Cara Melakukan Pencarian Menggunakan Gambar di Google

Cara Melakukan Pencarian Menggunakan Gambar di Google

Cara Melakukan Pencarian Menggunakan Gambar di Google

Kini zaman telah berkembang. Berbagai pekerjaan pun dikerjakan dengan perangkat komputer dan internet. Bagi Anda yang membutuhkan referensi gambar, Anda dapat mencarinya di internet. Bagaimana jika Anda belum mengetahui caranya? Jangan khawatir, di sini akan dibahas tuntas tentang cara melakukan pencarian menggunakan gambar di Google.

Setidaknya terdapat dua cara untuk mencari gambar di Google menggunakan perangkat komputer, yaitu dengan menggunakan ikon kamera pada fitur Google Images atau dengan cara memasukkan kata kunci pencarian pada Google Search.

Cara Melakukan Pencarian Menggunakan Gambar di Google


Cara 1. Menggunakan Ikon Kamera pada Fitur Google Images


Cara ini dilakukan untuk Anda yang sudah memiliki gambar yang ingin Anda telusuri lebih dalam. Cara ini pun dapat dilakukan ketika Anda telah memiliki URL gambar tertentu. Caranya adalah sebagai berikut.


1. Buka halaman Google Images pada komputer Anda

Buka browser Anda kemudian letakkan kursor di kolom Google Search. Kemudian kunjungi laman Google Images di https://images.google.com/. Google Images adalah laman yang menyediakan berbagai gambar yang diunggah di internet. Berbagai macam gambar tersedia, Anda dapat memilih dan mengunduh gambar sesuai keinginan dan keperluan Anda.


2. Klik ikon kamera di sudut kanan kolom pencarian pada Google Images

Ketika sudah berada di laman Google Images, maka akan muncul kotak persegi panjang untuk mengetik kata kunci pencarian gambar. Anda dapat memanfaatkan ikon kamera di sudut kanan. Ikon tersebut berguna untuk menunjukkan gambar yang Anda cari agar Google dapat mencari gambar sesuai gambar yang ditunjukkan.


3. Pilih salah satu cara pengunggahan foto

Ketika meng-klik ikon kamera, maka terdapat dua pilihan, yaitu “paste image URL” atau “upload an image”. Silahkan anda “Paste image URL”  dan ini dapat digunakan ketika Anda memiliki salinan URL gambar yang ingin Anda cari, sedangkan “upload an image” dapat digunakan ketika Anda memiliki gambar yang ingin Anda cari.


Baca Juga : Bagaimana Cara Melakukan Pencarian Di Google?


4. Unggah foto atau URL ke Google

Setelah menentukan pilihan cara, maka langkah selanjutnya adalah mengupload gambar atau URL ke Google. Jika menggunakan cara “Paste image URL”, maka URL yang dipunya silahkan dipaste ke kolom paste image URL, kemudian klik “Search by Image”. Apabila menggunakan cara “upload an image”, maka langkah yang harus dilakukan adalah “klik choose file”, cari gambar yang digunakan, lalu klik “open”.


5. Cermati hasil penelusuran gambar

Hasil unggahan Anda dapat dilihat pada hasil pencarian jika gambar pun tersedia. Umumnya, gambar yang tersedia adalah gambar yang sama dalam ukuran atau versi dengan gambar yang Anda cari. Apabila tidak ada gambar yang tersedia, maka Google akan menampilkan gambar yang mirip atau serupa dengan gambar yang Anda cari.

Cara tersebut memiliki kekurangan, yaitu kita harus memiliki gambar atau URL terlebih dahulu sehingga proses pencarian juga memakan waktu lebih lama untuk menyiapkan gambar atau URL. Selain itu, proses unggah gambar juga memerlukan data internet yang lebih besar. Namun, cara tersebut memiliki keuntungan, yaitu lebih mudah menemukan gambar spesifik yang kita inginkan.

Cara 2. Memasukkan Kata Kunci Pencarian pada Google Search

Cara ini dilakukan ketika Anda ingin mencari gambar yang Anda inginkan dengan cara mengetik kata kunci pada kolom Google Search. Anda tidak perlu mengupload gambar atau URL, jadi proses yang dibutuhkan cukup sederhana. Caranya adalah sebagai berikut.


1. Klik kolom pencarian pada browser Anda

Ketika browser Anda dibuka, maka Anda dapat melihat kolom untuk mengetikkan kata kunci pencarian. Letakkan kursor pada kolom tersebut.


2. Masukkan kata kunci gambar yang Anda inginkan

Ketikkan kata kunci gambar yang Anda inginkan pada kolom pencarian. Kata kunci hendaknya jelas dan dapat dipahami.


3. Klik tab “Images”

Google akan berproses untuk menemukan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci dalam waktu sepersekian detik. Karena akan mencari gambar, maka langkah selanjutnya adalah klik tab “Images”.


4. Klik gambar yang diinginkan

Laman images akan menunjukkan gambar yang berhubungan dengan kata kunci. Cermati dan telusuri dengan teliti tentang gambar yang Anda inginkan. Setelah menemukan gambar yang cocok, maka pilih gambar tersebut dengan melakukan klik pada gambar.


5. Pilih “Search by image”

Jika ingin mencari gambar yang serupa, maka pilihlah opsi “Search by images”. Opsi ini bermanfaat untuk menelusuri lebih dalam tentang gambar yang sudah Anda pilih.


6. Cermati hasil pencarian gambar

Opsi “Search by images” akan menampilkan gambar yang serupa dengan gambar pertama yang Anda pilih. Anda dapat memilih gambar yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cara ini memiliki keunggulan, yaitu lebih mudah dalam mencari karena Anda hanya bermodal kata kunci. Namun, cara ini memiliki kekurangan, yaitu hasil pencarian dapat tidak spesifik, bahkan tidak sesuai keinginan Anda.

Anda perlu menggunakan kata kunci yang cocok dengan hasil pencarian Google. Anda pun harus teliti untuk mencari gambar yang sesuai dengan keinginan Anda. Banyaknya opsi gambar yang disarankan oleh Google pun berpotensi membuat Anda kurang teliti dan kebingungan.

Hal tersebut dapat memakan waktu cukup lama untuk menemukan gambar yang Anda inginkan. Namun, jangan khawatir bahwa hal tersebut menyulitkan Anda. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang tepat dan teliti mencari gambar yang Anda butuhkan.

Demikian dua cara untuk melakukan pencarian menggunakan gambar di Google. Mudah bukan? Pekerjaan Anda pun dapat lebih menarik dengan adanya gambar. Selamat mencoba!