Skip to main content

Varian Resep dan Cara Memasak Terong

Cara Memasak Terong

Apakah anda berpikir bahwa terong memiliki rasa yang hambar, sedikit pahit, bergetah dan terlalu berserat? Itu artinya, cara memasak terong tidaklah tepat. Terong meripakan salah satu jenis sayuran yang memiliki tekstur kenyal dengan daging berwarna putih pucat. Jika anda menginginkan menu terong yang enak, sebaiknya anda tahu cara memasaknya yang tepat.

Varian Resep dan Cara Memasak Terong


1. Terong balado


Terong balado merupakan olahan paling populer di Indonesia. Meski asalnya dari Sumatera Barat, namun anda bisa menemukan menu ini di berbagai warung makan umum. Dengan rasanya yang khas dan pedas, maka penggemar cita rasa pedas akan menyukai penganan yang satu ini. Bagaimana cara memasaknya? Berikut ini adalah cara memasak terong balado.


Komposisi


- 4 buah terong ungu berukuran sedang.

- Bumbu balado halus : bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, garam, gula.

- Segelas air.


Cara pembuatan


- Potong-potong semua terong ungu. Anda bisa memotongnya seperti dadu kecil, atau juga panjang-panjang seperti ibu jari. Saat memotong, simpan di dalam sebaskom air. Hal ini mencegah warna terong tidak berubah menjadi kehitaman.

- Haluskan semua bumbu balado, bisa mengulek atau memblendernya.

- Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak dan silahkan anda tambahkan sedikit demi sedikit, tambahkan air agar bumbu tidak gosong. Pastikan api kompor sedang saja. Tumis sambalnya hingga bau cabai hilang dan matang. Tambahkan gula dan garam, kemudian aduk hingga merata.

- Masukkan semua potongan terong ke dalam bumbu balado dan silahkan anda aduk sampai merata selama 10 menit.

- Balado terong siap disajikan.


2. Terong Crispy


Sajian terong crispy umumnya cocok dijadikan cemilan yang dilengkapi dengan saut sambal, tomat maupun mayones. Cara mengolah terong yang satu ini mengubah pandangan orang bahwa terong hanya cocok dibalado atau dijadikan sayur saja. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat terong crispy.


Komposisi


- 2 buah terong ungu

- 250 gram tepung terigu

- 1 sendok teh merica

- 1 sendok teh garam

- Penyedap rasa kaldu ayam

- Air

- Minyak goreng


Cara pembuatan


- Potong semua terong menjadi pipih dengan bentuk yang bulat. Anda juga bisa meemotongnya dengan cara serong. Jangan terlalu tebal karena bisa membuat terong crispy malah menjadi lembek.

- Semua potongan terong diberi sedikit air dan tepung agar nanti terigu crispy bisa menempel di bagian terongnya.

- Campurkan terigu, merica, garam dan penyedap rasa menjadi satu. Masukkan terong ke dalam campuran terigu. Guling-gulingkan hingga semua bagian terong tertutup oleh tepung berbumbu.



Baca Juga : 5 Cara Memasak Telur Mata Sapi



- Panaskan minyak, lalu goreng terong ke dalamnya. Pastikan terong benar-benar terendam minyak goreng.

- Pastikan api dalam keadaan kecil agar bagian dalam terong tidak mentah. Sehingga terong crispy matang merata hingga ke bagian dalam.

- Angkat setelah terong berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

- Hidangkan terong crispy bersama dengan saus favorit anda.


3. Sayur terong  asam manis


Teksturnya yang lembut membuat terong cocok untuk dijadikan menu asam manis. Hidangan yang satu ini menjadi makanan utama yang biasanya dinikmati dengan nasi. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat terong asam manis juga cara membuatnya.


Komposisi


- 3 terong berukuran besar

- 1 kotak tahu Cina

- Bumbu: bawang putih, bawang bombay, tomat, jahe, saus tomat, gula, garam, kaldu ayam bubuk, merica, cuka

- Air

- Daun bawang

- Minyak goreng


Cara pembuatan


- Potong terong menjadi ukuran yang sesuai dengan selera anda, bisa dadu, bisa juga menjadi panjang-panjang. Goreng terongnya hingga layu.

- Potong-potong tahu cina seperti dadu-dadu kecil, lalu dogoreng hingga kering.

- Panaskan minyak untuk menumis irisan bawang dan jahe yang telah dimemarkan. Setelah bumbu sudah wangi, masukkan irisan tomat ke dalamnya. Aduk hingga irisan tomat menjadi agak layu.

- Masukkan saus, merica, gula, garam, cuka dan bumbu penyedap kaldu ayam. Tambahkan air, aduk terus agar bagian bawahnya tidak menggumpal dan gosong. Aduk hingga sausnya mendidih.

- Masukkan daun bawang. Setelah itu, campurkan tahu cina dan terong yang telah digoreng. Aduk hingga dua bahan utama tersebut merata dengan saus asam manisnya.

- Sayur terong asam manis siap disajikan.


4. Tumis terong


Bosan dengan menu makanan daging-dagingan, anda bia mencoba ssalah satu olahan terong yang paling mudah untuk dimasak, yaitu tumis terong. Selain mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga relatif gampang dengan waktu memasak hanya sekitar 15 menit saja. Bagaimana cara memasak terong tumis? Berikut adalah langkah-langkahnya.


Komposisi


- 3 terong berukuran sedang
- Cabai merah dan rawit
- Bawang merah dan putih
- Tomat
- Garam
- Gula
- Penyedap rasa kaldu ayam


Cara pembuatan


- Semua terong diiris menjadi bentuk bulat-bulat, tidka terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis. Anda juga bia mengiris serong.

- Iris semua bahan seperti cabai merah, cabai rawit. Barang merah, bawang putih dan tomat. Irisanya tidak terlalu tipis dan juga tidak tebal.

- Panaskan minyak di atas wajan dengan ukuran api yang sedang agar bumbu tidak mudah gosong. Masukkan semua bumbu yang sudah diiris. Tumis hingga harum.

- Masukkan semua terong yang telah diiris-iris tersebut ke dalam wajan. Aduk-aduk terus hingga merata dan terong menjadi agak layu.

- Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa kaldu ayam sesuai selera.

- Setelah bumbu merasap, angkat tumis terong dan siap disajikan.