Skip to main content

Cara Memasak Telur dengan Benar

Cara Memasak Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat. Telur dianggap mampu meningkatkan kesehatan dan mengatasi masalah obesitas. Satu telur utuh mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi. Maka dari itu, telur banyak digunakan sebagai lauk pendamping makan. Di Indonesia sendiri juga banyak terdapat resep mengenai cara memasak telur.

Mudahnya menemukan dan mengolah telur membuat telur banyak diminati dan dicari sebagai salah satu bahan makanan. Telur juga dipakai sebagai bahan utama dalam mengolah makanan, misalkan membuat kue dan makanan olahan lain. Maka tak heran apabila hampir selalu ada di setiap dapur rumah.

Telur dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Pada umumnya masyarakat cenderung memasak telur dengan menjadikannya telur mata sapi sebagai lauk makan. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah mainstream. Padahal seperti yang telah kita ketahui banyak terdapat cara memasak telur selain memasaknya menjadi telur mata sapi.


Cara Memasak Telur dengan Benar



1. Mengolah telur menjadi telur crispy


Langkah pertama adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu telur sebanyak dua butir, satu bungkus tepung bumbu serbaguna, dan garam secukupnya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengocok telur dan menambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera Anda. Lalu, panaskan teflon dan goreng telur.

Setelah matang, angkat telur dari teflon, tiriskan, dan potong berbentuk persegi panjang. Kemudian, larutkan tepung bumbu serbaguna dengan air. Masukkan telur ke dalam larutan tepung tersebut. Setelah itu, goreng telur hingga kering. Angkat telur dari penggorengan, tiriskan, dan telur crispy siap disajikan.


2. Mengolah telur menjadi telur kukus


Siapkan bahan-bahan. Bahan yang diperlukan adalah telur ayam, tiga kotak tahu putih, dua batang daun bawang yang telah dirajang halus, satu batang wortel yang telah dirajang tipis, dan garam secukupnya.

Langkah yang pertama adalah merebus tahu selama menit, tiriskan dan haluskan. Campurkan tahu yang sudah dihaluskan, daun bawang, wortel, dan garam sesuai selera. Kemudian, masukkan telur ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga merata. Setelah itu, tuangkan ke dalam mangkuk, kukus hingga matang, keluarkan, dan telur kukus siap untuk dihidangkan.


3. Mengolah telur menjadi telur dadar gulung


Bahan yang diperlukan adalah dua butir telur ayam, dua daun bawang yang telah dirajang halus, satu batang wortel yang telah dipotong dadu, garam dan sedikit merica. Langkah yang pertama adalah mengocok telur ayam, campurkan dengan daun bawang, wortel, garam, dan merica secukupnya.


Baca Juga : 8 Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker


Langkah selanjutnya yaitu memanaskan teflon dengan api sedang. Apabila sudah panas, tuangkan adonan tadi ke dalamnya. Jika sudah setengah matang dan masih agak basah, lipat perlahan adonan telur hingga membentuk sebuah gulungan. Setelah telur menguning, angkat telur, tiriskan, dan telur dadar gulung siap dihidangkan.


4. Mengolah telur menjadi kentang goreng telur ceplok


Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu tiga butir telur, dua buah kentang, dua buah wortel, satu batang daun bawang, merica, dan garam secukupnya. Cara membuatnya yaitu dengan memarut secara memanjang kentang dan wortel yang sudah dikupas. Pastikan kentang dan wortel sudah dicuci dengan bersih.

Langkah selanjutnya adalah memotong halus daun bawang. Campurkan semua bahan, yaitu telur, kentang, wortel, bawang, dan merica dalam sebuah wadah. Aduk rata. Setelah merata, goreng adonan dengan teflon yang sebelumnya telah dipanaskan.

Lalu, bentuk bentuk bulatan dan beri lubang di tengahnya. Setelah setengah matang, letakkan kuning telur di tengah adonan yang sudah dibentuk tadi. Goreng hingga matang, angkat, dan kentang goreng ceplok siap dihidangkan.


5. Mengolah telur menjadi sandwich telur mayonaise


Untuk membuat sanwich telur mayonaise dibutuhkan beberapa bahan-bahan. Bahan yang diperlukan adalah dua butir telur ayam rebus, satu bungkus roti tawar kupas, satu sachet mayonaise, satu bungkus keju slice, dan tiga sendok makan mentega.

Langkah pertama membuatnya yaitu dengan menghancurkan telur rebus terlebih dahulu. Anda bisa menghancurkannya dengan menggunakan garpu. Setelah hancur, campurkan dengan mayonaise dan aduk hingga merata.

Kemudian, siapkan roti tawar kupas yang telah diolesi mentega. Tambahkan telur mayo, keju slice, telur mayonaise lagi, dan tutup dengan roti kupas. Dan yang terakhir potong roti menjadi dua bagian.


Tips Memasak Telur


Agar kandungan baik di dalam telur dapat terserap sempurna ke dalam tubuh, diperlukan tips mengenai cara memasak telur yang baik. Berikut merupakan tips tersebut:

1. Memilih telur yang segar sebelum memasaknya. Telur yang masih segar adalah telur terbaik untuk dimasak. Cara mengetahui tingkat kesegaran telur dapat dilakukan dengan mengapungkan telur di baskom. Telur yang paling tenggelam adalah telur yang paling segar.

2. Memasak telur dengan menggunakan suhu yang tinggi dan stabil. Hal tersebut bertujuan untuk membuat minyak dalam kondisi terbaik. Kondisi minyak terbaik adalah ketika dipanaskan di suhu yang tinggi dan stabil. Minyak dalam kondisi yang baik akan menangkal terbentuknya radikal bebas yang berbahaya pada makanan.

3. Jangan memasak telur terlalu lama. Telur yang dimasak terlalu lama akan membuat telur terlalu matang. Telur yang demikian lebih rentan kehilangan kandungan-kandungan yang positif daripada telur yang dimasak setengah matang. Maka dari itu, jangan memasak telur terlalu lama agar kandungan baik dalam telur tetap terjaga.

4. Menghidangkan telur bersama dengan sayuran-sayuran lain. Seperti halnya telur, sayuran juga dipercaya memiliki banyak sekali antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat, sehingga mengkombinasikannya dengan telur ketika makan jauh lebih baik ketimbang memakan telur dan mencampurkannya dengan bumbu-bumbu cepat saji yang mengandung bahan pengawet.