Skip to main content

8 Cara Bermain Sepakbola Untuk Pemula

Cara Bermain Sepakbola

Cara Bermain Sepakbola sebenarnya cukup mudah karena keindahan permainan sepakbola terletak pada kesederhanaan cara bermainnya. Sepakbola juga dapat dimainkan oleh semua usia, baik memiliki kemampuan maupun tidak.

Namun permainan menjadi lebih kompleks karena levelnya meningkat seperti olahraga lainnya. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi pemain sepakbola yang handal, Anda perlu berlatih dengan giat dan mengikuti sekolah sepakbola pula. Lalu bagaimana cara untuk bermain sepakbola itu sendiri? berikut ulasannya :

Cara Bermain Sepakbola Untuk Pemula

Pada dasarnya cara bermain sepakbola bisa dikatakan cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan bola ke dalam gawang. Namun untuk bisa memasukkan bola ke gawang ini bisa dikatakan tidak mudah karena harus menghadapi lawan dan mengikuti peraturan yang ada.

Adapun posisi dalam sepakbola sendiri terdiri dari 11 pemain, dengan 1 penjaga gawang. Semua posisi lainnya adalah opsional, dan tim dapat memberikan formasi pemain yang digunakan. Formasi ini sering digambarkan menggunakan jumlah defender, gelandang, sayap dan penyerang.

Salah satu formasi yang biasa digunakan adalah 4-4-2, yang berarti ada 4 pemain belakang, 4 gelandang dan 2 striker. Beberapa formasi juga bisa dilakukan seperti  4-2-3-1 yang berarti 4 pemain bertahan, 2 gelandang bertahan, 3 gelandang serang, dan 1 striker.

Lalu bagaimana cara memainkan sepakbola itu sendiri? 

1. Setiap tim harus memiliki minimal 11 pemain termasuk 1 penjaga gawang dan minimal 7 pemain diperlukan untuk membentuk lineup pertandingan.

2. Pertandingan  terdiri dari dua bagian 45 menit dengan periode istirahat 15 menit di antaranya.

3. Setiap pertandingan harus menyertakan satu wasit dan dua asisten wasit (hakim garis). Tugas wasit bertindak sebagai penjaga waktu dan membuat keputusan yang perlu dibuat seperti pelanggaran, tendangan bebas, lemparan ke dalam, penalti, dan penambahan waktu setiap akhir babak.


Baca Juga : 4 Cara Bermain Kibor Untuk Pemula


Sementara tugas asisten wasit adalah untuk melihat apakah pemain offside dalam pertandingan, melakukan lemparan ke dalam untuk salah satu tim dan juga membantu wasit dalam semua proses pengambilan keputusan jika diperlukan.

4. Permainan dimulai ketika wasit meniupkan peluit tanda kick off.

5. Semua pemain dari kedua tim berkumpul di tengah lapangan dan kapten kedua tim melakukan lemparan koin, siapa yang menang maka ia bisa menendang bola terlebih dahulu.

6. Setelah bola ditendang maka pemain akan menggiring bola ke arah gawang lawan

7. Untuk bisa menggiring bola ke arah lawan diperlukan kemampuan yang matang dalam mengatasi lawan yang menghadang, jika tidak bisa maka pemain bisa mengoper kepada rekan satu timnya, begitu seterusnya sampai pemain bisa melakukan tendangan ke arah lawan.

8. Jika bola berhasil menyentuh gawang lawan, atau “gol” maka semua pemain kembali dalam formasi awal di tengah lapangan, yang berhasil memasukkan bola, maka tim itulah yang melakukan tendangan awal.

Istilah Dasar dan Teknik dalam Sepakbola 

Ada beberapa istilah dasar dan teknik dalam dunia sepakbola yang perlu diketahui, apa sajakah itu?

1. Ball Mastery

Ball mastery adalah bagaimana cara untuk mengontrol bola dari lawan. Tidak semua anggota tubuh diperbolehkan untuk menyentuh bola. Bagian tubuh yang diperbolehkan untuk bermain bola adalah semua permukaan kaki Anda, dada dan kepala. Bagian itulah yang merupakan area umum yang diperbolehkan untuk mengontrol bola.

2. First Touch 

First Touch atau sentuhan pertama adalah bagaimana cara mengontrol bola sesegera mungkin setelah bola tiba. First Touch sangat penting untuk menjaga bola dan membuat keputusan terbaik untuk tim Anda.

Anda harus belajar mengendalikan sentuhan pertama saat bola datang kepada Anda di lantai atau di udara dengan berbagai kecepatan dan angle yang berbeda. Pada awalnya bola mungkin hanya akan memantul di kaki Anda tetapi seiring waktu Anda pasti bisa belajar bagaimana caranya melakukan touch up pada bola.

3. Turning 

Turning dalam sepakbola adalah kemampuan untuk mengubah tubuh Anda dengan atau tanpa sepakbola. Sepakbola bukan tentang berlari mengejar bola saja tapi juga bagaimana mengubah bola di kaki Anda sambil mengendalikan  permainan.

4. Dribbling 

Dribbling adalah berlari cepat menggunakan kedua kaki dengan menggiring bola ke arah lawan. Dribbling lebih fokus kepada ketepatan Anda menyentuh bola untuk mencapai kecepatan tertinggi saat menggiring bola ketika bola ada di kaki Anda.

5. Ball Striking 

 Sepak bola bisa ditendang dengan berbagai cara. Shooting dan membuat gol gawang lawan dengan menggunakan kaki yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan adalah teknik dalam ball striking.

6. Quick Feet 

Quick Feet adalah sebuah kecepatan saat kaki Anda bergerak dan menjadi faktor penentu untuk mengalahkan lawan. Quick Feet adalah mengembangkan gerakan mengolah bola secara refleks dan cepat.

7. Oper 

Istilah oper dalam dunia sepakbola memang yang paling sering didengar, oper adalah memberikan bola kepada rekan satu tim. Kunci dalam melakukan oper adalah pahami bagaimana rekan tim Anda diposisikan atau area yang kemungkinan besar akan mereka masuki.

8. Offside

Offside adalah posisi di mana pemain menyerang berada di depan bek terakhir lawan ketika umpan bola dioper kepada penyerang. Area offside dirancang untuk mencegah pemain berkeliaran di gawang lawan yang menunggu umpan. Untuk menjadi onside penyerang harus ditempatkan di belakang bek terakhir lawan ketika bola dioper kepada mereka. Jika penyerang berada di depan bek terakhir itu maka dianggap offside.

9. Kartu Kuning

Kartu kuning adalah sebuah hukuman kepada pemain jika melanggar lawan. Kartu kuning diberikan jika pelanggaran yang dilakukan ringan.

10. Kartu merah

Cara bermain sepakbola yang brutal dan kasar juga akan mendapat hukuman berupa kartu merah. Kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat kepada lawannya.