Cara memanggang fillet ikan salmon di oven

Cara memanggang fillet ikan salmon di oven

Cara memanggang fillet ikan salmon

Salmon adalah ikan yang sangat mendukung kesehatan jantung sekaligus memiliki citarasa yang nikmat. Tekstur dagingnya yang padat menjadikannya bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Di artikel ini,anda akan menemukan cara memanggang fillet ikan salmon dan beberapa cara lainnya, juga tips untuk memilih ikan salmon dan menjaganya tetap segar.

Salmon adalah ikan yang sangat sempurna untuk disajikan kapan saja. Nikmat dan mudah untuk dimasak, salmon juga sangat baik bagi kesehatan anda. Salmon adalah ikan dengan banyak asam lemak omega 3, juga protein dan banyak vitamin termasuk vitamin B yang mendukung metabolisme serta vitamin E yang merupakan antioksidan.

Ikan laut ini bisa dimasak dengan cara apa pun, hampir semuanya akan terasa lezat dan sangat menggugah selera. Mari simak beberapa cara memanggang salmon berikut ini!
Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih ikan salmon?

Salmon yang segar tidak boleh berbau amis. Warna dagingnya harus cerah, tidak kering, dan tidak ada bagian yang memudar di bagian pinggir. Jika anda membeli ikan salmon utuh, pilih ikan dengan mata yang bersih dan jernih. Kulitnya harus berwarna keperakan, mengkilap, dan tidak lembek saat dipegang.

Cara memanggang fillet ikan salmon di oven


Sebuah cara yang cepat dan hampir pasti berhasil untuk memasak ikan salmon adalah dengan cara memanggangnya di dalam oven. Dan jika anda memasak untuk banyak orang, tentu saja lebih praktis dan mudah memanggang beberapa fillet sekaligus di dalam oven daripada memanggang di atas wajan.

Inilah cara memanggang fillet salmon di oven yang paling dasar:

1. Bumbui fillet ikan salmon dengan garam dan merica secukupnya

2. Susun pada sebuah Loyang yang dialasi kertas, posisi kulit di bawah. Jangan lupa mengolesi kertas dengan minyak.

3. Panggang dengan suhu 200 derajat Celsius selam 12 hingga 15 menit. Anda tidak perlu membalik fillet ikan salmon.

Memanggang Ikan Salmon di wajan


Ini juga merupakan cara yang sangat baik untuk memasak ikan salmon. Memanggang ikan salmon di wajan juga menghasilkan kulit ikan salmon yang renyah sehingga lebih nikmat. Dalam versi paling sederhana, anda cukup membumbui salmon dengan garam, merica, dan sedikit minyak zaitun atau mentega untuk memasak.


Baca Juga : Cara Memanggang Biji Wijen Dengan Benar


1. Mulai dengan posisi kulit salmon menghadap ke atas pada wajan yang panas. Jangan menyentuhnya.

2. Biarkan fillet ikan termasak selama 5 hingga 6 menit.

3. Selipkan sebuah spatula lebar di bawah salmon, balikkan, dan masak pada sisi sebaliknya selama 3 menit.

4. Tambahkan beberapa tetes perasan lemon, dan salmon siap untuk anda nikmati.

Memanggang Salmon menggunakan wajan dan oven


Tak bisa memilih antara memasak salmon di atas kompor atau oven? Lakukan dua-duanya. Cara memasak ini akan memberi hasil yang tak kalah nikmatnya
.
1. Pertama, masaklah fillet ikan salmon pada wajan yang aman jika dimasukkan ke dalam oven. Posisikan ikan salmon dengan bagian kulit di bawah.

2. Tunggu masak selama sekitar 3 menit menggunakan minyak zaitun atau mentega.

3. Pindahkan fillet salmon ke oven yang telah panas dengan suhu cenderung rendah, sekitar 140 derajat Celsius. Masak dalam oven selama sekitar 20 menit.

4. Setelah 20 menit, pindahkan lagi wajan anda ke atas kompor untuk proses membuat kulit menjadi renyah.

5. Jika anda ingin proses ini lebih cepat, tak perlu memindahkan salmon ke wajan. Cukup naikkan suhu oven menjadi 200 derajat Celsius dan selesaikan proses memanggang salmon di dalam oven selama 10 menit.

Memanggang salmon menggunakan alat pemanggang


Ini dia satu lagi cara memanggang fillet ikan salmon yang tak kalah mudahnya. Memanggang di luar ruangan bersama keluarga menggunakan alat pemanggang tak lagi dikhususkan untuk musim panas, dan ini tak harus selalu dilakukan dengan daging sapi.

Rasa “asap” yang dihasilkan pada fillet adalah tambahan yang sangat nikmat. Jadi jika cuaca mendukung, anda bisa melakukan kegiatan ini kapan pun tanpa memandang musim.

1. Pertama, panaskan arang hingga membara.

2. Oleskan sedikit minyak pada kulit ikan. Letakkan fillet ikan salmon dengan posisi kulit di bawah pada pemanggang.

3. Setelah 5 menit, balikkan ikan salmon. Cara membalik ikan salmon adalah dengan menyelipkan sebuha spatula di bawah ikan. Jika daging masih menempel pada panggangan, tunggu satu hingga dua menit lagi, lalu coba lagi.

4. Setelah berhasil membalik salmon, tunggu hingga masak selama 5 menit dan cek kematangannya.

Merebus Fillet Ikan Salmon


Tak ingin fillet ikan salmon anda menjadi berlemak karena tambahan minyak pada proses memasak? Selain berbagai cara memanggang fillet ikan salmon, anda juga bisa merebus fillet ikan salmon. Ini adalah metode memasak yang tak perlu tambahan minyak atau lemak apa pun. Selain itu, merebus salmon juga ideal dilakukan jika anda ingin menambahkan saus pada salmon.

Proses merebus salmon paling dasar yaitu mendidihkan salmon dalam air dengan api kecil bersama dengan sedikit bumbu yaitu sejumput garam, merica, dan bumbu lainnya jika anda mau. Sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak bumbu ke dalam rebusan salmon.

Tambahkan air, anggur, atau kuah kaldu ayam hingga seluruh fillet ikan salmon terendam. Untuk proses merebus yang lebih lembut, pertama-tama didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan fillet ikan salmon ke dalam wajan. Matikan api dan tunggu selama 25 menit.