Cara Memasak Kerang Hijau Yang Benar

Cara Memasak Kerang Hijau Yang Benar

Cara Memasak Kerang Hijau

Seafood menjadi makanan paling banyak dicari di daerah tropis. Berbagai jenis olahan makanan seafood memang menjadi cita rasa yang khas yang banyak diminati di berbagai kalangan. Maka tak heran apabila restoran makanan seafood selalu laris oleh pembeli. Salah satunya adalah kerang hijau dan juga diperlukan tips cara memasak kerang hijau agar masakan memiliki cita rasa yang khas.

Kerang hijau merupakan salah satu jenis seafood yang kaya akan manfaat karena kandungan gizinya yang sangat melimpah. Kandungan gizi yang terdapat di dalam kerang hijau yakni protein, asam amino, asam lemak omega 3 dan omega 6, dan zat mineral. Kerang hijau dipercaya baik untuk jantung dan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung.

Meskipun memiliki banyak manfaat, terdapat sebagian masyarakat takut mengkonsumsi kerang hijau karena dinilai berbahaya dan beracun. Padahal kerang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik. Kerang dapat menjadi beracun apabila dimasak dengan cara yang salah. Maka dari itu, cara memasak kerang hijau tidaklah mudah, dan butuh langkah-langkah khusus agar kerang tidak beracun.



Cara Memasak Kerang Hijau Yang Benar


1. Menumis Kerang Hijau


a. Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu: 1350 gram kerang hijau, 5 siung bawang putih, 2 sdm minyak zaitun, 2 ons daun mint, 2 ons selasih, ¾ ons daun bawang, 1 buah paprika merah yang sudah dipotong, 1 sdm kecap, 1 sdm kanola, dan lada sesuai selera.

b. Pastikan kerang dan bahan-bahan sudah dicuci hingga bersih.

c. Setelah selesai mencuci, tiriskan.

d. Potong daun bawang dan paprika merah.

e. Masukkan kecap, gula, dan lada dalam sebuah wadah. Lalu, aduk hingga merata.

f. Panaskan penggorengan dan tumis bawang putih serta minyak zaitun selama tiga puluh detik. Pastikan memanaskan menggunakan api yang besar.

g. Masukkan kerang ke dalam penggorengan dan tumis hingga cangkang kerang terbuka. Biasanya memakan waktu sekitar tiga hingga lima menit.


Baca Juga : Cara Memasak Hash Kornet Sapi Yang Enak


h. Tambahkan kecap, dan terus aduk sampai semua kerang terbuka. Jangan lupa tambahkan daunt mint, daun bawang, dan paprika.

i. Terus masak hingga tercium aroma harum.

j. Sajikan tumis kerang hijau dalam sebuah piring saji. Anda juga dapat menghiasnya dengan menggunakan tomat ataupun cabai.


2. Merebus Kerang Hijau


a. Siapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan adalah: 1800 gram kerang hijau, 2 sdm minyak zaitun, 1 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 buah lemon, 236 ml kaldu ayam.

b. Masukkan kaldu ayam ke dalam panci. Lalu, tambahkan semua bumbu dan panaskan.

c. Tambahkan kerang hijau ke dalam panci dan rebus hingga semua cangkang kerang terbuka. Biasanya membutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan menit.

d. Angkat kerang dari dalam panci dan tiriskan.

e. Hidangkan kerang hijau rebus ke dalam piring saji. Jangan lupa tuangkan air rebusannya sesuai selera Anda dan tambahkan perasaan jeruk lemon untuk menambah cita rasa.


3. Kerang Hijau Bakar


a. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan, yakni: 1350 gram kerang hijau yang telah dicuci, ½ batang mentega, 3 sdm peterseli, 1 buah lemon, garam secukupnya, dan lada sesuai selera.

b. Langkah kedua adalah memanaskan pemanggang. Gunakan api sedang untuk memanggang dan jangan lupa mengoleskan sedikit minyak pada pemanggang.

c. Panaskan panci menggunakan api sedang. Lelehkan mentega ke dalam panci. Angkat dan tambahkan 3 sdm peterseli. Kemudian aduk hingga merata.

d. Letakkan kerang hijau di atas pemanggang. Anda dapat menata kerang menjadi satu barisan. Jangan menumpuk kerang karena akan menyebabkan kerang matang dengan tidak sempurna.

e. Belah lemon menjadi dua bagian dan letakkan di samping tatanan kerang hijau di atas pemanggang. Jangan lupa letakkan bagian lemon yang dibelah di bawah. Jangan sampai terbalik.

f. Bakar kerang hingga semua cangkang terbuka. Anda dapat membuang kerang yang cangkangnya tidak terbuka. Biasanya memakan waktu sekitar lima menit.

g. Setelah matang, angkat kerang menggunakan penjepit dan letakkan di atas piring saji. Anda dapat menata kerang hijau yang sudah matang sesuai selera Anda agar kerang hijau bakar terlihat lebih indah.

h. Lalu, tuangkan campuran mentega di atas tananan kerang hijau yang sudah matang tersebut.

i. Taburkan garam dan lada sesuai selera Anda.

j. Kerang hijau bakar siap disajikan. Anda juga dapat menikmatinya dengan lemon yang telah dipanggang.


Tips Memilih dan Memasak Kerang Hijau


1. Pastikan membeli kerang ditempat yang terpercaya. Pastikan membeli kerang yang masih segar dan tidak terkontaminasi oleh polusi. Ciri kerang yang masih segar ialah tidak berlendir dan berbau busuk, cangkang tertutup rapat dan susah dilepas, serta kenyal ketika dipegang. Hindari kerang yang berbau, misalnya berbau logam atau bahan kimia.

2. Sebelum mengolah kerang, cuci kerang terlebih dahulu. Pastikan mencuci dengan air yang bersih. Ketika mencuci kerang disarankan menggunakan air mengalir. Sebelum mencuci kerang, Anda juga dapat merendamnya dengan air garam terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar cangkang kerang mudah terbuka, sehingga kotoran di dalamnya dapat keluar.

3. Rebus kerang terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Setelah itu barulah mengolah kerang sesuai selera dan keinginan. Anda dapat mengolah kerang dengan menumis, menggoreng, ataupun memanggangnya.

4. Apabila tidak ingin langsung memasaknya, simpan kerang dalam sebuah wadah yang tertutup, misalnya toples dan masukkan ke dalam freezer. Anda dapat menyimpannya selama dua minggu atau datu bulan. Disarankan jangan menyimpan kerang di dalam freezer lebih dari satu bulan. Anda juga tidak disarankan menyimpan kerang dengan merendamnya karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap.