3 Cara Memasang Aplikasi di iPhone

3 Cara Memasang Aplikasi di iPhone

Cara Memasang Aplikasi di iPhone

Hal yang paling menyenangkan dengan memiliki perangkat berbasis iOS, seperti iPhone, iPod dan iPad adalah kemampuannya untuk menjalanan beragam aplikasi yang tersedia di App atau iTune Store. Mulai dari fotografi, musik, permainan, sosial media, App/ iTune Store menjadi tempat yang menyediakan aplikasi bagi pengguna gawai dengan sistem iOS dengan cara memasang aplikasi di iPhone, misalnya. 

Pemasangan aplikasi di iPhone melalui App Store tidak jauh berbeda dengan iTunes Store. Yang anda butuhkan untuk bisa memasang aplikasi adalah iPhone 3G atau model iPad, iTunes 7.7 ke atas, iOS 2.0, dan juga sebuah akun Apple. Dengan memenuhi persyaratan tersebut, anda langsung bisa menikmati aplikasi di iPhone atau perangkat keluaran Apple lainnya.


Cara Memasang Aplikasi di iPhone


1. Cara menemukan aplikasi


Saat anda telah berada di Itunes Store, anda memiliki dua pilihan. Pertama, anda bia mencari sebuah aplikasi dengan cara mengetik namanya di kotak pencarian di bagian sudut atas jendela iTunes. Atau, anda bisa mencari tomnol garis di bagian atas. Klik di bagian tengahnya yang merupakan App Store. Setelah itu, anda akan masuk ke dalam beranda App Store. Untuk mencari aplikasi yang spesifik atau aplikasi dengan tipe yang general, masukkan pencarian anda di kotak pencarian setelah itu tekan Return atau Enter. Daftar dari hasil pencarian akan menunjukkan semua item di iTunes yang cocok dengan pencarian anda. Termasuk juga musik, film, buku, aplikasi dan lain-lain. Yang bisa anda lakukan adalah:

Lihat semua – klik pada pilihal “Lihat Semua” di bagian kanan dari boks hasil pencarian untuk melihat semua aplikasi yang cocok dengan pencarian anda.

Kategori hasil – klik iPhone Apps di kolum bagian kanan hasil pencarian anda dan lihat aplikasi dengan tampilan layar yang utuh.

Memilih aplikasi – jika aplikasi yang anda cari berada pada salah satu dari semua hasil pencarian, maka anda bisa langsung mengkliknya.

Berbeda jika anda belum tahu aplikasi yang anda cari secara tepat, maka anda bisa melakukan browsing di App Store Pada bagian beranda App Store, anda bisa melihat banyak sekali fitur yang tersedia berupa aplikasi. Namun, anda bisa menemukan lebih banyak dengan cara mengklik link di bagian sisi kanan beranda atau klik panah di menu App Store yang berada di bagian atas halaman.

Setelah itu, menu akan menampilkan semua kategori aplikasi yang tersedia di store. Klik kategori yang anda minati untuk dilihat. Entah dengan cara melakukan pencarian di kotak boks atau dengan cara browsing, jika anda telah menemukan aplikasi yang tepat bagi anda, maka anda tinggal mengkliknya saja. Beberapa aplikasi ada yang gratis dan berbayar.


2. Mengunduh da membayar aplikasi


Ketika anda mengklik aplikasi, anda akan terbawa ke halaman yang isinya mendeskripsikan aplikasi, screenshots, ulasan pengguna, persyaratan, serta cara mengunduh atau membeli aplikasi. Di bagian kiri layar, anda akan menemukan informasi dasar tentang asplikasi. Sementara di bagian kiri, akan ditemukan rincian lainnya. 

Pastikan perangkat iPhone anda kompatibel sebelum membeli aplikasi. Jika anda sudah siap untuk mengunduh atau membeli, klik tombol yang berada pada bagian bawah ikon dari aplikasi tersebut. Jika aplikasinya berbayar, maka akan tampil harga pada tombol, sementara aplikasi gratis akan tertera gratis atau free. Klik tombol tersebut. Kemungkinan ana akan diminta untuk sign in menggunakan akun iTune untuk melengkapi syarat pembelian aplikasi berbayar.


3. Sinkronisasi App ke perangkat iOS 


Tidak seperti software yang lainnya, cara memasang aplikasi di iPhone tidak berlaku pada perangkat selain dengan sistem iOS seperti Windows maupun Mac OS. Ini artinya, anda memerlukan untuk sinkronisasi aplikasi ke iPhone untuk bisa menggunakannya. Sinkronisasi tidak hanya mentransfer data, tapi juga demi memback-up iPhone anda.

Langkah pertama untuk sinkronisasi iPhone ke komputer cukup mudah. Colokkan kabel yang sepaket dengan iPhone anda ke USB port komputer. Klik ikon iPhone di sudut kanan bawah jendela untuk membuka layar summary. Layar ini menawarkan tinjauan dasar dan informasi pilihan tentang iPhone anda, berupa iPhone, BackUp dan Opsi.


Sinkronisasi aplikasi buku


Gunakan Books screen untuk mengatur file iBooks da PDF disinkronkan ke iPhone anda. Cek kotak yang berada di samping Siync Books untuk dapat mensinkronisasi buku dari HD ke iPhone. Jika memilih All Books, maka semua buku otomatis tersinkronisasi, jika buku terpiliha maka hanya yang tercentang saja yang disinkronisasi.


Sinkronisasi aplikasi musik


Pilih tab musik i bagian panel kiri iTunes. Klik sinkronisasi musik di bagian atas layar iTunes agar musik tersinkronisasi di iPhones. Anda bia mensinkronisasi semua file musik manakala jumlah memori penyimpanan lebih besar dari ukuran perpustakaan musik. Setelah itu, tentukan playlist  lalu sinkronisasi musik yang suda diunduh ke iPhone anda.


Sinkronisasi aplikasi film


Di taab film, anda akan mengontrol sinkroniasa film dan video yang bukan bagian dari TV show. Klik kotak yang berada di samping Sync Movies untuk bisa mensinkronisasi film ke iPhone anda. Pilih syn otomatis jika ana ingin iTunes melakukan sinkronisasi film secara default. Sebaliknya, anda bisa memilih beberapa film yang mau disinkronisasi aja.


Sinkronisasi podcast


Sinkronisasi podcast merupakan cara memasang aplikasi di iPhone yang jarang dilakukan pengguna. Meski begitu, anda perlu tahu bagaimana cara sinkronisasinya. Mirip dengan sinkronisasi film, anda bisa memilih untuk melakukan sinkronisasi semua atau sebagian. Jika sebagian, klik podcast dengan episode tertentu.