Skip to main content

Cara Memangkas Pohon Palem Dengan Benar

Cara Memangkas Pohon Palem

Banyak yang berpikir bahwa memotong pohon palem akan membantu mereka tumbuh, namun kenyataannya adalah sebaliknya.

Tak memerlukan banyak perawatan dan mengurusnya tidak repot, pohon palem sebenarnya akan tumbuh lebih baik jika tidak dipangkas.

Namun ada saatnya pohon palem harus dipangkas, dan itulah mengapa anda perlu cara memangkas pohon palem yang tepat.

Meskipun anda tidak perlu sering melakukannya, anda harus tahu kapan dan bagaimana cara melakukannya agar pohon palem anda tetap sehat dan terlihat cantik.


Cara Memeriksa Kesehatan Pohon Palem



1. Tentukan apakah ini saat yang tepat untuk memangkas. 


Meskipun ahli perawatan tanaman merekomendasikan untuk memangkas sesedikit mungkin (bahkan menghindarinya), ada beberapa keadaan yang mengharuskan anda untuk memangkas pohon palem. Sebelum memangkas, tentukan apakah anda benar-benar perlu memangkas. Dan ingat, semakin sedikit pemangkasan semakin baik.

Beberapa keadaan yang mengharuskan anda untuk memangkas adalah: menghilangkan batang dan daun kering, menghindari bahaya korslet pada bangunan atau rumah di dekatnya, meningkatkan jarak pandang di jalan, menghindari kerusakan bangunan saat angin kencang, dan untuk menghilangkan buah, biji, serta bunga.


2. Lihat kondisi kesehatan pohon palem.


Jika tidak membahayakan orang atau bangunan, pemangkasan pohon palem hanya perlu dilakukan saat daun palem mati atau rusak, atau saat pohon palem bulai berbuah dan berbunga.

Daun mati yang perlu dipangkas terlihat kecokelatan, kuning, atau putih, dan biasanya kusut serta mengarah ke bawah.

Selain itu, lihat apakah pohon palem ada mengalami kekurangan potassium. Pohon palem yang kekurangan potassium biasanya mempunyai bintik kuning pada daun yang tertua. Jika ini masalah yang ada pada pohon palem anda, jangan memangkasnya karena pohon akan lebih banyak lagi kehilangan nutrisi. Sebaiknya tambahkan suplemen potassium kepada pohon itu.

Daun yang mati harus dipangkas karena jika robek dan jatuh sendiri, pohon palem anda akan mengalami kerusakan. Selain itu, bunga dan buah sebaiknya dipangkas karena menghabiskan makanan dan menghambat pertumbuhan. Jika tidak ada kondisi kesehatan yang telah disebutkan, maka pohon palem anda tak perlu dipangkas.


Cara Memangkas Pohon Palem



1. Bersihkan alat yang akan digunakan untuk memangkas pohon palem.


Jika tak dirawat dengan baik, alat untuk memangkas bisa menyebarkan penyakit dari satu pohon ke pohon yang lain. Semua alat yang anda gunakan harus disterilkan sebelum anda mulai memangkas pohon.


Baca Juga : Tips Merawat Bunga Bugenvil Dengan Benar


Pertama, bersihkan debu dan kotoran yang terlihat. Setelah itu, sterilkan alat dengan cara merendamnya di larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:3. Diamkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, bilas alat-alat dengan air bersih dan biarkan kering sebelum mulai menggunakan.


2. Siapkan alat untuk memanjat.


Sebelum mulai naik untuk memangkas pohon, pastikan alat (terutama tangga) yang akan anda gunakan stabil dan aman. selain itu, pastikan alat yang anda gunakan untuk memanjat tidak melengkungkan, melukai, atau merusak pohon palem. Jika anda merusak batang pohon palem saat memangkas, proses penyembuhannya akan sulit.


3. Hanya pangkas daun yang rusak dan mati.


Memotong daun yang masih sehat bisa menghambat pertumbuhan pohon palem anda sehingga pertumbuhannya juga terhambat. Bahkan pohon palem anda bisa lebih rentan terhadap penyakit.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya menjaga keberadaan daun dewasa sebanyak 2 baris atau lebih. Daun dewasa adalah yang terletak di bawah daun yang baru tumbuh.

Mulailah memangkas pohon palem dari paling bawah. Carilah daun yang mati, kering, atau rusak. Gunakan alat pemangkas anda untuk memotong daun-daun yang rusak tersebut. Potonglah setiap daun paling tidak 5 sentimeter dati batang. Memotong tanpa jarak yang cukup bisa merusak batang pohon.

Jangan pernah memotong bagian paling puncak atau mahkota dari pohon palem. Hal ini akan menyebabkan pohon palem mati karena bagian tersebut tidak bisa tumbuh kembali.


4. Potonglah bunga atau buah yang berkembang


Bunga dan buah pohon palem akan memakan banyak energi sehingga daun palem tidak bisa bertumbuh dengan baik. Selain itu, keberadaan bunga dan buah akan menarik hama serta berbahaya bagi orang yang melintas di bawahnya.

Potonglah buah dan batang buah dari pohon palem dan hilangkan bunga dengan tangan. Untuk hasil terbaik, segeralah hilangkan buah dan bunga begitu mereka mulai muncul.


5. Buang daun dan bagian palem lain di tempat yang benar.


Letakkanlah daun palem yang anda potong di tempat sampah khusus bahan organik. Daun pohon palem seringkali memiliki semacam duri yang bisa melukai siapa pun yang memegangnya. Oleh karena itu pula, disarankan menggunakan sarung tangan saat membersihkan sisa tanaman.


6. Tunggu satu tahun atau lebih untuk pemangkasan berikutnya.


Cara memangkas pohon palem ini sebaiknya tidak dilakukan berkali-kali, karena pohon palem sebenarnya paling baik jika dibiarkan tumbuh secara alami. Cukup menjaga keberadaan daun hijau untuk menjamin kesehatan pohon palem anda. Karena alasan inilah, jangan pernah memangkas lebih banyak daun dari yang bisa diproduksi pohon itu dalam satu tahun.

Memilih Peralatan yang Tepat


1. Alat pemangkas


Ada banyak alat pemangkas yang bisa digunakan untuk memangkas pohon palem anda. Pertimbangkan ukuran pohon palem dan pilihlah alat yang sesuai. Penting juga untuk memastikan alat anda steril dan tajam sebelum digunakan.


2. Pilih alat untuk memanjat.


Pohon palem bisa tumbuh menjadi sangat tinggi, maka alat yang anda butuhkan untuk memanjat tergantung tingginya. Gunakanlah tangga yang sesuai dengan ketinggian pohon palem milik anda.