Tips dan Cara Memasak untuk Pemula

Tips dan Cara Memasak untuk Pemula

Tips dan Cara Memasak untuk Pemula

Memasak merupakan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh seseorang. Bahkan sebagian orang menganggap memasak sebagai salah satu indikator kedewasaan seseorang. Apabila belum memiliki kemampuan memasak, jangan berkecil hati. Anda dapat belajar mengenai cara memasak yang benar dan cocok diterapkan bagi pemula.

Saat ini, belajar memasak tidak lagi serumit dan sesulit dahulu. Seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai macam alat yang mempermudah kegiatan memasak, seperti rice cooker, oven, blender dan sebagainya. Anda tidak perlu repot-repot menyalakan tungku ketika akan memasak nasi karena sudah ada rice cooker.

Memasak dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sembari mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat. Memasak dapat pula menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang menguntungkan. Banyak sekali pengusaha makanan yang sukses karena dimulai dari hobi memasaknya. Maka dari itu, jangan malas untuk belajar memasak.


Tips dan Cara Memasak untuk Pemula


1. Awali dengan Niat


Sebelum belajar memasak, Anda harus memiliki niat yang kuat untuk belajar memasak. Jangan sampai Anda memutuskan untuk berhenti belajar memasak di tengah-tengah perjalanan. Memasak tidaklah sulit, namun juga tidak mudah dilakukan apabila tidak memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.


2. Mulailah Memasak


Ketika telah memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk belajar memasak, maka segera memulainya. Jangan hanya memiliki keinginan namun tidak melakukan tindakan. Mulailah memasak dengan resep-resep yang sederhana. Jangan memulainya dengan resep yang rumit.


3. Mengikuti Kursus Memasak


Apabila Anda tidak terbiasa belajar sendiri dan membutuhkan teman untuk mengajari Anda memasak, Anda dapat mengikuti kursus memasak. Saat ini banyak sekali kursus memasak yang disediakan di berbagai lembaga pelatihan khusus. Disana Anda akan diajarkan berbagai cara memasak yang benar dan akan diajarkan sampai Anda bisa memasak.

Apabila tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar biaya kursus, Anda dapat mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah. Pemerintah telah menyediakan Balai Latihan Kerja di setiap daerah untuk memberi pelatihan kepada masyarakat. Selain tidak mengeluarkan biaya, Anda juga akan mendapatkan uang dan peralatan-peralatan sesuai dengan pelatihan yang Anda pilih.


4. Menonton Acara Memasak


Acara memasak banyak sekali diminati oleh pemirsa di rumah, maka dari itu banyak stasiun televisi yang memiliki acara tersebut. Anda dapat mempelajari bagaimana cara memasak melalui acara tersebut. Di dalam acara tersebut akan diajarkan resep-resep memasak dari yang mudah hingga yang paling sulit.



Baca Juga : Cara Memarinasi Fillet Ikan Salmon



Selain acara di TV, Anda juga dapat melihat video di youtube untuk belajar memasak. Saat ini banyak sekali youtubers yang memiliki channel tentang dunia memasak. Anda dapat mengunjungi channel tersebut dan mempelajarinya. Apabila terdapat kebingungan, Anda dapat pula bertanya langsung melalui kolom komentar yang disediakan.


5. Membaca Resep Memasak


Membaca memang merupakan sebuah kunci untuk mengetahui berbagai hal, termasuk memasak. Anda dapat membeli buku-buku tentang resep memasak dan mempelajarinya. Selain melalui buku, Anda juga dapat mencari resep-resep memasak di internet. Di beberapa majalah dan koran biasanya juga disediakan rubrik khusus tentang dunia memasak.


6. Mengamati Orang Memasak


Salah satu cara paling mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya dan banyak tenaga adalah dengan mengamati orang yang sedang memasak serta mempraktekkannya. Terkadang ada sebagian orang yang sulit memahami suatu hal tanpa melihatnya secara langsung. Tips satu ini cocok bagi Anda yang sulit memahami suatu hal melalui bacaan ataupun tampilan gambar dan video.


7. Menyiapkan Bahan dan Peralatan


Sebelum memulai belajar memasak, siapkan dahulu alat dan bahan yang akan digunakan. Anda dapat meminjam beberapa alat yang tidak Anda miliki kepada teman atau tetangga Anda. Jangan langsung membeli semua peralatan memasak. Belilah beberapa peralatan yang Anda perlukan dan sering dipakai untuk memasak saja.


8. Mulailah dengan Resep yang Sederhana


Ketika baru memulai belajar memasak, jangan langsung memulai dengan resep yang sulit dan rumit. Mencoba resep yang rumit akan membuat Anda merasa bahwa memasak itu sulit sehingga Anda akan bosan bahkan menyerah untuk belajar memasak.

Ketika Anda memulai memasak dengan resep  yang sederhana, yang pertama kali muncul dalam benak Anda adalah memasak itu mudah dan menyenangkan. Perasaan yang seperti itu akan membuat Anda semakin tertarik untuk belajar memasak.


9. Jangan Takut Gagal


Seorang pemula biasanya akan mengalami kegagalan ketika pertama kali belajar memasak. Akan tetapi, jangan langsung menyerah dan putus asa. Karena kegagalan adalah suatu hal yang biasa terjadi pada pemula. Maka dari itu, Anda perlu bereksperimen dengan beberapa resep-resep makanan. Apabila gagal, Anda dapat mencobanya lagi sampai Anda berhasil.


10. Hati-Hati dengan Garam


Garam merupakan satu hal yang paling ditakuti oleh pemula ketika belajar memasak. Garam juga menjadi faktor utama penyebab kegagalan dalam memasak. Ketika akan menciptakan rasa yang gurih, taburkan garam sedikit, lalu cicipi, dan tambahkan lagi jika rasanya masih kurang pas. Jangan langsung menaburkan garam ke dalam masakan Anda, jika Anda tidak ingin merubah cita rasa masakan Anda.


11. Happy Cooking


Ketika belajar memasak, ciptakanlah suasana yang menyenangkan. Tanamkan pikiran yang positif dalam diri Anda ketika memasak. Anda juga dapat mendengarkan musik sembari belajar memasak. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati, jangan dekatkan handphone atau speaker Anda dengan kompor ataupun air untuk menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga dapat menghias dapur Anda dekorasi yang Anda inginkan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.