Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat Hilang

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat Hilang

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat Hilang

Komedo menjadi permasalah kulit yang cukup mengganggu karena dapat merusak penampilan. Tidak selalu tumbuh di kulit wajah, komedo juga bisa muncul di dada, leher, dan bagian tubuh lainnya. Banyak upaya dilakukan seseorang untuk menghilangkan komedo, salah satu cara yang tidak tepat adalah dengan memencetnya menggunakan kuku. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo yang benar? Berikut adalah ulasannya.


Apa Itu Komedo ?


Komedo sendiri merupakan keadaan saat pori-pori kulit tersumbat. Komedo bisa dalam bentuk pori-pori yang terbuka sehingga tampak berwarna hitam dan membesar. Namun bisa juga berupa komedo tertutup, yaitu saat pori dalam keadaan tersumbat, sehingga muncul tonjolan putih seperti jerawat kecil. Komedo sendiri disebabkan oleh sel kulit mati yang tidak terkelupas dan juga diakibatkan oleh minyak berlebihan pada kulit.

Komedo yang terbuka biasa disebut dengan blackhead. Terjadi saat pori-pori kulit membesar atau terbuka yang kemudia teroksidasi oleh udara bebas. Akibat oksidasi tersebut, komedo akan berwarna gelap seperti coklat atau hitam. Komedo berjenis blackhead ini yang paling umum terjadi pada seseorang. Cara mengatasinya bisa dengan merawat kulit aga pori-pori kulit mengecil.

Komedo yang tertutup atau disebut dengan whitehead merupakan keadaaan saat minyak dihasilkan berlebihan oleh kelenjar. Kemudian minyak dan bakteri akan terperangkap di permukaan kulit, kemudian mengeras. Komedo jenis ini menghasilkan bintik-bintik kecil seperti jerawat, berwarna putih atau kuning dan dirasa sangat mengganggu. Biasanya tampak di hidung ataupun di dagu.

Komedo bisa muncul di wajah karena berbagai hal yang memicu pelebaran pori-pori dan menghasilkan minyak berlebih. Penyebabnya antara lain adalah faktor hormonal maupun kurangnya merawat kebersihan diri. Salah menggunakan produk kosmetik maupun pembersih seperti sabun juga bisa menjadi pemicu munculnya komedo.


Inilah Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah



1. Pra Menstruasi Simdrom (PMS)


Faktor hormon menjadikan beberapa masalah pada kulit, seperti jerawat maupun komedo. Pada seorang wanita, saat menstruasi produksi hormon androgen akan meningkat. Meskipun hormon progesteron dan estrogen berkurang, namun hormon androgen yang dominan akan merangsang kelenjar sebum menghasilkan produksi minyak lebih banyak. Faktor itulah yang menyebabkan muncul komedo di wajah dan bagian tubuh yang lain.


2. Kosmetik yang Tidak Tepat


Penggunaan produk-produk kosmetik yang tidak tepat bisa menimbulkan permasalah pada kulit. Apalagi pada seseorang yang pori-porinya memang sudah lebar. Penggunaan kosmetik seperti bedak dan foundation akan menyumbat pori-pori wajah dan menjadi penyebab komedo. Oleh sebab itu apabila menggunakan kosmetik disarankan untuk selalu rajin dalam menjaga kebersihan kulit. Biarkan kulit selalu bersih pada malam hari tanpa bahan kimia berlebihan.


3. Melewatkan Cuci Muka


Aktivitas sehari-hari di udara terbuka menyebabkan banyak kotoran serta debu menempel di kulit wajah. Apalagi dengan penggunaan kosmetik menyebabkan debu serta kotoran lebih mudah menempel di kulit. Oleh sebab itu sangat penting membersihkan kosmetik, lalu mencuci wajah, apabila sudah selesai beraktivitas. Tidak malas menghapus make up serta mencuci wajah merupakan salah satu cara menghilangkan komedo.


4. Pola Makan Tidak Sehat


Pola makan dan pola hidup tidak sehat memunculkan berbagai penyakit pada tubuh, begitupun dengan kesehatan kulit. Contohnya saja konsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan juga merupakan salah satu penyebab komedo. Mengkonsumsi makanan tersebut akan memicu produksi minyak yang berlebihan pula. Imbangi dengan makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan serat seperti sayuran dan buah-buahan.


Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Komedo di wajah dirasa cukup mengganggu. Komedo yang tampak hitam atau bintik-bintik putih biasanya akan muncul di hidung atau dagu. Komedo akan semakin tampak apabila kita menggunakan bedak. Apabila terlalu mendesak, seseorang akan menggunakan kuku untuk menyingkirkan komedo. Namun hal tersebut dapat memunculkan infeksi. Sebenarnya terdapat beberapa cara menghilangkan komedo yang aman, misalnya dengan bahan-bahan alami.


1. Tomat

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Tomat

Buah dan sayuran seperti tomat dengan senyawa antioksidan penting yaitu likopen bermanfaat untuk melindungi sel dari radikal bebas. Oleh sebab itu tomat dinilai mampu menjaga penumpukan sel kulit mati supaya tidak terjadi. Penumpukan sel kulit mati sendiri merupakan salah satu penyebab utama komedo dan masalah kulit lain seperti jerawat dan kusam pada wajah. Tomat juga mampu mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Cara memanfaatkan tomat untuk kulit wajah adalah dengan menjadikannya masker. Tumbuk halus tomat, atau agar lebih mudah di blender, lalu oleskan pada seluruh bagian kulit wajah serta leher. Diamkan kurang lebih selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan imbangi dengan pola hidup sehat untuk mendapatkan kulit wajah bebas komedo.


2. Putih Telur

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Putih TELUR

Masker putih telur memang sudah dikenal oleh beberapa orang untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Kandungan asam amino dan asam folat yang tinggi dipercaya mampu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Hal tersebut yang menjaga agar debu dan kotoran tidak menumpuk dan menutup pori-pori, sehingga tidak menimbulkan komedo pada kulit wajah.

Cara menggunakan masker putih telur ini, adalah dengan memisahkan bagian putih dan kuning telur terlebih dahulu. Setelah itu kocok putih telur hingga tidak mengental lagi. Oleskan putih telur ke seluruh bagian wajah. Lalu bersihkan dengan membilasnya menggunakan air bersih dan sabun wajah. Tidak perlu khawatir dengan baunya, karena masker ini tidak meninggalkan bau amis apabila sudah dibilas dengan sabun.


3. Lemon dan Jeruk Nipis


Pada lemon dan jeruk nipis yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin C memang baik untuk kulit wajah. Keduanya dinilai mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah komedo, mengangkat sel kulit mati, mengurangi produksi minyak, hingga mencerahkan kulit wajah.

Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan perasan lemon dan jeruk nipis pada kulit yang berkomedo. Biarkan sekitar 15 menit hingga mengering. Lalu bilas dengan air dan sabun wajah hingga bersih.


4. Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Kulit Jeruk

Apabila anda memiliki kebiasaan membuang kulit jeruk setelah memakan buahnya, maka anda bisa menghilangkan kebiasaan tersebut. Ternyata kulit jeruk bisa mendatangkan manfaat juga. Kandungan vitamin C ternyata lebih banyak terdapat di kulitnya dibandingkan di buah jeruk itu sendiri. Sehingga menggunakan masker kulit jeruk merupakan salah satu cara menghilangkan komedo yang murah dan alami.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dan Cepat Hilang


Kulit jeruk dengan kandungan vitamin c dan antioksidan yang tinggi ini bisa memperbaiki kulit wajah akibat radikal bebas. Mampu juga untuk membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbatnya. Cara membuat maskernya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu, lalu tumbuk hingga benar-benar halus. Kemudian camurkan dengan sedikit air agar menjadi pasta. Lalu oleskan pada bagian yang memiliki komedo dan siamkan selama setengah jam. Terakhir bilaslah dengan air hangat dan sabun.


5. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk kulit maupun rambut. Produk gel aloe vera juga tengah terkenal karena manfaatnya. Menggunakan lidah buaya pada kulit kulit wajah mampu meremajakan, mencerahkan, menyegarkan, maupun mengecilkan pori pori pada kulit wajah, sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan komedo yang mengganggu.

Memanfaatkan lidah buaya sangatlah mudah, hanya dengan mengoleskan gel pada lidah buaya pada bagian yang berkomedo, atau boleh juga pada seluruh bagian wajah. Kemudian diamkan dan tunggu hingga mengering kurang lebih selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air bersih dan ditambahkan dengan sabun muka yang cocok dengan kulit anda. Lakukan secara rutin, maka anda akan memiliki kulit wajah yang bersih dan bebas komedo.


6. Pepaya

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu meregenerasi kulit wajah. Kandungan berbagai vitamin seperti A, C, dan E juga bisa melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit wajah. Pepaya juga mampu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan debu serta kotoran, sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit. Pepaya sebagai bahan alami juga bisa menjadi tabir surya untuk wajah.

Cara menggunakan pepaya ini untuk menghilangkan komedo adalah dengan menjadikannya masker. Potong kecil-kecil buah pepaya, lalu haluskan. Oleskan masker pepaya ke seluruh bagian wajah. Tunggu kurang lebih selama setengah jam. Kemudian bersihkan masker pepaya yang telah mengering menggunakan air bersih dan juga sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulitmu.


7. Kacang Kedelai

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan alami dengan kandungan protein tinggi. Kandungan lain dalam kacang kedelai antara lain adalah vitamin Am E,dan B kompleks. Selain itu juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi. Kacang kedelai bisa digunakan untuk anti aging, mencerahkan kulit wajah, dan mengurangi minyak di kulit. Antioksidan dalam kacang kedelai juga mampu menghilangkan dan mencegah komedo pada kulit wajah.

Gunakan masker kacang kedelai untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah. Caranya adalah dengan merendam kacang kedelai selama satu hari penuh dalam air bersih. Lalu cuci kacang dan blender tanpa menambahkan air hingga halus. Oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu sekitar setengah jam, lalu bilaslah dengan air hangat.


8. Madu

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Madu

Madu memiliki kandungan zat anti bakteri. Selain itu antioksidan dalam madu juga mampu menghilangkan komedo pada kulit wajah. Caranya hanya dengan mengoleskan madu alami secara merata dan secukupnya pada seluruh kulit wajah. Tunggu hingga mengering selama kurang lebih setengah jam. Lalu bilaslah dengan air bersih, bisa juga dengan menambahkan sabun wajah anda.


Cara Menghilangkan Komedo dengan Produk Penghilang Komedo


Menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo memang lebih aman bagi kulit. Namun untuk hasil maksimal membutuhkan perawatan yang rajin dan cukup lama hasilnya. Banyak orang yang malas apabila perlu membuat masker dari bahan-bahan alami terlebih dahulu. Oleh sebab itu banyak pula yang memilih produk-produk kecantikan untuk mengangkat komedo secara cepat. Berikut adalah beberapa produk kecantikan yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo.

1. Jenis Strip


Produk pengangkat komedo yang pertama merupakan jenis strip. Cara menggunakan produk jenis strip ini yaitu dengan menempelkannya langsung ke hidung, dagu, maupun bagian wajah lain yang berkomedo. Tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit, supaya komedo telah menempel pada strip ini. Angkat strip dari kulit wajah secara perlahan. Strip ini akan mengangkat komedo serta kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga kulit terbebas dari komedo.

Anda bisa langsung melihat hasilnya karena komedo benar-benar menempel pada strip yang telah mengering. Membersihkan strip tidak perlu menggunakan air. Namun anda harus sedikit bersabar, karena penggunaan strip akan sedikit sakit saat diangkat dari kulit. Tetapi karena khasiatnya yang selain mampu mengangkat komedo, namun juga bisa mengangkat minyak dan bulu, banyak orang yang memilih produk ini sebagai penunjang penampilan mereka.


2. Jenis Clay


Cara menghilangkan komedo dengan produk kecantikan selainnya adalah menggunakan produk berjenis clay. Produk jenis ini lebih disarankan bagi seseorang dengan kulit yang sensitif, untuk menghindari iritasi. Seperti pada masker pada umumnya produk ini dibersihkan dengan air sehingga tidak sakit dalam proses membersihkannya. Bedanya dengan masker biasa adalah produk clay merupakan lumpur atau partikel berasal dari dasar laut dengan daya adsorpsi tinggi.

Produk pengangkat komedo jenis clay mampu membersihkan komedo dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Dinilai lebih unggul dari produk strip karena mengandung pula bahan antibakteri dan antiinflamasi. Apabila produk jenis clay susah ditemukan, terdapat pula jenis peel of mask. Dimana jenis ini merupakan campuran clay dan strip yang bisa dikelupas untuk membersihkannya.


Tips Wajah Tanpa Komedo


Memiliki wajah bersih bebas komedo bukan tidak mungkin untuk dimiliki apabila rajin menjaga kebersihan wajah serta mampu menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Namun apabila komedo sudah terlanjur muncul di wajah, maka beberapa cara bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Mulai dari menggunakan masker berbahan alami hingga kimia, bisa juga dengan melakukan perawatan pada kulit. Berikut adalah beberapa tips memiliki wajah tanpa komedo.


1. Pilih Makeup yang Sesuai Kulit Wajah


Makeup yang tidak sesuai memang menjadi penyebab masalah pada wajah. Sebelum menggunakan makeup kita harus mengetahui jenis kulit terlebih dahulu, apakah kulit kita termasuk yang berminyak, kering, atau bahkan merupakan kulit yang sangat sensitif. Setelah menemukan produk yang sesuai dengan kulit wajah, perhatikan pula bahan-bahan penyusun makeup tersebut.

Pada beberapa kosmetik biasanya menyertakan keterangan non-comedogenic atau won’t clog pores, yang artinya tidak akan menyebabkan komedo. Namun anda harus tetap mengecek bahan penyusunnya. Hindari menggunakan makeup dengan bahan-bahan seperti almond oil spirulina, algae extract, lauric acid, dan stearic acid, karena merupakan penyebab komedo di wajah. Anda juga bisa mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum memilih makeup.


2. Gunakan Pelembab Wajah


Pelembab bukan berarti menyebabkan kulit berminyak, justru pelembab merupakan salah satu cara menghilangkan komedo serta menjaga kesehatan kulit wajah. Pelembab akan mencegah kulit memproduksi minyak berlebih karena keadaannya yang tidak kering. Pelembab juga mampu membuat pori-pori lebih terbuka sehinga tidak kotoran tidak akan menyumbat.


3. Kandungan Skin Care


Seperti pada makeup, skin care juga perlu dipilih dengan tepat agar tidak menimbulkan komedo. Hindari skin care dengan kandungan alkohol dan hydrogen peroxide karena menjadikan kulit wajah kering, sehingga kulit mudah berminyak dan memunculkan komedo. Kandungan retinoid dan salicylic mampu membersihkan pro-pori dari kotoran, sehingga mencegah munculnya komedo. Kandungan kedua bahan tersebut dalam skin care juga membantu regenerasi kulit, namun tidak membuat kulit menjadi terlalu tipis.


4. Eksfoliasi


Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit wajah dengan cara perawatan seperti facial, dan chemical peels. Eksfoliasi ini mampu mengangkat sel kulit mati. Meskipun cara menghilangkan komedo yang satu ini menghabiskan biaya yang cukup mahal karena membutuhkan perawatan di klinik kecantikan, namun dirasa cukup efektif untuk menghilangkan komedo mengganggu yang ada di wajah. Namun eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan budget rendah, yaitu dengan cara penggunaan facial scrub.

Malas merawat dan menjaga kebersihan wajah merupakan peyebab utama munculnya komedo pada kulit. Selain itu penggunaan berbagai bahan kimia seperti skin care maupun make up yang tidak sesuai dengan wajah juga bisa menjadi penyebab komedo yang mengganggu. Oleh sebab itu rajin-rajinlah menjaga kebersihan dan kelembapan kulit, pilih produk yang tepat, serta terapkan pola makan dan hidup sehat untuk menjaga kulit dari berbagai masalah, salah satunya adalah terbebas dari komedo.