Skip to main content

Cara Memainkan Kunci Gitar F dengan benar

Apakah Anda tahu bahwa nama lengkap dari chord F adalah "F Major"? Sebagian besar orang menyebutnya adalah kunci "F". Memainkan kunci gitar F sendiri memang terkenal sangat sulit dilakukan untuk seorang gitaris pemula. Bagaimana cara memainkan kunci F di gitar?

Bagi Anda yang ingin menguasai kunci F pada gitar, Anda bisa  menggunakan 3 cara di bawah ini. Artikel ini akan membantu Anda mempelajari cara memetik nada untuk kunci F pada sebuah gitar, khususnya untuk Anda seseorang yang baru belajar bermain gitar.

Cara Memainkan Kunci Gitar F dengan benar


Chord gitar F adalah salah satu chord yang paling sulit untuk dimainkan oleh gitaris pemula, jadi jangan khawatir jika Anda merasa tertantang, karena itu sangat normal. Berikut adalah langkah untuk memainkan kunci F.


Cara Memainkan Kunci Gitar F




1. Letakkan jari telunjuk Anda di senar pertama atau kunci E dan jari Anda pada fret pertama yakni kunci B.

2. Geser jari telunjuk Anda sedikit ke belakang pada kepala gitar agar bagian samping jari akan menekan senar. Fret akan mudah tertekan dengan bagian samping jari karena jari Anda memiliki tekanan yang sedikit lebih keras.

3. Letakkan jari tengah Anda pada senar ketiga atau kunci G di fret kedua.

4. Setelah itu letakkan jari manis Anda di senar keempat atau kunci D pada fret ketiga dan tahan senar.

5. Jika memungkinkan, sentuh sedikit senar kelima atau kunci A dengan ujung jari manis Anda. Dengan menekan senar kelima ini tekanan Anda akan menahan senar tersebut sehingga suaranya tidak berbunyi ketika Anda mulai memainkan gitar.

6. Latihlah teknik memetik dan strumming dengan menempatkan semua jari Anda pada tempat seharusnya. Rajinlah berlatih memetik pada empat senar terbawah sampai setiap nada yang keluar dari gitar bisa berbunyi jelas.

7. Apabila suara nada pada gitar Anda tersendat, maka Anda harus kembali menyesuaikan jari Anda pada tempatnya. Penempatan jari yang sesuai pada tempatnya akan membuat Anda bisa memainkan gitar dengan benar. Pada umumnya yang sulit untuk berbunyi adalah senar-senar pertama dan kedua. Jadi coba perhatikan kembali apakah jari tengah dan manis Anda berada di senar yang tepat.

8. Jika Anda sudah bisa memainkan setiap nada gitar dengan jelas, maka untuk bisa memainkan kunci F, Anda perlu berlatih teknik strumming.


Baca Juga : 4 Cara Memainkan Harmonika Dengan Baik Dan Benar



9. Untuk memulai teknik strumming, maka Anda harus berlatih untuk memindahkan kunci G dari kunci F, lalu dari G kembali lagi  ke kunci F. Memang teknik strumming ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa melakukannya, namun jika Anda mau berlatih, pasti Anda akan bisa menaklukkannya.


Cara Memainkan Kunci F Batang Pada Gitar 


Nah, jika Anda ingin memainkan kunci F batang pada gitar, Anda bisa menggunakan langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Memainkan Kunci Gitar F#m



1. Anda perlu menekan seluruh senar di fret pertama dengan meletakkan jari telunjuk Anda di atas keenam senar pada fret pertama. Tekanlah dengan benar semua senar tersebut.

2. Cobalah untuk memiringkan jari-jari  Anda sedikit ke arah kepala gitar. Anda harus menekan senar dengan bagian sisi jari Anda yang keras.

3. Gunakan daya yang kuat untuk menahan keenam senar pada gitar dengan menekankan jempol di bagian belakang leher gitar agar tenaga Anda untuk menekan gitar bertambah.

4. Letakkan ketiga jari Anda yang lain sesuai dengan tempatnya,yakni jari telunjuk membentuk posisi kunci batang atau senar ketiga (G) pada fret kedua.

5. Kemudian letakkan jari tengah Anda di senar kelima (A) pada fret ketiga.

6. Terakhir letakkan jari manis Anda di senar keempat (D) pada fret ketiga.

Setelah 4-6 minggu berlatih, maka Anda akan bisa menguasai cara memainkan kunci F di gitar. Kebanyakan orang telah menguasai chord yang lebih sederhana seperti Em, G, Am, D, dan C. Pada tahap kunci F, maka kebanyakan orang memang kesulitan untuk melakukannya.

Diperlukan kemampuan untuk mengembangkan kontrol dan ketepatan yang cukup di jari ketiga Anda mereka sehingga dapat melakukan kunci F yang lebih mudah tanpa terlalu canggung.

Bagi seorang pemula, belajar memetik kunci Fmaj7 harus menjadi tujuan pertama. Fmaj7 adalah kunci yang jauh lebih mudah untuk dimainkan daripada chord F penuh.

Tips untuk memainkan kunci Fmaj7 adalah dengan memperhatikan seberapa dekat chord Fmaj7 yang menyerupai bentuk chord C. Ini adalah salah satu hal yang membuat Fmaj7 menjadi kunci yang berguna, karena F dan C adalah kunci yang saling bertautan dan keduanya sering muncul bersama dengan G.

Anda dapat menggabungkan Fmaj7, C dan G dengan cara mempertahankan bentuk tangan yang sama saat Anda bermain untuk mempermudah Anda dan memungkinkan Anda bermain dengan lebih lancar.

Bagi Anda yang seorang pemula, ada baiknya juga jika Anda mempelajari cara memainkan kunci F di gitar  listrik terlebih dahulu. Anda bisa memilih antara gitar listrik dan akustik, namun ada baiknya jika Anda memilih menggunakan gitar listrik saja yang lebih mudah untuk dipelajari.

Mengapa harus belajar menggunakan gitar listrik dahulu? Karena senar-senar yang ada di gitar listrik lebih tipis dari gitar akustik. Selain itu papan fret di gita akustik juga lebih kecil dari akustik. Papan fret yang lebih kecil ini akan mempermudah jari Anda bergerak dan lebih memudahkan Anda bermain kunci F.