Skip to main content

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan


Daun salam merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang cukup banyak digunakan di dalam pengolahan masakan Indonesia. Ternyata tanaman satu ini, bukan hanya mampu melesatkan makanan saja. Ternyata manfaat dari daun satu ini juga merambah hingga ke dunia kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun salam di antaranya bisa membantu penyembuhan beragam jenis penyakit ringan hingga berat. Baik itu dalam keadaan segar ataupun yang sudah dikeringkan ternyata keduanya memiliki manfaat yang sama


Bagaimana cara kerja daun salam?


Belum banyak kajian atau penelitian terkait dengan suplemen herbal satu ini bekerja. Akan tetapi, sebelumnya sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan herbalis atau dokter terkait dengan informasi lebih lanjut mengenai manfaat daun herbal satu ini. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan jika kandungan daun herbal ini dapat bermanfaat untuk:

Meredakan maag
Bakteri serta jamur
mengurangi kadar gula


Bagaimana dosis daun salam untuk dewasa? 


Terkait dengan dosis penggunaan daun salam ini sebaiknya Anda meminta saran kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Manakala digunakan sebagai obat luar sebaiknya anda menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

Dosis tanaman herbal satu ini berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Selain itu dosis yang digunakan juga berbeda tergantung pada umur kesehatan serta beberapa kondisi lainnya,. Perlu Anda ketahui, jika konsumen herbal ini tidak selalu aman digunakan. Untuk itu maka bahkan konsultasi dengan herbalis atau dokter merupakan salah satu langkah demi mendapatkan informasi yang tepat.


Dalam bentuk apa daun  herbal salam disajikan?


Tanaman herbal satu ini bisa tersaji dalam beberapa bentuk diantaranya:

Berbentuk Daun segar
Buah
Ekstrak
Lotion
Sabun
Cream


Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan


Daun herbal satu ini ternyata memiliki beragam manfaat serta khasiat untuk kesehatan. Meliputi beragam pengobatan untuk penyakit organ dalam serta untuk masalah kesehatan pada umumnya.


1. Mampu melancarkan pencernaan


Manfaat pertama dari daun herbal satu ini yaitu untuk melancarkan pencernaan Anda. Kandungan mineral serta vitamin yang terkandung di dalam daun dapat membersihkan usus halus. Sehingga bisa mengatasi beberapa masalah mengenai saluran pencernaan, seperti sembelit diare atau masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan baik.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, maka Anda cukup merebus kurang lebih 5 lembar daun  herbal bersih kemudian tambahkan dengan sedikit garam. Setelah itu, silakan Anda minum air rebusan kurang lebih minimal dua kali sehari.


2. Mampu mengatasi penyakit asam urat


Fungsi lain dari tanaman herbal  yaitu bisa mengatasi penyakit asam urat. Untuk itu perlu Anda ketahui jika asam urat merupakan suatu penyakit karena adanya kristal asam yang menumpuk dalam sendi-sendi tubuh Anda.

Penyakit ini kerap diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Asam urat akan menimbulkan sakit yang luar biasa di bagian persendian serta tulang gerak mereka akan sangat terganggu.Karena adanya efek yang begitu serius, maka asam urat harus segera ditangani atau diatasi.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam urat yaitu bisa menggunakan daun satu ini sebagai salah satu obat herbal. Yang perlu untuk Anda ketahui jika manfaat daun satu ini ternyata dapat membantu menurunkan asam urat pada tubuh anda.


3. Mampu mengatasi masalah hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu momok bagi kesehatan tubuh. Tekanan darah yang tidak terlalu tinggi akan membuat seseorang menjadi pusing. Akan tetapi efek yang paling buruk yaitu berusaha membuat kelenjar otak pecah hingga akhirnya menyebabkan kematian.

Namun tak disangka-sangka ternyata daun salam bisa diandalkan untuk mencegah masalah satu ini. Benar sekali manfaat dari daun satu ini yaitu bisa menjaga tekanan darah supaya stabil. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam daun salam memiliki fungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga suplai darah senantiasa stabil.

Selain itu, untuk menjaga tekanan darah supaya stabil maka anda bisa mengonsumsi  air rebusan daun salam hangat setidaknya sekali dalam 1 hari.


4. Mampu menyehatkan mata


Selain beberapa manfaat diatas, manfaat selanjutnya  dari daun satu ini yaitu mampu menyehatkan mata. Terdapat beberapa masalah yang kerap terjadi dalam mata seperti mata lelah mata memerah dan masalah lainnya.

Akan tetapi beberapa orang menganggap jika gangguan mata tersebut merupakan masalah yang wajar. Tentu akan mengakibatkan rasa tidak nyaman di dalam tubuh. Terkait dengan hal ini, Anda bisa menggunakan rebusan air daun salam di beberapa bagian mata agar bisa mengatasi beragam masalah tersebut sehingga mata tetap sehat.


Manfaat  daun salam untuk diet


Selain berguna atau memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata manfaat daun herbal ini juga bisa untuk diet. Beberapa hasil penelitian menunjukkan jika mengunyah beberapa lembar tumbuhan salam setiap harinya dapat membantu meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Untuk itu, jika anda ingin mendapatkan manfaat dari tumbuhan salam untuk diet ini maka bisa dengan mencoba resep berikut ini.

Silakan Anda siapkan  sebanyak 1 liter air dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Taburkan dengan 6 lembar daun salam serta 1 sendok makan madu murni. Lanjutkanah dengan minum air rebusan ini di pagi hari ketika perut masih kosong.


Manfaat tanaman salam kering


Bukan hanya ada daun yang segar saja yang berkhasiat. Tumbuhan salam yang daunnya kering ternyata juga memiliki beragam manfaat yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Berikut beberapa manfaat daun salam kering untuk kesehatan.


1. Mampu melancarkan pencernaan


Anda bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti mulas sembelit serta perut kembung Dengan meminum teh daun salam. Silakan Anda ambil  daun salam kering menggunakan air panas, setelah itu diamkan sampai hanya berubah warna dan minumlah secara teratur.


2. Mampu meredakan stress 


Kandungan linalool yang ada dalam tumbuhan salam ternyata bermanfaat untuk menurunkan kinerja hormon stress. Ketika sedang panik atau gelisah maka silakan Anda hirup aroma teh dari daun salam kering sebagai aromaterapi.


3. Membuat tidur menjadi lebih lelap


Manfaat tanaman salam selanjutnya yaitu bisa menjadikan tidur lebih lelap. Hal ini bisa anda dapatkan dengan menghirup teh daun salam ya bisa menenangkan pikiran serta menjadikan tidur lebih nyenyak.


4. Mampu membuat perawatan untuk mimisan


Setelah mimisan Maka Anda sarankan untuk meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.


Manfaat salam sereh dan jahe


Tanaman salam yang sudah dikombinasikan dengan sereh dan jahe ternyata dapat meredakan sakit maag kembung serta nafsu makannya hilang. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan merebus 5 lembar daun salam dengan 1 ruas jahe dan 1 Batang sereh di dalam 200 mili air.

 Anda bisa menambahkan madu sebagai rasa serta nutrisi extra. Minumlah air pulsanya sebanyak 2 kali sehari.


Manfaat salam serta daun sirsak


Daun salam serta daun sirsak ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat salam serta daun sirsak.

Mampu mengontrol kadar kolesterol


Mampu mencegah asam urat
Mampu membantu eksim mampu mengobati rematik
Mampu mengendalikan diabetes
Mampu meningkatkan kualitas tidur
Mampu mengobati wasir
Mampu menjadikan awet muda
Mampu mencegah kanker
Mampu menyiapkan ginjal
Mampu mengatasi sembelit
Mampu meningkatkan kekebalan tubuh
Mampu menurunkan tekanan darah



Efek samping mengkonsumsi herbal salam



Manfaat tanaman salam untuk kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi, akan tetapi tanaman herbal satu ini juga memiliki resiko untuk menimbulkan efek samping. Berapa efek samping ketika mengonsumsi daun salam.


1. Untuk diabetes


Tumbuhan salam bisa dipercaya untuk menurunkan kadar gula darah sehingga bisa menyembuhkan penyakit diabetes akan tetapi bukan tanpa resiko. Para pengguna akan dihadapkan kepada efek samping seperti kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah.


Baca Juga : Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan


Dengan demikian, jika Anda sedang menggunakan  salam sebagai salah satu untuk menurunkan gula darah, jangan lupa untuk mengkonsultasikan ke dokter Anda terkait dengan pengaturan dosis diet yang paling tepat.


2. Untuk ibu hamil dan menyusui


Jika anda sedang hamil atau menyusui maka berhati-hatilah dalam mengonsumsi tumbuhan salam. Sampai sekarang belum ada informasi yang tepat mengenai takaran penggunaan daun salam bagi ibu hamil serta menyusui.

Dengan demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum mengkonsumsi daun salam bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui.


3. Pasien yang akan menjalani pembedahan


Jika Anda sudah dijadwalkan menjalani proses bedah kita hanya dalam waktu dekat. Maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi tanaman salam sebagai obat setidaknya dua minggu sebelum menjalani operasi.

Tanaman salam diduga bisa memperlambat kinerja sistem saraf pusat. Sehingga hal ini dikabarkan akan menjadikan efek makin jelas manakala dikombinasikan dengan obat-obat anestesi ketika menjalani pembedahan serta setelahnya. orang mengalami efek samping tersebut mungkin terdapat beberapa efek samping yang tidak disebutkan diatas.


Manfaatnya tidak terduga dari air rebusan salam



1. Menurunkan kolesterol


Tanaman salam ternyata memiliki khasiatnya sangat ampuh untuk membantu penurunan kolesterol. Cara membuatnya sangat mudah hanya diperlukan 3 gelas air putih serta 10 sampai 15 lembar salam. Jika sudah maka rebus 3 gelas air putih dan masukan daun salam ke dalamnya.

Rebuslah hingga mendidih dan Tuangkan air rebusan ke dalam sebuah gelas. Untuk mendapatkan manfaatnya sebaiknya Anda mengkonsumsi sebanyak 2 kali sehari.


2. Mengobati sakit mata


Kita semua tentu tahu jika mata merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Mengingat pentingnya tersebut maka ketika mata sakit kemungkinan besar eluruh aktivitas kita akan terganggu.

Masalah pada mata ternyata bisa diatasi menggunakan air rebusan salam. Silahkan celupkan  mata menggunakan air rebusan salam secara rutin hingga mata kembali sehat.


3. Mencegah diabetes



Diabetes merupakan salah satu penyakit yang akhir-akhir ini banyak menyerang manusia. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena kebanyakan asupan gula dalam tubuh. Perlu diketahui jika penyakit diabetes ini dapat dicegah dengan menggunakan tanaman salam. Caranya juga masih sama yaitu dengan merebus beberapa lembar daun salam kemudian mengonsumsi secara rutin.


4. Meredakan penyakit asam urat


Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalami sakit urat maka bisa diatasi dengan menggunakan air rebusan tanaman salam.
Cara menggunakannya yaitu dengan merebus 10 lembar daun salam dengan air kurang lebih 7 gelas. Jika sudah maka konsumsi tanaman salam tersebut kurang lebih 2 kali sehari.


5. Mengatasi masalah pencernaan


Gangguan pada sistem pencernaan sama halnya dengan gangguan penyerapan cairan makanan gangguan ini bisa terjadi karena kesalahan makan kita sehari-hari. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare bisa Anda atasi dengan menggunakan air rebusan salam.
Silakan Anda rebus daun salam kemudian berilah sedikit garam, Anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman ketika diare atau sembelit menyerang.


6. Mengatasi masalah pada tukak lambung


Mengatasi masalah di bagian lambung ternyata jika bisa dilakukan menggunakan tanaman salam. Masalah pada lambung ini tentu akan menjadikan tubuh terhambat ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Cara menggunakan salam sebagai obat tukak lambung yaitu dengan menyiapkan kurang lebih setengah liter air serta 15 hingga 20 lembar daun salam. Jika sudah rebuslah daun salam tersebut kemudian tambahkan gula aren. Penambahan gula aren ini tidak akan mengurangi khasiat dari daun salam. Jika sudah maka minumlah air rebusan salam dan  gula aren tersebut secara teratur.


7. Menurunkan tekanan darah tinggi 


Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena beberapa faktor. Secara tidak terduga ternyata daun salam ini mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Anda hanya perlu merebus kurang lebih 7 Hingga 10 batang salam dalam 3 gelas air mendidih. Setelah itu minum 1 gelas air putih tersebut secara teratur.


Kandungan tanaman salam


Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan tanaman salam. Tanaman salam merupakan salah satu daun yang kerap digunakan sebagai penyedap rasa aroma alami ketika kita membuat masakan.
Daun satu ini merupakan jenis tanaman rempah yang mudah dalam penanamannya. Tanaman satu ini bisa tumbuh di mana saja berikut mengenai deskripsi tanaman daun salam.


1. Akar


Akar yang ada pada salam merupakan jenis akar tunggang yang memiliki bentuk seperti tombak meruncing ke ujung.


2. Batang


Batang tanaman salam ini ternyata memiliki tinggi kurang lebih 5 hingga 30 meter. Kemudian mengenai bentuknya cabangnya memiliki arah tumbuh tegak lurus ke atas. Batangnya berkayu keras serta kuat. Selain itu kulit batangnya berwarna coklat abu-abu serta bersisik.


3. Daun


Selanjutnya mengenai bentuk daunnya simple dengan tulang daun yang menyirip. Di samping itu bagian tepi daunnya kata serta memiliki aroma wangi. Jika sudah dalam keadaan kering ternyata tanamn satu  ini bisa dimanfaatkan sebagai masakan.


Kandungan senyawa yang ada dalam tanaman salam


Manfaat salam bisa diketahui dari kandungan senyawa yang ada di dalam daun salam itu sendiri. Selain digunakan untuk menambah aroma dalam makanan, ternyata salam juga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan dan pengobatan. Kandungan kimia yang ada dalam salam antara lain adalah sebagai berikut.

Antioksidan dalam salam memiliki kandungan antioksidan dalam yang mampu untuk mengobati beragam jenis penyakit


1. Salisilat asam kafein dan fitonutrien


Salisilat tersebut ternyata mampu meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah penyakit stroke. Selain itu juga mampu mencegah penyakit kanker.


2. Flavonoid


Selain itu salam juga kaya akan senyawa yang berupa flavonoid. Flavonoid ini merupakan senyawa yang bisa menormalkan darah penyakit darah tinggi atau hipertensi.


3. Asam laurat


Kandungan lain yang ada di dalam salam antara lain asam laurat. Asam laurat ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat ampuh untuk mengusir serangga.


4. Vitamin


Kandungan terakhir yang ada dalam salam ternyata vitamin A dan vitamin C. Terutama tersebut sangat dibutuhkan tubuh sehingga dengan mengkonsumsi daun salam cara rutin maka tubuh anda akan terpenuhi kebutuhan vitamin A serta vitamin C.