Skip to main content

Cara Diet Ocd Yg Benar Dan Berhasil

Cara Diet Ocd Yg Benar Dan Berhasil

Memiliki tubuh yang ramping adalah impian banyak orang, baik pria maupun wanita. Banyak diet yang dirancang oleh ahli gizi dengan perhitungan kalori yang spesifik dikombinasikan dengan jadwal latihan yang tepat. Berbagai cara untuk diet sering dilakukan oleh orang yang memimpikan tubuh yang ideal adalah salah satunya adalah program diet OCD.

Pola diet terbaru di Indonesia ini merupakan sebuah revolusi cara diet terbaru dan cara diet unik yang disebut Diet Obsesif Corbuzier, atau OCD. Jenis diet ini dikembangkan oleh Deddy Corbuzier yang populer di mana saat itu Deddy Corbuzier memiliki kelebihan berat badan kemudian ia menerapkan diet dan jenis diet ini kemudian berhasil menurunkan berat badannya.
Lalu bagaimanakah cara dOCD tersebut?


Kiat Diet OCD


Diet Obsesif Corbuzier telah menjadi bahan pembicaraan di seluruh Indonesia. Deddy Corbuzier mengklaim bahwa ia bisa mendapatkan mimpinya memiliki tubuh yang ideal dan bebas lemak serta otot yang kencang dalam waktu singkat yakni tiga bulan! Berikut ini adalah beberapa kiat diet yang dicetuskan oleh Deddy Corbuzie.


1. Atur Cara Makan Anda


Tidak ada makanan sebelum tengah hari atau mungkin tidak makan sama sekali Banyak penelitian menunjukkan bahwa tidak ada sarapan yang akan meningkatkan berat badan tetapi OCD yang kontroversial menyarankan sebaliknya.

Di OCD, Anda harus melupakan sarapan yang, menurut pencetusnya, Deddy Corbuzier lebih baik dihindari daripada melewatkan makan malam. Selain melewatkan sarapan, pengikut OCD harus berpuasa selama 16, 18 atau hingga 24 jam.

Semisal  Anda mulai makan pukul 10 pagi, maka Anda masih bisa mengkonsumsi makanan apapun selama 8 jam ke depan, yakni sampai pukul 6 sore. Nah, di  16 jam selanjutnya, Anda diharuskan untuk berpuasa dari makanan apapun. Ingat, hanya puasa makanan saja, Anda tidak perlu puasa minum, hanya saja Anda bisa meminum air mineral dan bukan jenis minuman yang lain.

Puasa ini harus dilakukan secara bertahap agar tidak membahayakan tubuh. Puasa adalah membuang semua asupan makanan dan minuman kecuali air putih biasa. Jika dilakukan dengan benar, berpuasa bisa menjadi kunci untuk membangun otot dan terlihat muda.

Anda juga perlu mengatur jadwal makan dengan sebaik mungkin. Satu-satunya hal yang lebih penting daripada mengkonsumsi makanan sehat adalah memakannya secara teratur. Ketika Anda lapar, gula darah Anda turun dan hal ini bisa membuat Anda rewel atau lelah.

Mulailah dengan makan setiap hari pukul 12.00, dan untuk sarapan cobalah untuk mengkonsumsi makanan kecil lebih sering daripada makan besar agar perut Anda tidak kosong. Kemudian saat makan siang dan makan malam, Anda perlu mengkonsumsi kacang dan biji-bijian yang dipadukan dengan makanan yang bernutrisi sehat seperti  protein.

Makanan yang mengandung protein sendiri adalah telur, kacang-kacangan, dan daging. Mengkonsumsi protein sangat penting untuk menjaga Anda dalam keseimbangan nutrisi makanan yang lebih baik . Anda juga perlu mengkonsumsi  karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh, yang membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Ya, Anda memang perlu mengkonsumsi beberapa makanan untuk menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh. Sebagian besar program diet memang membatasi apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dikonsumsi namun, diet OCD mendorong Anda untuk memakan semuanya.

Deddy Corbuzier mengklaim bahwa semua jenis makanan baik tetapi akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan sehat dan tidak apa-apa untuk memanjakan tubuh Anda sesekali dengan makan daging. Daging memang bukan hanya mengandung protein yang baik untuk tubuh, tapi juga mengandung kolesterol. Nah, menurut  Deddy Corbuzier sendiri kolestrol adalah sahabat baru bagi Anda yang ingin mencoba diet ala OCD. Memang diet ala Deddy Corbuzier juga menuai kontroversi dari beberapa ahli gizi, namun Deddy Corbuzier sendiri mengatakan bahwa kolesterol bukanlah penyebab badan menjadi gemuk dan menyebabkan kematian.

Menurutnya, semakin tinggi kolesterol, maka semakin lama orang akan bertahan hidup. Selain itu, Deddy Corbuzier mengklaim bahwa makanan yang mengandung kolesterol dapat lebih bermanfaat dan memaksimalkan hasil diet. Namun, yang perlu Anda hindari adalah jangan makan junkfood Meningkatkan risiko demensia

Menjadi salah satu penemuan paling menakutkan yang terkait dengan konsumsi junk food adalah insulin yang diproduksi di pankreas akan berlebihan. Insulin ini bisa membantu glukosa untuk mengisi bahan bakar tubuh. Insulin juga diproduksi di otak di mana ia membantu dalam membawa sinyal antara sel-sel saraf dan membentuk ingatan.

Nah, ketika Anda terlalu banyak makan junkfood maka secara substansial dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh Anda. Sama seperti dalam kasus Diabetes Tipe 2, dengan tingkat insulin yang lebih tinggi, maka otak berhenti merespons hormon  dan menjadi resisten terhadapnya.

Hal ini dapat membatasi kemampuan Anda untuk berpikir, mengingat atau menciptakan ingatan, sehingga meningkatkan risiko demensia. Junk food juga bisa mengurangi kemampuan Anda untuk mengendalikan nafsu makan. Konsumsi lemak berlebihan yang ditemukan dalam makanan yang digoreng membuatnya sulit untuk diproses setelah makan.

Maka dari itu, Anda menjadi lebih suka makan dan pada akhirnya Anda makan berlebihan. Fungsi otak yang sehat membutuhkan dosis harian asam lemak esensial seperti omega-6 dan omega-3. Kekurangan dua elemen ini meningkatkan risiko gangguan demensia dan gangguan bipolar dan masalah terkait otak lainnya.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak sebenarnya mengubah aktivitas kimia otak sehingga membuatnya lebih bergantung pada makanan semacam cepat saji.

Pada manusia, gejala penarikan ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mengatasi stres, membuat Anda merasa tertekan dan akhirnya Anda akan kembali ke makanan tersebut untuk menenangkan diri dan menangani perasaan-perasaan cemas.

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan junkfood juga membuat Anda mungkin kehilangan nutrisi penting seperti tryptophan asam amino. Kekurangan ini dapat meningkatkan perasaan depresi.

Ketidakseimbangan asam lemak adalah alasan lain mengapa orang yang mengkonsumsi lebih banyak makanan junkfood berisiko lebih tinggi mengalami depresi.

Kandungan junkfood membuat Anda tidak terkendali dalam mengkonsumsi makanan. Makan cupcake manis atau donat untuk sementara dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga membuat Anda merasa bahagia dan puas tetapi segera setelah normal Anda akan merasa lebih mudah marah.

Selain itu, makanan cepat saji dipenuhi dengan karbohidrat olahan yang menyebabkan kadar gula darah Anda berfluktuasi dengan cepat. Jika kadar gula Anda turun ke tingkat yang sangat rendah, itu dapat menyebabkan kecemasan, kebingungan, dan kelelahan.

Dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi, Anda cenderung makan terlalu cepat dan terlalu banyak untuk memuaskan keinginan Anda. Hal itu dapat menanamkan perilaku tidak sabar ketika berhadapan dengan hal-hal lain.

Makanan cepat saji dan makanan olahan mungkin sarat dengan perasa buatan dan pengawet seperti natrium benzoat yang cenderung meningkatkan hiperaktif. Jadi hindarilah mengkonsumsi makanan junkfood.


2. Rutin Berolahraga


Cobalah untuk belajar lebih aktif melakukan kegiatan dan atur suasana hati agar tidak mudah cemas. Ketika Anda merasa cemas, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut kortisol. Anda perlu melakukan olahraga teratur untuk menjaga kadar kortisol Anda.

Kortisol bermanfaat untuk menetralkan insulin yang membuat gula darah seimbang dengan baik. Selain itu, kortisol juga mengatur tekanan darah yang mengontrol risiko mendatangkan stres dan penyakit. Jika seseorang stres, tingkat kortisol meningkatkan protein sehingga protein akan diubah menjadi bahan bakar yang membantu tubuh menjadi seimbang.

Manfaat kesehatan lain dari kortisol adalah meningkatkan asam lemak yang menjadi sumber energi dan akan diproduksi ke otak. Kortisol juga bisa menjadi zat peradangan yang menekan reaksi sistem kekebalan tubuh. Beberapa reaksi peradangan yang berkurang adalah pembengkakan, kemerahan dan gatal, panas dan bahkan rasa sakit.


Baca Juga : Cara Memutihkan Ketiak Dengan Cepat Dan Permanen


Memang tetap berolah raga meski sedang berpuasa tidaklah mudah. Badan pasti akan terasa sangat lemas namun membuat otot menjadi baik lebih mudah dilakukan justru ketika Anda berpuasa.

Bahkan, ketika perut sedang kosong atau Anda sedang berpuasa sangat disarankan untuk berolahraga
Selain itu, OCD menunjukkan bahwa Anda tidak boleh hanya melakukan olahraga dengan melakukan latihan kardio rutin yang normal. OCD memiliki latihan khusus yang disebut O7W. O7W adalah gerakan olahraga berupa :

1. Jumping jacks
2. Posisi duduk menahan tubuh di tembok
3. Crunch perut
4. Naik turun kursi atau tangga
5. Squat
6. Trisep
7. Planking
8. Lari di tempat
9. Lunge
10. Push up
11. Side planking

Latihan kardio dan O7W yang dilakukan selama 7 menit akan memberikan Anda energi dan stamina lebih saat berpuasa.


3. Belajar Santai


Cara selanjutnya adalah Anda perlu mencoba belajar santai. Tubuh Anda tidak bisa santai jika tidak tahu caranya. Teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, berjalan-jalan di alam terbuka, atau melukis akan mengajarkan tubuh Anda bagaimana rasanya menjadi tenang dan rileks.

Cobalah beberapa trik di atas untuk menemukan cara mana yang terbaik untuk Anda, dan habiskan 30 menit sehari dari beberapa cara tersebut secara rutin. Jika Anda nyaman dengan yoga atau meditasi maka lakukan itu setiap harinya dalam waktu minimal 30 menit.

Jangan gabungkan cara-cara rileks di atas dengan melakukan semuanya. Cukup lakukan salah satu saja asal Anda rutin.


4. Hindari kafein


Jika Anda ingin memiliki tubuh yang ideal, maka Anda harus menghindari kafein yang terdapat dalam secangkir kopi dan rokok. Anda juga perlu menghindari minuman soda dan minuman suplemen pria atau penambah energi.

Minum-minuman tersebut dapat menaikkan tingkat kecemasan Anda, akibatnya kortisol Anda akan meningkat. Anda harus mengkonsumsi air putih, jus buah atau teh. Minum kafein atau merokok akan menggagalkan rencana Anda untuk mencoba diet OCD.


5. Hindari Alkohol dan Rokok 


Minum alkohol mungkin terasa seperti mengimbangi kecemasan yang Anda rasakan. Namun kecemasan itu akan teratasi hanya sesaat saja dan mengkonsumsi alkohol dan rokok hanya akan menciptakan lebih banyak rasa kecemasan dan merusak sistem organ tubuh Anda. Jika Anda ingin memiliki badan yang ideal, jangan sampai merokok dan minum alkohol.


6. Tidur yang Cukup


Kecemasan bisa membuat Anda sulit tidur. Tetapi tidur itu penting untuk kesehatan mental yang baik. Anda harus beristirahat dengan cukup dan ciptakan rutinitas tidur yang cukup agar diet Anda berhasil. .

Selain tidur yang cukup, Anda juga bisa mandi dengan air hangat agar sistem saraf di tubuh Anda beristirahat. Hindari kebisingan dan pencahayaan yang terang serta sesuaikan suhu di kamar tidur Anda sehingga Anda bisa tidur dengan lelap sepanjang malam.


7. Minum obat-obatan 


Mungkin trik diet OCD satu ini bisa dikatakan tidak sehat namun mengkonsumsi obat-obatan juga penting asal Anda bisa mengambil dosis yang tepat dan diminum pula pada waktu yang tepat. Bicaralah dengan dokter Anda jika efek samping dari obat-obat tersebut menjadi masalah pada tubuh Anda.

Konsultasikan obat diet apa yang cocok untuk Anda sebelum Anda memutuskan sesuatu untuk mengambil resep obat-obatan dan vitamin yang dijual bebas. Konsultasikan dengan benar apa yang Anda butuhkan agar diet Anda tidak gagal.

Belajar bagaimana diet dengan cara OCD memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Seperti halnya program diet lainnya, Anda bisa saja mengalami keberhasilan atau kegagalan. Namun, yang terpenting adalah Anda perlu giat melakukan OCD dan teruslah untuk menyemangati diri Anda sendiri agar menuai kemajuan lebih besar.


Cara Diet Ocd Yg Benar Dan Berhasil


Memang tidak mudah untuk melakukan OCD, namun Anda perlu melakukannya dengan konsisten untuk bisa menghasilkan berat badan yang ideal.

Tips untuk bisa melakukan OCD secara konsisten adalah :


1. Mulai perlahan 


Tingkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap saat Anda menjadi lebih bugar. Dibutuhkan sekitar 21 - 40 hari untuk membentuk kebiasaan. Jadi saat Anda terus mengulang rutinitas yang mudah, berolahraga akan menjadi kebiasaan.

Mulailah dengan rutin 3 hari selama 30 hari pertama, lalu maju ke rutinitas yang lebih menantang. Sama halnya dengan diet. Mulailah dengan defisit kalori rendah dan kemudian tingkatkan defisit setelah Anda belajar mengendalikan rasa lapar.


2. Berhenti mengandalkan motivasi.


Banyak orang-orang yang kehilangan motivasi untuk melakukan diet. Jangan sampai Anda menggantungkan motivasi Anda pada seseorang sehingga jika orang itu tidak lagi memotivasi, maka semangat diet tidak akan menghentikan Anda.


3. Memiliki rencana latihan dan diet.


Cara termudah untuk gagal adalah memulai program OCD tanpa rencana. Siapkan beberapa rencana karena rencanalah yang memandu Anda untuk melakukan latihan dan membuat daftar makanan untuk Anda konsumsi.

Tetapi jangan sampai Anda sembarangan dalam menuliskan rencana-rencana Anda. konsultasikan dengan ahli gizi dan beberapa situs-situs yang mengungkapkan bahwa OCD ini berhasil membuat mereka memiliki tubuh yang ideal. Temukan rutinitas yang benar-benar dirancang dengan sebaik mungkin.


4. Tetapkan aturan 


Salah satu aturan latihan yang baik adalah dengan menerapkan bahwa Anda tidak akan pernah pergi selama lebih dari 3 hari tanpa melewatkan olahraga. Anda juga bisa membuat aturan, Anda tidak akan pergi hangout selama weekend jika Anda tidak makan protein dan sayuran yang sehat.
Aturan seperti itu membantu Anda menjaga kebiasaan sehat dengan mudah. Idenya adalah memiliki beberapa aturan tepat yang dapat Anda patuhi. Tulis aturan-aturan itu jika memang diperlukan.


5. Berhenti membuat alasan.


Jangan sampai Anda kalah dengan segala alasan seperti malas, lelah dan sebagainya. Alasan mudah dibuat dan dibenarkan. Hindari membuat alasan dan lakukan saja apa yang harus Anda lakukan. Menjadi sehat tidaklah mudah, jadi dorong diri Anda dan keluar dari zona nyaman Anda.