Skip to main content

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Alami Dan Cepat


Apa yang lebih buruk daripada bekas jerawat di wajah? Bekas luka jerawat sedikit lebih keras dan bisa bertahan di wajah antara satu bulan, tiga bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Pasti Anda tidak menginginkan adanya bekas jerawat di wajah bukan? Artikel ini akan mengulas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan alami.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Alami Dan Cepat



Kebanyakan orang berpikir bahwa produk kecantikan yang dijual bebas adalah cara terbaik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Padahal produk kecantikan yang dijual bebas biasanya mengandung bahan kimia berbahaya dan racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.


Apa itu bekas luka jerawat?


Bekas jerawat biasanya terjadi pada akhir peradangan kulit atau jerawat. Bekas luka ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang meradang dengan minyak berlebih, sel kulit mati dan bakteri. Pori-pori yang membengkak menyebabkan dinding folikel. Jerawat yang terinfeksi kemudian menghancurkan jaringan kulit padat dan menjadi bekas luka di kulit.

Perawatan jerawat terbaik idealnya hanya menggunakan bahan alami, yang tidak memiliki bahan kimia, racun atau kontaminan. Bahan-bahan alami sering memiliki sifat anti-inflamasi atau antibakteri yang kuat. Sayangnya, bahan alami dan pengobatan tidak selalu nyaman, jadi jika Anda harus, menggunakan produk jerawat yang dibuat dengan bahan alami, Anda harus bisa menahan perih.

Bahan alami akan membantu Anda untuk membasmi bekas jerawat di wajah Anda secara bertahap. Diperlukan waktu yang cukup lama menggunakan bahan alami untuk bisa membantu Anda menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen.


Tips Alami Menghilangkan Bekas Jerawat


Jadi sekarang Anda telah mengerti apa itu bekas luka jerawat dan penyebabnya; berikut adalah beberapa cara pengobatan alami untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat:


1. Aloe Vera

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan aloe vera

Gel aloe vera atau lidah buaya segar adalah sumber vitamin yang ampuh dan dapat membantu menyembuhkan kulit dan memudarkan bekas luka termasuk jerawat. Aloe vera yang lembut membuat Anda tidak perlu khawatir tentang kulit yang merusak atau menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Aloe vera adalah pelembab alami yang luar biasa manfaatnya untuk wajah dan rambut karena kandungan vitaminnya akan membuat kulit Anda terlihat lebih halus dan terasa lebih lembut sertasehat. Anda bisa menemukan gel aloe vera yang sudah diekstrak menjadi produk kecantikan di setiap mall, toko obat, apotek atau toko online.

Namun, mencoba aloe vera atau tanaman lidah buaya asli jauh lebih baik. Tanaman lidah buaya mudah ditemukan dan hampir tidak memerlukan perawatan untuk tumbuh bahkan tanpa menggunakan pupuk kimia atau pestisida.

Jika Anda memilih untuk menggunakan lidah buaya segar untuk memerangi bekas jerawat Anda, potong saja sepotong daun lidah buaya. Kupas daging bagian luar untuk mengeluarkan gelnya dan pijat dengan lembut ke kulit Anda.  Untuk hasil terbaik, biarkan gel Anda meresap di kulit Anda setidaknya 30  menit sebelum Anda membilas wajah Anda.


2. Baking Soda

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat selain digunakan untuk membuat bahan makanan berupa kue. Baking soda memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan bekas luka dan jerawat. Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang dengan lembut mengelupaskan bekas jerawat dan luka kulit saat digunakan sebagai pembersih scrub.

Anda cukup mencampurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya untuk membentuk pasta tebal lalu pijat ke kulit di mana bekas luka ada di wajah. Setelah Anda oleskan ke wajah, maka Anda harus meninggalkan masker baking soda tersebut selama satu atau dua menit.

Hal  ini perlu Anda lakukan agar kandungan dalam baking soda bisa membersihkan pori-pori dan membantu mencegah bekas luka lebih lanjut. Setelah beberapa menit, basuh wajah Anda dengan air hangat dan gunakan pelembab alami yang bagus seperti biji mawar, jojoba, kelapa, atau minyak zaitun. Lakukan tretament ini setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.


3. Minyak Kelapa


Minyak kelapa sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat karena mengandung pelembab alami yang bisa menyembuhkan bekas noda luka dan juga jerawat. Tuangkan sekitar ¼ sendok teh minyak kelapa organik ke telapak tangan Anda dan biarkan meleleh oleh suhu tubuh Anda.

Setelah meleleh, gunakan ujung jari Anda untuk memijat minyak kelapa langsung ke kulit bekas luka dan biarkan meresap. Tidak perlu membilas minyak kelapa dari wajah Anda karena vitamin dan asam lemak esensial akan terus bekerja dan meningkatkan kesehatan kulit selama Anda memakainya.

Namun, jika minyak kelapa ini terlalu berat Anda gunakan selama melakukan aktivitas dan Anda tidak nyaman, maka biarkan masker minyak kelapa ini menempel di wajah Anda setidaknya 30 menit sebelum Anda menghapus dengan pembersih atau membilasnya.


4. Mentimun

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Mentimun

Mentimun merupakan bahan yang populer untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Sayuran ini tidak hanya bagus untuk menghidrasi wajah, tapi mentimun juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Semua kandungan ini sangat bagus untuk perawatan kulit Anda.

Nah, cara menggunakan mentimun untuk menyembuhkan bekas jerawat hanya mengambil mentimun dan potong beberapa irisan tipis kemudian letakkan di atas kulit bekas luka Anda. Biarkan mentimun menempel di wajah Anda sekitar 30 menit setelah itu buang irisan mentimun dan bilas wajah Anda dengan air dingin. Ulangi setiap hari sesuai keinginan Anda.


5. Madu 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Madu

Pelembab alami lainnya yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka dan jerawat adalah madu. Namun madu yang terbaik untuk kulit wajah adalah menggunakan madu mentah atau bukan jenis madu olahan yang ditemukan di rak-rak toko kelontong.


Baca Juga : 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia


Untuk mendapatkan kualitas terbaik, cobalah untuk mencari madu asli dan setelah Anda mendapatkannya cukup pijat sedikit madu di atas bekas luka Anda dan biarkan selama 30 menit. Anda juga dapat mencampurkan sekitar satu sendok teh bubuk kayu manis per dua sendok makan madu untuk menambah khasiat madu.  Gunakan perawatan ini sesering dan selama yang Anda suka.


6. Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan lemon

Lemon mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) alami yang dapat digunakan untuk memudar bekas luka dan merevitalisasi kulit. Cukup peras jus dari satu lemon ke dalam mangkuk kecil dan oleskan ke wajah Anda.

Anda dapat menggunakan perawatan ini dengan lemon murni atau dicampur dengan air jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Oleskan perasan lemon ke bekas luka dengan kapas dan biarkan benar-benar kering. Kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin dan lanjutkan dengan pelembab alami.

Ulangi perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali.  Perasan lemon akan membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi UV, jadi sebaiknya hindari sinar matahari langsung untuk sementara setelah menggunakan perawatan ini.


7. Kentang

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan kentang

Kentang kaya akan vitamin dan mineral dan sangat bagus untuk kesehatan kulit dan penyembuhan bekas luka dan jerawat. Gunakan kentang segar untuk menghilangkan bekas luka dan jerawat dengan memotong beberapa kentang menjadi tipis dan tempelkan ke daerah wajah yang terkena luka. S

Sebagai alternatif, Anda dapat memotong irisan lebih tebal dan menjadikan jus dengan memijat jus kentang ini di atas bekas luka. Untuk hasil terbaik, biarkan jus kentang menempel di kulit Anda setidaknya selama 15 menit sebelum Anda bilas dengan air hangat. Anda dapat melakukannya 1 kali setiap hari secara rutin.


8. Rose Hip Seed Oil


Minyak biji mawar hip bisa digunakan untuk membuat kulit sehat dengan alami. Minyak biji mawar hip sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka dan jerawat di wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ini ke wajah Anda 1 atau 2 kali setiap hari.

Minyak biji mawar hip memiliki kandungan asam lemak esensial dan asam trans-retinoat serta vitamin A yang sangat ampuh menyembuhkan bekas luka lebih cepat.


9. Gula Tebu


Untuk cara yang lebih terapeutik menyembuhkan bekas jerawat, buatlah sendiri masker dengan bahan gula buatan sendiri. Gula tebu mengandung asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang efektif menghilangkan kulit mati bekas jerawat dan meningkatkan regenerasi sel.

Cara menggunakan gula tebu sebagai masker adalah cukup mencampurkan gula tebu dengan minyak zaitun murni kemudian tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Pastikan masker dari 3 bahan tersebut tidak terlalu berair.

Oleskan scrub gula ke bekas luka Anda dan lakukan sekitar 1-2  setiap dua atau tiga hari. Biarkan masker menempel sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih.


10. Vitamin E


Cara termudah menggunakan vitamin E untuk menyembuhkan bekas luka dan jerawat adalah dengan menusuk ujung kapsul gel vitamin E dan memeras isinya ke ujung jari Anda. Oleskan minyak vitamin E tersebut langsung ke kulit bekas luka atau campurkan ke dalam pelembab harian Anda untuk membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat lebih cepat.


11. Bubur tomat


Tomat merupakan buah yang dikatakan sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori yang besar. Tomat juga terbukti efektif untuk memudarkan bekas jerawat dan wajah yang kusut. Tomat juga bisa membersihkan kulit komedo dan noda luka lainnya di wajah.

Untuk membuat larutan detoksifikasi dari tomat, Anda cukup mengoleskan tomat segar yang sudah Anda haluskan ke wajah yang sudah Anda bersihkan. Biarkan masker tomat ini menempel di wajah Anda sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih.


12. Pasta almond


Anda dapat merendam beberapa almond di dalam susu selama semalam kemudian kupas kulit almond di hari berikutnya dan hancurkan almond untuk membentuk pasta. Gosokkan pasta ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dari wajah Anda.

Kacang almond memiliki banyak nutrisi yang membantu memudarkan noda dan pigmentasi dari wajah Anda. Ikuti cara alami ini selama 3 kali seminggu.


13. Minyak pohon teh


Minyak ajaib ini telah digunakan untuk mengobati segala sesuatu mulai dari gigitan nyamuk yang gatal sampai ruam. Minyak pohon teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat juga!

Ya, efek anti-inflamasi dari minyak pohon teh dapat membantu mengurangi bekas noda jerawat dan menenangkan kulit. Gunakan 2 tetes minyak pohon teh ke setiap sendok makan.


14. Cuka sari apel


Cuka sari adalah solusi yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga pori-pori tetap bersih. Cuka sari apel dapat memudarkan bekas jerawat dengan efektif.  Sifat asam cuka sari apel membantu mencerahkan pigmentasi di kulit, sehingga mengurangi munculnya bekas jerawat.

Kandungan dalam sari cuka apel juga merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel-sel dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cuka sari apel juga meningkatkan warna kulit dan dapat mencegah bekas luka di masa yang akan datang.

Cara menggunakan bahan alami ini adalah campurkan cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama, dan jangan disaring. Celupkan kapas di dalamnya dan tempelkan di bekas luka Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

Anda juga bisa mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa filter dengan ½ cangkir air dan 2 sendok makan madu. Gunakan kapas untuk menempelkannya pada bekas jerawat. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Lakukan cara ini sekali sehari.


15. Kunyit     


Kunyit adalah cara alami yang sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka dan jerawat di wajah Anda. Kunyit juga efektif  mencerahkan warna kulit Anda. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit mempercepat penyembuhan noda  bekas luka dan meningkatkan kesehatan kulit

Cara menggunakan kunyit adalah siapkan 2 sendok teh bubuk kunyit dan campurkan dengan perasan lemon. Oleskan masker ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan masker ini bekerja pada kulit Anda selama 30 menit, setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air. Anda harus melakukan ini setiap 2 hari sekali.


16. Minyak jarak


Minyak jarak mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3 yang membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan terluka. Kandungan dalam minyak jarak juga membantu dalam memerangi pigmentasi dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

Cara menggunakan minyak jarak sebagai treatment Anda menghilangkan bekas noda jerawat adalah  ambil beberapa tetes minyak jarak di jari-jari Anda lalu tempelkan langsung ke bekas jerawat.
Biarkan olesan itu selama semalam dan bersihkan esok paginya. Anda harus melakukan cara ini sekali sehari sebelum tidur.


17. Cocoa Butter


Cocoa butter sangat melembabkan wajah dan membantu dalam melembutkan jaringan bekas luka jerawat. Cocoa butter juga memiliki khasiat untuk mencerahkan warna kulit Anda dan mengurangi munculnya bekas luka.

 Cara menggunakan cocoa butter Anda ambil sedikit cocoa butter dan oleskan merata di wajah Anda. Anda juga bisa langsung mengaplikasikannya ke bekas jerawat. Biarkan masker tersebut menempel di waja selama semalam dan bersihkan esok paginya. Anda harus melakukan cara ini setiap hari untuk endapatkan hasil yang terbaik.


18. Bawang putih


Bahan alami yang terakhir untuk bisa Anda gunakan menembuhkan bekas jerawat dan luka dari wajah Anda adalah dengan menggunakan bawang putih. Ketika bawang putih dicincang, maka bawang putih melepaskan senyawa yang disebut allicin yang memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang kuat.

Sifat-sifat yang dihasilkan dari bawang putih inilah yang dapat membantu menghilangkan bekas noda jerawat dan mencegah Anda berjerawat lebih lanjut. Cara menggunakan bawang putih untuk metode pengobatan Anda adalah ambil satu atau dua siung bawang putih yang baru dikupas.

Cincang halus bawang putih dan gosok pada bekas jerawat di wajah Anda.   Biarkan bawang putih ini menempel selama semalam dan bersihkan esok paginya. Anda harus melakukan ini setiap dua hari sekali.