahan mengambil kandungan gelnya.

Sebelum dioleskan pada wajah, pastikan terlebih dahulu wajah anda sudah benar- benar bersih.

Setelah bersih, oleskan gel lidah buaya pada area jerawat secara tipis merata. Diamkan sekitar 5 menit.

Kemudian bilas dengan air dingin.


3. Es batu


Siapa sangka es batu dapat membantu anda membasmi jerawat? Es batu memiliki fungsi menetralkan kulit dan sensasi dinginnya dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan di kulit. Cara menggunakan es batu sebagai pembasmi jerawat adalah sebagai berikut:

Pastikan es batu dibuat dengan air yang bersih.

Bersihkan wajah dari debu dan kotoran dan keringkan menggunakan handuk.

Bungkus es batu dengan menggunakan kain tipis (es batu harus dibungkus agar sensor kulit anda tidak terganggu karena dinginnya).

Usapkan dan diamkan pada area yang berjerawat selama beberapa detik.

Ulangi cara tersebut hingga beberapa kali. Lakukan hal ini secara rutin sampai jerawat batu anda mengempis.


4. Lemon


Lemon mengandung asam askorbat L untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah. Lemon juga memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan mencerahkan wajah anda. Penggunaan lemon untuk membasmi jerawat batu hampir sama dengan jeruk nipis yaitu:

Siapkan 1 buah lemon kemudian belah menjadi 2 bagian.

Peraslah lemon dan ambil airnya. Sebelum digunakan, bersihkan wajah anda terlebuh dahulu untuk mengangkat debu dan kotoran di wajah.

Setelah itu, aplikasikan air perasan lemon ke area yang berjerawat.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air dingin.

Untuk hasil yang maksimal gunakan cara ini secara rutin 1 kali sehari.

Penggunaan lemon tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif dan terdapat luka di kulit karena akan memberikan sensasi panas dan perih.


5. Putih telur


Putih telur memiliki kandungan lisozym yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak pada kulit.

Penggunaan putih telur sangat mudah. Pertama siapkan putih telur dari cangkang telur. Kocok putih telur sampai mengembang dan campurkan perasan jeruk nipis agar tidak terlalu amis. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dari kotoran. Kemudian aplikasikan putih telur dengan cara mengoleskannya ke area berjerawat. Diamkan hingga beberaps saat. Setelah itu, bilas dengan menggubakan air.



Baca Juga : Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami


6. Soda kue


Soda kue bukan hanya digunakan untuk bahan pengembang roti saja, tetapi juga dapat memiliki fungsi ampuh untuk membasmi jerawat dan bekasnya. Cara penggunaannya sangatlah mudah, yaitu:

ambil soda kue secukupnya dan campurkan dengan air hangat, aduklah sampai rata dan membentuk masker.

Sebelum diaplikasikan pada wajah, bersihkan wajah anda terlebih dahulu dan keringkan.

Oleskan soda kue ke bagian wajah yang berjerawat.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Penggunaan soda kue sebaiknya dilakukan setidaknya 3 kali dalam satu minggu.

Anda harus mengetahui bahwa soda kue yang digunakan bukan yang dijual bebas di pasaran atau mini market. Tetapi soda kue yang dijual dalam bentuk kiloan, kemasan karung dan masih alami.


7. Air hangat


Air hangat juga dapat membantu anda menghilangkan jerawat batu karena dapat membuka pori-pori wajah. Cara pemggunaannya sangat mudah yaitu: ambil air hangat kuku secukupnya. Basuhlah wajah anda dengan air hangat tersebut. Selanjutnya basuhlah wajah anda dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kembali. Sebenarnya air hangat tidak dapat membasmi jerawat secara langsung tetapi dapat membantu sirkulasi udara pada kulit anda.


8. Air beras


Apakah anda selalu membuang air bekas cucian beras? Mulai sekarang jangan anda buang air cucian beras tersebut. Air beras memiliki fungsi yang ajaib untuk menghilangkan jerawat. Kandungan air beras yaitu vitamin B1, vitamin E, vitamin C, dan oryzanol memiliki fungsi untuk mengobati peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membersihkan wajah dari produksi minyak berlebih. Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu:

siapkan beras secukupnya dan cuci sebentar untuk menghilangkan kotoran.

Letakkan dalam wadah dan beri air secukupnya. Aduklah beras dengan air tersebut.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar nutrrisinya masuk dalam air kemudian tiriskan dan ambil airnya.

Sebelum digunakan di wajah, bersihkan wajah dari kotoran terlebih dahulu.

Setelah bersih, siramkan air beras pada wajah terutama bagian yang berjerawat.

Diamkan beberapa saat sampai air beras tersebut kering di wajah anda.

Kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih.


9. Kentang


Kentang merupakan bahan alami berupa jenis umbi umbian yang sangat mudah ditemukan sebagai bahan makanan. Ternyata kentang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel pada wajah.

Penggunaan kentang sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong kentang menjadi lapisan tipis. Kemudian kentang ditempelkan pada ajah yang berjerawat sekitar 10 menit. Kemudian cuci wajah anda dengan menggunakan air dingin. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukannya secara rutin ketika wajah anda berjerawat.


10. Bawang putih


Bawang putih merupakan bumbu dapur yang memiliki sejuta manfaat selain sebagai bumbu untuk masakan. Bawang putih memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi yang depat berfungsi untuk menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Bawang putih juga mengandung anti bakteri yang dapat membunuh dan mencegah munculnya jerawat.

Namun, jika anda menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan jerawat, sebaiknya anda berhati hati dalam menggunakannya. Karena sebagian orang dengan kulit yang sensitif dapat merasakan panas seperti luka bakar saat penggunaannya. Sebaiknya kenali terlebih dahulu apakah bawang putih cocok dengan kulit anda atau tidak.



Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Menggunakan Produk


Pada beberapa jenis kulit terkadang jerawat cukup sulit untuk  hilang. Bahkan semakin lama dapat terlihat semakin besar dan mengganggu penampilan. Sehingga tidak dapat ditutupi dengan menggunakan make up lagi. Pada  kasus jerawat jenis ini, biasanya pengobatan degan bahan-bahan alami sudah tidak cukup efektif. Sehingga banyak orang menggunakan produk khusus jerawat untuk mengobatinya.

Beberapa produk memiliki kandungan khusus yang secara efektif dapat menghilangkan jerawat membandel sekalipun. Berikut ini beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai mecam jenis jerawat yang mungkin terjadi di wajah anda:


1. Bioaqua Acne Rejuvenation Cream


Bioaqua Acne Rejuvenation Cream adalah sebuah produk dalam bentuk krim yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat membandel pada wajah. Produk ini memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp.55.000,- hingga Rp.65.000,-. Namun, meskipun memiliki harga yang terjangkau kualitasnya sudah terbukti cukup baik.

Krim ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah diserap oleh kulit. Sehingga ketika digunakan tidak akan meninggalkan kesan lengket. Kulit berjerawat yang sudah diberikan produk ini akan segera mengering dan kemudian hilang. Produk ini tidak hanya dapat berfungsi sebagai penghilang jerawat, tetapi juga berfungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit.


2. Mineral Botanica Acne Care Night Cream 


Mineral Botanica Acne Care Night Cream merupakan sebuah produk terpercaya yang dapat membantu memberikan perawatan maksimal terhadap kulit berjerawat. Krim ini dibuat secara khusus dengan bahan-bahan terbaik yang dapat mengurangi masalah jerawat di wajah dan kandungan minyak yang berlebih.

Produk ini dikenal mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat dan memberikan nutrisi kulit dengan baik. Sehingga kulit akan kembali sehat dan terawat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya digunakan setiap malam sebelum tidur. Untuk mendapatkan produk ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 70.000,-.


3. Immortal Moisturizing Crea Acne 


Immortal Moisturizing Cream Acne merupakan sebuah produk perawatan berupa krim yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Berdasarkan testimoni, diketahui bahwa krim ini cukup ampuh dan cepat dalam proses penyembuhan jerawat yang memerah pada kulit wajah.

Kandungan yang terdapat di dalam produk ini telah di formulasikan secara khusus berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Selain itu, produk ini dapat membuat kulit wajah menjadi bersih dan halus serta mencegah timbulnya jerawat pada wajah jika digunakan secara rutin. Anda dapat membeli produk ini seharga Rp. 50.000,-.


4. Garnier Pure Active Acne Care  Whitening Cream


Garnier Pure Active Acne Care Whitening Cream merupakan produk yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan aman dan harga yang terjangkau. Produk ini akan dapat anda dapaatkan secara mudah pada supermarket-supermarket terdekat di sekitar anda.

Produk ini tidak hanya terbukti mampu menghilangkan jerawat, tetapi juga mampu mengatas komedo, minyak berlebih, wajah kusam dan lain sebagainya. Selain itu, produk ini mengandung UVA dan UVB yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sehingga ini merupakan produk yang cukup direkomendasikan untuk anda yang berjerawat.



Tips Cara Menghilangkan Jerawat Batu



Jerawat biasanya timbul karena berbagai macam faktor, baik dari dalam diri sendiri maupun karena kebiasaan yang tidak sehat. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips cara menghilangkan jerawat batu dan mencegahnya agar tidak muncul kembali adalah sebagai berikut:


1. Tidak rajin mencuci wajah


Pada sebagian besar orang mengalami kondisi berjerawat kebiasaan yang tidak sehat seperti jarang mencuci wajah. Padahal setiap aktivitas yang dilakukan, khususnya ketika melakukan aktivitas di luar ruangan akan membuat kulit wajah kotor. Kondisi wajah yang kotor akan memicu munculnya bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Sehingga sebaiknya anda rajin mencuci wajah ketika telah selesai melaksanakan berbagai macam aktivitas. Sebaiknya ketika mencuci wajah, anda juga menggunakan sabun cuci wajah agar seluruh kotoran dapat terangkat secara sempurna. Sehingga wajah akan kembali bersih dan terhindarkan dari bakteri penyebab jerawat.


2. Jarang mencuci sprei dann sarung bantal


Kebiasaan buruk seperti jarang mencuci sprei dan sarung bantal juga dapat berakibat munculnya jerawat. Hal ini karena sprei dan sarung bantal yang lama tidak dicuci akan menjadi sarang bakteri-bakteri. Sehingga ketika anda tidur, maka seluruh bakteri akan menempel pada wajah anda dan memicu munculnya jerawat.


3. Kebiasaan memencet jerawat


Sebagian besar orang pasti merasa risih ketika sedang berjerawat. Sehingga secara tidak sadar seringkali anda berusaha untuk memencet jerawat untuk menghilangkannya. Seringkali bukan jerawat hilang, malah semakin parah.

Beberapa yang menyebabkan jerawat semakin parah adalah karena biasanya ketika anda memencet jerawat, anda tidak sadar jika tangan anda kotor. selain itu kebiasaan memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori penyebab jerawat semakin dalam. Sehingga jerawat akan meradang dan membesar menjadi jerawat batu yang kemudian akan sulit disembuhkan serta seringkali meninggalkan bekas jerawat.


4. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat


Makanan tidak sehat dapat memicu munculnya jerawat. Khususnya pada makanan-makanan yang mengadung kadar lemak tinggi. Hal ini karena makanan yang mengandung kadar lemak tinggi akan dapat memicu produksi sebum yang berlebihan pada wajah. Sebum pada wajah akan dapat menimbulkan jerawat karena dapat menyumbat pori-pori wajah.

Seain itu makan-makanan pedas juga akan dapat memicu munculnya jerwat, hal ini karena makanan pedas akan dapat memicu terjadinya detoksifikasi pada kulit. Namun, jika terjadinya detoksifikasi terjadi pada saat kondisi wajah kotor dan banyak mengandung sebum, maka akan menyebabkan terjadinya jerawat. Karena racun yang terdapat dibalik kulit akan tersumbat saat akan dikeluarkan.