Skip to main content

Cara Memasak Ekor Lobster

Cara Memasak Ekor Lobster

Memasak lobster merupakan suatu hal yang jarang ditemui di Indonesia. masyarakat juga masih terlalu asing untuk mengolah lobster menjadi makanan. Padahal ekor lobster sangat nikmat untuk diolah menjadi makanan. Hal tersebut memang wajar, karena lobster biasanya disediakan di restoran yang mewah. Maka dari itu, banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara memasak ekor lobster.


Cara Memasak Ekor Lobster



Lobster sendiri memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, banyak masyarakat yang tidak mengetahui kandungan yang terdapat di dalam lobster ini. kandungan-kandungan gizi yang terdapat dalam lobster adalah protein, omega 3, vitamin B12, magnesium, fosfor, kalium, dan sebagainya.

Lobster sangat baik untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit alzheimer, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi masalah kesehatan lainnya. Banyaknya manfaat yang terdapat di dalam lobster juga sepadan dengan harganya yang sangat mahal, sehingga hanya disediakan di restoran mewah saja.


Tips Membeli Ekor Lobster


1. Anda dapat membeli lobster di tempat penjualan ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan. Lobster yang masih segar lebih enak dimasak daripada lobster yang sudah tidak segar lagi.

2. Apabila Anda membeli lobster di supermarket, pastikan Anda memilih lobster yang beku.

3. Saat membeli lobster, jangan membeli lobster yang dibungkus dengan natrium trifosfat karena membuat lobster lebih berat dan harganya pun lebih mahal dari biasanya.


Tips Mencuci Lobster


1. Masukkan lobster ke dalam wadah yang telah berisi air dan es batu.

2. Apabila lobster dalam keadaan beku, Anda dapat memasukkan lobster ke dalam wadah yang berisi air saja, kemudian diamkan beberapa saat hingga es yang menyelimuti lobster mencair.

3. Gosok kulit lobster menggunakan sikat berbulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada lobster. Lakukan hingga kulit lobster terlihat lebih cerah dan bersih.

4. Lap lobster untuk menghilangkan sisa air pada lobster dan letakkan di atas talenan dengan posisi bagian bawah menghadap atas.

5. Kemudian potong saraf utama lobster untuk mematikan lobster dengan memasukkan ujung pisau di antara bagian kepala dan tubuh lobster.


Baca Juga : 5 Cara Memasak Brokoli yang Benar


6. Potong memutar searah jarum jam. Pastikan tidak berlawanan dengan jarum jam agar ekor lobster tidak terbuka.

7. Potong bagian ekor, kaki, dan tangan lobster.

8. Gunting dengan gunting bagian yang tidak terpotong. Jangan memotong menggunakan pisau di bagian tersebut agar daging tetap utuh.


Cara Memasak Ekor Lobster


Cara memasak ekor lobster dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah:

1. Ekor Lobster Panggang

a. Sediakan oven yang telah dipanaskan pada suhu 1900 C.

b. Siapkan ekor lobster yang sudah dicuci dan dipotong sesuai tips di atas.

c. Siapkan bumbu sesuai selera Anda. Untuk memanggang lobster biasanya bumbu yang
diperlukan adalah minyak zaitun, paprika, lada, garam, perasan air lemon, dan butter. Anda dapat mengganti bumbu tersebut dengan bumbu yang Anda sukai.

d. Masukkan lobster ke dalam oven. Setiap 28 gram daging membutuhkan waktu sekitar satu setengah menit. Apabila Anda memiliki lobster dengan berat 225 gram berarti membutuhkan waktu sebanyak 12 menit dengan suhu sekitar 1900 C agar lobster matang dengan sempurna.

e. Sebelum lobster matang dengan sempurna, keluarkan lobster dari oven dan oleskan butter. Kemudian, masukkan ke dalam oven kembali dan lanjutkan proses memasaknya sekitar satu atau dua menit.

f. Setelah itu, perhatikan lobster di dalam oven untuk memastikan tingkat kematangannya. Sekiranya lobster sudah matang, keluarkan lobster dari oven dan sajikan.

2. Ekor Lobster Rebus

a. Siapkan panci yang telah diisi enam hingga delapan cangkir air garam. Air tersebut hanya bisa
digunakan untuk empat ekor lobster saja. Apabila lobster yang Anda masak lebih dari empat, Anda dapat menambahkan air garamnya lagi dan mengganti panci dengan ukuran yang lebih besar.

b. Panaskan panci dengan air garam tersebut hingga mendidih.

c. Setelah mendidih masukkan ekor lobster ke dalam panci tersebut. Lalu biarkan beberapa saat.

d. Masak lobster hingga matang. Setiap 28 gram ekor lobster membutuhkan waktu sekitar satu menit hingga lobster tersebut matang. Apabila Anda memasak lobster dengan berat masing-masing 280 gram, Anda dapat memasaknya bersamaan selama sepuluh menit saja, jangan memasaknya sendiri-sendiri.

e. Setelah ekor lobster matang, buka cangkang lobster. Anda dapat melakukannya dengan hati-hati agar daging lobster tidak rusak.

f. Kemudian, tambahkan butter dan air lemon. Ekor lobster rebus siap disajikan.

3. Ekor Lobster Goreng

a. Jangan lupa mencuci lobster terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan daging lobster dari ekor
lobster.

b. Siapkan penggorengan yang telah diisi dengan satu sendok makan minyak zaitun.

c. Panaskan penggorengan dengan suhu api sedang.

d. Masukkan lobster ke dalam penggorengan dan masak selama tiga menit. Lamanya memasak lobster tergantung dari banyaknya lobster dan besarnya ukuran penggorengan. Apabila ukuran penggorengan besar dan berisi ekor lobster yang lebih banyak, tentu juga membutuhkan waktu yang lebih lama pula. Anda dapat melihatnya dari warna lobster. Lobster yang berwarna keruh adalah lobster yang sudah matang.

e. Kamudian, angkat lobster dari penggorengan. Sajikan di atas piring saji dengan perasan air lemon dan butter.


Tips Memasak Ekor Lobster


1. Baik digoreng, direbus, ataupun dipanggang, jangan memasak lobster terlalu lama dan terlalu matang. Proses memasak yang terlalu lama menyebabkan lobster menjadi liat dan susah dimakan. Apabila ekor lobster warnanya telah berubah menjadi sedikit keruh dan tidak bening lagi, hentikan proses memasak.