7 Langkah Mudah Cara Melakukan Olie di Skateboard

7 Langkah Mudah Cara Melakukan Olie di Skateboard

Cara Melakukan Olie

Dalam dunia skateboard, ada tiga jenis trik dasar, yaitu flip, slide dan grind. Pada ulasan kali ini, akan di bahas cara melakukan Ollie. Trik ini merupakan salah satu jenis trik flip dasar. Para pemula olahraga ekstrem ini pasti akan mencoba trik ini sebelum melakukan trik lainnya yang lebih sulit. Adapun langkah-langkah melakukan trik ini adalah sebagai berikut:


7 Langkah Mudah Cara Melakukan Olie di Skateboard

1. Sebelum melakukan trik ini, pastikan kondisi skateboard Anda dengan baik dan aman. Periksalah komponen-komponen terpenting dari skateboard Anda seperti truck dan wheel. Kenyamanan skateboard akan menentukan keamanan Anda saat melakukan trik ini.

2. Beridirilah di atas skateboard Anda. Kemudian, posisikan lah kaki depan Anda di tengah skateboard dan kaki belakang Anda di belakang skateboard dengan jari kaki belakang harus setengah keluar dari ujung tepi skateboard Anda. Sebelum berlatih trik ini, sebaiknya belajarlah menyeimbangkan tubuh Anda di atas skateboard terlebih dahulu agar tidak kaget dan meminimalisir kecelakaan yang mungkin terjadi saat berlatih trik ini. 

3. Membungkuklah dan tekuklah lutut Anda. Lakukanlah hal ini mulai dari posisi diam dan lakukanhal hal ini ketika berjalan jika Anda sudah merasa cukup. Semakin lutut tertekuk, maka akan semakin tinggi hasil lompatan trik ini yang di dapatkan. Selain itu, hindarilah posisi tubuh Anda yang terlalu bungkuk dan jagalah posisi bahu Anda agar sejajar dengan kaki Anda pada skateboard.

4. Tendanglah kaki belakang Anda yang berada di tail skateboard ke bawah (pop) dan lompatlah pada saat yang sama. Pop yang kuat akan menentukan keberhasilan trik ini. Kemudian, aturlah skateboard Anda dengan menggunakan kaki depan yang diikuti dengan kaki belakang. Doronglah kaki depan Anda ke dalam hingga telapak kaki depan terangkat dan permukaan luar kaki depan tetap menempel pada ujung skateboard.

5. Cobalah tarik lutut Anda hingga mengenai dagu Anda saat melompat. Tarikan kaki dan bungkukan badan Anda ke bawah sebelum melakukan lompatan ini, hal ini akan memengaruhi ketinggian trik ini.

6. Untuk menjaga posisi skateboard berada di sekitar tubuh anda, jagalah pundak dan tubuh Anda selama melakukan trik ini. Hal ini akan memberi kemudahan saat proses landing. Selain itu usahakan pula agar skateboard sejajar dengan tanah selama di udara.



Baca Juga : 5 Cara Melakukan Mail Merge di Microsoft Word



7. Saat landing, tekuklah lutut Anda demi keselamatan Anda. Hal ini merupakan bagian penting karena dengan menekuk lutut Anda, getaran pada proses landing akan berkurang dan lutut Anda akan bebas dari cidera. Selain itu, menekuk lutut juga akan menjaga agar skateboard terkontrol dengan baik. 


Tips Aman dalam Melakukan Olie

Selain cara melakukan Ollie beserta tipsnya diatas, guna menciptakan lingkungan yang aman dan mencapai hasil yang memuaskan selama bermain skateboard, berikut ini merupakan tipsnya:

1. Periksa kembali komponen-komponen skateboard anda terutama bagian truck dan wheel sebelum melakukan trik Ollie. Jika Anda tidak dapat mengendalikan skateboard anda dengan baik ketika berjongkok, anda dapat mengencangkan truck pada skateboard Anda yang longgar.

2. Sebaiknya, janganlah coba lakukan lompatan trik ini secara tergesa-gesa. Lakukanlah lompatan trik ini di mulai dari keadaan diam bagi para pemula. Kemudian, mulailah lompatan trik ini dalam keadaan berjalan.

3. Saat melompat, sebaiknya injak kan kaki Anda ke skateboard agar skateboard Anda akan mengikuti anda. Selain itu, usahakanlah kaki belakang anda posisinya lebih tinggi dari kaki depan. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan lompatan trik ini yang bagus.

4. Usahakan kaki belakang anda agar lurus setelah pop dan jangan sampai kaki belakang anda turun dari skateboard menyentuh tanah.

5. Selama latihan, carilah tempat yang mulus dan datar. Trik ini akan mudah dilakukan di tempat yang memiliki permukaan mulus atau halus. Anda dapat berlatih di atas karpet atau di rumputan untuk mengurangi cidera yang mungkin terjadi pada tubuh Anda.

6. Bagi pemula, janganlah langsung mencoba lompatan trik ini dengan melewati rintangan nyata karena hal ini akan sulit dilakukan. Anda dapat menggambar rintangan seperti garis ataupun kotak dengan menggunakan kapur. Hal ini sangat di anjurkan bagi pemula karena dapat menurunkan risiko.

7. Ketinggian lompatan trik ini ditentukan oleh kerasnya dan cepatnya pop yang anda lakukan, banyaknya cara yang anda lakukan, dan akuratnya kaki depan yang anda geser ke atas pada skateboard.

8. Ketika anda mendorong skateboard anda dengan sangat keras di awal, maka semakin tinggi pula lompatan skateboard yang dihasilkan. Selain itu, posisi kaki belakang yang berada di ujung skateboard, akan memberi kemudahan untuk mengangkat skateboard anda dari tanah.

9. Selama melakukan trik ini, usahakanlah agar posisi tubuh anda selalu seimbang terutama saat anda membungkuk. Jika anda kehilangan keseimbangan, skateboard anda tidak akan terkendali sehingga lompatan trik ini akan kacau.

10. Jika anda mengalami kesulitan untuk landing dengan benar, anda dianjurkan untuk terus berlatih menginjak bagian belakang skateboard dan menyeret kaki depan anda ke atas di atas tanah terlebih dahulu. Selain itu, anda juga dapat berlatih untuk landing dengan benar di atas trampoline tanpa mempedulikan awalan lompatan. Saat landing, usahakanlah agar menggunakan kedua kaki secara bersamaan dan geser kedua kaki agar dekat dengan masing-masing truck.

11. Trik ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar anda dapat menguasainya dengan sempurna. Kenyamanan ketika mengendarai skateboard merupakan salah satu faktor yang penting sebelum melakukan trik ini. 

12. Jika Anda sudah dapat menguasai trik ini, cobalah gunakan botol, batu bata,  ataupun sepatu sebagai rintangan. Kemudian, cobalah lewati penghalang tersebut agar Anda terbiasa melakukan trik ini dengan penghalang yang nyata.