Skip to main content

Cara Memasang Cydia Dengan Benar

Cara Memasang Cydia Dengan Benar


Mekipun perangkat keluaran Apple menawarkan teknologi yang inovatif dan berkualitas tinggi, namun sifat teknologinya memiliki fleksibilitas yang rendah.


Cara Memasang Cydia Dengan Benar



Bagi anda pengguna iOS Apple hususnya iPhone atau iPad, anda bisa melakukan personalisasi dengan cara memasang Cydia. Cydia adalah aplikasi yang dapat memperluas opsi ketersediaan aplikasi pada perangkat iOS.

Cara Menginstall Cydia


1. Tanpa Jailbreaking


Membuat iPhone dalam keadaan jailbreaking adalah langkah penting jika anda menginginkan untuk instal Cydia. Masalahnya aadalah, banyak pengguna yang takut merusak ponsel mereka karena akan kehilangan garansi jika membuat kondisinya dalam keadaan jailbreak. Jika anda ingin tahu cara memasang Cydia tanpa jailbreaking, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.


1) Metode 1


Metode yang satu ini menjadi opsi paling mudah untuk menginstal Cydia pada perangat iOS tanpa harus melakukan jailbreaking. Anda tidak emerlukan teknologi tinggi untuk melengkapi langkah-langkah di bawah ini.

Silahkan anda unduh Cydia dari Open App Market dengan alamat http//openappmkt.mobi/ yang dimana juga tersedia untuk iOS 10 dan juga anda hanya perlu menekan tombol “Get It” untuk mendownloadnya dan aplikasi Cydia ini tersedia secara gratis di Open App Market.

Setelah proses download selesai, akan ada sebuah popup muncul di layar. Tekan tombol “Tambahkan”. Tekan “Tambaahkan ke layar” dan tap tombol “Add”

Ikon Cydia akan muncul di layar perangkat anda. Tap ikon tersebut dan biarkan selama beberapa waktu hingga proses instalasi selesai. Setelah Cydia berhasil diinstal, anda akan bisa mengakses aplikasi dan games yang tidak tersedia di App Store.

2) Metode 2


Opsi kedua cara memasang Cydia adalah dengan penggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan Cydia di perangkat iOS anda. Aplikasi tersebut bernama vSSH dan anda bisa menemukannya di App Store. Ada versi lite juga yang tersedia secara gratis maupun versi premium dengan harga mulai 3.99 USD.

Download aplikasi vSSH dan instal pada perangkat anda. Di layar, anda akan melihat opsi “koneksi cepat ke jaringan”

Masukkan alamat IP dari koneksi internet anda.

Pada perangkat anda, masuk ke bagian pengaturan. Kemudian, pilih Wi-Fi buka jaringan yang terbuka. Pada opsi ini, anda akan melihat alamat IP dari koneksi Wi-Fi anda.

Pada aplikasi vSSH, pilih host IP dan masukkan alamat IP anda.

Pada perangkat iOS, tap bagian username dan masukkan username yang anda inginkan.



Baca Juga : 3 Cara Memasang Aplikasi di iPhone



Di bagian atas aplikasi, tap untuk menghubungkan. Dua popup akan muncul di bagian layar, kemudian pilih “Sekali saja”

Anda akan diminta untuk memasukkan password. Gunakan “alpine” sebagai password anda. Tap kembal untuk ke layar dan salin kode WGET-Q-O/TMP/CYINSTALL.SH

Setelah kembali, proses download akan dimulai secara otomatis. Jika sudah selesai, maka perangkat anda akan secara otomatis restart.

Anda akan melihat ikon Cydia di bagian layar. Tekan saja ikonnya untuk bisa mengakses semua fitur dan dukungannya terhadap beragam aplikasi yang tidak ada di Playstore.


2. Install Cydia menggunakan Electra


Berikut ini adalah lima langkah mudah yang bisa anda ikuti untuk jailbreak iOS 11 dan iOS 11.1.2, sehingga anda bisa menginstal Cydia dengan menggunakan jailbreak electra pada perangkat iPhone, iPad maupun iPod.


1) Download jailbreak Electra dan Cydia Impactor


Download versi terbaru dari jailbreak Electra dari situs resmi berikut Cydia impactor. Cydia impactor tersedia untuk berbagai perangkat dengan basis MAC, Windows, Linux. Jangan download jailbreak Electra dari situs lain karena bisa mengandung malware yang berbahaya untuk gadget anda.


2) Install Electra menggunakan Cydia Impactor


Hubungkan perangkat and ke komputer menggunakan kabel untuk load file Electra. Lalu, riliskan Cydia Impactor di komputer anda dan nantinya komputer akan mendeteksi perangkat iOS. Drag jailbreak electra yang telah didownload ke bagian UI-nya. Masukkan ID Apple dan password dari akun Apple Developer anda. Tunggu Cydia Impactor merespon aplikasi tersebut.


3) Percayakan profil developer


Saat jailbreak electra sudah sukses load, kunjungi setting aplikasi dan navigasikan ke setting, lalu general. Pilih manajemen perangkat. Tap untuk memasukkan ID Apple di bawah aplikasi developer. Tap “trust (ID Apple)”. Maka statusnya akan berubah menjadi aplikasi terhapus.


4) Memproses jailbreak


Mulailah dengan merilis aplikasi jailbreak Electra dari bagian beranda layar. Tap tombol jailbreak untuk memulai prosesnya. Proses ini terdiri dari 3 tahapan di mana tahap kedua prosesnya lebih panjang.


5) Menunggu proses jailbrek selesai


Setelah beberapa waktu, kembalilah ke layar beranda. Jika anda memproses aplikasi Electra kembali, maka akan ada info bahwa perangkat anda sudah jailbroken. Setelah itu, Cydia bisa diinstal seperti menginstal aplikasi pada umumnya.


3. Menginstal Cydia yang Terhapus



Metode 1 : gunakan iFile


Untuk menggunakan metode ini, anda akan membutuhkan iFile yang sudah terinstal di perangkat anda.Selanjutnya, buka Safari untuk memasukkan URL dari update terbaru Cydia untuk perangkat. Gunakan iFile untuk membuka dan menginstal Cydia. Setelah reboot, Cydia sudah tersedia di perangkat anda.


Metode 2 : OpenSSH


Jika anda familiar dengan menggunakan iFile, nampaknya anda juga akan tahu bagaimana cara memproses SSH. Metode ini cukup muda dengan cara menginstal OpenSSh terlebih dahulu. Anda akan membutuhkan APT 0.6 atau 0.7 Gunakan komando apt-get install saat membuka aplikasi OpenSSH. Perangkat anda akan reebot dan bia mendapatkan Cydia kembali.

Metode 3 : gunakan Redsn0w


Jika perangkat yang anda gunakan adalah seri 4 atau lebih tua, maka cara memasang Cydia kembali dengan menggunakan Redsn0w. Unduh Redsn0w versi terbaru dan jailbreak. Namun pastikan anda hanya mengecek “install Cydia” dan menyelesaikan prosesnya.