Skip to main content

Cara Memarinasi Fillet Ikan Salmon

Cara Memarinasi Fillet Ikan Salmon

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai macam metode memasak. Saat ini cara-cara memasak secara tradisional juga semakin ditinggalkan.

Masyarakat lebih memilih cara-cara memasak yang baru, karena dinilai lebih mudah dan praktis, salah satunya dengan memarinasi, yaitu memarinasi fillet ikan salmon. Cara memarinasi fillet ikan salmon dinilai mudah untuk dilakukan.

Pemilihan ikan salmon sendiri bukan tanpa sebab. Ikan salmon memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Di dalam ikan salmon terdapat omega 3 yang baik untuk otak, sehingga ikan salmon dikatakan baik untuk mencegah penyakit alzheimer. Ikan salmon juga dapat menurunkan stres dan depresi.

Protein yang terdapat dalam ikan salmon juga dipercaya bagus untuk kesehatan tubuh manusia.
Apabila Anda bosan memasak ikan salmon dengan resep yang hanya itu-itu saja, Anda dapat memasaknya dengan cara memarinasi fillet ikan salmon. Cara memarinasi fillet ikan salmon memang tidak banyak diketahui orang, namun bukan berarti tidak menghasilkan cita rasa yang lezat. Memasak ikan salmon dengan memarinasi dapat menjadi olahan ikan salmon terbaik yang patut Anda coba.


Cara Memarinasi Fillet Ikan Salmon


1. Marinade Ikan Salmon dengan Air lemon dan Minyak Zaitun


a. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan, yaitu 450 gram fillet ikan salmon, satu buah jeruk lemon, dua sendok makan minyak zaitun, setengah sendok teh timi kering. Bisa juga menggunakan tiga tangkai timi segar apabila tidak memiliki timi kering. Bahan-bahan tersebut bisa digunakan satu hingga dua porsi makan marinade ikan salmon.

b. Langkah yang pertama adalah merendam ikan salmon terlebih dahulu. Anda dapat merendamnya kurang lebih selama 15 hingga 30 menit.

c. Sembari menunggu, Anda dapat menyiapkan bumbunya terlebih dahulu. Siapkan satu buah lemon, potong menjadi dua bagian dan peras ke dalam sebuah wadah.

d. Kemudian, tambahkan bahan-bahan lain seperti dua sendok makan minyak zaitun dan setengah sendok teh timi kering. Anda juga bisa menggunakan juga tangkai timi segar apabila tidak memiliki timi kering. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.

e. Setelah itu, tuang campuran bumbu tersebut ke dalam sebuah wadah yang lebar. Hal ini bertujuan agar ikan salmon dapat masuk ke dalam wadah tersebut.


Baca Juga : Cara Memanjat Tembok Dengan Benar


f. Masukkan fillet ikan salmon ke dalam wadah lebar tersebut. Posisi fillet ikan salmon harus terendam oleh campuran bumbu tadi.

g. Tutup wadah tersebut dengan rapat. Masukkan ke dalam kulkas selama 15 hingga 30 menit. Jangan lupa untuk membalik fillet ikan salmon ketika di masukkan ke dalam kulkas. Hal tersebut bertujuan agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging. Usahakan jangan merendam fillet ikan salmon lebih dari 30 menit.

h. Keluarkan fillet ikan salmon dari rendaman tersebut dan letakkan ke dalam sebuah wadah. Anda dapat membuang sisa bumbu tersebut. Akan tetapi, Anda juga dapat memanfaatkan sisa bumbu tersebut sebagai kuah. Jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang berasal dari fillet ikan salmon.

i. Masak fillet ikan salmon sesuai selera. Anda dapat memasaknya dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan membakar atau memanggang fillet ikan salmon. Anda dapat memasukkan fillet ikan salmon yang sudah dibungkus dengan alumunium foil ke dalam oven. Lalu panggang dengan suhu oven sekitar 2000 C. Anda dapat memanggangnya selama lima belas menit.

j. Setelah dirasa cukup matang, keluarkan fillet ikan salmon dari oven dan buka alumunium foil yang membungkus fillet ikan salmon dan sajikan sebagai menu makan Anda.


2. Marinade Fillet Ikan Salmon Kecap dan Jahe


a. Sama seperti langkah sebelumnya, jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya adalah 450 gram fillet ikan salmon. 60 ml minyak zaitun, tiga sendok makan kecap, dua siung bawang putih yang sudah dicincang, tiga helai daun bawang yang sudah dicincang, dan satu sendok jahe yang sudah dikupas dan dicincang.

Bahan untuk membuat olesannya adalah dua sendok makan madu, satu sendok teh kecap, dan setengah sendok teh Sriracha. Sriracha adalah saus sambal Thailand. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk dua porsi makan.

b. Campurkan bumbu-bumbunya terlebih dahulu seperti jahe, bawang putih, dan daun bawang yang sudah dicincang. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah jika Anda menginginkan. Apabila Anda pecinta masakan Asia Timur, Anda dapat pula menambahkan sedikit wijen ke dalamnya.

c. Tambahkan bumbu lain seperti 60 ml minyak zaitun dan tiga sendok makan kecap. Aduk hingga merata.

d. Masukkan ikan salmon ke dalam bumbu tersebut dan rendam. Masukkan ke dalam kulkas selama setengah hingga satu jam. Jangan lupa untuk menutup rendaman ikan salmon dan membalik ikan sekali agar bumbu meresap dengan sempurna. Anda dapat membuang sisa rendaman atau menggunakannya sebagai kuah, namun jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu.

e. Siapkan bumbu olesan, yaitu dua sendok makan madu, satu sendok teh kecap, dan setengah sendok teh Sriracha. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Kemudian, olesi ikan salmon dengan bumbu tersebut sebelum Anda memasaknya.

f. Masak ikan salmon sesuai selera. Anda dapat memasaknya sesuai keinginan Anda. Anda dapat menggoreng, membakar, atau memanggang ikan salmon. Apabila ingin menggorengnya pastikan tidak digoreng dengan suhu yang terlalu tinggi. Apabila ingin memanggangnya gunakan suhu sekitar 52 hingga 600 C. Masak hingga warna ikan salmon agak sedikit buram.

g. Hidangkan marinade fillet ikan salmon kecap dan jahe ke dalam sebuah wadah. Anda dapat menghiasnya terlebih dahulu agar lebih menarik.