Bagaimana Cara Melakukan Pencarian Di Google?

Bagaimana Cara Melakukan Pencarian Di Google?

Cara Melakukan Pencarian Di Google

Para generasi milenial pasti mengetahui istilah ‘Googling’ atau suatu cara melakukan pencarian di Google. Google sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang bergerak dalam bidang produk dan jasa internet. Salah satu produknya yang paling banyak digunakan dan dikenal yakni  Google Search atau Google Web Search atau lebih dikenal dengan Google saja.

Apa Itu Google Search?

Google Search adalah suatu mesin pencari web yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Anda bisa mencari segala macam informasi, gambar, video, dan lain-lain melalui mesin pencari ini. Seperti tutorial cara memasak, penunjuk jalan, dan berita-berita lain yang sedang hangat. Google Search merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, dengan rata-rata penggunaan lebih dari 3 juta per harinya.

Cara melakukan pencarian di Google cukup mudah, terutama jika Anda yang sering bekerja dengan menggunakan mesin pencari ini. Namun, bagi Anda yang masih awam dalam mengenal Google Search, maka artikel ini diharapkan bisa menjadi referensi yang cocok. Anda bisa mengakses Google Search di manapun dan kapanpun, baik saat perjalanan dalam mobil atau saat keadaan terjepit, asalkan Anda terhubung dengan internet.

Bagaimana Cara Melakukan Pencarian Di Google?

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan yakni:

1. Mulailah Dengan Membuka Web Browser 

Memilih web browser sama seperti memilih kendaraan yang Anda pakai. Ada berbagai macam pilihan web browser seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer. Tentunya keseluruhan web browser tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau penulis sendiri biasanya menggunakan Google Chrome. Langkah selanjutnya yakni klik pada ikon web browser tersebut.

2. Ketik www.google.com Atau www.google.co.id

Setelah halaman web browser terbuka, maka ketikkan alamat peramban web yakni www.google.com atau www.google.co.id (untuk lokal Indonesia). Anda akan dibawa pada  beranda Google. Dalam beranda ini terdapat tulisan Google dan sebuah kotak pencarian beserta tombol bergambar kaca pembesar berwarna biru. Dalam fitur Google yang terbaru juga memunculkan tombol seperti mikrofon. Tombol ini memungkinkan Anda mencari informasi hanya dengan menggunakan suara, seperti memerintah seseorang.



Baca Juga : 7 Langkah Mudah Cara Melakukan Olie di Skateboard



3. Masukkan Kata Kunci Atau Frasa Yang Ingin Dicari

Melalui kotak pencarian yang berada di tengah-tengah halaman web Google ini, ketikkan frasa atau kata kunci yang ingin Anda ketahui. Misalnya “soto”, maka Anda akan melihat sejumlah pilihan pencarian seperti soto Lamongan, resep soto Madura dan lain-lain. Jika Anda ingin hasil pencarian yang lebih spesifik maka persempitlah pencarian dengan mengetikkan frasa yang spesifik seperti “cara membuat soto Lamongan”.


4. Tekan Tombol Kaca Pembesar Atau Tombol Enter Pada Keyboard

Setelah Anda menekan Enter maka Anda akan disajikan deretan pilihan artikel atau informasi yang sesuai dengan apa yang anda tuliskan pada mesin pencari. Pilihlah salah satu yang sekiranya relevan, jika tidak ada yang cocok maka Anda bisa menuju halaman selanjutnya dengan menekan tombol next yang ada pada bagian bawah halaman.


5. Klik Pada Artikel Atau Informasi Yang Cocok

Jika Anda telah menemukan satu web yang cocok, maka klik alamat atau web tersebut. Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman baru yang menyajikan informasi dari web yang Anda pilih. Namun jika Anda merasa kurang cocok dengan isi daripada web tersebut dan ingin kembali melihat pada web lainnya, maka Anda bisa meng-klik tanda panah pada pojok kiri atas halaman tersebut. Dan Anda akan dibawa kembali pada beranda Google sebelumnya.

Pencarian Dengan Tanda Bantu

Dalam pencarian Google Search kadangkala kata atau frasa yang kita masukkan mengandung banyak arti. Seperti ketika kita memasukkan kata kupu-kupu, maka hasil pencarian bisa menunjukkan informasi berkaitan dengan hewan kupu-kupu atau kupu-kupu malam. Nah, untuk menghindari perluasan makna tersebut Anda bisa menggunakan tanda bantu.

1. Tanda Kutip (“...”)

Tanda ini memungkinkan Anda mencari informasi dengan tidak memenggal kata demi kata dalam frasa yang Anda masukkan pada mesin pencari. Tanda kutip ini bisa memudahkan Anda jika ingin mencari sebuah lagu lewat penggalan liriknya.


2. Tanda Minus (-)

Tanda minus bisa memungkinkan Anda mempersempit pencarian dengan menghilangkan salah satu kata yang tidak ingin Anda munculkan. Misalnya ketika Anda ingin mencari informasi yang berkaitan dengan buah apel, namun hasil yang muncul pada halaman pencari malah informasi yang berkaitan dengan perusahaan Apple. Maka Anda bisa mengetikkan kata apple –inc.


3. Tanda Plus (+)

Tanda plus bisa membantu Anda dalam mempersempit cara melakukan pencarian di Google. Tanda ini memungkinkan mesin pencari untuk menghilangkan bentuk lain dari kata yang Anda masukkan. Seperti jika Anda mengetikkan +sepeda, maka Anda hanya melihat info tentang “sepeda” dan menghilangkan informasi yang berkaitan dengan kata “bersepeda”. Anda bisa mencoba beberapa opsi di atas, jika menginginkan hasil yang lebih spesifik.

Opsi Pencarian Lain

Google tidak hanya menyajikan informasi dalam bentuk artikel atau tulisan. Anda bisa mencari informasi yang berkaitan dalam bentuk gambar, video, maupun berita. Saat Anda pertama kali mengetikkan kata kunci pada mesin pencari Google dan ketika sejumlah pilihan pencarian ditampilkan. Maka disana Anda akan melihat opsi-opsi menu seperti gambar, video, buku, berita dan belanja, sesuai dari kata atau frasa apa yang anda masukkan.

Klik pada salah satu menu tersebut. Misalnya gambar, maka Anda hanya akan melihat berbagai macam gambar dari kata yang Anda masukkan. Atau menu buku, maka Anda akan disajikan berbagai pilhan buku yang memuat judul atau isi buku yang berkaitan dengan kata atau frasa yang Anda masukkan. Semua pilihan tersebut bergantung kepada Anda, karena ketika kita mengklik gambar atau buku tersebut, kita juga bisa membaca informasi dengan mengunjungi pada halaman web aslinya.