Skip to main content

Cara Memasak Hash Kornet Sapi Yang Enak

Cara Memasak Hash Kornet Sapi

Apabila bingung mencari makanan untuk makan malam dan bosan dengan menu makan malam Anda, Anda dapat mencoba hidangan hash kornet sapi sebagai menu makan malam Anda. Cara memasak hash kornet sapi cukup mudah tidak terlalu merepotkan. Cocok bagi Anda yang tidak suka berlama-lama di dalam dapur, namun menginginkan hidangan yang lezat.

Makanan asal Irlandia ini memang tidak terlalu booming di Indonesia seperti makanan-makanan China, Jepang, ataupun Korea. Akan tetapi, hash kornet sapi cukup memiliki banyak penggemar di Indonesia karena cita rasanya yang khas. Hash kornet sapi biasanya juga banyak dijadikan menu di beberapa warung makan di Indonesia.

Anda juga dapat menikmati hash kornet sapi di rumah Anda tanpa harus keluar rumah untuk mencarinya di warung makan terdekat. Pastikan Anda memiliki sekaleng kornet sapi di dalam kulkas Anda, Anda dapat mengolahnya menjadi hash kornet sapi. Cara memasak hash kornet sapi cukup mudah dan dapat menjadi menu makan klasik dengan cita rasa yang luar biasa.


Cara Memasak Hash Kornet Sapi


1. Hash Kornet Sapi Rebus


a. Siapkan bahan yang diperlukan. Untuk membuat hash kornet sapi rebus, Anda membutuhkan tiga sendok makan mentega, satu siung bawang, dua cangkir kornet sapi, dua cangkir kentang, peterseli, ¼ krim  dan dua butir telur, serta garam dan merica secukupnya. Pastikan Anda telah mencincang bawang, kornet sapi, dan peterseli terlebih dahulu.

b. Langkah yang pertama adalah menyiapkan kentang terlebih dahulu. Kupas kentang lalu cuci kentang dengan bersih. Setelah itu potong kentang dengan menggunakan pisau. Pastikan Anda memotong kentang dengan bentuk seperti dadu. Tuangkan potongan kentang ke dalam wajan yang belum dipanaskan.

c. Potong kecil-kecil daging kornet yang sudah dicincang dan masukkan daging kornet tersebut ke dalam wajan.

d. Siapkan bawang yang telah dipotong dadu kecil-kecil. Masukkan ke dalam wajan yang berisi kentang dan kornet sapi. Apabila Anda memiliki kubis di dapur, Anda juga dapat mencampurkannya ke dalam wajan. Anda juga dapat memasukkan kubis berbentuk lembaran atau memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan selera Anda.

e. Apabila Anda menginginkan cita rasa yang lebih sedap, Anda dapat menambahkan kaldu sapi ke dalam masakan Anda.

f. Setelah memastikan semua bahan telah masuk ke dalam wajan tutup wajan. Panaskan dengan suhu api sedang dan tunggu hingga mendidih.

g. Apabila kaldu sapi setengah terserap ke dalam daging, masukkan garam dan merica sesuai selera Anda. Aduk hingga merata.

h. Masak lagi hingga mendidih. Daging yang sudah matang ditandai dengan terserapnya kaldu sapi ke dalam daging. Akan tetapi, jika Anda ingin menikmati hash kornet sapi dengan sedikit kuah, matikan kompor saat kaldu masih sedikit tersisa. Jangan biarkan semua kaldu menyerap ke dalam daging.

i. Setelah dirasa kaldu cukup menyerap dan daging terasa lunak, angkat daging, dan sajikan dengan menggunakan piring saji. Anda dapat menghidangkan hash kornet sapi rebus dengan taburan peterseli yang telah dicincang.

2. Roti Hash Kornet Sapi Spesial


Resep ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin masakan simple dan tidak membutuhkan banyak bahan. Roti hash kornet sapi spesial juga cocok digunakan untuk sarapan. Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

a. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat Roti hash kornet sapi spesial, Anda hanya membutuhkan satu kaleng hash kornet sapi, satu buah bawang manis atau salad, satu cangkir mayones, serta garam dan merica secukupnya.

b. Langkah yang pertama untuk membuat roti hash kornet sapi spesial adalah dengan mencampurkan satu kaleng hash kornet sapi, satu buah bawang manis atau salad, satu cangkir mayones, serta garam dan merica ke dalam sebuah wadah. Lalu, aduk hingga merata.

c. Selanjutnya panggang roti yang telah disediakan. Sebelum memanggang roti, Anda dapat mengoleskan mentega terlebih dahulu. Anda juga dapat langsung menggunakan roti jika tidak ingin memanggangnya terlebih dahulu.

d. Oleskan adonan hash kornet sapi ke dalam roti sebagai selai.

e. Sebelum menghidangkan, Anda dapat memotongnya terlebih dahulu. Kemudian, hidangkan sebagai menu sarapan Anda. Menu roti hash kornet sapi spesial juga cocok untuk dihidangkan sebagai menu diet Anda.


Tips Memasak Hash Kornet Sapi


1. Ketika membeli kornet sapi, Anda dapat memilih kornet sapi siap saji berbentuk kaleng ataupun membeli daging sapi yang masih segar. Apabila menggunakan kornet sapi siap saji, jangan lupa untuk melihat dan memeriksa tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu.

2. Apabila tidak ingin langsung memasaknya, simpan di dalam freezer agar kesegarannya terjaga.

3. Meskipun daging disimpan di dalam kaleng, Anda tetap harus mencucinya terlebih dahulu hingga daging tersebut bersih.

4. Apabila daging beku, rendamlah dengan air terlebih dahulu agar es yang menyelimuti daging mencair.

5. Anda dapat membaluri daging sapi dengan parutan nanas terlebih dahulu. Hal itu bertujuan membuat daging lebih lunak, sehingga Anda tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk memasaknya.

6. Apabila tidak memiliki persediaan nanas di dapur, Anda dapat merebusnya terlebih dahulu sebelum memasak hash kornet sapi agar daging lebih cepat lunak.

7. Anda juga dapat melumuri daging sapi dengan garam di permukaannya untuk membuat daging sapi lebih mudah lunak dan lezat saat dimasak. Akan tetapi, jangan lupa untuk mencucinya lagi setelah membalurinya dengan garam agar tidak meninggalkan rasa asin ketika memasak daging sapi tersebut.