5 Cara Memasak Brokoli yang Benar

5 Cara Memasak Brokoli yang Benar

Cara Memasak Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan manfaat. Brokoli dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan risiko stroke. Maka dari itu, mengkonsumsi brokoli sangatlah baik untuk tubuh. Cara memasak brokoli dapat dilakukan dengan menumis, mengukus, ataupun memanggang brokoli.

Manfaat yang terdapat di dalam brokoli diantaranya sebagai zat antikanker, antioksidan, vitamin A untuk kesehatan mata, kaya vitamin K, serta sebagai sumber folat dan mineral yang baik. Manfaat-manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalam brokoli yaitu, sulforaphane. Sulforaphane merupakan senyawa yang bagus untuk melawan sel kanker.

Banyaknya kandungan yang terdapat di dalam brokoli akan hilang dan tidak masuk ke dalam tubuh apabila brokoli tidak diolah dengan cara yang benar. Maka dari itu, diperlukan tips mengenai cara memasak brokoli yang benar sehingga kandungan yang terdapat di dalam brokoli dapat terserap ke dalam tubuh secara sempurna.


Cara Memasak Brokoli

1. Mengukus Brokoli


Langkah pertama dalam mengukus brokoli adalah dengan mencucinya terlebih dahulu. Anda juga bisa merendam brokoli terlebih dahulu dengan air yang telah dicampur garam. Kemudian, tunggu sekitar sepuluh menit. Setelah itu, barulah membilasnya dengan air bersih. Merendam brokoli dengan air garam bertujuan mematikan hama yang masih menempel di brokoli.

Langkah selanjutnya adalah membuang batang brokoli dan memotong kuntum brokoli. Setelah itu, letakkan kukusan ke dalam panci dan isi panci dengan air. Lalu panaskan panci tersebut di atas kompor. Setelah mendidih buka tutup panci dan masukkan brokoli ke dalamnya, lalu tutup panci kembali.

Setelah memasukkan brokoli ke dalam panci, tunggu sekitar tiga sampai lima menit hingga brokoli matang. Waktu tersebut tergantung seberapa banyak brokoli yang Anda kukus. Setelah matang, angkat panci dari kompor. Jangan lupa untuk segera membuka tutup panci agar brokoli terkena udara segar serta membuat brokoli tidak mudah lembek dan basah.

Letakkan brokoli ke dalam piring saji. Anda dapat menyajikan brokoli tawar ataupun mencampurkannya dengan saus, mayones, ataupun bumbu lain sesuai selera dan keinginan Anda.


2. Memasak Brokoli yang masih beku


Langkah pertama memasak brokoli yang masih beku adalah dengan membuang batang utama brokoli dan memotong kuntum brokoli kecil-kecil sesuai dengan selera. Setelah itu masukkan brokoli ke dalam panci yang telah berisi air. Ukuran air kira-kira sekitar lima hingga  tujuh sentimeter. Lalu panaskan panci di atas kompor.



Baca Juga : Cara memasak ayam teriyaki Yang Enak



Setelah mendidih, angkat panci dari atas kompor, tiriskan, dan brokoli siap disajikan. Anda dapat menghidangkan brokoli tawar ataupun mencampurkannya dengan bumbu lain sesuai selera Anda.


3. Menumis Brokoli


Sama seperti cara-cara lain, langkah utama dalam memasak brokoli adalah mencuci brokoli terlebih dahulu. Pastikan mencuci dengan air bersih dan cuci dengan bersih hingga kotoran ataupun sisa-sisa hama yang masih menempel di dalam brokoli telah hilang.

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan brokoli. Setelah kering, potong batang utama brokoli dan juga potong kuntum brokoli kecil-kecil sesuai dengan selera. Kemudian, panaskan penggorengan yang telah dituangkan minyak sayur sebanyak dua sendok teh. Api untuk memanaskan adalah api sedang hingga tinggi.

Setelah penggorengan mulai memanas, masukkan brokoli ke dalamnya dan tambahkan sedikit garam. Aduk brokoli dengan menggunakan spatula. Selain itu, Anda juga dapat menggoyang-goyangkan brokoli di penggorengan. Lakukan hingga brokoli berwarna hijau. Setelah memastikan brokoli sudah matang, matikan kompor dan hidangkan brokoli ke dalam piring saji.


4. Memanggang Brokoli


Langkah pertama ketika memanggang brokoli adalah dengan memanaskan oven hingga 4250 F atau 2180 C. Langkah selanjutnya pisahkan brokoli dari batang dan potong kuntum brokoli. Sebelum memotong brokoli pastikan brokoli dalam keadaan kering. Apabila brokoli dalam keadaan basah akan menghasilkan hasil yang sedikit basah pula.

Campurkan brokoli yang sudah dipotong dengan tiga sendok teh minyak zaitun. Tambahkan pula garam sebanyak setengah sendok teh. Aduk hingga merata dan letakkan brokoli ke dalam loyang yang telah dilapisi alumunium foil. Ketika meletakkan brokoli, jangan meletakkan secara rapat dan bertumpuk. Beri sedikit jarak antar brokoli.

Setelah itu, masukkan brokoli ke dalam oven. Biarkan selama dua puluh sampai tiga puluh menit, hingga terbentuk karamel di tengah brokoli. Setelah memastikan brokoli sudah renyah dan terbentuk karamel, keluarkan brokoli dari dalam oven. Sajikan brokoli di atas piring saji. Anda juga dapat menaburi brokoli dengan air perasan lemon atau campurkan dengan makanan lain sesuai selera.


5. Merebus Brokoli


Cara pertama pisahkan brokoli dari batang dan potong kuntum brokoli kecil-kecil. Sebelum memotong pastikan brokoli telah dicuci dengan air bersih. Lalu, siapkan mangkuk yang telah diisi dengan air es. Setelah itu, siapkan air dalam panci dan rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan dua sendok makan garam ke dalam panci.

Langkah selanjutnya ialah memasukkan brokoli ke dalam panci. Rebus hingga brokoli menjadi lunak dan renyah. Biasanya memakan waktu sekitar satu hingga satu setengah menit, tergantung banyaknya brokoli yang direbus.

Setelah matang, matikan kompor dan angkat brokoli dari panci. Tiriskan brokoli, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air es yang telah disediakan. Langkah terakhir adalah menyajikan brokoli.


Tips Memasak Brokoli


1. Saat mencuci brokoli pastikan Anda mencuci sebelum brokoli dipotong, karena mencuci brokoli yang telah dipotong akan menghilangkan kandungan yang terdapat di dalam brokoli.

2. Baik brokoli yang masih segar ataupun yang telah dibekukan, jangan memasaknya terlalu lama, karena selain menghasilkan brokoli yang terlalu lembek juga membuat kandungan di dalam brokoli ikut menghilang.