Skip to main content

Peraturan dan Cara Bermain Kartu Bohong


Cara bermain kartu bohong hampir sama dengan nama permainannya, “bohong”. Tapi yang namanya juga sebuah permainan, semua hal diatur untuk menghibur semua pemainnya. Jadi permainan kartu ini sangat cocok untuk dimainkan oleh banyak orang.


Peraturan dan Cara Bermain Kartu Bohong



Kartu ini juga sering disebut dengan kartu remi. Ada juga yang menyebut kartu bohong dengan permainan kartu “minum”. Ya, ada banyak istilah untuk jenis permainan satu ini. Namun peraturan serta cara bermain kartu bohong, remi, “minum” hampir sama. Seperti apa peraturan dan cara bermainnya?

Peraturan Kartu Bohong

Sama halnya dengan permainan lainnya, kartu bohong juga memiliki berbagai aturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh pemainnya. Aturan yang ada di kartu bohong sendiri adalah :

1. Tidak bisa Dimainkan Sendiri

Permainan kartu bohong harus dilakukan minimal 3 orang dan tidak bisa dilakukan sendiri. Kartu bohong bisa dikatakan permainan kelompok bahkan jika 2 orang saja yang bermain tidak akan terjamin permainan bisa berjalan seru atau tidak.

Tidak heran jika permainan kartu bohong ini sering dimainkan oleh sekelompok orang yang sudah akrab atau teman sejawat karena permainan ini tidak bisa dimainkan secara individual.

2. Kartu Harus Dikocok Terlebih Dahulu

Saat memulai permainan, kartu bohong harus dikocok terlebih dahulu untuk menghindari kecurangan. Selain itu mengocok kartu juga diwajibkan agar setiap pemain tidak mendapatkan jenis kartu yang sama dengan jumlah yang banyak.

3. Siapa yang Kalah Maka Wajib Dihukum

Namanya juga permainan, pasti ada yang kalah dan juga menang. Jika Anda kalah dalam permainan kartu bohong, maka Anda harus mendapatkan hukuman. Hukuman yang paling umum dalam permainan kartu bohong bagi siapa saja yang kalah adalah mengocok kartu dan membagikannya kepada semua pemain.

Ada juga yang memberikan hukuman tambahan selain mengocok kartu bagi pemain yang kalah. Ada yang dioles dengan bedak, diminta membuat atau membelikan makan. Ya, semua hukuman bagi pemain yang kalah tergantung dari kesepakatan sebelum permainan.

4. Kartu Harus Dibalik

Setiap bermain, maka  semua pemain wajib meletakkan kartu dengan posisi terbalik dan tidak boleh dibuka kecuali permainan akan selesai. Permainan dikatakan hampir selesai jika semua pemain satu per satu gugur dan hanya tersisa satu pemain saja. Nah, pemain yang masih bertahan dengan kartu bohongnya, maka ialah yang menjadi pemenangnya.

Cara Bermain Kartu Bohong

Strategi dari permainan kartu bohong adalah bagaimana menyingkirkan semua kartu dan siapa yang masih memegang kartu sampai akhir, ialah yang menjadi pemenangnya. Namun, peraturannya adalah semua kartu menghadap ke bawah dan pemain dapat berbohong tentang apa yang mereka letakkan di atas meja. Lalu seperti apa cara bermain kartu ini secara lebih detailnya?

1. Kocok Kartu 

Cara pertama untuk memulai permainan kartu bohong ini adalah dengan mengocok kartu secara acak kemudian bagikan kepada seluruh pemain. Adapun pembagian jumlah kartu pada pemain adalah dengan membaginya. Apabila jumlah pemain adalah 5 orang, maka bagilah rata sesuai dengan jumlah kartu yang ada.


Baca Juga : 8 Cara Bermain Jenga Untuk Pemula


Jumlah kartu bohong sendiri ada 52 kartu, jadi jika dibagi kepada 5 orang, maka masing-masing orang akan mendapatkan 10 kartu dan sisanya dibagikan secara acak. Jika semua sudah mendapatkan jumlah kartunya masing-masing maka permainan bisa dimulai.

2. Pahami Jenis Kartu

Untuk memulai permainan kartu bohong ini, Anda harus mengetahui cara bermainnya. Ya, Anda harus memahami betul urutan besar kecilnya kartu dan jenis-jenis yang ada dalam kartu bohong. Kartu bohong sendiri terdiri dari 4 macam gambar seperti :

1) Spade berwarna hitam dengan simbol daun waru
2) Heart dengan warna merah dan sesuai namanya, kartu ini memiliki simbol hati.
3) Diamond  dengan warna merah dan memiliki simbol berlian dengan bentuk diamond square
4) Clover berwarna hitam dengan simbol daun semanggi

Adapun urutan dari permainan kartu bohong adalah kartu As memiliki nilai angka 1 atau bisa dikatakan kartu yang memiliki nilai paling tinggi. Di bawah kartu As ada kartu King, Queen, dan Jack yang memiliki nilai poin berurutan.

Adapun kartu sisanya seperti spade, heart, diamond,clover memiliki nilai poin yang sebanding dengan angka pada kartu. 4 jenis kartu itu memiliki nilai angka 2,3, 4, 5, 5,7,8,9, 10. Nah, apabila jenis-jenis kartu ini diatur sesuai dengan jumlah poin yang tinggi hingga rendah, maka tersusunlah format :

1) 2 spade, heart, diamond,clover
2) 3 spade, heart, diamond,clover
3) 4 spade, heart, diamond,clover
4) 5 spade, heart, diamond,clover
5) 6, spade, heart, diamond,clover
6) 7 spade, heart, diamond,clover
7) 8 spade, heart, diamond,clover,
8) 9 spade, heart, diamond,clover
9) 10 spade, heart, diamond,clover
10) J (Jack)
11) Q (Queen)
12) K (King)
13) As.

Adapun untuk angka yang sama, ketentuannya adalah kartu dengan simbol spade memiliki nilai poin tertinggi. Baru setelah itu diikuti oleh kartu heart, diamond, dan clover.

3. Mulai Bermain

Inti dari cara memainkan kartu bohong adalah dengan membuang satu kartu ke dalam tengah-tengah permainan. Cara membuang atau meletakkan kartu disesuaikan dari angka yang paling rendah. Sesuai dengan namanya, yaitu kartu bohong, maka pemain bisa membohongi pemain lainnya dengan mengatakan jenis kartu yang akan dibuang memiliki nilai rendah atau tinggi.

Membangun strategi sangat dibutuhkan ketika melakukan permainan kartu bohong ini. Anda harus pandai-pandai memilih kartu untuk dijatuhkan. Jika pemain lain menjatuhkan kartu dengan jenis 7 diamond, maka Anda harus bisa menjatuhkan jenis kartu diamond yang setara dengan angka itu atau jatuhkan kartu di atas angka 7.

Nah, pemain terakhir yang memegang kartu, maka ialah yang pandai mengatur strategi dalam menjatuhkan kartu sehingga bisa dikatakan ia berhak menjadi pemenang.