Skip to main content

Cara Bertahan dari Serangan Singa Dengan Benar

Cara Bertahan dari Serangan Singa


Apakah Anda termasuk orang yang senang berpetualang? Sebagian orang suka dengan petualangan dan tantangan. Mengunjungi tempat-tempat baru merupakan hal yang menarik. Bertemu dengan pemandangan dan pemandangan alam menjadi sebuah tenaga untuk menjalani hari.

Namun, apakah Anda sudah menyiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan? Salah satu hal yang harus diwaspadai di alam bebas adalah hewan buas, termasuk singa. Bagaimana jika sewaktu-waktu Anda diserang singa? Lalu, bagaimana cara untuk bertahan dari serangan singa? Simak artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Bertahan dari Serangan Singa Dengan Baik Dan Benar

Jika Anda diserang singa atau sedang menghadapi singa, lakukan langkah berikut.

1. Pahami bahwa singa adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh dibunuh

Sebisa mungkin, janganlah Anda membunuh singa. Singa adalah hewan yang dilindungi dan sudah mendekati kelangkaan. Biar bagaimanapun, singa adalah makhluk ciptaan Tuhan yang layak untuk hidup. Jika Anda bertemu dengan singa, usahakan jangan mengganggunya atau melakukan hal yang memicu kemarahan singa. Usahakan untuk menghindar sebisa mungkin.

Jika Anda diserang singa, maka tetaplah tenang dan jangan panik. Jika situasi sangat genting, lakukan perlawanan singkat untuk membuat singa linglung, tetapi tetap jangan membunuhnya. Kumpulkan kekuatan dan keberanian Anda dan yakinkan diri bahwa Anda harus selamat.

2. Bersikaplah tenang dan janganlah panik

Hal yang wajar jika Anda merasa takut jika diserang singa. Namun, bersikaplah tenang dan jangan panik. Kepanikan dan kepanikan justru membuat Anda tidak dapat berpikir rasional. Hal tersebut tentu dapat berakibat buruk bagi Anda.


Baca Juga : 7 Cara Bersikap Apa Adanya Dengan Benar


Tariklah nafas dalam agar Anda tenang dan jangan sampai terlihat mencolok di hadapan singa. Pikirkanlah bahwa apapun yang terjadi, Anda harus selamat. Berpikir positif dapat menjadi kekuatan bagi Anda untuk menghadapi singa.

3. Pertahankanlah posisi Anda

Tetaplah pada posisi Anda dan usahakan janganlah berlari. Tunjukkan pada singa bahwa Anda adalah ancaman, yaitu dengan cara berhadapanlah dengan singa, bertepuk tangan, melambaikan tangan, dan berteriak. Hal tersebut akan membuat Anda adalah ancaman bagi singa. Lakukan dengan yakin dan jangan takut. Jangan sampai singa melihat dan merasakan ketakutan Anda.

4. Anda boleh mundur, tapi harus secara perlahan

Perlahan-lahan, mundurlah untuk menyelamatkan diri. Namun, tetaplah berhadapan dengan singa dan goyangkanlah lengan Anda. Hal tersebut karena jika Anda berlari, singa akan melihat ketakutan Anda sehingga justru mengejar Anda. Anda harus bersikap bahwa Anda adalah ancaman bagi singa. Lakukan hal tersebut tetap dengan sikap tenang, mantap, dan yakin.

5. Bersiaplah jika singa menyerang

Bisa jadi, singa akan menyerang Anda jika Anda mundur. Tetap tenang dan sebaiknya Anda berteriak dengan kencang dan angkat lengan Anda. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat sebagai ancaman singa. Singa pun dapat menjadi ragu untuk menyerang Anda.

6. Lawanlah serangan dari singa jika singa tetap menyerang

Apabila singa tetap menyerang, usahakan untuk tetap berdiri. Bagian tubuh yang akan diserang singa umumnya adalah wajah dan tenggorokan. Artinya, singa akan menyerang Anda dengan melompat. Anda dapat membungkuk jika singa melakukan hal tersebut. Membungkuklah lalu usahakan untuk menghindar.

7. Lawanlah dengan pukulan tunju atau tendangan pada muka dan matanya

Bisa saja singa lebih kuat dari Anda. Namun, tetap jangan panik dan usahakanlah untuk membela diri. Kumpulkan keberanian dalam diri Anda sebanyak mungkin. Sugestikan dalam diri Anda bahwa Anda harus melawan untuk selamat. Lakukan pukulan ke arah muka dan matanya. Hal tersebut dapat membuat singa linglung sehingga singa dapat menjauh dari Anda. Sementara itu, menjauhlah dari singa dan selamatkan diri Anda.

8. Mencari pertolongan untuk luka Anda

Setelah melakukan perlawanan, bisa jadi Anda terluka. Carilah pertolongan untuk menangani luka-luka Anda. Jika luka dibiarkan, maka dapat menyebabkan infeksi. Pulihkan diri Anda setelah mengalami hal tersebut. Potensi Anda terkena trauma juga bisa saja terjadi. Anda mungkin dapat terus teringat kejadian serangan singa dalam benak Anda.

Anda dapat menceritakan serta menuangkan beban pikiran dan trauma Anda kepada teman dekat yang Anda percaya. Jika Anda masih trauma, tidak ada salahnya jika Anda pergi ke psikolog atau psikiater. Ceritakan semua yang Anda alami, ungkapkan perasaan Anda. Jangan ragu melakukan terapi jika hal tersebut dibutuhkan.

9. Hindari serangan singa

Anda akan lebih aman dan selamat jika menghindari serangan dari singa sejak awal. Jangan pernah mengganggu singa-singa yang sedang kawin karena mereka akan lebih agresif. Sebisa mungkin, jauhi anak-anak singa. Singa betina tentu akan sangat menjaga anak-anaknya dari beragam gangguan, termasuk ancaman manusia. Jika memang Anda menemukan singa betina dengan anak-anaknya, menjauhlah sejauh mungkin dengan tetap tenang dan carilah rute lain agar singa betina tidak menyadari keberadaan Anda.

10. Adakan penjagaan malam

Jika Anda berada di alam bebas, Anda tidak tahu hal-hal apa yang akan terjadi. Akan lebih baik jika Anda tidak berada di alam bebas sendirian. Ajaklah teman-teman Anda. Buatlah tim yang solid. Jagalah diri dan teman-teman Anda. Alangkah baiknya jika dilakukan adanya penggiliran pada jaga malam. Ketika terdapat ancaman yang mendekat, termasuk singa, maka Anda dan tim Anda dapat bersiap. Dengan bersiap dalam menghadapi ancaman singa dan berbagai bahaya, Anda berpotensi besar untuk selamat. Namun, tetaplah berdoa kepada Tuhan dan berbuat baiklah kepada sesama agar semesta melindungi Anda. Semoga Anda dapat mempraktikkan cara bertahan dari serangan singa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar