Cara Memainkan Happy Birthday pada Gitar

Cara Memainkan Happy Birthday pada Gitar

Cara Memainkan Happy Birthday pada Gitar

Memainkan lagu “Happy Birthday” dengan diiringi sebuah alunan gitar adalah sebuah momen yang akan terkenang bagi siapa saja yang Anda nyanyikan. Mau membuat momen spesial di hari ulang tahun yang tersayang? Coba saja cara tersebut, bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara memainkan "happy birthday" pada gitar, artikel ini akan membantu Anda menguasai gitar.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang, sebagai pemula, Anda hanya membutuhkan gitar yang dapat dimainkan dengan sangat baik dan semangat untuk terus berlatih dan berlatih. Mau tahu apa saja trik yang bisa Anda lakukan untuk bisa memainkan lagu Happy Birthday dengan menggunakan gitar?


Cara Memainkan Happy Birthday pada Gitar


Lagu Happy Birthday merupakan sebuah lagu yang telah dinyanyikan oleh banyak orang ketika dia merayakan hari kelahirannya dan juga lagu dalam versi bahasa Inggris ini telah tenar selama lebih dari satu abad dan banyak dialih bahasakan oleh berbagai negara di dunia.

Interpretasi gitar tentang lagu ‘Happy Birthday’ sendiri bervariasi, mulai dari versi cepat dan slow mulai dari instrumen solo yang kompleks sampai dengan berduet. Sebagai permulaan untuk bisa memainkan lagu “Happy Birthday” pada gitar, Anda harus mengetahui cara bermain gitar.


1. Ketahui Petikan Senar 


Anda perlu mengetahui senar mana untuk menghasilkan suara dari gitar. Ada macam-macam bentuk senar, dari yang paling tipis sampai ke yang paling tebal. Berikut adalah jenisnya:

String pertama (E)

String 2 (B)

String 3 (G)

String ke-4 (D)

String ke 5 (A)

6 string (E)

Kadang-kadang Anda mungkin harus menjatuhkan tune gitar Anda. Cara  ini cukup mudah dilakukan karena Anda cukup hanya memetik tune string ke-6. Misalnya untuk mengambil D Anda akan menyetel string ke-6 ke D.


2. Berlatih Memainkan Jari 


Cara termudah untuk bermain gitar yang kedua adalah belajar memainkan tangan untuk memetik nada-nada pada senar gitar. Keenam garis mewakili enam senar gitar, yang paling atas adalah senar keenam dan yang paling bawah adalah senar pertama. Angka-angka mewakili fret dan letakkan jari Anda pada nada 0 atau string terbuka dan yang lainnya naik secara berurutan.



Baca Juga : 5 Cara Bermain Candy Crush Saga Yang Menyenangkan



Di tangan kiri Anda cobalah menggunakan jari pertama Anda untuk fret pertama, jari kedua Anda pasanf untuk fret kedua. Jari ketiga Anda pasang untuk Anda fret ketiga dan untuk angka yang lebih tinggi dari itu geser tangan Anda ke atas sehingga jari pertama Anda di atas fret keempat .


3. Memainkan Chord Happy Birthday 


Cara memainkan "happy birthday" pada gitar sangat mudah, Anda hanya meletakkan jari-jari Anda di fret kanan dan mulai memetik senar. Anda harus mengetahui chord yang Anda mainkan agar menghasilkan lagu Happy Birthday. Ada dua macam chord lagu Happy Birthday yang akan dijelaskan di bawah ini.

Chord Happy Birthday


Berikut ini adalah 2 chord untuk bermain gitar sambil menyanyikan lagu Happy Birthay untuk pasangan Anda.

1. Chord pertama
      G D
Happy Birthday to you

      D7 G
Happy Birthday

                     C
Happy Birthday to you ___ ___,

      G D7 G

Lagu "Happy Birthday" adalah salah satu lagu sederhana yang banyak digunakan untuk berlatih bermain gitar bagi kebanyakan pemula. Lagu "Happy Birthday" hanya menggunakan chord mayor vakum dan melodi sederhana ¾ dengan tempo dan melodi yang menggabungkan nada yang diangkat.
Namun, karena lagunya pendek dan terkenal, maka biasanya lebih mudah untuk memainkannya hanya dengan beberapa sesi pelatihan.

Cobalah untuk melatih ketiga chord ini yakni Re, La7 dan Sun. Sentuh semua di bagian atas gitar, yang paling dekat dengan headstock. Chord-chord dasar ini ditemukan di setiap buku chord gitar untuk pemula atau online secara gratis.

Petik chord ini dengan pelan-pelan. Ingat, lagu "Happy Birthday" ditulis dalam 3/4 waktu, yang berarti ada tiga ketukan per ukuran. Jangan berpikir cara memainkan "happy birthday" pada gitar itu sulit, berlatih saja terus menerus.

Mulailah berlatih dari nada Re dan mainkan umpan yang berarti (note 1, 2, 3, 1, 2), kemudian mulai menyanyikan baris pertama. Akor A7 berubah menjadi kata "you" itu akan menjadi akhir kata di akhir kalimat pertama; D akor kembali ke "Anda" berikutnya.

Sentuh chord ketika Anda menyanyikan nama orang di dalam lagu, lalu kata "happy birthday" setelah nama menyentuh chord D. Sentuh La7 di "to" dan berakhir pada chord D di lagu "you" terakhir. Untuk memberi sedikit variasi pada lagu, Anda dapat memetik dua chord terakhir lebih lambat dan membiarkan suara Anda mengalun bernyanyi dengan menggunakan gitar..

Anda juga bisa menggunakan cara menyanyikan lagu dan lirik lagu Happy Birthday di kunci C. Menggunakan kunci mungkin bukan nada terbaik bagi kebanyakan orang untuk menyanyikan melodi secara alami, tapi itu yang paling umum dari kunci paling mudah. Jadi jika Anda adalah seorang pemula dan baru mulai belajar, Anda bisa gunakan cara kedua ini.

Nada yang diperlukan umumnya dimasukkan dalam nada-nada standar. Untuk latihan sebagai seorang pemula kunci ini biasanya dapat berubah menjadi chord G daripada G7 untuk membuat penempatan jari sedikit lebih mudah. Meskipun, jika tidak terlalu sulit bagi Anda, akor F akan terdengar lebih baik jika Anda memainkannya sebagai chord bar (bentuk-E pada fret 1).

2. Chord kedua
       C G
Happy Birthday to you,

       G7 C
Happy Birthday to you,

                      F
Happy Birthday (nama) ___ ___,

       C G7 C
Happy Birthday.

Setelah Anda terbiasa dengan chord cobalah berlatih perubahan di antara keduanya sampai Anda terbiasa dengan nada.