Cara memasak ayam teriyaki Yang Enak

Cara memasak ayam teriyaki Yang Enak

Cara memasak ayam teriyaki

Olahan makanan berbahan dasar ayam telah menjamur hampir di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Ayam memang seolah telah menjadi primadona di masyarakat, baik karena rasanya ataupun kemudahan dalam mengolahnya. Salah satu mengolah ayam adalah mengolahnya menjadi ayam teriyaki. Cara memasak ayam teriyaki cukup mudah untuk dilakukan.

Ayam teriyaki merupakan resep masakan dari Jepang. Meskipun demikian, ayam teriyaki cukup fenomenal dan memiliki banyak penggemar. Hal ini dapat dilihat, dari beberapa toko ayam teriyaki yang selalu ramai oleh pengunjung. Ayam teriyaki juga dapat menjadi alternatif lain, bagi orang-orang pecinta masakan ayam yang bosan dengan masakan ayam yang terlalu mainstream.

Menjamurnya toko ayam teriyaki juga menjadi bukti bahwa cara memasak ayam teriyaki tidaklah sulit dan cukup mudah untuk dilakukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak ayam teriyaki juga tidak sulit dan mudah didapatkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak inovasi-inovasi resep untuk memasak ayam teriyaki.

Cara memasak ayam teriyaki


➤ Ayam Teriyaki Saori


a. Silahkan anda siapkan bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 200 gram paha ayam, 100 gram bawang bombai, satu buah cabai merah dan hijau, satu bungkus saori saus teriyaki, dan 3 sendok makan minyak goreng.

b. Langkah yang pertama adalah mengiris cabai merah dan hijau. Pastikan memotong dengan posisi serong bukan memotong secara lurus. Lalu, mengiris bawang bombai seperti biasa.

c. Potong 200 gram paha ayam tanpa tulang. Potong dengan berbentuk dadu.

d. Sediakan wadah. Lalu masukkan paha ayam yang telah dipotong ke dalamnya.

e. Tambahkan satu bungkus saori saus teriyaki ke dalam wadah berisi ayam. Anda dapat membeli saori saus ayam teriyaki di toko atau swalayan terdekat.

f. Diamkan beberapa saat. Biasanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit.

g. Sembari menunggu, Anda dapat menyiapkan penggorengan yang telah berisi minyak goreng dan panaskan.

h. Setelah panas, masukkan cabai merah, cabai hijau, dan bawang bombai yang sudah dipotong. Tumis bumbu tersebut hingga tercium aroma harum.

i. Setelah itu, masukkan paha ayam ke dalam penggorengan. Aduk hingga bumbu terserap ke dalam paha ayam dengan sempurna.


Baca Juga : 27 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



j. Masak hingga daging lunak dan matang.

k. Angkat paha ayam dari penggorengan dan sajikan di atas piring saji. Anda dapat menghiasnya terlebih dahulu sebelum disajikan.

➤ Ayam Tepung Teriyaki


a. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Untuk membuat ayam tepung teriyaki, Anda membutuhkan ¼ gram ayam, satu siung bawang putih, saus tiram, tepung bumbu, tepung maizena, putih telur, garam, es batu, setengah butir bawang bombai, satu bungkus saus teriyaki, dan setengah sendok teh gula.

b. Langkah pertama adalah memotong ayam. Anda dapat memotong ayam dengan potongan besar atau kecil sesuai selera Anda.

c. Kemudian, rendam ayam yang telah dipotong dengan bawang putih yang sudah diiris, saus tiram, kecap, dan garam sesuai selera. Diamkan selama beberapa saat. Biasanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit.

d. Campurkan tepung bumbu dan tepung maizena ke dalam wadah, aduk hingga merata.

e. Masukkan ayam ke dalam campuran tepung tersebut. Baluri ayam dengan campuran tepung itu. Kemudian masukkan ayam ke dalam putih telur, dan masukkan lagi ke dalam campuran tepung. Lakukan berulangkali hingga ayam tepung membalut ayam secara sempurna.

f. Siapkan penggorengan yang berisi minyak goreng. Anda juga dapat mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau blue band sesuai selera Anda. Panaskan minyak tersebut.

g. Setelah minyak panas, masukkan ayam ke dalam penggorengan. Goreng hingga ayam berubah warna menjadi agak kecoklatan.

h. Selanjutnya, geprek bawang putih dan campurkan dengan irisan bombai. Tumis hingga berbau harum.

i. Setelah itu, tuangkan air secukupnya ke dalam tumisan tersebut. Apabila Anda menginginkan kuah yang banyak, Anda dapat menuangkan lebih banyak air ke dalamnya, namun jangan sampai air terlalu banyak karena membuat bumbu tidak begitu terasa.

j. Tambahkan garam, gula, dan saus ayam teriyaki ke dalamnya. Lalu tembahkan dengan tepung maizena hingga kental. Aduk adonan tersebut secara merata, dan masukkan ayam yang telah digoreng ke dalamnya. Kemudian, aduk lagi hingga tercium aroma harum yang menandakan ayam tersebut telah matang.

k. Setelah matang, angkat ayam tersebut dan letakkan di atas piring saji. Sebelum menyajikannya Anda dapat menghiasnya terlebih dahulu agar ayam tepung teriyaki buatan Anda terlihat lebih menarik. Anda dapat menghidangkannya bersama nasi sebagai menu makan siang Anda.


Tips Memasak Ayam Teriyaki


1. Pastikan membeli ayam yang masih segar. Apabila Anda tidak ingin langsung memasaknya, Anda dapat menyimpannya di dalam freezer agar terjamin kesegarannya.

2. Sebelum memasak ayam, pastikan telah mencuci ayam dengan bersih. Agar terjamin kebersihannya cuci ayam dengan menggunakan air mengalir.

3. Rendam ayam dengan parutan nanas sebelum mengolah ayam. Hal tersebut bertujuan untuk membuat ayam lebih lunak sehingga tidak perlu memasak ayam terlalu lama.

4. Apabila Anda tidak memiliki nanas di dapur anda, jangan berkecil hati, Anda dapat merebus ayam terlebih dahulu sebelum memasaknya agar daging ayam lebih lunak tanpa perlu memasaknya lebih lama.

5. Apabila Anda ingin membuat ayam teriyaki saori atau membuat olahan ayam dengan resep lain yang melalui proses penggorengan, jangan goreng ayam dengan api atau suhu yang terlalu tinggi, karena akan membuat ayam yang Anda goreng menjadi cepat gosong. Gunakan api yang sedang saja.