Pengertian Hak Dan Kewajiban

Pengertian Hak Dan Kewajiban

Pengertian Hak Dan Kewajiban

Apakah anda mengetahui apa itu hak warga negara ? jika anda belum mengetahuinya, kami akan mencoba menjelaskan sedikit tentang hak warga negara, terutama kita sebagai warga negera yang baik, selayaknya kita mengetahui hak dan kewajiban kita terhadap negara dan melaksanakan aturan yang telah berlaku di negara ini, karena pada dasarnya suatu negara itu mempunyai hak serta kewajiban kepada warga negaranya.

Berikut ini penjelasan kami mengenai pengertian hak serta kewajiban warga negara :

Pengertian Hak Dan Kewajiban


1. Hak merupakan segala sesuatu yang berhak dimiliki oleh semua warga negara sejak dia dilahirkan di dunia ini dan dalam kamus bahasa indonesia hak ini merupakan segala sesuatu yang meliputi kepemilikan, kekuasaan, kewenangan dalam berbuat sesuatu ataupun menuntut sesuatu, karena ini telah di tentukan oleh sebuah peraturan ataupun undang undang.

Pada umumnya hak di dapatkan dari sebuah perjuangan yang telah dilakukan, maksud dari perjuangan itu adalah menjalangkan ataupun melakukan sebuah pertanggung jawaban dari kewajibannya dan adapun contohnya yaitu hak untuk menyeruakan ataupun mengusulkan pendapat dan juga hak untuk mendapatkan pendidikan dan lain sebagainya.

2. Kewajiban merupakan segala sesuatu yang perlu ataupun harus dilaksanakan oleh semua orang agar bisa mendapatkan haknya secara penuh dan layak, dan kewajiban juga bisa kita umpamakan sebagai hutang yang harus ataupun perlu kita lunasi secara tuntas agar kita mendapatkan hak secara penuh dan layak tentunya.


Baca Juga : Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh


Adapun contoh dari kewajiban ini adalah siswa harus melaksanakan tata tertib yang telah berlaku di sekolah, pengemudi kendaraan harus menaati segala peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan, membayar biaya pendidikan yang telah ditentukan jumlahnya, mengerjakan tugas sekolah yang telah di berikan oleh guru dan masih banyak contoh lainnya yang tidak bisa saya jelaskan disini.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang pengertian hak dan kewajiban, semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semua yang membaca artkel ini, bila ada kekurangan pada artikel ini saya minta maaf karena setiap orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesalahan