Cara Memangkas (Crop) Foto Online dengan Picture Cropper

Cara Memangkas (Crop) Foto Online dengan Picture Cropper

Cara Memangkas (Crop) Foto Online dengan Picture Cropper

Terkadang hasil foto tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Seringkali, masalah yang ditemukan pada foto adalah adanya objek yang tidak diinginkan atau posisi subjek utama terlalu jauh sehingga terlihat kecil. Untuk mengatasinya dan mendapatkan hasil foto yang bagus, anda bisa menggunakan beberapa cara memangkas (crop) foto berikut ini.

Cara Memangkas Foto (crop)



1. Pilih program untuk mengedit foto.


Melakukan crop foto di internet bisa dibilang sulit. Untuk memangkas foto dengan sukses, anda perlu menyimpan foto tersebut ke dalam disk, membukanya dengan sebuah program, lalu mengeditnya di dalam program tersebut. Beberapa program yang bisa anda gunakan untuk memangkas foto adalah adobe photoshop, adobe illustrator, Microsoft word. Selain itu masih banyak lagi, namun itulah program yang biasanya digunakan.


2. Gunakan pintasann untuk memangkas foto.


Anda bisa menggunakan cara yang lebih panjang untuk cropfoto – dengan masuk ke dalam menu dan mencari alat crop – atau dengan cara lebih singkat yaitu memencet beberapa tombol pada keyboard. Beberapa pintasann bisa anda temukan di bawah ini, namun ingat bahwa pintasan untuk crop foto pada setiap program berbeda.

Dalam program preview, pintasannnya adalah “command + K”. di adobe photoshop, pintasannnya “C”. dalam adobe illustrator, pintasannnya adalah “Alt + C +O”.


3. Masuk ke dalam menu.


Ini bukanlah cara yang paling ideal untuk melakukan crop foto, namun ini akan membawa anda ke tujuan yang sama. Jika pintasann di atas tidak bisa anda gunakan, lakukanlah beberapa alternatif di bawah ini.

Di program preview, pilih bagian yang akan anda pangkas, lalu buka menu Tools dan pilih crop.
Di adobe photoshop, pertama pilih alat crop. Blok bagian yang ingin anda pangkas, lalu klik enter pada keyboard.


Baca Juga : Cara memanggang fillet ikan salmon di oven


Pada program adobe illustrator, pilih bagian yang ingin anda pangkas, lalu ke menu Object → Clipping Mask → Make.

Jika anda menggunakan program Microsoft word, masukkan gambar yang ingin anda pangkas ke dokumen, pilih menu crop di toolbar “Picture”, lalu pangkas gambar sesuai keinginan.

Cara Memangkas (Crop) Foto Online dengan Picture Cropper


Jika anda tidak mempunyai perangkat lunak yang bisa digunakan untuk memangkas foto, anda bisa melakukannya menggunakan sebuah situs online.

1. Pertama, buka situs web picture cropper.

2. Klik “get started” dan silahkan anda klik tombol import yang ada di sebelah kanan atas anda.

3. Tunggu proses mengunggah foto selesai. Semakin besar ukuran file foto anda, semakin banyak waktu yang dibutuhkan.

4. Klik dan tarik bagian dari foto yang ingin anda pangkas.

5. Klik tombol “crop & download” untuk mengunduh hasilnya.


Tips untuk Mendapatkan Hasil Crop yang Baik


1. Fokuslah pada objek saat sedang memotret.


Jika anda sedang mengambil gambar teman anda, fokuskan kamera kepadanya, bukan ke objek lain di belakangnya. Cara memangkas (crop) foto ini akan membantu anda agar tidak perlu memotong terlalu banyak dari foto anda saat proses pengeditan.


2. Simpan gambar asli


Jika anda mempunyai salinan foto asli, anda bisa memangkasnya dengan berbagai cara, selalu edit salinan dari sebuah foto, maka anda bisa membuat beberapa versi dari sebuah foto. Mungkin saja anda mendapatkan inspirasi baru atau ingin membuat foto anda mempunyai kesan yang berbeda.


3. Hilangkan ruang kosong.


Jika anda mempunyai suatu subjek utama dalam foto, usahakan hilangkan ruang kosong di sekitarnya agar foto lebih terfokus pada subjek foto. Jaga latar belakang tetap minimal agar orang yang melihat foto tahu apa yang ditunjukkan dalam foto itu.


4. Ketahui saat di mana anda sebaiknya tidak memangkas foto.


Terkadang, anda harus meninggalkan sebagian dari foto supaya foto tersebut tetap mempunyai konteks.


5. Ketahui apa yang akan anda lakukan dengan foto tersebut.


Jumlah piksel dipengaruhi oleh tujuan anda memangkas foto. Jika anda akan menaruh foto di dalam sebuah situs web, jumlah atau kerapatan piksel tak setinggi yang dibutuhkan jika anda ingin mencetaknya.


6. Tinggalkan bagian yang tidak penting.


Sangat penting untuk menghilangkan bagian yang tidak penting dalam foto anda sehingga tidak ada objek di latar belakang yang mengganggu. Tentu anda tidak ingin foto anda masuk dalam daftar foto dengan photobomb terlucu, maka lihat latar belakang dan langsung pangkas jika ada sesuatu yang mengganggu.

Seringkali, objek yang mengganggu adalah wajah orang lain. Selain itu, keberadaan teks juga bisa mengganggu. Semua hal yang mengganggu fokus dari subjek utama harus segera dihilangkan.


7. Subjek tak harus selalu berada di tengah.


Kecuali foto yang anda pangkas adalah pasfoto, tidak ada keharusan untuk menempatkan subjek di tengah. Selalu ingat bahwa aturan sepertiga tetap berlaku saat anda memangkas foto, maka pastikan bahwa subjek anda berada di area yang paling banyak menarik perhatian.


8. Sisakan sedikit ruang.


Khususnya saat memangkas foto dengan subjek wajah, sisiakan sedikit ruang untukbernapas. Jangan memangkas wajah subjek terlalu dekat sehingga menimbulkan kesan ruang sempit. Pikirkan pinggiran foto sebagai tembok.

Inilah apa yang akan audiens rasakan jika anda memangkas foto terlalu “mepet”. Jika anda memangkas foto sedikit lebih jauh dari subjek, foto itu akan terlihat lebih santai dan enak dilihat.


9. Jangan memangkas foto di bagian sendi.

Mungkin ini terdengar mengerikan, namun memangkas foto pada bagian persendian bisa menghasilkan foto yang tidak enak dilihat. Ini akan menghasilkan efek visual yang terlihat seperti amputasi. Anda harus menghindari memangkas foto di bagian tubuh seperti jari dan telinga. Sebaiknya pangkas foto di bagian pinggang, paha, atau lengan atas agar tidak terlihat aneh.