Skip to main content

Tips Merawat Bunga Bugenvil Dengan Benar

Tips Merawat Bunga Bugenvil Dengan Benar

Bugenvil adalah tanaman merambat berbunga yang berasal dari Brazil. Tanaman tropis ini mendapatkan sebutan “Bunga Kertas” karena bunganya yang berwarna warni dan tipis.


Tips Merawat Bunga Bugenvil


Di balik keindahannya, tangkai bugenvil yang tebal dan tertutup duri harus dipangkas secara teratur agar tetap sehat dan terlihat indah. Cara memangkas bugenvil di bawah ini akan menjaga tanaman anda tetap indah.


Mempersiapkan Pemangkasan



1. Pangkas sebelum ada kuncup baru.


Bugenvil bisa dipangkas kapan saja, namun saat terbaik untuk memangkas bugenvil adalah sebelum muncul kuncup baru. Jika anda memangkas setelah kuncup baru tumbuh, anda akan ikut memangkasnya dan menghambat produksi bunga.

Tanaman bugenvil berbunga dalam beberapa siklus. Setelah beberapa bulan berbunga dengan lebat, beberapa bulan setelahnya ia tidak akan mengeluarkan bunga apa pun. Memangkas sebelum mulainya siklus berbunga baru akan menjadikan tanaman bugenvil anda berbunga lebih lebat.
Bulan apa pastinya bugenvil harus dipangkas berbeda-beda tergantung wilayah. Cara termudah untuk menentukan waktu yang tepat adalah dengan melihat kondisi cuaca.


2. Gunakan sarung tangan yang tebal


Sebagian besar spesies bugenvil memiliki duri yang tebal dan tajam sehingga bisa melukai tangan anda. Terlebih, beberapa spesies juga beracun dan bisa membuat anda iritasi. Jika anda berencana melakukan pemangkasan besar-besaran, persiapkan diri anda dengan cara menggunakan sarung tangan yang tebal.


Baca Juga : Cara Memangkas (Crop) Foto Online dengan Picture Cropper


Sangat disarankan juga menggunakan baju lengan panjang berbahan tebal untuk menutupi bagian pergelangan tangan dan lengan anda. Mungkin ada beberapa batang bugenvil yang tak memiliki duri sama sekali, namun pasti ada yang ditutupi sangat banyak duri.


3. Bersihkan alat yang digunakan untuk memangkas.


Membersihkan gunting atau alat lain yang akan anda gunakan dengan alkohol atau disinfektan lain akan menjaga agar penyakit tanaman tidak menyebar. Jika anda sudah memangkas sebagian bugenvil yang terkena penyakit, jangan langsung memangkas bagian lain tanpa membersihkannya. Bersihkanlah alat pemotong setiap kali anda berpindah bagian.
Method2


Cara Memangkas Bunga Bugenvil



1. Pangkas bagian yang mati atau terkena penyakit.


Ini adalah langkah pertama yang paling penting saat memangkas tanaman. Untuk memastikan tanaman anda akan tetap sehat dalam jangka waktu panjang, potonglah bagian apa pun yang terlihat mati atau berwarna kurang baik. Dengan cara ini, anda bisa mencegah penyakit tanaman menyebar ke bagian lain. Potonglah batang yang terkena penyakit hingga pangkalnya.

Ingat untuk membersihkan alat pemotong setelah memotong bagian yang rusak. Dengan membersihkannya, bagian tanaman yang sehat tidak akan tertular penyakit. Setelah itu, singkirkan tangkai yang terkena penyakit sehingga tidak menyebar ke tanaman.


2. Buang tangkai yang besar dan mengganggu.


Proses memangkas sebaiknya menghasilkan tanaman yang lebih indah dan bisa tumbuh menjadi bentuk yang sehat. Jika beberapa tangkai terlihat bisa mempengaruhi kesehatan tanaman, segeralah potong. Setelah itu, jauhi tanaman bugenvil untuk melihat bentuknya secara keseluruhan dan lanjutkan memangkas untuk mendapatkan bentuk yang anda inginkan.

Ingat bahwa dengan setiap potongan yang anda buat, akan anda tangkai baru yang tumbuh. Memangkas akan menjadikan bugenvil lebih lebat dan tebal. Jika ada bagian yang terlihat lemah, pangkaslah di sana agar tumbuh tangkai baru yang bisa memperkuat.

Banyak tanaman bugenvil yang dirancang untuk tumbuh melilit pagar atau tiang. Jika ini tujuan anda, kaitkan bagian yang baru tumbuh ke tiang atau pagar tersebut agar tumbuh ke arah yang diinginkan. Tanaman bugenvil yang berbentuk semak bisa dipangkas menjadi bentuk apa pun. Jika ditanam di dalam pot, anda juga bisa memangkasnya agar terlihat seperti sebuah pohon kecil.


3. Rapikan bugenvil selama ia tumbuh.

Merapikan tanaman bugenvil tak sama dengan memangkas. Dalam merapikan, anda tidak memotong seluruh bagian tangkai, namun memotongnya kecil-kecil untuk mempertahankan bentuknya. Gunakan gunting untuk memotong bagian ujung tangkai.


4. Cubit ujung tanaman saat bunga mulai hilang.


Ini adalah cara untuk memicu bunga baru muncul. Cubitlah ujung bunga yang hampir hilang dengan jari anda, lalu cubit ujung tangkai yang terdekat.



Tips Merawat Bunga Bugenvil



1. Paparan Sinar Matahari


Tanaman bugenvil butuh setidaknya 6 jam terpapar sinar matahari setiap hari agar bisa berbunga lebat dan terlihat indah. Tanaman bugenvil juga menyukai berada di kondisi panas. Jika tidak terkena cukup paparan matahari, bugenviltidak akan memiliki warna yang cerah. Jika lokasi tempat tinggal anda cenderung dingin, cobalah menanam bugenvil di dekat dinding yang hangat.


2. Ketahanan


Meskipun tanaman bugenvil menyukai panas, tanaman ini juga cukup tahan terhadap hawa dingin. Namun ingat, jangan sampai tanaman bugenvil berada pada cuaca dingin dalam waktu yang lama. Bugenvil yang sudah berumur akan lebih tahan terhadap dingin daripada yang baru ditanam.


3. Penyiraman


Mengenai penyiraman dan ketersediaan air, bugenvil lebih tahan terhadap kekeringan daripada tanaman berbunga lainnya. Bugenvil lebih suka penyiraman dengan banyak air setiap 3 hingga 4 minggu sekali daripada penyiraman dangkal setiap hari.

Saat anda baru saja menanam tanaman bugenvil, sirami secara teratur. Namun jaga jumlah air tidak teralu banyak karena beberapa jenis akar bugenvil mudah busuk. Jaga agar ada jalan keluar air dari tanah sehingga akar tanaman bugenvil anda tidak membusuk. Selain itu, terlalu banyak air juga akan menjadikan jumlah daun pada tanaman bugenvil lebih banyak daripada bunga.


4. Pupuk


Sebenarnya bugenvil tidak memerlukan perawatan seperti pupuk kimia. Namun jika mau, anda bisa menggunakan pupuk kompos. Selain itu anda juga bisa menggunakan pupuk bunga sepatu untuk memicu pertumbuhan bunga. Jika didukung dengan cara memangkas bugenvil yang baik, tanaman anda akan menghasilkan bunga yang indah.