Skip to main content

Cara Diet Pisang Yang Benar Dan Bikin Cepat Langsing

Cara Diet Pisang Yang Benar Dan Bikin Cepat Langsing

Diet pisang perlu untuk dicoba. Pernah mencoba untuk diet, lalu tidak berhasil? Apa penyebabnya dan diet seperti apa  yang harus dilakukan? Seperti yang kita ketahui, pemilihan makanan saat melakukan diet adalah cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan. Namun, diet sehat juga harus diimbangi pula dengan olahraga secara teratur. Apa itu terlalu berat? Tentu saja.

Bagi beberapa orang, melakukan diet dan olahraga super ketat itu merupakan aktifitas yang sulit dilakukan. Ya, karena mustahil menemukan cara instan nan sehat untuk menurunkan berat badan. Jika ada, hal itu malah berdampak tidak baik bagi kesehatan kita.


Gambaran Umum diet pisang


Nah, diet satu ini ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda yang tidak ingin terlalu banyak menguras fisik namun juga efektif.  Diet dengan  Pisang berasal dari Jepang, yang biasa dikenal dengan sebutan Japanese Morning Banana Diet atau Asa Banana Diet. Sumiko Watanabe, adalah seseorang yang pertama kali mengemukakan Diet dengan Pisang ini.

Dia juga merupakan seorang apoteker dan ahli kesehatan dari Osaka. Berawal dari keinginan suaminya Hitoshi Watanabe yang ingin menurunkan berat badannya. Lalu diet menggunakan pisang ini pun diterapkan dan menuai hasil. Hitoshi Watanabe mengakui sudah menghilangkan 16,8 kg berkat diet pisang yang diciptakan oleh istrinya.


Kandungan dalam pisang


Lalu mengapa harus pisang? Kenapa tidak buah lainnya? Sebuah fakta sederhana bahwa makan sehat adalah dengan memakan banyak buah-buahan, termasuk buah pisang. Namun sebuah penelitian menunjukkan, satu buah pisang itu mengandung kurang lebih sekitar 27 gr karbohidrat, dan 14 gr gula. Fakta mengejutkan lainnya, gula yang terdapat dalam pisang adalah jenis gula fruktosa.

Fruktosa itu sendiri merupakan jenis gula yang mudah dicerna dan mampu menambah kadar gula darah dan menghabiskan insulin. Alasan mengapa harus pisang, karena pisang terdapat gula alami didalamnya. Bukan gula buatan atau olahan pabrik yang bisa membahayakan tubuh. Lalu berbagai nutrisi juga terdapat dalam kandungan pisang seperti kalium, serat, vitamin C, dan B6, juga antioksidan yang mempunyai sifat anti-inflamasi dalam pisang.

Hal itulah yang akhirnya menjadikan pisang sebagai salah satu menu diet hingga saat ini. Bahkan seorang ahli gizi bernama Beth Warren mengungkapan bahwa makan serat 30 gr per hari dapat membantu menurunkan bobot tubuh. Serta satu buah pisangnya mengandung 3,1 gr serat.

Singkatnya, dengan memakan pisang, kita telah menurunkan berat badan dengan cuma-cuma.
Jika dibandingkan dengan buah apel, jumlah energi dalam buah pisang jauh lebih tinggi. Pisang memiliki 136 kalori per 100 gram, sedangkan apel hanya memiliki 54 kalori per 100 gram. Begitu pula karbohidrat yang terdapat di dalam pisang, mampu untuk menyuplai energi lebih cepat dari nasi dan biskuit, dan juga bisa buat mengganjal lapar lho. Tak heran para atlet olahraga mengkonsumsi buah ini untuk meningkatkan energi mereka.

Selain itu, kandungan vitamin pada buah pisang pun sangatlah tinggi, yaitu ada provitamin A yang berupa betakaroten (45 mikrogram per 100 gram berat kering). Ada juga vitamin B, berupa riboflavin, niasin, tiamin dan piridoksin (vitamin B6).


Jenis pisang yang cocok untuk diet pisang


Beberapa jenis pisang yang cocok untuk dikonsumsi saat melakukan diet adalah sebagai berikut :


1. Pisang Kepok


Pisang ini mengandung lemak dan gula yang rendah sehingga aman juga dikonsumsi oleh penderita diabetes.


2. Pisang Raja


Pisang raja banyak mengandung vitamin dan zat yang berguna untuk tubuh. Salah satunya vitamin C dan A.


3. Pisang Mas


Pisang Mas ini mempunyai bentuk yang kecil. Namun, pisang ini juga mempunyai rasa yang manis. Eits jangan salah! Kandungan yang terdapat dalam pisang mas juga sama-sama besar lho. Ngga kalah deh sama pisang berukuran besar lainnya.

4. Pisang Cavendish


Berbeda dengan pisang yang lain, pisang cavendish ini memiliki rasa yang asam. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang ini karena mengandung kalori yang rendah untuk tubuh.


Cara Diet Pisang Yang Benar Dan Bikin Cepat Langsing


Nah! Sudah pilih pisang favoritmu? Jika sudah, kita akan langsung membahas tentang diet pisang ini seperti apa dan bagaimana cara melakukannya? Penasaran? Yuk kita ulas!

1. Hal yang paling mendasar dalam melakukan diet adalah dengan mempunyai gaya hidup sehat, contohnya dengan sarapan pisang segar setiap pagi. Karena hal itu akan membantu menjaga metabolisme tubuh kita.

Pisang yang dikonsumsi pun harus utuh dan dimakan secara langsung tanpa dicairkan atau dimasak.Tapi ingat, jangan dikonsumsi terlalu berlebih.

2. Pada saat makan siang, disarankan untuk memakan pisang lalu dicampur dengan salad. Cukup porsi kecil saja. Namun tak ada batasan terhadap jenis makanan atau jumlah makan siang. Setelah itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih hangat secukupnya.

3. Ketika lewat dari jam 3 sore, beberapa camilan masih diperbolehkan untuk dikonsumsi. Camilan seperti biskuit, popcorn atau coklat. Dengan catatan, harus dikonsumsi sewajarnya saja. Namun camilan lainnya seperti keripik kentang, donat atau semacamnya, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi karena terlalu banyak mengandung lemak.

4. Terakhir, pada saat memasuki malam hari, disarankan kembali untuk mengkonsumsi pisang sebagai hidangan makan malam anda. Dan disarankan juga, untuk makan malam pada pukul 18.00.
Karena itu merupakan waktu yang ideal untuk makan malam. Jika masih lapar juga, boleh untuk mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai pengganjal lapar. Setelah itu, tidak lupa untuk menjaga pola tidur agar menjaga metabolisme tubuh.


Olahan Pisang Untuk Diet


Tapi jika merasa bosan dengan pisang yang gitu-gitu aja. Ada beberapa olahan pisang yang enak nan rendah lemak, yang bisa menjadi referensi untuk menu diet anda. Seperti apa olahannya? Ini dia!


1. Roti Bakar Gandum Pisang dengan Selai Kacang


Roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi, sehingga dapat mencegah rasa lapar dalam waktu yang cukup lama.

Selai kacang yang digunakan sebaiknya dari hasil olahan sendiri, dimana kacang yang digunakan pengolahannya melalui proses penyangraian/pengovenan agar lemak baik yang terdapat dalam kacang tersebut masih terjaga, dan kandungan gula pun dapat ditakar sesuai selera.


Bahan :

- 1 buah pisang cavendish
- 2 potong roti gandum
- 3 sendok makan selai kacang
- Butter secukupnya


Cara Membuat :

- Ambil dua lembar roti gandum, lalu olesi dengan butter secukupnya. Panggang diatas teflon sampai berwarna kecoklatan.
- Angkat, olesi roti yang sudah dibakar dengan selai kacang di satu sisi saja.
- Letakkan pisang ke atas roti yang sudah diolesi selai kacang. Lalu tutup lagi dengan roti gandum diatasnya.


2. Oat Pancake Yoghurt, Pisang dan Stroberi


Nah! Olahan pisang ini sangat cocok dijadikan untuk menu sarapan diet anda.

Bahan :

- 2 buah pisang
- 1 butir telur
- 2 sendok makan yoghurt
- 6 sendok makan oat
- 2 sendok makan madu
- 2 buah stroberi

Cara Membuat :

- Masukkan semua bahan ke dalam blender (kecuali madu dan stroberi). Lumatkan hingga benar-benar halus
- Panaskan teflon. Lalu tuang 1 sendok sayur adonan yang sudah dilumatkan.
- Balik pancake hingga matang, lalu letakkan di piring saji.
- Nikmati selagi hangat dengan madu dan storberi.


3. Banana Smoothies



Kalau olahan ini sangat cocok banget dijadikan pendamping makan malam anda.

Bahan :

- 100 gr pisang ambon matang
- 100 ml susu cair rendah lemak
- 100 ml yoghurt
- Es batu secukupnya

Cara membuat :

- Masukkan pisang, yoghurt, susu serta es ke dalam blender
- Blender sampai lembut dan tuangkan ke dalam gelas
- Minuman sehat nan segar siap dinikmati!


4. Muffin Oatmeal Pisang


Olahan ini bisa jadi alternatif camilan kamu saat melakukan diet lho.

Bahan :

- 100 gr pisang
- 1 sendok teh baking powder
- 50 gr oatmeal
- 50 ml susu cair rendah lemak
- 50 gr terigu
- ¼ sdt garam
- 50 gr butter
- 75 gr gula tropicana slim
- 1 butir telur
- Choco chips secukupnya

Cara membuat :

- Campur tepung terigu, garam, baking powder, dan ayak agar teksturnya halus.
- Cairkan butter dan pisang yang sudah dihaluskan
- Campurkan adonan butter dan pisang dengan tepung yang sudah diayak sedikit demi sedikit. Tambahkan garam, 1 butir telur dan gula. Lalu aduk hingga rata.
- Tambahkan oatmeal, aduk kembali.
- Tuang kedalam cetakan, taburi dengan choco chips.
- Panggang 30 menit sampai matang dengan suhu 190 derajat celcius.
- Angkat lalu sajikan!


5. Milky Banana Oat


Di tengah terik matahari dan panas melanda, olahan pisang ini jadi obat mujarab lho. Dan pastinya cocok menjadi alternatif diet anda.

Bahan :

- 2 buah pisang Sunpride
- 200 ml susu cair rendah lemak
- 3 sendok makan oat
- 1 bungkus sachet gula tropicana slim

Cara Membuat :

- Bekukan susu cair dalam freezer
- Blender oat, susu yang sudah dibekukan, gula, 2 buah pisang Sunpride hingga halus
- Tuang ke dalam gelas. Dan siap untuk disajikan!


6. Yoghurt Pisang Kiwi Gandum Chia Seed


Pisang dan kiwi merupakan kombinasi buah-buahan yang sangat efektif bagi mereka-mereka yang ingin melakukan diet. Selain kandungan serat yang tinggi, buah kiwi juga dapat membuat tubuh membuang lemaknya dengan cepat.

Bahan :

- 2 buah pisang mas
- ½ buah kiwi
- ½ kotak yoghurt
- 2 sdm Chia seed
- 1 lembar roti gandum

Cara Membuat :

- Potong buah pisang dan kiwi
- Tata pisang dan kiwi sesuai selera
- Beri potongan roti gandum dan tuangi Chia Seed
- Tuang yoghurt diatas potongan roti dan buah-buahan yang sudah disiapkan sebelumnya
- Makanan pun siap disantap!


7. Kolak Susu Pisang Tanpa Santan


Bosan dengan kolak santan yang gitu-gitu aja? Bisa banget dicobain kolak susu yang satu ini. Selain lezat, kamu juga dapet sehatnya dong!

Bahan :

- 2 buah pisang kepok
- 1 gelas susu rendah lemak
- ¼ sendok teh garam
- 1 ruas jari kayu manis
- 2 sachet gula tropicana slim

Cara Membuat :

- Panaskan susu rendah lemak
- Masukkan garam, gula dan kayu manis tunggu hingga mendidih.
- Masukkan pisang yang sudah dipotong-potong
- Kecilkan api, aduk-aduk hingga pisangnya matang
- Angkat lalu sajikan


8. Banana Peanut Butter



Bagi penyuka kudapan manis bisa mencoba menu diet yang satu ini nih

Bahan :

- 1 buah pisang matang ukuran besar
- I scoop oat
- ¼ scoop selai kacang
- 1 scoop susu almond
- 1 sdm biji chia
- ½ sendok teh
- ½ sendok teh ekstrak vanilla
- ½ sendok teh bubuk kayu manis
- 1 sendok teh agave

Bahan topping :

- Potongan pisang
- Sirup maple
- Kayu manis
- Serutan kelapa
Cara Membuat :
- Aduk semua bahan hingga tercampur rata
- Masukan ke dalam wadah yang kedap udara
- Bekukan di dalam freezer dalam waktu semalaman
- Keluarkan, taburi dengan oat dan aduk hingga rata
- Taburi dengan bahan topping sesuai selera
- Makanan pun siap disantap


9. Banana Bread a la Paleo Diet



Dijamin ini adalah menu paling direkomendasikan, karena sehat, lezat dan mengenyangkan.

Bahan :

- 500 gr pisang ambon
- 80 gr tepung almond
- 20 gr tepung kelapa
- 1 sendok makan VCO
- 5 telur ayam ukuran sedang
- 1 ½ sendok makan kayu manis bubuk
- 1 sendok makan baking powder
- 80 gr kacang walnut

Cara Membuat :

- Blender telur ayam dan pisang hingga halus
- Tambahkan baking powder dan VCO, aduk hingga rata
- Masukan tepung almond dan kelapa, aduk kembali
- Masukan adonan ke dalam wadah cup cake, lalu hiasi dengan potongan pisang
- Panggang kurang lebih 45 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang
- Keluarkan dari oven dan siap untuk dihidangkan.


10. Mix Banana and Dragon Fruit 


Smoothies

Minum jus buah paling pas saat diet. Baik untuk mengenyangkan ataupun mendetoksifikasi racun yang ada di dalam usus adar sistem pencernaan menjadi lancar. Nah, bisa dicoba salah satunya dengan kombinasi buah pisang, buah naga, anggur dan daun pokchoy

Bahan :
- 1 buah pisang
- ½ buah naga
- 10 buah anggur
- 1 kuntum pokchoy
- 350 ml susu cair rendah lemak
Cara membuat :
- Potong pisang dengan ukuran kecil
- Potong juga buah naga dan pisahkan anggur dari bijinya
- Cacah pokchoy hingga menjadi potongan kecil
- Masukan semua bahan ke dalam blender
- Tambahkan susu
- Lumatkan hingga benar-benar halus
- Tuang ke dalam gelas
- Siap dinikmati

Dari semua manfaat serta kreasi berbagai menu diet yang sudah tersedia, membuktikan bahwasannya buah pisang ini begitu fleksibel dan  dapat disediakan dengan begitu banyak varian. Buah pisang pun sangat mudah didapat sehingga tidak perlu repot-repot mencarinya. Buah pisang dapat ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Namun terkait menurunkan berat badan, hal ini juga harus diimbangi dengan konsultasi kepada dokter jika anda memiliki kondisi medis tertentu, yang siapatau tidak membolehkan anda untuk mengkonsumsi buah pisang ini. Dan jangan lupa juga, untuk selalu mengimbangi diet pisang ini dengan olahraga yang rutin setiap harinya. Got it? Salam sehat!