Rahasia Memanjangkan Rambut dalam Seminggu

Rahasia Memanjangkan Rambut dalam Seminggu

Rahasia Memanjangkan Rambut

Mungkin Anda sudah menemukan gaya rambut yang tepat, namun rambut anda tidak cukup panjang untuk itu. Tentu saja menunggu rambut tumbuh sangatlah lama. Bahkan, rambut rata-rata hanya tumbuh sebanyak setengah inci setiap bulan. Tentu ini bisa membuat frustrasi. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini Anda akan menemukan cara memanjangkan rambut dalam seminggu.


Rahasia Memanjangkan Rambut dalam Seminggu

 
Seorang ahli rambut mengatakan bahwa rambut manusia adalah sel dengan kecepatan tumbuh kedua paling cepat setelah sel usus. Kulit kepala orang rata-rata mempunyai sekitar 120 ribu rambut yang sedang tumbuh setiap saat. 


Tentang Pertumbuhan Rambut


Tentu saja banyak usaha manusia yang dibutuhkan untuk membuat rambut anda tampak indah. Namun pada saat yang sama, rambut bukanlah organ yang penting. Tubuh manusia tidak pernah memberikan nutrisi berlebih pada rambut atau mendahulukan kebutuhan gizi rambut dibandingkan organ tubuh lainnya. Maka, ketidakseimbangan gizi akan berdampak pertama kali pada rambut anda.

Hingga saat ini, belum ada cara yang terbukti bisa menumbuhkan rambut lebih cepat dari setengah inci per bulan. Beberapa orang yang beruntung secara genetik mungkinrambutnya tumbuh sangat cepat, namun itu masalah keberuntungan. Tetapi ada beberapa cara yang bisa membantu pertumbuhan rambut anda seperti di bawah ini.


Jaga Pola Makan yang Sehat.


Rambut kita bisa mencerminkan kesehatan kita secara keseluruhan. Maka tak heran, kita perlu asupan gizi yang tepat untuk membuatnya tampak indah. Untuk rambut yang indah, jaga asupan gizi anda dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:


1. Air


Kulit kepala anda, seperti halnya bagian kulit yang lain, sangat mudah kering. Untuk menjaganya tetap lembab, anda dianjurkan mengkonsumsi 1.5 hingga 2 liter air setiap hari, dan lebih jika anda tinggal di tempat beriklim panas. 


2. Protein


Rambut adalah bagian tubuh yang tersusun dari protein, maka asupan protein yang cukup sangat diperlukan. Sajian sebanya 120 gram protein hewani pada saat sarapan dan makan siang sangat dianjurkan. Jika anda penganut gaya hidup vegetarian, konsumsilah lebih dari 120 gram protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.


3. Biotin


Sel penyusun rambut juga dilindungi oleh suatu membrane lemak. Untuk menjaga lapisan ini tetap baik dan berfungsi, anda membutuhkan asupan lemak yang baik pada pola makan anda. Beberapa sumbernya adalah ikan salmon, tiram, alpukat, dan kacang-kacangan.


4. Vitamin C


Vitamin C adalah sumber kolagen yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan kuat yang menjaga sel dari kerusakan. Buah seperti lemon, jeruk nipis, ubi jalar, dan cabai adalah beberapa sumber makanan yang paling banyak mengandung vitamin C.






Selain memacu pertumbuhan rambut, cara memanjangkan rambut dalam seminggu ini juga akan menjaga kesehatan anda secara keseluruhan.


Hindari Mandi dengan Air yang Terlalu Dingin.

Sebisa mungkin, hindari mandi dengan air dingin, atau paling tidak jangan keramas menggunakan air dingin. Suhu yang terlalu dingin akan mempersempit pembuluh darah kapiler pada kulit kepala anda. Pembuluh darah kapiler berfungsi mengangkut nutrisi dan mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh termasuk rambut, maka gangguan pada pembuluh darah ini akan berdampak negatif. 

Agar aman dari gangguan ini, gunakan air hangat saat mulai mandi. Basahi kepala tanpa perubahan suhu yang drastis. Saat membilas kepala di akhir, barulah anda boleh menggunakan air dengan suhu lebih rendah.
 

Gunakan lebih sedikit sampo dan lebih banyak kondisioner.

Sangat tidak disarankan menggunakan sampo pada rambut anda setiap hari, karena bisa menyebabkan rambut anda menjadi kering dan rapuh. Paling baik menghindari sampo dengan kandungan deterjen dan sulfat, karena zat-zat tersebut akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

Rasa lengket yang diberikan kondisioner pada rambut anda adalah apa yang membuatnya tetap lembut dan berkilau. Disarankan menggunakan kondisioner yang bagus setiap hari, karena bisa membantu mempertahankan rambut. Selain itu, penggunaan kondisioner juga akan meminimalisir risiko kusut, rambut bercabang, dan kerontokan. 

 

Jangan menyisir rambut saat masih basah.

Hindari menarik atau mengganggu rambut anda dengan cara apa pun saat masih basah karena inilah saat rambut anda paling rentan rontok atau menjadi bercabang. Sebaiknya, keringkan rambut anda menggunakan handuk sebelum menyisir atau menyikat. Lakukanlah dengan hati-hati. Pengeringan dengan handuk pun harus dilakukan dengan hati-hati, hindari gerakan kasar apa pun. 

Olahraga dengan rutin.

Sel sangat bergantung pada oksigen untuk tetap membelah dan sehat. Oksigen bisa mencapai sel lewat peredaran darah yang baik. Itulah alasan mengapa anda harus memaksimalkan suplai oksigen supaya semua sel tetap terjaga kesehatannya.

Latihan olahraga kardio 3 kali seminggu atau olahraga apa pun yang membuat anda banyak bergerak sangat disarankan. Selain itu, biasakan memijat kulit kepala anda secara berkala.  Ini akan membuat sel rambut lebih “hidup” dan aktif membelah. Cara memanjangkan rambut dalam seminggu ini juga akan membantu anda menjaga berat badan normal.

Jaga kebiasaan tidur yang baik.

Seperti halnya pola makan anda, kebiasaan tidur juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Idealnya, anda harus mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur setiap malam. Pada saat ini, hormon pertumbuhan aktif dan bisa mempercepat reproduksi sel. Maka lebih banyak tidur = sel rambut lebih aktif = lebih banyak rambut tumbuh.

Tidur juga meningkatkan sirkulasi darah di sekitar folikel rambut anda. Maka pikirkanlah olahraga dan tidur sebagai satu kesatuan. Olahraga akan menstimulasi seluruh tubuh anda, dan tidur akan menjaga anda tetap segar hingga keesokan harinya.
 

Jangan berpikir terlalu keras.

Mungkin fakta bahwa kondisi mental anda bisa mempengaruhi kondisi rambut akan mengejutkan. Semakin anda stress, semakin sulit tubuh anda untuk berada dalam kondisi sehat. Maka janganlah mengkhawatirkan setiap hal yang ada – ingat bahwa kecemasan berlebih bisa melemahkan sel dalam tubuh anda termasuk sel rambut.